Bantuan PR Sastra
Sastra adalah bentuk seni yang mengekspresikan dan mengkomunikasikan ide, emosi, dan pengalaman melalui bahasa. Sastra adalah bagian integral dari budaya manusia, mencakup berbagai bentuk dan gaya. Karya sastra dapat mencakup novel, puisi, drama, esai, dan lain-lain. Sastra tidak hanya mencerminkan latar belakang sosial, sejarah, dan budaya, tetapi juga menginspirasi imajinasi, emosi, dan kemampuan berpikir kritis pembaca. Melalui sastra, orang dapat menjelajahi dunia dalam diri manusia, memahami perspektif dan nilai-nilai yang berbeda, dan merasakan kenikmatan keindahan. Sastra memiliki dampak yang signifikan pada pertumbuhan pribadi dan perkembangan masyarakat.
Teks 3 'Konon, di sebuah hutan ada dua ekor kera yang pada mulanya merupakan sepasang suami istri yang sudah bersumpah setia. *Ketika sepasang suami istri itu menjelma menjadi kera , mereka pun tetap bersama menanggung duka dan derita. 'Mereka juga menuai sukacita bersama.'Katanya, mereka berdua sudah menghuni pura sejak mereka dilahirkan oleh induk yang sama ' Namun, mereka dilahirkan dari jantan kera yang berbeda. Menyesalkah mereka? 'Kelahirannya di halaman pura yang memang penuh dihuni kera itu konon adalah permintaan mereka berdua. "Harapannya adalah agar mereka diberi kesempatan menyucikan hidup mereka sehingga mereka berdua kembali menjadi manusia kemudian hidup menjadi makhluk utama dan kembali ke surga. (Diadaptasi dari Nurhan, K (Ed,) (2005). JI.Asmaradana, Kompas, Jakarta: Indonesia) Bacalah tulisan di atas untuk menjawab soal 41 s.d. 45, kemudian jawablah soal-soal yang tersedia dengan memilih jawaban yang tepat di antara pilihan A, B, C,D, atau E. 41. Kata yang mengandung makna lain dari yang tertulis terdapat dalam kalimat __ (A) (1) (B) (2) (C) (3) (D) (4) (E) (5) 42. Ungkapan yang digunakan penulis untuk memberikan penegasan melalui pengulangan kata lain yang memiliki makna sama pada bacaan di atas adalah __ (A) bersumpah setia dalam kalimat (1) (B) suami istri dalam kalimat (2). (C) duka dan derita dalam kalimat (2) (D) sukacita bersama dalam kalimat (3) (E) kembali ke surga dalam kalimat (8). 43. Bentuk aktif dari kalimat pasif Rumah tua itu sudah ditinggalkan pemiliknya sejak Perang Dunia Pertama pecah. memiliki pola yang sama dengan pola kalimat __ (A) (1) (B) (2) (C) (3) (D) (4) (E) (5) 44. Kata manakah pada bacaan tersebut yang pola bentukan katanya dapat digunakan untuk membentuk kata lain? (A) halaman (B) manusia (C) merupakan (D) kemudian (E) harapan 45. Kalimat (4)merupakan __ dari kalimat $(3)$ (A)penguatan (B) penambahan (C) penjelasan (D) perincian (E) perluasan
[tall contoh ra' dibaca __ a. Tarqiq b. Qamariyah c. Tafkhim d. Syamsiah
Teks 2 !Pohon tabebuya yang bermekaran cantik di sepanjang Jalan Thamrin Sudirman, hingga Senayan ?Pemandangan yang biasanya hanya menampilkan gedung -gedung pencakar langit itu kini tampak indah . 3 Hal itu memberikan kesan suasana musim di Jepang. 'Dengar ketinggian mencapai dua meter, pohon tabebuya tumbuh dengan bunga yang berwarna dadu lembut Pohon tabebuya meng daunnya dalam waktu singkat pada musim dingin dalam setahun."Saat seperti itu , bunganya muncul ?Kebiasaan ini membuat pembungaan menjadi lebih menarik karena bunganya terlihat jelas dan pohonnya memilik I daun yang tidak bersaing . $ Bunga tabebuya berbentuk tabung dan ringan di bagian atas dengan banyak benang sari."Bunga tabebuya dapat mekar 2,5 hingga 10 sentimeter yang bergantung berkelompok. (Diadaptasi dari hitps://twww.kompa .com) Bacalah tulisan di atas untuk menjawab soal 36 s.d. 40, kemudian jawablah soal-soal yang tersedia dengan memilih jawaban yang tepat di antara pilihan A, B, C,D,atau E. 36. Apabila gagasan dalam bacaan tersebul dipisahkan menjadi dua paragraf yang padu dan utuh,pengelompoka adalah __ (A) $(1-2)$ dan $(3-4-5-6-7-8-9)$ (B) $(1-2-3)$ dan $(4-5-6-7-8-9)$ (C) $(1-2-3-4)$ dan $(5-6-7-8-9)$ (D) $(1-2-3-4-5)$ dan $(6-7-8-9)$ (E) $(1-2-3-4-5-6)$ dan $(7-8-9)$ 37. Kata yang memiliki makna yang lebih sempit dari kata bunga daribacaan tersebut adalah __ (A) putik (B) benang sari (C) batang (D) kembang kol (E) lavender 38. Kata dalam bacaan tersebut yang memiliki makna yang sebenarnya adalah __ (A) memberikan (kalimat 3) (B) menggugurkar (kalimat 5) (C) memiliki (kalimat7) (D) bersaing (kalimat 7) (E) bergantung (kalimat 9) 39. Kalimat yang tidak logis dalam bacaan tersebut terdapat pada nomor __ (A) (1) (B) (2) (C) (3) (D) (4) (E) (6) 40. Fungsi kata penghubung karena dalam kalimat (7) adalah __ (A) memperjelas gagasan. (B) menggambarkan kalimat sebelumnya. (C)penyebab. (D) menyambung informasi. (E) menguatkan gagasan.
13.al ta'rif Alif Lam ) dibaca __ a. Ikhfa' c. Idziar Syamsiah b. Idzhar Qomariyah d. Idgham Syamsiah
4 Ceritakan pengalaman Anda ketika membuat materi presentasi pidato, draf naskah, laporan dan lain-lain sesuai arahan pimpinan! Gambarkan situssi saat itu dilengkopi waktu: Peran dan kewenangan Anda: Tindakan yang Anda lakukan: Hasil:
33. The following sentence can be added to the passage. Some acacias are popular in landscaping because of their graceful shapes.lacey foliage, and fragrant blossoms. Where would it best fit in the .passage? Click on the square (E) to add the sentence to the passage. Scroli the passage to see all of the choices. The Acacia, a genus of trees and shrubs of the mimosa family that originated in Australia, has long been used there in building simple mud and stick structures. The acacia is called a wattle in Australla, and the structures are said to be made of daub and wattle The acacia is actually related to the family of plants known as legumes that includes pess, beans lentils, peanuts, and pods with beanllke seeds . Some acacias actually produce edible crops . -Other Acacla varieties are valued for the sticky resin, called gurn arabic or gum acacia, used widely in medicines , foods, and perfumes, for the dark dense wood prized for making planos, or for the bark, rich in tannin,a dark,acidlc substance used to cure the hides of animals , transforming them into leather. Nearly five hundred species of Acacia have been analyzec I, Identified , categorized, and proven capable of survival in hot and generally arid parts of the world ; however, only a dozen of the three hundred Australian varieties thrive in the southem
26. Cermatilah kutipan berikut! Lelaki bertubuh agak gempal itu seringkali memasuki sekolah tanpa atribut lengkap. Ditambah selalu mengeluarkar baju seragamnya. la pun berteman dengan anak a. Semua rusuh di sekolah. Tetapi ia pintar bukan kepalang (MPLS) di SMP. adalah orang yang berani bersuara tentang MPLS. "Maaf Kak, saya izin bertanya. Untuk apa ya kami disuruh bawa semua barang ini? Apalagi barang-barang ini cukup banyak dan harganya di atas $Rp10.000,00$ Kalau ada orang kurang beruntung , bagaimana?" lalah Jono itu. Selama MPLS, ia tetap mengikuti berani membertan mengeluarkan unek-uneknya secara langsung di depan panitia. Setelah seminggu , akhirnya MPLS pun selesai. Termasuk alur bagian apakah kutipan cerita tersebut? C. penyelesaian A. peleraian D. pemunculan masalah B. pengenalan 27. Cermatilah berikut! Kisah persahabatanku dengan Jasmine dimulai sejak kami masuk SMP Pada saat itu, aku dan dia baru berkenalan ketika aku akan pingsan di jam olaharaga. Sebelum pingsan, Jasmine bertanya padaku, "Kamu terlihat lemas, apakah kamu perlu kupanggil guru agar segera ke UKS? Aku yang berusaha untuk tetap kuat kemudian menjawab, "Tidak perlu, aku masih kuat untuk mengikuti jam olahraga." merasa kalau diriku benar-benar sedang tidak sehat, kemudian memanggil guru untuk memberitahuka n bahwa aku sepertinye akan pingsan. Tanpa berlama-lama, guru olahraga segera membawaku ke ruangan UKS agar bisa beristirahat Setelah masuk ke ruang UKS, aku merasa sudah lebih baik dan tahu kalau penyebab akan pingsanku adalah karena belum sarapan di pagi hari. kembali ke kelas, aku sangat berterima kasih kepada Jasmine karena sudah memberitahukan kepada guru kalau aku bisa saja pingsan. Tanpa Jasmine, mungkin aku akan pingsan. Kami berdua pun pulang bersama naik angkutan umum yang sama karena tanpa diduga rumah kami searah. Dalam teks cerita tersebut pengarang mengambil posisi __ A. terlibat dalam cerita sebagai pelaku utama B. terlibat dalam cerita sebagai pelaku sampingan C. berada di luar cerita sebagai pengamat D. berada di luar cerita sebagai orang serba tahu 28. Cermatilah kutipan berikut! Aku harus terus membangun belajar untuk meraih mimpi dan membalas kebaikan orang tua. Aku juga harus membahagiakan mereka walaupun aku paham bahwa sebanyak apapun kebaikanku tidak akan mampu membalas jasa-jasa dan kebaikar orang tua kepada anaknya. Tapi melihat mereka sangat rajin bekerja membanting tulang maka semakin tinggi pula motivasi dalam diriku untuk meraih cita-cita dan impian. Aku selalu ingat kata seorang motivator yang pernah kulihat di televisi "Sukseslah di usia muda Walaupun kondisi keluargaku sangat sederhana, tapi aku selalu ingat pesan itu, maka aku pun menjadi berani punya cita-cita dan bersemangat untuk meraih kesuksesan di usia muda. Tema cerita tersebut adalah __ A.moral C budaya B. religious D. Pendidikan
35. Lis mountal it tabuse millions metibal because tronothon morning callion B. magness C. motions B. discuss 35. Part was are memilia program study in persumum termains termine ittenis hellowee dengan keras near birs think milk menghalang shan mempertahkan sith Archiving limitive B. Henrul lettershop wait travifies adults __ d kontrevent C. pertikaim No Sunts kehidupen di mans phal -pihak yang dalam tingkat disclss __ koonfinan dan kerja sama b. discusiatif d .konsultatif 31. Yang membedakan akomodiss dengan kerja sama schagai prones sosial adalah __ a. akomodas adalah konflik kerja sama adalah kompetisi b. akomodasi adalah perndaan konflik, kerja sama adalah kegiatan bersama C.akomodasi adalah perryebab konflik, kerja sama adalah upaya d.akomodasi adalah perdamaian kerja sama adalah peredaan kontlik e. akomodasi adalah kegiatan bersama kerja suma adalah peredaan konflik 12. Para sinwa yang belajar giat unhik menduduki dalam bentuk __ rangking satu di kelasmya termasuk interakai b kompetisi C. kondik d koonfinasi C. hontrovers 31. Berikut in merupakan contoh kontravenal adalah __ portikaian antarwarga di perumahan Griva Santa b. teron yang dilakukan clich scketompok provokator C. persaingan percbutan kejuaraan HSC di Hikmah d antarwarga untuk mempertahankan monghadapi lawan yang languah
diproblamasikan pada har oo wis Agustus 1048 tangry Agustus 1040 tanggan 17 Aguntus taan Bangsa Indonesia tangon 17 amerdekaan bengsa Indonesia tangge 17 1045 C. Kak Tinta tinggat d Dataran Tingai Katun Ten dan perumahan, Katon lah paman Kak Tinta Kesalahan penggunaan hund kapital terdapat pada kalimat __ A. Kak Tinta tinggal di Perumahan Onya Asit D. Perumahan tersebut berada d daerah Dataran Ting? C. Kebun teh tersebul milik Pak Bubrata, paman Kak Tinta. D. Kebun Teh Khahilatiwa terletak tidak jauh dari perumahan. Paman akan pergike rumah kakek di Kota Surabays la monumpang Kerete Agi Eksekutif dari stasiun tugu menuju stasiun gubeng. Pamer pukul 22.15 WIB ta tangsung menuju rumah kakek di Jalan Kertajaya xs Perbakan kesalahan penggunaan hund kapital yang benar pada kalimat yang bercetak tebal adalah __ A. is menumpang ang kereta api kelas ekselust dari stasiun Tugu menugu Susiun Gubeng B. la menumpang Kereta Ap kelas Eksekult dan stasiun C la menumpang kereta api kelas eksekutif dan Gubeng D. Ia menumpang Kereta Ap kelas Eksekuat dari Stasiun Tugu menuji Stastun Gubeng R. Ibuku seorang guru sekolah dasar la bernama Sri Sulistya, SPD.vd. is tertente sebagai seorang guru yang ramah. Perbakan penulisan gelar pagpasa.bercetak tebat adalah __ A. la bernama Sri Sulitya SPd.Sd B. la bernama Sri Sulistya $sPDSd$ C. Ia bernama Sin Sulistya. $SPd.5D$ D la bernama Sri Sulistya. $SPDSD$
Written Expression: After George Washington married widow Martha Custis, the couple came to resides at Mount Vernon. married came widow After resides