Bantuan Tugas Sejarah
Sejarah adalah mata pelajaran yang menarik bagi sebagian orang dan membosankan bagi yang lain. Sementara beberapa siswa terkesan dengan berbagai peristiwa masa lalu, pertempuran, dan tokoh-tokoh menarik, yang lain menganggap sangat sulit untuk menghafal kronologi pertempuran, nama-nama pemimpin berpengaruh, dan beratnya informasi yang ditawarkan mata pelajaran ini.
Untungnya, dengan pertanyaan dan jawaban sejarah ini, mudah bagi kamu untuk mengingat beberapa peristiwa penting besar dan waktu tepat kapan mereka terjadi. Jangan terlalu khawatir bahkan jika nama-nama orang penting ini membuat kepalamu pusing. Bantuan tugas sejarah kami memiliki fitur asosiasi kecerdasan buatan yang akan menghubungkannya dengan beberapa cerita menarik untuk membantumu mengingatnya dengan lebih baik.
pelaksanaan proklamasi kemerdekaan Indonesia yang disampaikan oleh Sutan Syahrir? Jelaskan 3. Proklamasi kemerdekaan Indonesia dicapai berkat jasa para pahlawan bangsi a. Apa makna proklamas kemerdekaan Indonesia?Jelaskan dengan bahasamu sendiri b. Sebagai generasi penerus bangsa, bagaimana cara kita mengisi kemerdekaan Indonesia? c. Tulislah tiga contoh sikap rela berkorban demi kepentingan bangsa dan Negara Indonesia
8. Perhatikan pernyataan -pernyataan berikut. (1) Prasasti dan piagam. (2) Ornamen dan fonografis (3) Surat kabar dan buku harian. (4) Candi dan patung. Berdasarkan jejak-jejak masa lampau sebagai sumber sejarah berikut yang termasu jenis sumber tertulis adalah __ A. (1) dan (2) B. (1) dan (3) C. (2) dan (3) D. (3) dan (4) 9. Berdasarkan teori geologi ada beberapa tahapan masa perkembangan Bumi. Manusi purba atau manusia kera hidup pada Zaman . __ A. Tersier B. Kuarter C. Mesozoikum D. Paleozoikum 10. Rata: Pernyataan berikut yang merupakan contoh proses asosiatif dalam bentuk akomodasi adalah __ A. Kelas A dan Kelas B saling membantu dalam membersihkan lingkungan sekolah B. Di Purbalingga terdapat Masjid Muhammad Cheng Hod Bentuk masjid ini mirg kelenteng dan tidak ada kubah bulat di bagian atapnya seperti pada bangunan masjid kebanyakan. C. Gereja Hati Kudus Yesus Pugeran di Yogyakarta memiliki bentuk bangunan gaya tradisional yang dipadukan dengan arsitektur barat.
12. Sebutkan tokoh -tokoh perumus Pancasila dan jelaskan kontribusi mereka dalam merumuskan Pancasila!
1. Sebutkan lima dasar negara yang diusulkan oleh Ir.Soekarno dalam sidang BPUPKI! Jawab :..................................................................... __ 2. Apa yang dihasilkan dari sidang PPKI pada tanggal 18 Agustus 1945? Jawab:...................................................................... __ 3. Apa saja nilai-nilai terpuji yang dapat kita teladani dari para pendiri negara? Jawab: __ 4. Sebutkan tiga (3) perilaku yang sesuai dengan nilai sila kedua Pancasila di lingkungan keluarga! Jawab: . __ 5. Jelaskan nilai yang terkandung dalam sila keempat Pancasila! Jawab __ 6. Ketika diberi pekerjaan rumah oleh guru, banyak siswa yang tidak mengerjakannya. Oleh karena itu , dibuatlah peraturan bagi siswa yang tidak mengerjakan pekerjaan rumah diwajibkan untuk menerima jam tambahan setelah pulang sekolah. Berdasarkan keterangan tersebut , apa fungsi dari norma? Jawab __ ...................................................................... soat 7. Bagaimana jika ada seseorang yang melanggar norma hukum? ............ Jawab: __ 8. Sebutkan tiga (3) contoh perilaku yang sesuai dengan norma dalam kehidupan masyarakat dan negara! Jawab: __ ...................................................................... ...................................................................... 9. Bagaimana jika dalam suatu musyawarah pendapatmu ditolak oleh temanmu? Jawab __ 10. Jelaskan cara mengemukakan pendapat dalam musyawarah! Jawab __ genukakan pernyataan berikut.
14. Seorang sejarawan melakukan proses pengumpulan data sebanyak-banyaknya terk topik yang sudah dipilih.Dalam metode sejarah langkah ini disebut dengan __ A. heuristik B. verifikasi C. interpretasi D. historiografi E. pemilihan topik 15. Perhatikan sumber -sumber sejarah berikut. 1) Artefak 2) Ensiklopedia 3) Tinjauan penelitian 4) Surat kabar 5) Catatan asli Contoh sumber sekunder ditunjukkan nomor __ A. 1), 2), dan 3) B. 1), 3), dan 4) C. 1), 4), dan 5) D. 2),3)dan 4) E. 3), 4), dan 5) 16. Dalam tahap kritik sejarah, peneliti harus menguji keabsahan dan keaslian data dengan cara membanding -bandingkan semua data yang telah terkumpul . Tujuannya adalah __ A. mendapatkan data yang paling mendekati kebenaran B. agar penelitian berjalan sesuai prosedur C. menyusun historiografi yang sistematis D. untuk menyusur tinjauan penelitian E. menyusun permasalahan dengan benar 17. Historiografi tradisional berkembang pada masa Hindu-Buddha sampai pada masuk dan berkembangnya Islam di Indonesia. Berikut yang bukan merupakan ciri-ciri historiografi tradisional adalah __ A. istanasentris B. feodalis-aristokratis C. umumnya tidak ditulis secara ilmiah D. bertujuan melegitimasi kekuasaan raja E. objek penelitian mengacu pada beberapa aspek kehidupan pada masa kolonial.
15. Kemunduran Daulah Usmani dimulai ketika para pemimpin dijangkiti penyakit yang menyerang bangsa -bangsa sebelumnya. Penyakit tersebut di antaranya adalah __ a. ambisi memperluas kekuasaan b. tidak terlena dengan gemerlap dunia c. pola hidup mewah dan saling membenci d. loyalitas yang tinggi terhadap pemerin- tahan e. masih memegang teguh nilai-nilai agama dan sosial 16. Berikut ibu kota Daulah Usmani yang pertama adalah __ a. Damaskus b. Teheran c. Bagdad d. Qurah Hisyar e Wadil Qura
44. Program rencana pembangunan lima tahun (repelita)yang dicanangkan pemerintah Orde Baru berhasil menjadikan Indonesia swasembada beras pada tahun __ a 1980 d. 1983 b 1981 e. 1984 c. 1982 45. Dwi fungsi ABRI yang diterapkan masa Orde Baru menyebabkan sistem pemerintahan bercorak __ a Demokrasi d. Sentralitisme b. Militerisme e. Urbenisme c. Primodialisme 46. Pemerintah Orde Baru telah membawa perubahan dalam sistem pemerintahan yang berdampak pada kehidupan bangsa Indonesia Berikut ini yang tidak termasuk dampak positif pemerintahan Orde Baru adalah. __ a. Munculnya pemerintahan yang sentralistik dan dominatif b. Menciptakan fondasi yang kuat bagi jalannya pemerintahan b. Menejplakan fondasionalis melalui program Revolusi Hijau d melalui program wajib belajar 9 tahun e. Indonesia menjadi negara swasembada beras di Asia 47. Pernyataan data berikut ini 1) Pembangunan sekolah dasar inpres (SD Inpres) 2) Mendirikan KUD 3) Program wajib belajar 4) Pembentukan kelompok belajar 5) Mempelopori adanya PPL Kebijakan pembangunan yang dilakukan pada masa Orde Baru dibidang pendidikan ditunjukkan pada nomor __ a. 1,3 dan 4 d. 2,4, dan 5 b. 1,2, dan 3 e. 3,4, dan 5 c. 1,4,dan 5 48. Gerakan Reformasi akhirnya berhasil mendesak Soeharto mengundurkan diri dari jabatannya sebagai presiden Republik Indonesia.Pengunduran dirinya dilakukan pada __ a. 20 Mei 1998 d. 23 Mei 1998 b. 21 Mei 1998 e. 24 Mei 1998 c. 22 Mei 1998 49. Krisis moneter Indonesia diawali oleh terjadinya peristiwa __ a. Lengsernya Soeharto dari kursi kepresidenan b. persatuan kabinet Soeharto c. IMF menarik kembali bantuannya dari Indonesia d. Jatuhnya nilai rupiah terhadao dollar USA e. Munculnya ketidak percayaan golongan intelektual pada Soeharto 50. Faktor penyebab lengsernya Presiden Soeharto adalah. __ a. Krisis Moneter b. Tuntutan demokrasi c. Penegakar hukum d. Hak asasi manusia e. Pemberantasan KKN
2.Pasukan militer Usmani dari tentara kaum feodal yang dikirim kepada pemerintah pusat disebut ...................................................................... __ . 3. Sultan sebagai penguasa tertinggi Daulah Usmani dibantu oleh __ dan __ 4. Penguasa Mughal selama lebih dari tiga abad berkuasa berjumlah __ 5. Sebelum Sultan Akbar I resmi memerintah , pemerintahan Mughal sementara diper- cayakan kepada ...................................................................... __ 6. Setiap komunitas petani pada masa Daulah Mughal dipimpin seorang __ 7. Pada masa Daulah Mughal sering terjadi pemberontakan yang dilakukan orang-orang __ __ .............dan .................... 8. Daulah Syafawi mencapai puncak kejayaan pada masa pemerintahan __ 9. Pasukan Syafawi bentukan Ismail bermarkas di daerah __ ...................................................................... 10. Tahun 1709 M muncul pemberontakan bangsa Afghan di bawah pimpinan Mir Vays. la berhasil merebut wilayah __ . Uraian
4 . Perhatikan pernyataan berikut! 1 . Pembubara n PKI 2. P embubaran badan konstituante 3 . Berlakunya UUD 1945 4. Tidak berlakunya UUDS (UUD Sementara) 1950 5 . Pembentuk an MPRS dan DPAS 6. P embentukan KNIP Isi dekrit presiden tanggal 5 Juli 1959 ditunjukkan nomor D.
29.8 tah atu ca ra um tuk m empertahanka pan casila d an UUD NRT Tahu .m 194 o pad a a wat pemerin tohan Orde Ba ruadalah... a.meto kgam akam penate ran $P_{4}$ bagi 3emua instansi baik 8 ipil may pum T an b. Mem asya raka tkan silai-silai luhur pa scas it be gì 8.8 turu h tap isn't masy arak at met atup4 C. Meningkatkan fungs penga uo asam badn temb aga o PR te rhad ap pe take asaa pemerinta h 4. Meta kinn akan pemilu secara tepatdan terar an 88 bag i will jud be agam atam demok rosi 8.Meta keen akm pancasila day uuo NR9 T ahum 1945 ecar a mur mi do kong 8kwe 30. u aya pe meristah dalam mesingkatkan pe gama tas pa ila um tak memantak as persatuan bangsa adalah __ a. Memetapkas Pancasila sebagaisatu -8a tunya asas b. Metafaska * Pancasila dalam setia pertemua 8 resm i C. Menyusus R PSM setiaplimatahus sekali 4. Melaksanaka membangusan sasional yang menyel uruh am te rpad to e. Menja dik am Pancasila sebagai kepribadian bangsa 1 ndon esia 34. pokok pem bahasan utama yang berhasil diputuskan BP upk etam a dunk alis idom adatah __ a. Rum usand asar glegara dan UU D b. Brumusan uuosa pemilihan presiden C. Teksproklamasi dan fiaga m sokartn 4. Rum 4845 dasar Negara dan pem ilihas presiden e. Pemilihan presiden das pembentukan departem es 32. Berikutisi yangm serupakan peranan B pupk adalah kecuali __ a. Berhasil mengusus saskah proktamasi b. Berhasil menyusus rum usa thesar Negara C. Berhasil merw muska uuo Negara Indonesia 4. Mempersiapkas ssaha-usah kea rah kemerdeka an indo mesia e. Berhasil membentuk pasitia 8embilan yang menghasilkan Piagam Jakarta 38. pembemtukan B pupk mampu menghasilkan dwa kesepakatan besar bagi zndo mesi a asalah... a. Karip dan RU uo b. KWIP dan pascasila C. Piagam Sakarta dankNip 4. Piagam Sakartadan Rull D e. Piagam Jakarta dan pascasita