Bantuan Tugas Ilmu Sosial
Pastinya kamu ingin meningkatkan kesan umummu tentang dunia ini dan setiap negara. Paling tidak, kamu harus memiliki gagasan yang baik tentang peradaban yang ada dan apa yang terjadi di Bumi. Jika ini benar, kami akan siap sedia untuk membantumu.
Mulai dari Revolusi Perancis dan naiknya Napoleon ke tampuk kekuasaan hingga pemicu Perang Dunia II dan masalah ekonomi tersembunyi di baliknya, kamu akan menemukan jawabannya dalam "ensiklopedia" hebat ini. Kamu dapat menggunakan bantuan tugas ilmu sosial untuk mengajukan pertanyaanmu dan kami akan mencocokkanmu dengan jawaban yang paling berwenang. Begitu mudahnya. Mulailah meningkatkan nilai ilmu sosialmu hari ini.
9. Indonesia sebagai negara kepulauan yang luas beranggapan bahwa laut yang dimilikinya merupakan sarana __ a pemisah b pemecah c. penghubung d. pendamping 10. Prinsip yang menyatakan kedudukan manusia Indonesia ditermpatkan dalam kerangka kesatuan politik, sosial buday a, ekonomi serta pertahanan keamanan disebut prinsip __ a. ketahanan nasional b. wawasan Nusantara c. nasionalisme Indonesia d. keadilan sosial 11. Berikut yang termasuk pelaksanaan nilai-nil lai waw asan Nusantara di lingkungan sekolah adalah __ a. sikap tanggung jawab pengelolaan sumber daya alam b. membangun sistem pertahanan dan keamanan nasional c. mewujudkan pemba ngunan bangsa dengan cara belajar giat d. mewujudkan pemerintahan yang kuat, aspiratif.dan dipercaya 12. Wawasan Nusantara sebagai wawasan pembangunan berfungsi dalam pem- batasan negara agar __ a. tidak terjadi sengketa dengan negara tetangga b. dijadikan konsep dalam pem- bangunan nasional c. sebagai satu kesatuan yang me- liputi seluruh wilayah d. wawasan pembangunan memi- cakupan kesatuan politik. ekonomi, sosial, politik, dan perta- hanan keamanan 13. Implementasi wawasan Nusantara sosial budaya meng dalam segala bentuk perbedaan Wawasan Nusantara dalam satu ke- satuan sosial budaya, artinya __ a. tuan so usaha bersama dan asas kekeluargaan b. perairan, dan dirgantara secara terpadu
selatan adala Milayah Indonesia di bagian selatan adalah __ A. wilayah darat: Malaysia,batas laut Thailand.Vietnam, dan Filipina dendan d. Vieta: Malaysia, Singapura, India B. Samudra Hindia dan perairan Negara C. daratan Papua Nugini dan perairan Samudra Pasifik D.- wilayah darat Timor Leste perairan Australia, dan Samudra Hindia 4. Prinsip laut bukan sebagai pemisah pemersatu bangsa Indonesia terdapat dalam peraturan negara adalah __ A. Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 4/ponggang B. Hukum LautPBB 1982 tentang UNCLOS Ca Deklarasi Djuanda pada tanggal 13 Desember 1957 D. UUD NRI Tahun 1945 Pasal 25A 5. Dasar hukum utama yang mengatur penetapan batas wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah __ A. Undang-Undang Dasar 1945 B. Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2008 tentang Wilayah Negara C. Kitab Undang-Undang Hukum Perdata D. Peraturan Pemerintah 6. Batas wilayah Negara Indonesia secara umum dapat dibagi menjadi. __ A. darat dan udara B. darat dan laut C. laut dan udara D. darat, laut, dan udara 7. Letak Indonesia menjadikannya sangat strategis dalam bidang pelayaran dan perdagangan dunia. Hal ini merupakan dampak dari letak Indonesia apabila dilihat secara __ A.geologis B. astronomis C. geomorfologis D. geografis 8. Perairan laut di Indonesia memiliki karakteristik berbeda. Hal ini dapat dilihat dari kedalaman lautnya Wilayah Indonesia dari kerbarat memiliki kedalaman laut yang Pendidikan Pancasila Kelas VII untuk SMP/MTs Laut Banda, Faktor yang menyebabkan terjadinya hal ini adalah __ A. adanya sedimentasi yang besar di perairan Indonesia bagian barat B adanya perbedaan proses pembentukan morfologi laut di Indonesia C. kedalaman laut di Indonesia bagian timur dipengaruhi oleh kuatnya arus Samudra Pasifik D. pergerakan lempeng tektonik di Indonesia bagian barat tidak terlalu berpengaruh besar 9. Letak wilayah suatu daerah sesuai dengan keadaan yang sebenarnya disebut __ A. letak geologis B. letak astronomi C. letak hidrologi D. letak geografis 10. Menurut letak geografisnya Indonesia memiliki batas wilayah di bagian timur yaitu __ A. Selat Malaka, Malaysia Timur, dan Laut Tiongkok Selatan B. Benua Australia, Timor Leste, dan Samudra Hindia C. Papua Nugini dan Samudra Pasifik D. Samudra Hindia 11. Berikut ini yang merupakan ciri-ciri bentuk negara kesatuan adalah __ A. kepala negara yang berada di pusat dipilih langsung oleh rakyat melalui pemilihan umum dan memilik tanggung jawab yang besar kepada rakyat B. setiap negara bagian di dalamnya memiliki kekuasaan asli terhadap daerahnya sendiri namun tidak memiliki kedaulatan sebab kedaulatan negara tetap dipegang oleh kepala negara C. setiap negara bagian itu berhak mengatur undang-undangnya namun tetap harus selaras dengan undang- undang yang ada pada pemerintah pusat D. berbagai macam masalah seperti budaya, ekonomi, politik keamanan sosial, dan pertahanan hanya memiliki satu buah kebijakan saja
A. Berilah tanda silang (X) pada salah satu huruf a, b, c atau d pada jawaban yang paling tepat! I Perhatikanlah Al-Quran surat an-Natisito 50 berikut inil Makna yang topat untuk kata yang bergaris bawah adalah __ a. Jangalah kalian berbuat kerusakan di burni b. Janganlah kalian berbuat kemaksiyatan di bumi C. Jangalah kalian berbuat kedurhakan di burni d Janganlah kalian berbuat kemungkaran di bumi Pendidikan Agama lalam dan Budi Pekerti 9 SMPMT Sementer Cersap (Parinulum Merdeka)
Indonesia 25. Bangsa Indonesia pemah diguncang oleh perpecahan yang berawal dari kemajemukan masyarakat.Di dalam kemajemukan itu terdapat kelompok-kelompok tertentu yang ingin memisahkan diri dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)Perpecahan di Indonesia tidak akan terjadi apabila seluruh komponen bangsa memegang teguh integrasi. Adapun yang dimaksud Integrasi nasional adalah __ A. Semangat bersatu menurut konsep Sumpah Pemuda yang dijunjung tinggi oleh para pemuda Indonesia B. Upaya mewujudkan persatuan dalam persamaan tujuan dan cita -cita kelompok agar menjadi satu C. Upaya menyatukan harapan pemerintah dan rakyat agar terwujud persatuan dan kesatuan bangsa D. Penghargaan terhadap masyarakat yang bersifat multikultural dem terwujudnya persatuan dan kesatuan bangsa E. Proses mempersatukan perbedaan- perbedaan yang ada pada suatu negara
Jelaskan yang dimaksud dengan harmoni dalam keberagaman! Jawab: ...................................................................................................................................... __ Bagaimana peran pendidikan dalam menciptakan harmoni dalam keberagaman? Jawab: __
5. Pasal 32 ayat (1)UUD NRI Tahun 1945 menegaskan "Negara memajukan kebudayaan nasional Indonesia di tengah peradaban dunia dengan menjamin kebebasan masyarakat dalam memelihara dan mengemb angkan nilai-nilai budayanya . Untuk itu diperlukan langkah strategi berupa Upaya pemberdayaan kebudayaan dan kearifan lokal melalui. __ A. Berbagai kegiatan festival budaya dan kearifan lokal B. Peraturan khusus tentang budaya dan kearifan lokal. C. Keputusan bersama pemerintah dengan tokoh masyarakat. D. Perlindungar pengembangan pemanfaatan, dan pembinaan. 6. Filosoft Alining diri saka lathi, ajining raga saka busana dalam masyarakat Jawa. mengingatkan agar selalu sopan dan santun dalam keseharian dengan menjaga __ a. Menjaga perkataan perbuatan, dan busana yang dikenakan. b. Diri sendiri dari pergaulan dengan drang lain dalam masyarakat. C. Kesopanan dan tata krama dalam berhubungan dengan orang lain. d. Kebersihan diri dan kerapian dalam berpakaian dalam pergaulan masyarakat. 7. Filosofi dalam masyarakat Bali yang mengingatkan manusia untuk menjaga hubungan Sang Pencipta sesama manusia, dan alam, merupakan contoh kearifan lokal yang di sebut. __ a. Ajining din saka lathi, ajining raga saka busana b. Cageur, bageur bener, singer, pinter. C. Satu tungku tiga batu d. Trihita karana 8. Sebagai bangsa kita memiliki kosa-budaya yang begitu melimpah ruah Apapun bentuk dan wujudnya , budaya bangsa tersebut merupakan dan menjadi modal dan identitas, benteng serta sekaligus sebagai "paspor utama" terlebih lagi dalam tata pergaulan dan tegur sapa global. Hal ini menunjukkan bahwa salah satu peran tradisi kearifan lokal, dan budaya adalah sebagai __ A. Alat untuk memperkuat solidaritas dalam masyarakat B. Sarana untuk melestarikan adat, dan budaya bangsa. C. Rujukan pedoman berperilaku dalam masyarakat. D. Sarana untuk memperkuat identitas bangsa. 9. Sebagai bagian dari budaya bangsa, kearifan local mencerminkan nilai-nilai dan filosofi hidup Masyarakat Keberagaman kearifan local di Indonesia menjadi __ a. Sumber daya sosial budaya dan kekuatan bangsa dan negara. b. Kekayaan budaya yang memperkokor identitas bangsa. C. Kebanggaan bangsa yang harus dijaga dan dilestarikan. d. Kekuatan dan karakter bangsa dan negara. 10. Nilai-nilai gotong -royong dan kerjasama yang terkandung dalam kearifan lokal menjadi perekat yang kuat dalam. __ a. Hubungan antar anggota masyarakat. b. Keutuhan dalam kehidupan berbangsa. C. Menjaga kedaulatan bangsa dan negara. d. Persatuan dan kesatuan bangsa
B. Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban ] 1. Puasa sunah adalah ibadah yang jika dikerjakar akan mendapat __ 2.Melaksanakan puasa sunah adalar meneladani perilaku Rasulullah dan merupakan wujud __ kepada Allah.
4.Jelaskan pesan pokok yang terkandung di dalam Q.S. $al-A'\vert a$ __ . ....-.................... ...............on ..... ....".... -.... .................. 5. Bagaimana sebaiknya kita menjalani kehidupan di dunia menurut al- __
15. Salah satu bentuk upaya meningkatkan solidaritas sosial adalah membiasakan __ a individualisme b. persaingan c. hedonisme d. gotong royong 16 Syarat terjadinya interaksi sosial adalah __ a. tidak ada kontak sosial b perkelahian perkelahian C bermusuhan d. komunikasi
1. Sahabat yang meriwayatkan Hadits salat berjamaah lebih utama daripada salat sendirian bernama Ibnu __ a. Ibnu umar c. Ibnuali b. Ibnu mas'ud d. Ibnu abu bakar 2. Salah satu syarat disebut sebagai salat berjamaah adalah __ a. Harus didahului adzan b. Dikerjakan oleh orang yang saling mengenal c. Ada imam dan makmum d. Harus dikerjakan di masjid 3. Jamaah laki-laki tidak boleh bermakmum kepada imam __ a. laki-laki c. orang tua b. anak kecil d. wanita 4. Tugas Imam sebelum salat dimulai adalah __ a. mengajak untuk berwudu b. meluruskan shaf makmum C . mengumandangkan adzan d. bersholawat 5. Hikmah dari mengerjakan salat berjamaah yang dapat kita terapkan dalam sekolah adalah __ a. patuh dalam setiap perintah meskipun perintah tersebut salah b. bekerjasama dalam belajar c. disiplin dalam memperhatikan waktu d. menjaga kebersamaan dalam segala hal