Bantuan Tugas Sejarah
Sejarah adalah mata pelajaran yang menarik bagi sebagian orang dan membosankan bagi yang lain. Sementara beberapa siswa terkesan dengan berbagai peristiwa masa lalu, pertempuran, dan tokoh-tokoh menarik, yang lain menganggap sangat sulit untuk menghafal kronologi pertempuran, nama-nama pemimpin berpengaruh, dan beratnya informasi yang ditawarkan mata pelajaran ini.
Untungnya, dengan pertanyaan dan jawaban sejarah ini, mudah bagi kamu untuk mengingat beberapa peristiwa penting besar dan waktu tepat kapan mereka terjadi. Jangan terlalu khawatir bahkan jika nama-nama orang penting ini membuat kepalamu pusing. Bantuan tugas sejarah kami memiliki fitur asosiasi kecerdasan buatan yang akan menghubungkannya dengan beberapa cerita menarik untuk membantumu mengingatnya dengan lebih baik.
4. Olahraga apa yang berasal dari Tiongkok kuno dan sering dikaitkan dengan filosofi Taoisme? a. Karate b. Taekwondo c. Kung Fu d. Aikido e. Judo
Dalam pembelajaran sejarah seorang guru menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Guru membagi siswa ke dalam kelompok ahli untuk mempelajari subtopik tertentu kemudian mereka kembali ke kelompok asal untuk menjelaskan subtopik tersebut kepada teman-temannya. Langkah ini menunjukkan bahwa: __ a. Model pembelajaran adalah metode khusus untuk menyampaikan materi kepada siswa. b. Strategi pembelajaran dalam model Jigsaw dirancang untuk meningkatkan kompetisi antar siswa. c. Model pembelajaran adalah kerangka konseptual yang mencakup berbagai metode dan teknik untuk mencapai tujuan pembelajaran. d. Teknik yang digunakan guru merupakan strategi utama dalam pengembangan model pembelajaran. Seorang guru IPA di tingkat SMP mengadakan ujian akhir semester untuk mengukur pemahaman siswa terhadap konsep energi dan daya. Setelah ujian selesai guru mengolah nilai siswa untuk mengetahui distribusi hasil belajar dan membandingkannya dengan kriteria ketuntasan minimal (KKM)Selanjutnya, guru memberikan laporan hasil belajar kepada siswa beserta rekomendasi strategi belajar yang lebih baik. Berdasarkan situasi tersebut manakah pernyataan yang paling benar? __ a. Proses pemberian soal ujian dan pengumpulan jawaban siswa merupakan bagian dari evaluasi nembe Jajaran untuk menentukan pencapaian tujuan belajar.
1. Sebutkan tujuan didirikan organisasi budi utomo! 2. Sebutkan tujuan didirikannya Sarekat Islam! 3. Sebutkan tokoh 3 serangkai pada organisasi Indische Partij ! 4. Sebutkan 3 konsep pengajaran pada Ki Hajar Dewantara! 5. Jelaskan perkembangan di bidang sosial budaya pada pengaruh kolonialisme belanda dari segi bahasa! 6. Jelaskan perkembangan di bidang sosial pada pengaruh kolonialisme belanda dari segi gaya hidup! 7. Sebutkan sekolah yang didirikan belanda di Indonesia! 8. Sebutkan tujuan didirikan Indische Partij ! 9. Sebutkan tujuan didirikan gerakan wanita! 10. Sebutkan tujuan didirikan gerakan pemuda!
3. Peristiwa bersejarah apa yang memicu dimulainya Perang Dunia II? a. Revolusi Prancis b. Serangan Pearl Harbor c. Pembunuhan Archduke Franz Ferdinand d. Jatuhnya Tembok Berlin e. Serangan 11 September
1. Dalam konvensi Montevidio tahun 1933 tertuang persyaratan konsitutif berdirinya sebuah negara. Sebutkan syarat konstitutif berdirinya suatu negara? 2.Sebuah organisasi Islam diMesir yang dipimpin Syaikh Hasan Al-Banna,Apa saja yang dilakukan:Gerakan menentang kolonialisme Inggris dan Mesir ? 3.Puncak kepedulian masyrakat Mesir diperlihatkan pada rapat umum yang diadakan oleh partai politik dan organisasi masyaakat? 4. Dalam konferensi yang menghasilkan" Resolusi New Dehli ditunjukkan Dewan Keamanan PBB.Apa hasil resOlusi tersebut? . 5. Mengapa pengakuan negara diperlukan oleh suatu negara yang baru Merdeka? 6. Bagaimanakah reaksi Belanda terhadap pengakuan Mesir terhadap kemerdekaan Indonesia? 7. Apa yang menjadi penyebab terbentuknya KTN(Komisi Tiga Negara)? 8. Sebutkan 4 dari pernyataan Delegasi Indonesia didalam persetujuan "Roem Royen"? 9. Apa manfaat yang diperoleh indonesia dengan menjadi anggota PBB? 10. Sebutkan 3 hasil KMB? 11. Negara mana saja yang merespon proklamasi kemerdekaan RI? 12. Agresi Militer Belanda 1 mendorong PBB untuk turun tangan dalam penyelesaian sengketa indonesia-Belanda .Tangggal dan Tahun berapakah Agesi militer Belanda 1? 3. Sebutkan 4 perundingan antara Indonesia-Belanda? 4. Jelaskan pengertian resolusi? 5. Sebutkan 2 bentuk dukungan Australia terhadap kedaulatan Bangsa Indonesia?
1. Jelaskan faktor -faktor yang mendorong pesatnya perkembangan pendidikan Islam di Andalusia pada masa kejayaannya! 2. Sebutkan dan uraikan lembaga -lembaga pendidikan yang terkenal di Andalusia serto kontribusinya dalam perkembangan ilmu pengetahuan dunia! 3 . Bagaimana pengaruh interaksi antara budaya Islam dan Barat terhadap kemajuar pendidikan di Andalusia?Berikan contoh nyata dari integrasi ini! 4. Uraikan peran tokoh- tokoh ulama dan ilmuwan Andalusia, seperti Ilonu Rusyd dan Ibnu Khaldun dalam memajukan pendidikan dan ilmu pengetahuan!
perhatikan pernyataan berikut! (1) Lembaga negara (1) Hak Asasi Manusia Demokrasi (1) Perekonomian (5) Hukum pervujudan nilai-nilai Pancasila di bidang politik Berdasarkan pernyataan di atas, perkembangan ditunjukkan dengan nomor __ A. (1), (2), (3), dan (4) B. (1), (2), (4)dan (5) C. (1), (3), (4)dan (5) D. (1), (2), (3)dan (5) Perhatikan pernyataan berikut! 1) Kata Mukaddimah diganti dengan kata Pembukaan. 2) Sila pertama, yaitu Ketuhanan dengan kewajiban syari'at Islam bagi pemeluk -pemeluknya" digant i dengan rumusan Yang Maha Esa." 3) Perubahan pasal 6 UUD yang berbunyi "Presiden ialah orang Indonesia asli yang beragama Islam'menjad "Presidenialah orang Indonesia asli." 4) Digantinya lembaga KNIP menjadi lembaga DPR dan MPR 5) Pasal 28 UUD 1945 yang berbunyi "Negara berdasar atas Ketuhanan dengan kewajiban menjalankan syari'at Islam bagi pemeluk pemeluknya"diganti menjadi pasal 29 UUD 1945 yang berbunyi "Negara berdasar atas Ketuhanan Yang Maha Esa." Empat perubahan yang pada Sidang PPKI terhadap rumusan pembukaan UUD naskah Piagam Jakarta dan rancangan batang tubuh UUD hasil sidang kedua BPUPKI ditunjukkan nomor __ . A. I 1), 2), 3), dan 4) B. 1),2),3)dan 5) C. 2),3),4)dan 5) D. 1.),3), 4),dan 5) Naskah Undang -Undang Dasar diterima dengan suara bulat pada sidang BPUPKI tanggal __ A. 16 Juli 1945 B. 18 Juli 1945 C. 16 Agustus 1945 D. 18 Agustus1945 Tokoh-tokoh yang menjadi Panitia Penghalus Bahasa untuk rancangan Undang -Undang Dasar adalah __ A. Hosein Djajadiningrat H.Agus Salim, Mr.Soepomo B. Mr.Soepom o, Ir.Soekarno , Mr. Wongsonegoro C. Drs. Moh Hatta, H Agus Salim, Mr Soepomo D. Dr.Sukiman,Ir Soekarno, Hosein Djajadiningrat 13. Tata urutan peraturan perundang undangan Negara Republik Indonesia yang tertingg!adalah __ A. undang-undang dasar B. peraturan pemerintah pengganti UU C. undang-undang D. peraturan presiden 14. Peraturan daerah kabupaten/kota dibentuk oleh __ A. Menteri Dalam Negeri B. Bupati/walikota C. Gubernur dan DPRD D. Bupati/walikota dengan DPRD 15 undangan yang menghendak i persetujuan antara presiden dengan DPR adalah __ A. UUD 1945 B. UU C. Peraturan pemerintah D. Peraturan daerah 16. Di bawah ini makna yang terkandung dalam alenia pertame pembukaan UUD 1945,kecuali __ A. Motivasi B. Dasar Perjuangan C. Makna Kemerdekaan D. Sistem pemerintahan 17. Hal-hal yang dirumuskan dalam pembukaan UUD 1945 alinea ke-4 adalah __ A. Persiapan menuju kemerdekaan B. Tujuan Negara C. Tujuan dan prinsip dasar Negara D. Naskah Proklamasi 18. Salah satu bentuk pengamalan yang terkandung dari pokok pikiran UUD Negara RI Tahun 1945 alinea ke-3 adalah __ A. tidak melakukan diskriminasi dengan bersikap merendahkar harkat orang lain B.mendukung terwujudny a sistem pemerintahan negara berdasarkan kedaulatan rakyat C. keteguhan bangsa Indonesia dalam membela kemerdekaan melawan penjajah dalam segala bentuk D. belajar dengan tekun sebagai dukungan untuk terwujudnya tujuan negara, mencerdaskan kehidupan bangsa
31. Luasnya wilayah kekuasaan Daulah Abbasiyah mengakibatkan munculnya bermacam corak budaya yang ragam disiplin Ilmu pengetahuan dan ragam budaya, salah salunya disebabkan oleh __ A. Banyaknya budaya yo di kenalkan B. Terjadinya asimilasi bangsa dari beragam suku bangsa C. Karena berkumpulnya orang di berbagi wilayah D. Satu sama lain saling mengenalkan budays. 32. Tokoh ilmuwan muslim bidang kedokteran bernama ibnu sina. Beliau seorang ulama produktif. Hasil buah karyanya di bidang kedokteran adalah __ A. Alhawi C. Almuawtho B. Almusnad D. Alqanun fi atthib 33. Seorang tokoh bidang filsafat di kenal sebagai permiki muslim pertama yang menyelaraskan filsafat dan agama adalah __ A. Alkindi C. Ibnu Maskawaih B. Alghozali D. Ibnu Sina 34. Kesesuaian antara tokoh ilmuwan muslim dengan karya nya yang monumental adalah __ A $Arrozi=Firdaus\quad Alhikmah$ B $\vert mam\quad Assyafil\quad =Alumm$ c $Alghozali=Musnad$ D $Albukhori=Almuwatho$ 35. Tokoh ilmuwan yang berperan dalam ilmu tafsir adalah __ A. Ibnu Jarir Atthobari C. Al-Ghozali B. Ibnu Maskawaih D. Ibnu Sina 36. Para tokoh ilmuwan muslim bidang hadis di kenal dengan kutubussittah salah satuny adalah __ A. Imam Malik C. Imam Syafii B. Imam Albukhori D. Imam Maskawaih 38.
28. Ilmuwan muslim di bidang kedokteran yang menjadi dokter pribadi kholifah Almutawakil adalah __ A. Ibnu Sina C. Ali bin Rabban Atthobari B. Alkindi D. Al-Ghozali 29.The Golden Age merupakan sebutan yang di sematkan pada masa kekuasaar Dinasti __ A. Umayah C. Abbasiyah B. Fatimiyah D. Mamluk 30. Setelah lama berkuasa Dinasti Abbasiyah pada priode ahir mengalami masa kemunduran termasuk faktor ekstern adalah __ A. Aganya serangar : tentara mongol B. Lemahnya peminpin C. Terjadinya perang badar D. Adanya serangan israel di gaza
26. Majlis Munadzarah pada masa Daulah Bani Abbasiyah menjadi pusat untuk kajian __ A. Politik C. Ekonomi B. Keagamaan D. Kebahasaan 27. Kemajuan suatu bangsa tergantung dari keilmuan dan kesejahtraan masyarakatnya Teladan yang dapat kita ambil dari para tokoh Dinasti Abbasiyah adalah __ A. Semangat menuntut ilmu B. Berlomba dalam kemalasan C. Mencari teman yang pintar D. Memperebutkar jabatan di kelas