Bantuan Tugas Sejarah
Sejarah adalah mata pelajaran yang menarik bagi sebagian orang dan membosankan bagi yang lain. Sementara beberapa siswa terkesan dengan berbagai peristiwa masa lalu, pertempuran, dan tokoh-tokoh menarik, yang lain menganggap sangat sulit untuk menghafal kronologi pertempuran, nama-nama pemimpin berpengaruh, dan beratnya informasi yang ditawarkan mata pelajaran ini.
Untungnya, dengan pertanyaan dan jawaban sejarah ini, mudah bagi kamu untuk mengingat beberapa peristiwa penting besar dan waktu tepat kapan mereka terjadi. Jangan terlalu khawatir bahkan jika nama-nama orang penting ini membuat kepalamu pusing. Bantuan tugas sejarah kami memiliki fitur asosiasi kecerdasan buatan yang akan menghubungkannya dengan beberapa cerita menarik untuk membantumu mengingatnya dengan lebih baik.
SOAL: UHAN AKIIIR SEMESTER GA NJIL TAHUN AKADEMIK : 2024/2025 1. Sebutkan nilai-nilai pendidikun politik Islam dalam Piagam Madinah 2. Sebutkan tokoh-tokoh pembaharuan di Mesir dan pemikirannya 3 Sebutkan tokoh-tokoh pembahaman di Turki dan pemil iranny a 4 Menurut Ahmad Mansur Surya Negara; ada 3 Teori Kedatangan Islam ke Indonesia (Teori Gujarat, Teori Mekah, dan Teori Persial Jelaskan apa yang dimaksud dengan 3 teori tersebut! 5. Sebutkan heherapa Komponen yang berperan dalam Peny cbaran Pendidikan Islam di Indonesia! Dan Jelaskan kondisi Pendidikan Islam pada masa Penjajahan Belanda'
Arthasastra meupakan Upaveda dari Kitab Atharwaveda . Kitab Mahabharata dan Ramayana juga memuat pokok - pokok ajaran Arthasastra dengan nama Rajadharma Kautilya menulis Arthasastra pada abad ke $-4SM$ Select one: True False
15. Pada tanggal berapa presiden Ir .Soekarno mengeluarkan dekrit presiden __ a. $Jul-05-1959$ b. $Jul-20-1959$ C $Jun-22-1950$ d. $Jul-20-1950$ e. Aug-25-1959 16. Dasar pemikiran yang melatar belakangi dilakukannya perubahan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, kecuali __ a. Struktur ketatanegaraar yang bertumpu pada kekuasaan tertinggi di tangan MPR yang sepenuhnyamelakukan kedaulatan rakyat b. UUD NRI Tahun 1945 memberikan kekuasaan yang sangat besar kepada pemegang kekuasaan eksekutif (Presiden) c. UUD NRI Tahun 1945 mengandung pasal-pasal yang multitafsir atau art iganda. d. UUD NRI Tahun 1945 memberikar kewenangan sangat besar kepada Presiden e. UUD NRI Tahun 1945 member kebebasan Parlemen seluas-luasnya 17. Dampak negatif dari kekuasan Presiden terlalu besar sebelum Amandemen akan meni mbulkanâ\{ a. Kekuasaan Presiden bersifat mutlak b. Presiden berhak mengajukan RUU c. Presiden sebagai kepala pemerintahan saja d. Presiden menjalankan tugasnya dengan arahan DPR e. Presiden sebagai lembaga eksekutif 18. Amandemen adalah kegiatan yang dilakukar oleh $MPR$ untuk mengubah $UUDNRI$ tahun $1945,$ sesuai kewenangannya yang diatur dalam Pasalât a. Pasal 2 dan $37UUD$ NRI tahun 1945 b. Pasal 3 dan $35UUDNR$ tahun 1945 c. Pasal 3 dan $37UUDNR$ I tahun 1945 d. Pasal 2 dan $35UUDNRI$ tahun 1945 e. Pasal 5 dan $37UUDNR$ tahun 1945 19. Prosedur untuk melakukan perubahan UUD NRI tahun 1945 diatur didalam pasal, kecualiâ a. Pasal 37 ayat (1) b. Pasal 37 ayat (2) c. Pasal 37 ayat (3) d. Pasal 37 ayat (4) e. Pasal 37 ayat (6) 20. Lembaga negara yang memiliki wewenang untuk mengubah dan menetapkan UUD NRI tahun 1945ât! a. MPR b. Presiden c. DPR d. Yudikatif e. Eksekutif.
II. SOAL URAIAN ..!!! 1. Jelaskan bagaimana proses masuknya agama islam di Indonesia menurut Buya Hamka? 2. Sebutkan nama-nama raja yang pernah memrintah di Kesultanan Samudra Pasai? 3. Pada zaman penjajahan Jepan dibentuk PETA. Sebutkan tujuan dari pembentukan PETA? 4. Jelaskan apa saja faktor yang membuat pecahnya Perang Padri ? Sebutkan ciri-ciri pelaksanaan demokrasi liberal
3. Thomas Alya Edison's deafness was the result of __ a. his stress b. his middle-ear infections c. his education d. his bad sight 4. Which of the following best described the figure of Thomas AlvaEdison? a. Creative and easy-going. b. Timid but realistic. c. Intelligent and hard-working d. Ambitious and innovative.
A KET 1. Pasar Terapung terdapat dalam masyarakat __ A. Bugis B. Banjar C. Dayak D.Ambon 2. Upacara Rambu Solo dan Rambu Tuka terdapat dalam masyarakat __ A. Bugis B. Banjar C. Dayak D. Toraja 3. Budaya menangkap paus. terdapat dalam masyarakat __ A. Flores B. Banjar C. Ambon D. Papua 4. Upacara penyembahan Dewi Lebah (Tawongu) terdapat dalam masyarakat __ A. Bali B. Flores C. Timor D. Ambon 5. Perahu Pinisi adalah perahu hasil seni orang __ A. Bugis B. Mandar C. Banjar D. Maluku 6. Nama Maluku diambil dari bahasa __ A. Spanyol B. Arab C. Portugis D. Belanda 7. I La Galigo adalah hasi kesusastraan orang __ A. Spanyol B.Jawa C Bugis D. Bali A. Timocya.B. Papua B.Minahasa D. Toraja 9. Tri Hita Karana adalahtalsafah orang __ Bali.Bugis C. Banjarap. Jawa merupakan ú B. Papua C DayakitD. Toraja 11:Konfusianisme adalah fa safafihidup orang __ A. Bugis B. Papua - CrMinahasa D. Tionghoa menterkandung dalam cerita perkawinanzantara-kakak beradik A. Dewi Sri&Raden-Sadana Sangkuriang A. Bara Jonggrang D. Watugunung 13. Kawanua adalah sebutan untuk masyarakat __ A. Minahasa B. Bugis C. Toraja D. Papua 14.Pela adalah organisasi gotong royong dari masyarakat __ A. Maluku B. Papua C. Bugis D. Toraja 15. Bunyi gendang yang keras merupakan ciri dari gamelan __ A. Sunda B. Bali C. Jawa-D. Papua 16.Kerajaan bercorak Islam yang ada di Pulau Sumatera adalah. __ A. Demak B. Mataram C Pajang D. Samudra Pasai 17. Universitas Mataram terletak di Provinsi __ A. Kalimantan Barat B. Nusa Tenggara Barat C. Jawa Barat D. Sumatera Barat 18. Hari ulang tahun Pemalang diperingati setiap tanggal. __ A. 1 Januari B. 14 Januari C 24 Januari D. 30 Januari 19. Kerajaan Islam pertama di Nusantara adalah __ A. Kerajaan Demak B. Kerajaan Pajang
SEMESTER :V (Lima)/PAI DOSEN : Maruli Tumangger, M. Ag SOAL: UJIAN AKHIK SEMESTER GANMI TAHUN AKADEMIK : $2024/2025$ 1. Sebutkan nilat-nilai pendidikan politik Islam dalam Piagam Madinah 2. Sebukan tokoh-tokoh pembakaruan di Mesir dan pem ikiranny a 3. Sebukan tokoh-tokoh pembaharuan di Turki dan pemikirannya 4. Menurut Ahmad Mansur Surya Negara; ada 3 Teori Kedatangan Islam ke Indonesia (Teori Gujara: Mekah, dan Teori Persia)Jelaskan apa yang dimiksud dengan 3 teori tersebut! 5. Sebutkan beberapu Komponen yang berperan dalam Penyebaran Pendidikan Islam di Indonesial Dan Jelaskan kondisi Pendidikan Islam pada masa Penjajahan Belandal
JAWABLAH PERTANYAAN DI BAWAH INI DENGAN BENAR! 1. Apa faktor utama yang memicu munculnya pergerakan nasional Indonesia pada awal abad ke-20? A. Ketidakadilan sosial dan ekonomi yang dirasakan oleh rakyat Indonesia B. Keinginan untuk mencapai kemerdekaar dengan cara diplomasi C. Pengaruh langsung dari kebijakan Jepang di Indonesia D. Perubahan politik global akibat Perang Dunia I E. Peningkatan kesadaran sosial yang disebabkan oleh Sumpah Pemuda 2. Mengapa pergerakan Budi Utomo dianggap sebagai organisasi pertama yang memicu kebangkitan nasional Indonesia? A. Karena tujuannya sangat radikal dan langsung menuntut kemerdekaan B. Karena mendirikar sekolah-sekolah untuk rakyat Indonesia C. Karena memperjuangkan pendidikan dan kesadaran politik bagi kaum pribumi D. Karena berfokus pada penguatan budaya Jawa saja E. Karena memperjuangkan keadilan sosial di seluruh Indonesia 3. Apa yang menyebabkan Soekarno memilih jalan diplomasi dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia bukan perlawanan bersenjata? A. Karena perlawanan bersenjata dianggap lebih efektif B. Karena Soekarno melihat bahwa perjuangan diplomatik akan mendapat dukungan internasional C. Karena ia percaya bahwa Belanda akan memberikan kemerdekaan tanpa perjuangan D. Karena Indonesia membutuhkan waktu untuk mempersiapkan tentara yang kuat E. Karena perjuangan diplomatik lebih mengharga manusia 4. Dalam konteks sejarah pergerakan nasional Indonesia, apa arti penting dari Sumpah Pemuda yang dilaksanakan pada 28 Oktober 1928? A. Menyatakan pembentukan negara Indonesia yang merdeka B. Memperkenalkar simbol-simbo I perjuangan kepada dunia internasional C. Menyuarakan kesatuan dalam perjuangan untuk meraih kemerdekaan D. Mengusung ideologi sosialisme sebagai dasar negara Indonesia E. Menyepakati penggunaan bahasa asing sebagai bahasa persatuan 5. Apa dampak langsung dari pengaruh kebijakan Politik Etis terhadap pergerakan nasional Indonesia? A. Pembukaan sekolah sekolah bagi kaum pribumi yang meningkatkan kesadaran politik B. Mengurangi pengaruh Belanda terhadap pergerakan kemerdekaan C kemerdekaan Indonesia D. Meningkatkan jumlah organisasi yang mendukung Belanda Membersepat E penyebaran ideologi nasionalisme di kalangan pemuda
6. Mengapa pergerakan Sarekat Islam berkembang pesat pada awal abad ke-20? __ A. Karena mampu memperjuangka n hak-hak kaum pribumi dalam bidang ekonomi dan politik B. Karena berjuang untuk memerdekakan Indonesia dari Belanda dengan cara kekerasan C. Karena organisasi ini mampi I menyatu kan berbagai suku bangsa di Indonesia D. Karena dukungan langsung dari pemerintar kolonial Belanda E. Karena memiliki tujuan untuk memperkuat pengaruh Belanda di Indonesia 7. Apa yang membedakar perjuangan PNI (Partai Nasional Indonesia)dengan perjuangan Sarekat Islam dalam konteks politik? A. PNI memperjuangka n kemerdekaan Indonesia melalui kekerasan,sedangkar Sarekat Islam menggunakan cara damai B. PNI memperjuangkan kemerdekaan dengan cara diplomasi , sedangkan Sarekat Islam mengutamak an perlawanan bersenjata C. PNI lebih bersifat radikal dengan tujuannya yang langsung , sedangkar Sarekat Islam lebih moderat D. Sarekat Islam memperjuangkar kemerdekaan melalui pendidikan sedangkan PNI tidak terlalu mempedulikannya E. PNI lebih fokus pada perjuangan ekonomi , sedangkan Sarekat Islam mengutamakan perjuangar I sosial 8. Apa yang menjadi ciri khas dari perjuangan Indische Parti dalam pergerakan nasional Indonesia? A Memperjuangka n kemerdekaan Indonesia dengan kekerasan B. Menggunakar diplomasi untuk mengakhiri penjajahar Belanda c ideologi Marxisme sebaga i landasan perjuangan D. Memperkena Ikan ide-ide nasionalisme yang lebih radikal dibandingkan dengan organisasi sebelumnya E. Fokus pada pengembangan ekonomi rakyat pribumi 9. Mengapa Sumpah Pemuda 1928 menjadi momen yang sangat penting dalam sejarah pergerakan nasional Indonesia? A. Karena untuk pertama kalinya Indonesia bersatu dengan satu bahasa persatuan B. Karena menghasilkan kemerdekaan Indonesia secara resmi C. Karena terbentuknya negara Indonesia sebagai negara merdeka D. Karena mula terbentukny a ideologi sosialisme di Indonesia E. Karena Sumpah Pemuda adalah deklarasi Indonesia menjadi negara agama 10. Bagaimana pengaruh dari kebijakan Jepang terhadap organisasi pergerakan nasional Indonesia? A Menghancurkar seluruh organisasi pergerakan yang ada B organisasi baru yang mengarah pada perlawanan terhadap Belanda C . Mengintegrasikan perjuangan sosial dan ekonomi dalam satu gerakan D. Mendorong organisasi untuk bekerja sama dengan Belanda E. Menciptakar kesatuan nasional melalu i kebijakan pendidikan 11. Apa alasan mengapa organisasi seperti Partai Nasional Indonesia $(PNI)$ memilih untuk memperjuangka kemerdeka an melalui cara-cara diplomatik? A. Karena PNI percaya bahwa Belanda akan memberikan kemerdekaar dengan damai B. Karena PNI memiliki kuat dari negara-negar a Eropa C. Karena PNI ingin menghindari perlawanan bersenjata yang bisa menyebabkan kerusakan besar
Praktik aparthed dunia dapat dilihat secara struktural melalui __ 1) orang kulit putih yang berjumlah $1/3$ dunia menempat strata atas. sedangkan orang non kulit putin yang benumlah $2/3$ penduduk dunia menempati strata bawah 2) kelompok orang miskin yang jumlahnya $70\% $ dari penduduk dunia hanya jumlahnya $30\% $ mengonsumsi sumber dunia lebih banyak menggunakan sedikil saja sumber dunia sedangkan kelompok orang kaya yang 3) bangsa Amenka dan Eropa sebaga pengendali tatanan dunia sedangkan bangsa Asia dan Alnka sebagai bangsa yang dikendalikan