Bantuan Tugas Sejarah
Sejarah adalah mata pelajaran yang menarik bagi sebagian orang dan membosankan bagi yang lain. Sementara beberapa siswa terkesan dengan berbagai peristiwa masa lalu, pertempuran, dan tokoh-tokoh menarik, yang lain menganggap sangat sulit untuk menghafal kronologi pertempuran, nama-nama pemimpin berpengaruh, dan beratnya informasi yang ditawarkan mata pelajaran ini.
Untungnya, dengan pertanyaan dan jawaban sejarah ini, mudah bagi kamu untuk mengingat beberapa peristiwa penting besar dan waktu tepat kapan mereka terjadi. Jangan terlalu khawatir bahkan jika nama-nama orang penting ini membuat kepalamu pusing. Bantuan tugas sejarah kami memiliki fitur asosiasi kecerdasan buatan yang akan menghubungkannya dengan beberapa cerita menarik untuk membantumu mengingatnya dengan lebih baik.
5. Pemerintahan dijalankan secara militeristik di Daulah Mugal, di mana sub-distrik dipegang oleh __ a. Faujdar b. Jagir c. Muqaddam d. Sipah Salar e. Patel 6. Daulah Mugal berkuasa dalam kurun waktu hampir empat abad. Daulah Mugal berakhir pada masa kepemimpinan __ (a) Bahadur Syah b. Zahiruddin Babur c. Syah Jihan d. Humayun e. Jehandar 7. Taj Mahal dan Masjid Raya Delhi merupakan peninggalan bersejarah dan mengandung nilai seni dan arsitektur yang sangat tinggi pada masanya, keduanya dibangun pada masa pemerintahan __ a. Zahiruddin Babur b. Bahadur Syah c. Syah Jihan d. Jehandar e. Humayun 8. Penulis kitab Hadis Arba'm pada masa pemerintahan Daulah Mugal adalah __ a. Nasiruddin Al-Albani b. Syaikh Abdullah bin Baz c. Imam Nawawi d. Badayuni c. Sayyid Sabiq 9. Daulah Lodi berusaha bangkit untuk kembali menentang pemerintahan Babur pertempuran di dekat Gogra, Babur dapat yang dipimpin Muhammad Lodi. Pada mengakhiri perlawanan Lodi pada tahun __ a. 1592 M b. 1529 M c. 1629 M d. 1692 M e. 1729 M 10. Humayun melanjutkan kepemimpinan ayahnya,Zahiruddin Muhammad Babur. 12 13.
12. Pewaris tunggu tuban di muara enim adalah __ A. anak laki-laki tertus C. anak laki-laki termuda B. anak perempuan tertua D. anak perempuan termuda 13. Apabila ada keluarga yang tidak seorang anak maka kedudukan tunggu tubang dialihkan kepada __ A. adik perempuan C. adik laki-laki B. keponakan perempuan D. keponakan laki-laki 14. Alat pertanian di dalam rumah adat Prabumulih ditaruh di __ A. ruang Depan C. ruang tengah B. ruang Dapur D. bawah rumah 15. Tinggi lantai rumah adat Prabumulih adalah __ A. seperempat tiang C. sepertiga tiang B. setengah tiang D. dua pertiga tiang
II Siapa saja tokoh pendiri negara dalam merumuskan dan menetapkan Pancasila? Jelaskan apa pengertian Pancasila sebagai Staatfundamentalnorm ! Jelaskan arti konsep negara kesatuan dengan sistem desentralisasi ?
13. Pada masa paleolitikum , kebudayaar r yang berpengarur I terdiri dari dua jenis, yaitu __ A kebudayaan Wajak dan Sangiran B Wajak dan C . kebudayaan Ngandong dan Pacitan D. kebu dayaan Sangiran dan Mojokerto 14. Andi kelaparan karena sejak pagi belum makan, maka Andi harus segera makan. Berdasarkan makan termasuk kebutuhan __ (HOTS) A jasmani C . sekarang B. primer D Individu 15 Berikut yang termasuk barang tidak bergerak adalah __ A. tanah dan gudang B. mobil dan perhiasan C. telur dan tepung D . komputer dan printer 16. Berikut merupakan fungsi hutan,kecuali __ A menyimpan air hujan B mencegah terjadinya erosi c . menghasilkan oksigen D . menghasilkan bahan kebutuhan pokok penduduk 117. Potensi cadangan batu bara di Indonesia banyak ditemukan di Pulau __ A. Bali dan Jawa B . Sumatra dan Kalimantan C. Jawa dan Sumatra D. Bali dan Kalimantan 18. Prinsip ekoefisiens i pada limbah sampah dapat diterapkan dengan cara , kecuali __ (HOTS) A pengolahan sampah sebelum sampah ke TPA . B .mengubur semua sampah yang dihasilkan c pemisahan berbagai jenis D melakukan daur ulang sampah 19. Hutan lindung sangat bermanfaa untuk __ A memberi keuntungan bagi penebang pohon B mengganti tanah pertanian c habitat yang ada. i D investasi lahan pemukiman di masa datang Democrat uan Soeial 20 Pada masa Mesolitikum , kebudayaan kjokkenmoddinger banyak ditemukan. Hal ini adanya __ A. bukti bahwa manusia purba yang mengonsumsi kerang dan siput B. tempat tinggal di gua-gua C . manusia purba melakukan perburuan hewan di hutan D. telah ditemukannya api.dan cara memasak makanan 21. Guna pemenuhan kebutuhan hidup, manusia banyak memanfaatkan sumber daya alam secara kualitatif , yaitu __ A . nelayan menangkap ikan dengan menggunakan sarana kapal motor B penduduk beralih menggunakan kompor gas dari kompor minyak untuk memasak C penduduk memanfaatkan batu dan pasir untuk membangun rumah D penduduk di lereng gunung menebang pohon untuk bahan baku 22 . Berdasarkan subjek yang membutuhkan, dibedakar menjadi kebutuhan __ A jasmani dan rohani B individu dan kelompok C . masyarakat dan pemerintah D. primer,sekunder dan tersier 23. Di bawah ini merupakan fungsi terumbu karang adalah __ A sumber batu bara B . mencegah abrasi pantai C . wilayah untuk budi daya D . tempat perkembangbiakan organisme laut 24 . Dolmen , menhir , waruga , sarkofagus , dan punden berundak merupakan bangunan zaman praaksara yang bisa kita temukan pada masa __ A Mesolitikum B . Megalitikum c . Neolitikum D . Paleolitikum 25. Upaya untuk menyelesaikan konflik dengan melibatkan pihak ke tiga, yaitu __ A . kompromi B mediasi C . berselisih D. kerja sama
18. Perhatikan pernyataan -pernyataan berikut. 1) Diragukan kebenarannya karena bangsa sudah memiliki peradaban sendiri yang tidak sama dengan peradaban yang berkembang di Afrika. 2) Diragukan kebenarannya dengan penemuan fosil Homo neanderthalensis di Spanyol. 3) Mengemukakar pendapat bahwa terdapat dua rute persebaran nenek moyang dari Afrika, yaitu rute utara dan rute selatan. 4) Mengemukakan pendapat bahwa nenek moyang bangsa Indonesia masuk ke Nusantara sekitar 200.000 tahun yang lalu. 5) Bukti yang menguatkan adalah cetak biru DNA yang menunjukkan proses evolusi sebagian besar berlangsung di Afrika. Pernyataan yang tepat mengenai teori out of Africa ditunjukkan nomor __ A. 1), 2), dan 4) B. 1),3), dan 4) C. 2),3), dan 5) D. 2), 4), dan 5) E. 3), 4), dan 5) 19. Menurut teori out of Yunnan, nenek moyang bangsa Indonesia berasal dari Yunnan yang masuk dalam tiga gelombang. Gelombang pertama dilakukan oleh bangsa __ A. Weddoid B. Kaukasoid C. Melanesoid D. Proto-Melayu E. Deutro-Melayu Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 20 dan 21. Menurut teori Nusantara ketika Nusantara dimasuki oleh ras-ras pendatang baru, Homo wajakensis dan Homo soloensis yang dianggap sebagai nenek moyang Indonesia tidaklah punah. Kedua jenis manusia tersebut melebur dengan ras pendatang baru dengan cara kohabitasi. Pernyataan ini berlawanan dengan pandangan umum yang menyatakan bahwa jenis Homo tersebut telah punah atau dalam proses kepunahan ketika ras pendatang baru tiba. 20. Berdasarkan teks tersebut, kondisi manusia purba Nusantara saat kedatangan ras pendatang baru menurut teori Nusantara adalah __ A. melebur dengan cara kawin-mawin B. hidup masing-masing secara berdampingan C. bermigrasi ke wilayah pedalaman Nusantara D. menyingkir dari Nusantara ke daratan Australia E. saling berusaha memusnahkan untuk menguasai wilayah Nusantara
34. 0 i to wa h ini adalah tugas dari panitia Kecil yang dibentuk oleh ket tua B p upk adat a h 4. Merumuskan rancangan dasar Negara pada sidang berikutnya b. Menyelikiki usul-usul mengenai perumusan dosargegara c. Memperhalus bahasa yangakan dibahas pada sidang berikutnya 4. Merasca syhukum dasar yangakan dibahas pada siang berikutnya 6. Merasca ng rem bentukan panitia penghalus bahasa un tukrancas go in 11 D 85.8 Pu PK pada tanggal? dguatus 1945 akhirsya dibubarka s deskgan alasas __ a. Pupk tidakafatbekerj dengan baik b. Bpllpk tetah berhasil melaksanaka a tuga anya c. Tugas BP up% digantika Moleh Pasitia 8cm bilan 4. Bpupk tidak bermanfaatbagiJepang 8. Bpu PK dianggap ba myak metakukan pengimpangan - penyim pan gon 36. Datam menghadapi pengaruh negative dari Iwar megeripertu ditan as mka n semangat Masiosalisme kepada seluruh ba 934 Indonesia karexa despan sem angat sasio salisme bangsa indosesia mam pu __ a. Mempertahank as silai-silai luhur Pancasila b. Menghargaiba mgsa nya secara berlebihan c. Memiliki rasa lebih tinggisari bangsa lain 4. Menghadapitanta ngan dari Negara tetangga 8. Men umbuhkan sikapchaseisism terhasap-negarang a 32.pen egasn m pascasila sebagai ideoogi terbuka pada satu fihak mengharwaka kita untuk mem pertajam silai-silai pascasila yang bersifat abasi. Paka lain pinak,kita didorong untuk m exgem ba ngkas secara kreatifaandinamisuntukmenja wat 4. Rebutuhan zam an 4. Masatah politik b. Masalah ekonom i 8.Masalah kea manan c. Nasalahk ebudayaan 38. Kedudukan pascasila mesurutk etetapan MPR No. 111/MPR 19000 adalah sebagai. __ a. 8umberdarisegalo sum ber hukum b. Sumberdarisegata sum berhukum Negara c. Sumberh wkum Negara 4. Sumberhukum dasar nasional 8. Sumbertertib hukum 39. Sa sjik emerkekaan ya ngdisam paikan oteh koiso lebih dilate r belo kang oteh __ a. Keinginan jebangwatukmem bwatpersemakmuran didsia b. Wwjud kepeda lian jepang terhadap 3680 man Negar a asia c. Maskapanterimakasih jetangkeptaka Indonesia 4. Wujudba los budi jepang terhadap indomeisa e. Terkesak-tya jekangoteh serangan militer seku to
20. Teori yang menempatkan bangsa India sebagai pemegang peranan aktif dalam proses masuknya pengaruh agama Hindu -Buddha di Indonesia,yaitu leori __ A. Brahmana C. Waisya E. Ksatria B. Kolonisasi D Arus balik 21. Proses masuknya pengaruh Hindu-Buddha di Indonesia dibawa oleh para pedagang India yang singgah ke wilayah Indonesia Pernyataan tersebut merupakan inti dari teori __ A. Brahmana C. Waisya E. Ksatria B. Kolonisasi D. Arus balik 22. Hipotesis Ksatria diperkuat dengan cerita panji yang berkembang dalam masyarakat Indonesia yang memperlihat kan adanya proses penaklukan daerah- daerah Indonesia oleh para Ksatria India Pernyataan tersebut merupakan int dari hipotesis yang dikembangkan oleh __ C Berg C. JL Moens E. Majundar B. NJKorm D. Van Leur
Singa merupakan gelar yang bu Bakar as-Siddiq yang dibenka __ b bin Khattab c. Utsman bin Affan d. Abi Thallb e. Nuawiyyah bin Abu Sulyan Seoran tahun 13 H menjadi Seorang sahabat diangkat menjadi diraih khalifah yang dimaksud dalam pernyataan tersebut adalah __ HOTS a. mengembangkan ilmu nahwu untuk mempelajari Al-Qur'an b. membangun Kufah sebagai pusat ilmu pengetahuan c.membuat pangkalan militer dalam satu kota 7 Umar bin Khattab menunjuk kandidat dari enjam sahabat yang berkompeten untuk menggantikannya sebagai kha- Mah. Setelah ilu, pemilhan khalifah dilakukan dengan pemungutan suara Berikut perilaku yang sesual dengan pernyataan itu adalah . Grows __ a. Umar bin Khattab mengamalkan sikap toleransi b. Umar bin Khattab mengamalkan sikap fanatik c. Umar bin Khattab mengamalkan sikap apatis d. Umar bin Khattab mengamalkan sikap otoriter e. Umar bin Khattab mengamalkan sikap demokrasi laut Islam
Disajikan wancana sebuah teori peserta didik dapat memahami sebuah teori yang mendukung praktik penjajahan.
7. Sumbersekunder dapat menggantikan sumber primer jika __ a. sumber primer kerusakan b. sumber primer berjumlah lebih dari satu c. sumber primer tidak mendapat legitimasi d. sumber sekunder sederaja dengan sumber primer e. sumber sekunder berubah bentuk menjadi sumber primer 8. Ardi ingin menulis sejarah tentang Kerajaan Majapahit.Sumber sekunder yang digunakan oleh Ardi adalah __ a. candi Brahu b. prasasti Kudadu c. candi Bajang Ratu d. terjemahan kitab Arjunawiwaha e. terjemahan Kitab Nagarakertagama 9. Sejarawan harus bersikap kritis dan teliti dalam sumber sejarah.Kedua sikap ini diperlukan menggunakan artikel surat kabar sebagai untuk __ a. memperoleh informasi yang dapat dipercaya b. menghindari subjektivitas dari penulis artikel c. mempermudah penelitian dan penulisan sejarah d. mendapatkan fakta tersembunyi dari artikel surat kabar e. menghasilkan tulisan sejarah yang bersifat kontemporer 10. Santi mendapat tugas dari guru sejarahnya untukmerekonstruk sirevolusisosial yang terjadi di berbagai daerah di Indonesia pada masa revolusi kemerdekaan . Untuk mengerjakan tugas tersebut, Santi memanfaatkan berbagai sumber, termasuk sumber sekunder. Berdasarkan ilustrasi tersebut, contoh sumber sekunder yang dapat digunakan Santi untuk mengerjakan tugasnya adalah __ a. berita acara peristiwa b. arsip pada waktu yang sama c. laporan penelitian sejarawan d. catatan pribadi pelaku peristiwa e. wawancara dengan pelaku peristiwa