Bantuan Tugas Sejarah
Sejarah adalah mata pelajaran yang menarik bagi sebagian orang dan membosankan bagi yang lain. Sementara beberapa siswa terkesan dengan berbagai peristiwa masa lalu, pertempuran, dan tokoh-tokoh menarik, yang lain menganggap sangat sulit untuk menghafal kronologi pertempuran, nama-nama pemimpin berpengaruh, dan beratnya informasi yang ditawarkan mata pelajaran ini.
Untungnya, dengan pertanyaan dan jawaban sejarah ini, mudah bagi kamu untuk mengingat beberapa peristiwa penting besar dan waktu tepat kapan mereka terjadi. Jangan terlalu khawatir bahkan jika nama-nama orang penting ini membuat kepalamu pusing. Bantuan tugas sejarah kami memiliki fitur asosiasi kecerdasan buatan yang akan menghubungkannya dengan beberapa cerita menarik untuk membantumu mengingatnya dengan lebih baik.
23. Pendiri Daulan Omayyah adalah __ a. Umayyah bin Harb b. Marwan bin Hakam C. Muawiyah bin Abu Sufyan d. Yazid bin Muawiyah 24.Ilmu yang membahas tentang membaca Al-Qur'an biasa disebut dengan __ a. ilmu tafsir C. ilmu nahwu b. ilmu hadis d. ilmu qiraat 25. Perhatikan pernyataan -pernyataan berikut! (1) Mendirikan departemen pencatatan. (2) Menarik pasukan pengepung Konstan- tinopel. (3) Mengubah sistem pemerintahan men- iadi demokrasi. (4) Memindahkan pusat pemerintahan dari Madinah ke Damaskus. (5) Menggabungkan urusan keuangan dari urusan pemerintahan. (6) Mendirikan kantor cap (pencetakan mata uang). Kebijakan-kebijakan Muawiyah saat men- jadi khalifah ditunjukkan oleh nomor __ a. (1), (2 ), dan (6) C. (3), (4), dan (5) b. (2), (3), dan (6) d. (4), (1 ), dan (5)
15. Orang Turki ikut campur tangan dalam pergantian khalifah Daulah Abbasiyah. Hal ini terjadi pada masa kekhalifahan Daulah Abbasiyah pada periode __ a. 1 C. III b. II d. $IV$ 16. Daulah Umayyah didirikan di __ a. Suriah C. Afganistan b. Spanyol d. Mesir 17. Berikut dinasti islam yang didirikan di wilayah Mesir adalah __ a. Daulah Buwaihi b. Daulah Umayyah C. Daulah Gaznawi d. Daulah Fatimiyah 18. Posisi sebagai khatib salat Jumat diserahkan kepada Daulah Buwaihi (Syiah), sedangkan Abbasiyah pengaruh Turki berpaham Sunni Hal ini terjadi pada masa kekhalifahan Daulah Abbasiyah pada periode __ a. I C. III b. II d. $IV$ 19. Kekuasaan Daulah Abbasiyah berhasil dipecah, salah satunya yaitu Daulah Buwaihi di __ a. Persia b. Khurasan C. Afganistan d. Spanyol 20. Andalusia di Spanyol memisahkan diri dan menjadi wilayah yang merdeka pada masa kekhalifahan Daulah Abbasiyah pada periode __ a. I b. II C. III
Gagasan untuk melaksanakan KAA muncul pada Konferensi Colombo. Dibawah ini adalah tokoh yang orakarsai untuk mengadakan KAA, kecuali __ Jawaharlal Nehru dari India Gamal Abdul Nasser dari Pakistan Ali Sastroamidjojo dari Indonesia Sir John Kotelawala dari Srilanka U Nu dari Myanmar
5. Tuliskan 3 contoh bersekutu yang benar. __
Aktivitas Menganalisis Artikel Dimensi : Bernalar kritis Elemen : Memperoleh dan memproses informasi dan gagasan Carilah artikel yang memuat informasi tentang kemerdekaan berpendapat dalam masyarakat. Kamu dapat mencari artikel di surat kabar ataupun media online Selanjutnya analisislah artikel yang kamu temukan. Identifikasi hak dan kewajiban yang telah dilaksanakan oleh pelaksana kemerdekaan berpendapat dalam artikel. Tuliskan hasil analisismu di buku tugas.
48. bangsa Proto Melayumaupur DeutroMelayumasukke Nusantara secarabertahap dan masing-masing memilikiarahkedatangan yang berbeda bangsaDeutroN lelayu dating ke Nusantara melalui. __ a. jalur barat b. jalurtimur c. jalur Selatan d. jalurutara e. jalurtimurlaut 49 esoidmasukke Indonesia pada zaman __ a. Neolothikum b. Cretaceous c. Perundingan d. Mesolithikum e. mesolithikum 50. sumber data yang diperlukandalampenelitiantentang Kerajaan majapahitadalah __ a. hikayat raja -raja Majapahit b. Sutanussalatin c. Negarakertagama d Banikonana
10. Khalifah Abu Bakar menunjuk Zaid bin Sabit untuk memimpin __ a.embukuan Al-Qur'an b. baitul mal c. pasukan berperang d. pel ngumpulan zakat
Penilaian Ulangan Akhir Semester A.Berilah tanda silang (x)pada huruf a, b c, d, atau e.di depan jawaban yang benari Mei 1949 adalah __ 1. Perjanjian yang dilaksanakan pada tanggal 7 a. perjanjian Bongaya b. perjanjian Linggarjati C. perjanjian Renville d. perundingan Philip Christison e. perundingan Roem-Royen 2. Menjamin gerakan-gerakan militer dan membebaska h semua tahanan politik merupakan salah satu isi perjanjian Roem-Royen bagi pihak __ a. Amerika Serikat b. Inggris C. Belanda d. Tiongkok e. Indonesia 3. Delegasi Indo nesia pada saat penanda kedaulatan di negeri Belanda diwakili oleh __ a. Ir. Soekarno b. Mohammad Hatta C. Sekarmadji Maridjan Kartosuwirjo d. Kahar Muzakir e.Fatmawati 4. Wilayah Indonesia terbagi menjadi __ negara bagian. a.lima b. enam C. tujuh d. delapan e. sembilan 5. Sekolah Wanita oleh Yayasan Kartini yang didirikan pada tahun 1912 terletak di daerah __ a. Bandung b. Jakarta C. Salatiga d. Semarang e.Surabaya Pada tahun 1912 berdiri sebuah surat kabar perempuan bernama Soenting Melajoe yang didirikan oleh __ a. RA Kartini b. Cut Nyak Dhien C. Dewi Sartika d. Ruhana Kuddus e. Fatmawati 8 IPS-Selarah Kelas SMAMMAVSMKMAK Semester 1 7. Perhatikan pernyataar berikut! (1)kesadaran berpolitik. (2)budaya. (3)semangat patriotisme (3) Menginspikatkan kesadaran politik (5) Membentuk opini publik. Peran seniman dan sastraw an dalam memperjuangkan kemerdekaan ditunjukkan oleh nomor __ (HOTS) a. (1), (2), dan (3) b. (2), (3), dan (4) C. (1).(2), dan (5) d. (1), (3), dan (5) e. (3), (4), dan (5) 8. Berdirinya Tentara Pelajar bermula dari para pelajar yang tergabung dalam __ a. Ikatan Pelajar Indonesia b. Tentara Merah C. organisasi diplomasi d. organisasi politik e. tentara Indonesia 9. Perhatikan pernyataan berikut! (1) Belanda harus meninggalkan wilayah RI (2)lemerintahka RI yang bersenjata untuk menghentikan perang gerilya. (3) Bekerja sama dengan mengembalikan perdamaian dan menjaga serta keamanan. (4) Turut serta dalam Konferensi Meja Bundar di Den Haag dengan maksud mempercepat penyerahan kedaulatan yang sungguh lengkap kepada Negara Indonesia Serikat dengan tidak bersyarat. (5) Pihak Belanda dan Indonesia sepakat membentuk negara RIS. Isi perjanjian Roem-Royen ditunjukkan oleh nomor __ (HOTS) a. (1), (2), dan (3) b. (2)(3), dan (4) C. (1), (2), dan (5) d. (1), (3), dan (5) e. (3), (4), dan (5) 10. Undang-Undang Darurat No. 11 Tahun 195 dikeluarkan pada tanggal __ a.5 Maret 1950 d. 8 Maret 1950 b. 6 Maret 1950 e. 9 Maret 1950 C.7 Maret 1950
16. Pehatikan pernyataan berikut ini! 1) diberi nama 2) dimintakan restu pada arwah leluhur 3) diberi sesajen agar bayi aman 4) disembelikan hewan akikah 5) diadakan hiburan yang meriah 6) dicukur rambutnya Yang dilakukan oleh orang tua pada hari ke $-7$ dari kelahiran anaknya adalah __ a. 1,3,5 b. 1,4,6 c. 2,3,4 d. 2,5,6 17. Sejarah mencatat pemerintahan Islam pada mulanya dalam bentuk Daulah. Kekuasaan Daulah tersebut saling berganti hingga yang terakhir berdiri adalah __ a. Daulah Bani Umayyah b. Daulah Bani Abbassiyah c. Daulah Bani Saljuk d. Daulah Turki Usmani 18. Puncak kejayaan Turki Usmani yang ditandai dengan bagusnya tata hukum perundangan Daulah Usmanlyah, terjadi pada masa kekuasaan __ a. Sultan Murad I b. Sultan Murad II c. Sultan Usman al-Ghazi d. Sultan Sulaiman al Qanuni 19. Daulah Usmaniyah sangat memuliakan ilmu dan ulama Contoh perilaku kehidupan sehari-hari yang mencerminkan cinta kepada ilmu pengetahuan diantaranya adalah __ a. Aini belajar membaca Al-Qur'an juga mengikuti les IPA di sebuah Lembaga Bimbel b. Boy rajin mengisi waktu luang dengan kegiatan memancing c. Chandra merasa tidak perlu belajar karena semua ilmu bisa dicari di google d. Dian selalu mengikut acara gosip artis di TV 20. Kemajuan Turki Usmani dalam bidang arsitektur diantaranya terdapat banyak bangunan monumental berupa masjid-masjidid-masmi dan istana berikut ini kecuali __ a. Masjid Aya Sofia b. Masjid Jami' Muhammad al-Fatih c. Masjid Nabawi d. Istana Topkapi
4. Jelaskan larar belakang perubahan (amandemen uun NRI 194 5 sebulkan dampak vun kehidupan kita sebagai