Bantuan Tugas Sejarah
Sejarah adalah mata pelajaran yang menarik bagi sebagian orang dan membosankan bagi yang lain. Sementara beberapa siswa terkesan dengan berbagai peristiwa masa lalu, pertempuran, dan tokoh-tokoh menarik, yang lain menganggap sangat sulit untuk menghafal kronologi pertempuran, nama-nama pemimpin berpengaruh, dan beratnya informasi yang ditawarkan mata pelajaran ini.
Untungnya, dengan pertanyaan dan jawaban sejarah ini, mudah bagi kamu untuk mengingat beberapa peristiwa penting besar dan waktu tepat kapan mereka terjadi. Jangan terlalu khawatir bahkan jika nama-nama orang penting ini membuat kepalamu pusing. Bantuan tugas sejarah kami memiliki fitur asosiasi kecerdasan buatan yang akan menghubungkannya dengan beberapa cerita menarik untuk membantumu mengingatnya dengan lebih baik.
23. Benda-benda kesenian daerah, seperti pakaian adat tari daerah, alat musik daerah har kita __ a. sempurnakan lestarikan c. simpan d. perbaiki 24. Cara mengharga budaya dari suku bangsa lain adalah __ tidak mencela pertunjukan kesenian daerah lain b. biasa saja terhadap budaya daerah lain c. tetap menganggap budaya sendiri yang paling baik d. menonjolkan budaya daerah sendiri 25. Dengan persatuan dan kesatuan yang kuat, negara kita akan menjadi __ a. kaya raya. b. negara modern c. mudah pecah d. aman dan tenteram 26. Senjata tradisional berikut yang berasal dari Sumatra Utara adalah __ a. rencong b. golok c. mandau d. piso surit 27. Indonesia dikenal sebagai negara dengan beragam budaya Keragaman ini dipengan oleh __ a. arus globalisasi yang memasuki Indonesia b. makin canggihnyo teknologi informasi c. beragam suku bangsa di Indonesia d. jumlah penduduk yang besar 28. Penduduk Indonesia berasal dari beragam suku bangsa Sebagian besar, identitas su bangsa di Indonesia ditentukan dari garis keturunan hash. Penentuan ini disebut sistem a. paternalistik b. maternalistik c. petembayan d. kekeluargaan 29. Suku bangsa: (1) Waina, (4) Tengger, (2) Waipa, (5) Dayak. (3) Serui, Suku bangsa asli yang mendiami daerah Papua adalah __ a. (1),(2), dan (3) b. (1)(2), dan (4) c. (2)(3), dan (4) d. (2)(4),dan 4) Pendidikan Pancasila d. I. S 1. B
4. Krisis moneter yang terjadi diAsia tahun 1997 turut menyeret Indonesia dalam kondisi kelam krisis ekonomi sampai tahun 1998. Dampak dari krisis tersebut terhadap pembangunan infrastruktur di Indonesia adalah __ a. Pembangunan infrastruktur makin meningkat b. Proyek infrastruktur terhent dan banyak yang dibatalkan c. Hanya proyek infrastruktur di Jakarta saja yang masih dilanjutkan d. Semua proyek infrastruktur di ambil alih pengelola asing 5. Mohammad Hatta menjadi wakil presiden Indonesia dari awal kemerdekaan hingga tahun 1956. Beliau resmi mengundurkan diri darijabatannya pada tanggal 1 Desember 1956. Faktor utama penyebab Mohammad Hatta mundur adalah __ a. Tidak sanggup mengemban tugas sebagai Wakil Presiden b. Menginginkan adanya regenerasi kepemimpinan c. Perbedaan pandangan mengenai arah pembangunan Indonesia d. Terjadinya ketegangan antar partai politik
Semboyan Bhinnaka Tunggal ik sangat penting bagi bangsa indonesi untuk __ a. mempersatukan keberagaman b. mendatangkan turis mancanegara c. menambah keberagaman bangsa d menghormat perbedaan Perbedaan suku bangsa tidak bole menyebabkan __ antarsuku. a. persatuan c. kerukunan b. perpecahan d. tenggang rasa Sasa dan Amira adalah teman sekela Mereka berasai dari suku bangsa yan berbeda. Sualu hari, Sasa terjatuh da sepeda. Sikap yang benar terhada Rejadian tersebut adalah __ HOTS a. Sasa tidak mau meminta tolong pad Amira b. Sasa memarahi Amira karena tida mag membantunya c. Amyra segera membantu Sasa d. Amira segera menjauhi Sasa Doni, Toni, dan Dea saling bertemar Doni gemar bermain bola.Toni senan berenang. Dea suka membaca buk Perbedaan pada ketiga teman terseb adalah __ a. hobi c. daerah asal b cin fisik d. suku bangsa Kenagaman suku dan budaya'yang ad seharusnya __ a. dibuang jauh-jauh b. dihilangkan dilestarikan d. ditutup-tutupi Bagas Dika Dest, dan Lala berma permainan tradisional Salah sat manfast bermain permeinan tradision adalah __ a. bertengkar dengan toman b. dimusuhi teman K melatih kekompakan d. dijauhi teman
d. 10 Juli 1945 Para pemimpin bangsa berhasil me- rumuskan dasar negara Pancasila de- ngan cara __ a pemogokan demogokas b demonstrasi c. unjuk rasa d. musyawarah 0. Berikut adalah nilai-nilai luhur dalam perumusan dasar negara Pancasila, kecuali __ a. rela berkorban b. suka bermusyawarah c. cinta tanah air d. perpecahan 1. Semboyan negara Indonesia, yaitu Bhinneka Tunggal Ika yang berarti __ a bersatu kita teguh bercerai kita runtuh b. tiada rotan akar pun jadi c. berakit-rakit ke hulu berenang-re- nang kemudian d. berbeda-beda , tetapi tetap satu jua 12. Meskipun berasal dari keluarga yang Hasan perni ke cokolah her
kearifan lokal yaitu __ a. mudah terjadi perselisihan dalam masyarakat dan cenderung menjadi b. pendekatan kekeluargaan dalam tiap kekerasan permasalahan lebih mudah di jumpai c. budaya gotong royong semakin banyak tertihat di masyarakat d. pola hidup masyarakat menjadi lebih sederhana b. Kearifan lokal merupakan nilai-nilai luhur yang berlaku dalam tata kehidupan masyarakat untuk __ a. melindungi dan mengelola lingkungan hidup b. mengeksploitas sumber daya alam c. menghabiskan barang-barang tambang d. menyelamatkan satwa langka dengan memeliharanya di dalam kandang 7. Dalam rasisme, ciri yang diperoleh melalui kelahiran selalu dikaitkan dengan ada tidaknya ciri dan kemampuan sosial tertentu. Hal ini dilakukan untuk __ a. menemukan potensi konflik dalam hubungan antarras b. menghindar ketidaksesuaian antarunsur- unsur sosial c. menggali potensi yang dimiliki oleh masing- masing kelompok ras d. mengetahui keunggulan dan kelemahan yang dimiliki kelompok ras tertentu 8. Salah satu faktor yang dapat menyebabkan terbentuknya masyarakat Indonesia yang berkebinekaan yaitu adanya persamaan __ a. ras b. pandangan hidup c.adat istiadat d. nenek moyang 9. Saat ini kebudayaan -kebudayaan daerah yang seharusnya bisa menjad kebudayaan nasional semakin lenyap. Hal ini disebabkan karena . __ a. pengaruh iklim global b. pengaruh pola pikir masyarakat c. teknologi yang semakin berkembang d kurangnya kesadaran masyarakat untuk mengembangkan budaya daerah 10. Adanya interaksi global budaya nasional antar negara di dunia memberikan pengaruh positif dan negatif terhadap Indonesia Salah satu pengaruh negatif adanya interaksi global adalah __ a. kebudayan nasional indonesia mendunia b. semakin terbukanyo wisata budaya nasional Indonesia c. mengenalkar kepada dunia tentang kebudayaan asli Indonesia d. terbukanya negara lain untuk mengakul dan mengambil hak kebudayaan Indonesia 11. Berikut ini yang dimaksud dengan interaksi global adalah __ a. proses pertukaran informasi produk, dan budaya antar negara b. proses pertukaran informasi, produk, dan budaya dalam satu negara saja c. proses pertukaran informasi, produk, dan budaya antar benua d. proses pertukaran informasi, produk, dan budaya antar provinsi 12. Berikut ini pengaruh interaksi global terhadap budaya nasional yaitu __ a. budaya nasional tidak ak terpengaruh sama sekall b. budaya nasional akan menjadi sama dengan budaya lain c. budaya nasional akan bercampur dengan budaya lain d. budaya nasional akan terus menjadi khas dan identitas negara 13. Berikut p eran peme rintah dalam mempertahankan budaya nasional saat terjadi interaksi global adalah __ pemerintah tidak perlu melakukan apa-apa b. pemerintah harus membatasi interaksi global c. pemerintah harus mempromosikan budaya nasional d.pemerintah harus memodernisasi budaya nasional 14. Kearifan nilai-nilai ideal mempunyai berbagai nilai positif, salah satunya yaitu __ a. bermacam produk b.bentuk fisik berupa produk kreatif c. bentuk batin berup produk d.bentuk alam berupa produk 15. Perhatikan karakteristik berikut! (1) Hasil budi daya individual. (2) Hasil budi daya masyarakat asing (3) Hasil budi daya yg di banggakan (4) Hasil budi daya sejak zaman dahulu.
Mari Menjawab Jawablah pertanya an-pertanyaa n berikut! yang dimaksud benda peninggalan sejarah? Jawab : .... __ Apakal dipelajar i benda sejarah? Jawab : __ 3. Mengapa benda peninggalan sejarah perlu kita jaga dan rawat keberadaannya Jawab __ 4. Sebutkan tiga manfaat benda peninggalan sejarah! Jawab:... __ Jelaskan manfaat benda peninggalar sejarah di dalam bidang pariwisata! Jawab __
4. Tokoh yang disebut Trio Indonesia adalah __ a. Hasyim Ashari. Soetomo Imam Nawawi al-Bantani b. Syeakh Ahmad Khatib Syalk Ahmad as-Surkati, Hasyim Ashari c. Tjokroaminoto, KH Agus Salim, Samanhud d. Kyai Mas Abdullah Muhammad Natsir, Muhammad Hatta e. Syaik Ahmad as-Surkati Ahmad Dahlan, Ahmad Hassan 9. Jam lyatul Khair didirikan pada tahun __ a. 1945 b. 1950 x 1905 d. 1925 e. 1940 10. Jam lyatul Khair dibentuk di kota __ a. Surabaya b. Jakarta c. Yogyakarta d. Surakarta e. Bandung 11. Ciri khas pembaruan Islam yang dilakukan oleh Persatuan Islam adalah __ a. Mengembalikan pemahaman islam kapada kitab-kitab yang sahih karena menganggap banyak penyimpangan ajaran islam karena bercampur dengan budaya lokal b. Memberikan kebebasa kepada akal dalam menafsirkan Al-Quran c. Menggabungkan metode pendidikan pesantren dengan metode pendidikan barat d. Mempertahankan tradisi- tradisi Islam yang telah dilakukan oleh penyebar Islam terdahulu di Indonesia e. Berpegang kepada Al-Quran dan hadits secara tekstual 12. Organisasi yang merupakan wadah aspirasi organisasi organisasi Islam pada wal kemerdekaan Indonesia adalah __ a. Partai Islam Indonesia b. Persatua Umat Islam c. Majelis Syura Muslimin Indonesia d. Persyarikatan Ulama Indonesia e. Persatuan Islam
2. Tujuan utama dari kebijakan Repelita (Rencana Pembangunan Lima Tahun) yang diterapkan selama masa Orde Baru yaitu... a. Meningkatkan ekspor minyak dan gasike berbagai wilayah dunia b. Mewujudkan swasembada pangan dan kesejahteraan rakyat c. Mendapatkan pengakuan atas Indonesia di kancah internasional d. Mempercepat pertumbuhan sektor industri untuk Indonesia maju
8. Penjajahan Jepang di Indonesia banyak menyengsarakan rakyat. Oleh karena itu, ada dua strategi dalam menghadapi pen- jajahan Jepang, yaitu bekerja sama (kooperatif)dan dan perlawanan (non- kooperatif).Berikut ini tokoh-tokoh yang menggunakan stategi nonkooperatif ada- Iah __ a. Sutan Sjahrir, Sukarni dan Soekarno b. Soekarno Moh. Hatta dan Otto Iskan- dardinata c Sutan Sjahrir . Otto Iskandardinata, dan Sukarni d. Muh. Yamin Soekarno dan Moh. Hatta e. SuĂtan Sjahrir Sukarni, dan Amir
I. Berilah tanda silang (x)huruf a, b, c atau d pada jawaban yang paling tepat! 1. Ekspedisi pertama yang mencapai Kepu- lauan Maluku dipimpin oleh __ a. Vasco da Gama b. Ferdinand Magellan c. Bartolomeus Dias d. Alfonso d'Albuquerque 2. Pemicu perubahan dalam produks tanam- an pangan pada masa pendudukan Jepang di Indonesia adalah __ a. peningkatan teknologi pertanian b. permintaan pasar.Eropa yang tinggi c. pemenuhan kebutuhan perang Jepang d. eksploitasi sumber daya alam 3. Pengerahan tenaga rakyat yang sangat menyengsarakan yang dilakukan pemerin- tah Jepang disebut __ a. seikerei b. oshamu seirei c. romusha d. rodi 4. Alasan utama Bangsa Inggris masuk ke Nusantara adalah __ a. untuk membeli rempah -rempah dari melalui hubungan dagang b. untuk menguasai wilayah Indonesia dan eksploitasi sumber daya c. untuk menjalin hubungan dagang de- ngan Belanda d. karena Inggris berperang dengan Spanyol 5. Konflik antara Spanyol dan Portugis di Maluku disebabkan oleh __ a. persaingan untuk menguasa Ternate b. pembagian pengaruh antara kedua negara c. konflik antara Sultan Ternate dan Sultan Tidore d. kebijakan ekspor yang berbeda untuk rempah-rempah 6. Bangsa Spanyol tertarik untuk menjelajahi samudra dan mencari jalur pelayaran lang- sung meruju Kepulauan Maluku untuk __ a. untuk mengejar bangsa Portugis b. untuk mencari emas dan perak c. untuk menyebarkan agama Kristen d. untuk menguasai perdagangan rempah- rempah 7. VOC didirikan dengan tujuan untuk __ a. untuk mengontrol perdagangan rempah- rempah b. untuk menyebarkan agama Kristen di Indonesia c. untuk membantu bangsa Portuga me- lawan bangsa Spanyol d. untuk menjalankan pemerintahan kolo- nial di Indonesia 8. Akibat dari Perjanjian Tordesillas (1494) adalah __ a. penyatuan Portugal dan Spanyol b. penetapan Indonesia sebagai wilayah berdaulat c. pembagian wilayah penjelajahan dunia antara Portugal dan Spanyol d. pembagian wilayah penjelajahan dunia antara Portugal dan Inggris 9. Jepang memberi janj kemerdekaan kepada beberapa wilayah yang telah mereka jajah selama Perang Dunia II karena alasan- alasan strategis dan politik Ini terjadi terutama selama fase akhir perang, ketika Jepang mulai mengalami tekanan dari Sekutu dan merasa perlu untuk mencoba memperoleh dukungan atau kebijakan simpati dari beberapa wilayah yang mereka kuasai. Salah satu alasan utama mengapa Jepang memberi janji kemerdekaan adalah __ a. mereka ingin menjajah Indonesia lebih lama b. mereka mencari dukungan di wilayah yang dikuasainya c. mereka ingin menguasai Indonesia sepenuhnya d. mereka takut dengan perjuangan rakyat