AI Jawab Pertanyaan_Asisten Tugas Terbaik AI Online | Question AI

Bantuan PR Sastra

Sastra adalah bentuk seni yang mengekspresikan dan mengkomunikasikan ide, emosi, dan pengalaman melalui bahasa. Sastra adalah bagian integral dari budaya manusia, mencakup berbagai bentuk dan gaya. Karya sastra dapat mencakup novel, puisi, drama, esai, dan lain-lain. Sastra tidak hanya mencerminkan latar belakang sosial, sejarah, dan budaya, tetapi juga menginspirasi imajinasi, emosi, dan kemampuan berpikir kritis pembaca. Melalui sastra, orang dapat menjelajahi dunia dalam diri manusia, memahami perspektif dan nilai-nilai yang berbeda, dan merasakan kenikmatan keindahan. Sastra memiliki dampak yang signifikan pada pertumbuhan pribadi dan perkembangan masyarakat.

4. Geguritan kaperang dadi __ jenis a. 5 b. 4 c. 3 d. 2

18. Kahimat puisi berikut yang ranngandung majas simile cdnloh __ 4. Wukturaperticlang hinpit Melevatishari-hari rubuh tempa ratapan b. Akumencintalmus dengan regolanya Cintuku padawa sedalam samudri c Aku keephan dalam hirut plkuk taman kota ini Aku dalam sedih di tengah canda tawa di sekitarku d. Penguasu malant Membawa minipi ke seling insun 19. Bacalah penggulan pulsi berikut! Sepi, hering dalam diam Tak ada lagu bersenandung Tak ada celotch bergaung Hanyu kisahyang tertinggal Sebagai saksi bisu Perjalanan bulan dan bintang Tema puisi di atas adalah a. kebahagiaan c. ketinduan b. peduli sesuma d bekerja sama 20. Kallmat puisi berikut yang mengandung citraan pendengaran adalah __ a."Hidup tukang vambutan!" Hidup tukang rambutani Dan menyoraki saya. Beful bu, menyoraki saya b. Merekakehasan datam panas bukan main Terbakar muka di atas truk terbuka c. Dan ada yang furun dari truk, bu Mengejar dan menyalami saya d. Kita udalah manusia bermata sayu, yang di tepi jalan Mengacungkan tangan untuk oplet dan bus yang penuh 21. Cermatilah puisi berikut! Ambon! Jalan sudah bertahun kutempuh! Peraku yang bersama kan merapuh! Mengapa ajal memanggil dulu Sebelum sempat berpeluk dengan cintaku Suasana dalam puisi di alas adalah __ a. sedih c.gembira b. marah d. kecewa 22.Cermatilah puisi berikut! Dalam buaian angin malam yang syahdu Ditemani kerlip bintang di bumantara Kutitipkan rindu padamu Rindu tanpa balus Ku selalu mengharapkanmu

b. rumusan masalah c. tesis 31. Bacalah paragraf berikut dengan saksama! Berbagai perkembangan yang terjadi di hidang teknologi informasi dangan tersebut perkemaknya tidak ditanggapi dengan sikap justru harus dilihat dari sisi positifnya sambi menyiasati berbagai abut. Perkemi memetik keuntungan dar perkembangan teknologi informasi tersebut ini pasti akan mengubah banyak hal dalam masyarakat, mulai darigaya hidup, kecenderungan mental, hingga pandangan hidup. Ide pokok paragraf tersebut adalah __ a. kekhawatiran warga atas perkembangan di bidang teknologi b. sikap cemas dalam menerima perkembangar teknologi perlu dirasakan c. perkembangan di bidang teknologi jangan ditanggap dengan sikap cemas d. perkembangan teknologi akan mengubah banyak hal dalam masyarakat e. perkembangan teknologi melaju lebih cepat dibandingkan perkembangan masyarakat 32. Pernyataan yang tepat disampaikan oleh seorang moderator saat membuka diskusi mengenai peran wanita Indonesia dalam rangka membangun bangsa adalah __ a. Saudara-saudara, mari kita mulai membicarakan masalah "Peran wanita Indonesia dalam rangka membangun bangsa.". b. Saudara-saudara, marilah kita mulai diskusi pagi ini dengan topik "Peran wanita Indonesia dalam rangka membangur bangsa." c. Saudara-saudara, marilah kita awali diskusi tentang peran wanita Indonesia dalam rangka membangun bangsa. d. Saudara-saudara terima kasih dan marilah kita buka diskusi tentang "Peran wanita Indonesia dalam rangka membangun bangsa." e. Saudara-saudara, terima kasih atas kehadiran Anda dan segera kita mulai diskusi tentang "Peran wanita Indonesia dalam rangka membangun bangsa." 22. Amati informatik borikut!

Di bawah ini, kalima yang merupakan penculup surat pribadi, yaitu __ a. Hai, sobat apa kabarmu hari ini? b. Ran, sampai sini dulu ya surat dari aku. kutunggu balasannya! c. Sudah lama yah kita tidak berjumpa d Bagaimana dengan sekolahmu? Lancar lancar sajakah! Perhatikan struktur surat berikut! (1) Kepala sural (2) Tanggal surat (3) Lampiran (4) Perihal (5) Alamat surat (6) Salam pembuka (7) isi surat (8) Paragraf penutup (9) Nama dan tanda tangan penulis. (10) Tembusan Berdasarkan teks tersebut yang merupakan bagian struktur surat pribadi ditujukan nomor __ a. (1), (2), (3)dan (5) b. (2), (3 ). (6), dan (8) c. (2), (5)(6), dan (9) d. (4)(7). (9)dan (10) Berikut jenis surat izin yang tepat adalah __ a. surat izin mengemudi b. surat izin tidak masuk sekolah c. surat izin mengendara motor d. surat izin membeli bangunan Berikut ini adalah bagian-bagian surat yang hanya terdapat dalam surat dinas, yaitu __ a. Salam pembuka b. Kepala surat c. Tanggal penulisan surat d. Identitas penulis surat Contoh salam pembuka yg paling tepat buat sebuah surat resmi, yaitu __ a. Selamat pagi, b. Salam sejahtera, c. Bagaimana kabarnya? d. Dengan hormat, Perhatikan surat pribadi berikut ini! Jakarta, 14 Maret 2020 Menemui Sahabatku, Jalan Delima Merah Bantul Halo Ari, [...] Saya sekeluarga juga sehat.

3. Tembung kalbu ing geguritan dhuwur tegese __ a. ati b. asor c. ala d. aku

13. Kapan biasanya masyarakat di Purworejomenerapkan budaya gotong royong? a.hanya saat ada acara resmi dari pemerintah b. pada saat warga membutuhkar bantuan c. hanya pada saat perayaan hari besar agama d. saat ada kegiatan belajar mengajar di sekolah Bacalah teks berikut untuk soal nomor $14-15'$ Di sekolah, para siswa dari berbagai suku dan daerah berkumpul untuk merayakan Festival Budaya. Mereka menampilkan tarian daerah, mengenakan pakaian tradisional, dan menyajikan makanan khas dari daerah masing -masing. Semua orang saling menghargai dan menikmati pertunjukan tersebut, menciptakan suasana yang harmonis dan penuh kebersamaan 14. Apa yang ditampilkan para siswa selama Festival Budaya di sekolah? a. tarian daerah dan makanan khas c. perlombaan olahraga tradisional b. film dan drama daerah d. kontes kecantikan 15. Apa manfaat dan kegiatan Festival Budaya ini bagi siswa? a. mengetahui nilai akademis yang dimiliki siswa b. meningkatkan persaingan antar siswa c. menciptakan suasana yang harmonis dan penuh kebersamaan d. memperoleh hadiah kejuaraan dari sekolah Bacalah teks berikut untuk soal nomor $16-17$ Dalam sebuah acara sekolah,siswa-siswa mempresentasikan hasil penelitian mereka tentang makanan khas dari berbagai daerah di Indonesia.Mereka menjelaskan bagaimana makanan tersebut mencerminkan budaya masing-masing dan mengajak teman-temannya untuk mencicipinya. Kegiatan ini membuat mereka lebih memahami keberagaman kuliner dan budaya Indonesia. 16. Apa yang dipresentasikan oleh siswa-siswa dalam acara sekolah? a. hasil penelitian tentang lagu-lagu tradisional b. hasil penelitian tentang makanan modern dari berbagai daerah c. hasil penelitian dari cerita perjalanan sejarah bangsa Indonesia d. hasil penelitian tentang makanan khas dari berbagai daerah 17. Apa manfaat dar kegatan presentasi makanan khas ini? a meningkatkan perhatian dari guru untuk mendapatkan nilai terbaik b. meningkatkan nilai tinggi karena menyajikan makanan yang terbaik c. meningkatkan pemahaman tentang keberagaman kuliner dan budaya d. meningkatkan kemampuan dalam mengelola banyak makanan Bacalah teks berikut untuk soal nomor $18-20!$ Seorang pelajar di Purworejo sering mengikuti upacara bendera di sekolah setiap hari Senin. Saat upacara, ia melihat teman -temannya dari berbagai suku dan agama berkumpul dengan satu tujuan, yaitu menghormati bendera merah-putih. Mereka menyanyikan lagu kebangsaan dan berdoa bersama sebelum memulai aktivitas belajar. Pelajar ini merasa bangga dan bersyukur bisa hidup dalam keragaman yang harmonis. Ia menyadari bahwa upacara bendera bukan hanya sekadar ritual, tetapi juga sebagai sarana untuk memperkuat rasa cinta tanah air 18. Apa makna dar upacara bendera bagi pelajar tersebut? a.momen untuk menghormat bendera dan memperkuat rasa cinta tanah air b. momen untuk bersosalisasi dengan teman-teman yang beragam c. momen untuk menunjukkan kemampuan dalam bernyanyi d. momen sekadar kegiatan rutin yang sangat membosankan

4. We can make use of the ink after being separated from the paper fibers by doing the followings, except __ A. Skim it off B. Dry it C. Reuse as ink D. Mix it with the pulp The following text is for questions 5 to 8. Tsunami A tsunami occurs when a major fault under the ocean floor suddenly slips. The displaced rock pushes water above it like a giant paddle, producing powerful water waves at the ocean surface. The ocean waves spread out from the vicinity of the earthquake source and move across the ocean until they reach the coastline, where their height increases as they reach the continental shelf the part of the earth's crust that slopes, or rises from the ocean floor up to the land. Atsunami washes ashore with often disastrous effects such as severe flooding, loss of lives due to drowning, and damage to property. A tsunami is a very large sea wave that is generated by a disturbance along the ocean floor. This disturbance can be an earthquake, a landslide, or a volcanic eruption. A tsunami is undetectable far out in the ocean, but once it reaches shallow water this fast-traveling wave grows very large 5.Tsunami happens because __ A. The displaced rock pushes water above it. B. A significant fault under the ocean floor slips suddenly. C. The ocean waves spread out from the vicinity of the source. D. The waves move across the ocean until they reach the beach. 6.What are the impacts of tsunamis? A. The part of the Earth's crust that slopes, or rises, from the ocean floor down to the land. B. A tsunami washes ashore with often disastrous effects such as flooding and loss of lives. C. A tsunami is a very large sea wave that is not generated by a disturbance along the ocean floor. D. A tsunami is detectable far out in the ocean. 7.We understand from the text that tsunami __ A. Causes the movement of the earth. B. Forms a new shape of the coastline. C. Makes unfortunate events. D. Rises a new coastal land. 8. __ producing powerful water waves at the ocean surface." The synonym of the underlined word is __ A. Fast B. Deep C. Quick D. Strong

B. Find the words in the text which have the following meanings. No Meaning in Bahasa Words 1 peta 2 raksasa 3 pabrik 4 buruh 5 penghapus 6 rintangan 7 jalan keluar pidato 9 panggung 10 pasangan 11 sawah 12 pertanyaan 13 papan digital 14 penyiar 15 Pemirsa, penonton

6. Penulisan yang benar adalah __ a Yih Bupati Tabalong di Tanjung b. Kepada Yih Bapak bupat Tabalong di Tanjung Yih Bapak bupali tabalong di Tanjung d Kepada Yih bupat Tabalong di tanjung bagian __ 6. Pernyataan tersebut merupakan surat resmi a. nomor surat b. sapaan atau salam pembuka C. isi surat d. paragraf pembuka 7. Surat resmi yang ditulis oleh organisasi, misalnya OSIS dan instansi sekolah atau lembaga terkait suatu urusan resmi dan penting disebut __ a. surat permohonan b. surat pribadi C. surat edaran d. surat dinas 8. Bagian surat yang berisikan pernyataan, keterangan dan lain-lain disebut __ a. isi surat b. kop surat C. kepala surat d. penutup surat 9. Berikut yang bukan merupakan ciri kata baku adalah __ a. imbuhan bersifat eksplisit b. tidak mengandung hiperkorek C. dipengaruhi perkembangan zaman d. kata-kata tidak rancu 10. Perhatikan penggalan surat berikut! Demikian suratlamaran ini atas perhatiannya diucapkan banyak -banyak terimakasih. Kalimat yang tepat untuk memperbaiki penutup surat tersebut adalah __ Atas perhatian dan pertimbangannya, saya mengucapkan terima kasih. b. Atas perhatian $Bapak/lbu/Saudara$ Saya mengucapkan terima kasih C.Dengan segala kerendahan hati saya ucapkan terimakasih d.Atas segala kebijakan saya ucapkan terima kasih 12

Banyak sekali tokoh yang memberikan pemahaman tentang sumber belajar dari jabaran berikut ini manakah jawabar yang kurang tepa : yang menjelask an tentang sumber belajar: a. sumber belajar adalah sesuatu yang dapat digunakar Dimana saja untuk belajar seperti orang latar. pesan,dan lingkungan C b . Sumber belaiar adalah ala bantu yang digunakar untuk menyampaikar pesan atau informasi kepada siswa C. sumber belajara adalah maniesfistasi fisik dan teknologi perangkat : lunak perangka t keras dan bahan pembela iaran d. segala sesuatu I atau daya yang dapat dimanfa atkar oleh