Bantuan PR Sastra
Sastra adalah bentuk seni yang mengekspresikan dan mengkomunikasikan ide, emosi, dan pengalaman melalui bahasa. Sastra adalah bagian integral dari budaya manusia, mencakup berbagai bentuk dan gaya. Karya sastra dapat mencakup novel, puisi, drama, esai, dan lain-lain. Sastra tidak hanya mencerminkan latar belakang sosial, sejarah, dan budaya, tetapi juga menginspirasi imajinasi, emosi, dan kemampuan berpikir kritis pembaca. Melalui sastra, orang dapat menjelajahi dunia dalam diri manusia, memahami perspektif dan nilai-nilai yang berbeda, dan merasakan kenikmatan keindahan. Sastra memiliki dampak yang signifikan pada pertumbuhan pribadi dan perkembangan masyarakat.
24. Buka slokane, macelep di kuping tengawan pesu di kuping kebot. Artine __ A. Kaucap ring anake plapan utawi tangar mabaos wiadin malaksana B. Sakadi anake ane belog ajum pamuput ipun pacang pocol utawi sengkala C. Anake sane nenten uning ngelingang paplajahan wiadin pitutur gelis ipun lali D. Sakadi anake sane keweh makarya saget wenter timpal ipun rauh nulungin 21.Wenten tutur- tuturan satua ... lengkara punika kanggen ngawitin rikala panglingsire jagi ngicenin satua Bali majeng alit- alite jagi sirep. Kruna tutur mawit saking kruna tattwa ring panegara __ A. India B. Arab C. Cina D. Prancis 22. Tutur Tantri mawit saking wastan jadma sane listuayu tur pascad indik tutur utawi satua, jadma punika mawasta __ A. Ni Diah Tantri B. Dewi Kunti C. Mayang Sari D. Ni Diah Ranti 23.Tantri sane akehan kasarengin antuk baburon masuku pat, sakadi m lacan, Kambing, cicing jaran miwah sane tiosan, punika caciren Tantri san e kawastanin __ A. Pisaca Harana B. Mandhuka Harana C. Ni Diah Tantri D. Nandhaka Harana 25. Punika taler tan surut-surut titiang ngaturang gung rena pangampura manawite wenten kakirangan atur titiang,Lengkara puniki ring teks pangenter acara kaunggahang ring __ A. Daging acara B. Pamahbah acara C. Pangawit acara D. Pamuput acara Tumben jani Nyoman dipta sebengne kuyu, semune sedih acun. Teka uling sekolahan tusing gantar ka paon, tuara marasa basang seduk.Negak nyededek di sakan bale dauhe paliate joh: buka ngengkebang lek di keneh.Paningalane kakucek,duurne kakusu -kusu __ 26. Yening selehin wecana ring ajeng mamurda __ A. Nyoman Dipta B. Mayuse makada belog C. Semu guyu D. Kengkebang lek dikeneh 27. Ring dija I Nyoman Dipta negak teka uli sekolahan? A. Di Natahe B. Di Paon C. Disakan balene
Hàng vị papa hung deskripsi adalah __ Pernyataan berikut yang merupakan on tekn . 4. a. bersifat menoentakan b. mengandung bukt dan kebenaran C. menggunakan contoh, fakta gambar peta dan angka d. penggo tersebut dilakukan sojolan-jelasny a dengan melibatkan kesan indra 2.Lembah Harau yang terletak di Kebupaten Limat Puluh Kota . Provinsi Sumater 1 Baraf merupakan jurang berdiamet ar mencapai 400 meter. Lembah Harau terkenal dengan keindahannya yang memukau. Tebing -tebing granit tinggi berbentuk unik mengelilingi lembah. __ Sejak memasuki Lembah Harau pengunjung sudah bisa m enikmati pemandangan mengagumkan ini, Kalimat deskripsi yang tepat untuk melengkapi titik-titik dalam paragraf tersebut adalah __ a.Tebing tebing granit terjal ini mempunyai ketinggian $80-300$ meter b. Pengunjung sudah iama mengincar pemandangan ini C. Tebing Harau tidak kalah indahnya dengan Grand Canyon yang ada di Amerika Serikat d.Tebing granit ini salah satu daya tarik wisata di Provinsi Sumatera Barat
15.Be rikut yang bukan bagian langkah- langkah me ngan alisis mak na lagu wajib nasional dan lagu daer ah adalah __ A. m endata lagu n asional dan lagu daerah dari sumber te pe rcaya B. men yeleksi dan me n ulis lirik lagu nasi onal a t eran menya nyikan la gu n asional dan lagu da erah b erulang-ulang D.mengulas na lagu dalam bent uk desk r telah menyim ak lagu
2. Sapa L esmana iku? Wangsulan __ .........................................................................
xercise 1 latch the sentence halves. What shall Good Do you want Where shall Sorry I can't, I don't think Let's Would you What time I'm not to join us? it's a good idea. we do to celebrate? sure. idea! shall we meet? we meet? I'm busy. cook a meal. like to come?
Bacalah pantun berikut! Pantun 1 Limau purut lebat di pangkal, sayang selasih condong uratnya. Angin ribut dapat ditangkal, hati yang kasih apa obatnya. Pantun 2 Lebat daun bunga tanjung. berbau harum bunga cempaka. Adat dijaga pusaka dijunjung. baru terpelihara adat pusaka. Perbedaan kedua jenis teks pantun tersebut adalah __ a. pantun 1 berupa pantun perpisahan, sedangkan pantun 2 berupa pantun nasiha b. pantun 1 berupa pantun nasihat, sedangkan pantun 2 berupa pantun adat C. pantun 1 berupa pantun percintaan, sedangkan pantun 2 berupa pantun adat d. pantun 1 berupa pantun agama pantun 2 berupa pantun nasihat e. pantun 1 berupa pantun teka-teki, sedangkan pantun 2 berupa pantun anak-ana 18. Cermati larik pantun berikut! 1) Kalau Anda ingin cerdas 3) Sebelum makan rebus dulu 2) Pergi ke pasar beli talas 4) Siang malam baca buku Lank-larik kalimat acak tersebut akan menjadi pantun bila disusun dengan urutan . a. $1)-4)-3)-2)$ d. $4)-2(-1)-3)$ b. $2(-3)-1)-4)$ e. $1)-3)-2(-4)$ C. $3(-2)-1)-4)$ 19. Bacalah pantun rumpang berikut! Jalan-jalan ke Pulau Buru Sungguh elok mentari pagi __ __ Isi untuk melengkapi pantun tersebut adalah __ HOTS a. Ingatlah selalu nasihat guru Belajar giat raih prestasi b. Ingatlah selalu nasihat ibu Raihlah cita-cita tuk masa depan C. Nasihat guru kan kukenang Belajar giat raih prestasi d. Setinggi langit cita-citamu Belajar giat pasti tercapai e. Belajar untuk mendapat ilmu Agar tercapai cita-cita 20. Bacalah pantun berikut! Ambillah benang menjadi kain Kalau kamu ingin dikenang Berbuat baiklah dengan orang lain Pantun tersebut termasuk jenis pantun __ a. nasihat d. cinta b jenaka e. agama C. teka-teki
14. Berikut hal -haly ang tidak dibutuhkan dalam memb uat s eni an yama n adalah __ a. kreativ itas ti nggi b. ide c. pera saan pemik iran
2) Liriknya mengg unakan baha sa daer ah ag ar lebih men yentuh hati. 3) Liriknya berisi kisah perjuangan ba pengh argaan k epada pahlawan. 4)Mel sederhana agar mud yanyik an be rbagai lapis an masyar akat. 5) Lirik nya men ggunak an ba hasa Indonesia agar dip ahami se luruh masyarakat Indo nesia. Ciri-nasion al yang benar kan n omor __ A. 1), 2), d an 3) C. . 2), 3),dan 4)
2. Which one is the expression of refusing help?
5. Metodologi Kegiatan Tahapan Kegiatan: - Perencanaan:Pembentukan kelompok,pemilihan menu saprahan, pengumpulan bahan. o Pelaksanaan: Belajar memasak makanan tradisional,persiapan hidangan. pelaksanaan saprahan. 0 Evaluasi: Pengisian angket,presentasi hasil kegiatan. Metode Pembelajaran: Praktik memasak,diskusi kelompok, wawancara dengan tokoh masyarakat, studi literatur. Sumber Daya: - Bahan makanan, peralatan memasak, ruang kelas narasumber ahli kuliner. 6. Produk yang Diharapkan Produk Utama: - Acara saprahan yang melibatkan seluruh anggota kelompok. - Buku resep makanan tradisional. Video dokumentasi kegiatan. Produk Pendukung: - Poster atau banner promosi saprahan. - Artikel tentang pentingnya melestarikan saprahan. 7. Anggaran Biaya - Rincian Biaya: Bahan makanan, peralatan memasak, transportasi konsumsi, promosi. 8. Jadwal Pelaksanaan Tabel Jadwal: Tunjukkan jadwal kegiatan secara rinci, mulai dari persiapan hingga pelaporan. 9. Penutup Kesimpulan: 0 Rangkum hasil yang diharapkan dari kegiatan ini. Saran: - Saran untuk pengembangan kegiatan di masa mendatang. 10. Daftar Pustaka (referensi kutipan kalian)