AI Jawab Pertanyaan_Asisten Tugas Terbaik AI Online | Question AI

Bantuan Tugas Sejarah

Sejarah adalah mata pelajaran yang menarik bagi sebagian orang dan membosankan bagi yang lain. Sementara beberapa siswa terkesan dengan berbagai peristiwa masa lalu, pertempuran, dan tokoh-tokoh menarik, yang lain menganggap sangat sulit untuk menghafal kronologi pertempuran, nama-nama pemimpin berpengaruh, dan beratnya informasi yang ditawarkan mata pelajaran ini.

Untungnya, dengan pertanyaan dan jawaban sejarah ini, mudah bagi kamu untuk mengingat beberapa peristiwa penting besar dan waktu tepat kapan mereka terjadi. Jangan terlalu khawatir bahkan jika nama-nama orang penting ini membuat kepalamu pusing. Bantuan tugas sejarah kami memiliki fitur asosiasi kecerdasan buatan yang akan menghubungkannya dengan beberapa cerita menarik untuk membantumu mengingatnya dengan lebih baik.

Untuk mengasah cara berpikirmu secara rasional, logis kritis, dan analitis jawablah pertanyaan ini dengan tepat! Mengapa kota Bagdad menjadi pusat ilmu pengetahuan pada masa daulah Abbasiyah? HOTS Jawab :-- __ saja langkah yang dilakukan khalifah Harun ar-Rasyid dan al-Makmun untuk pengetahuan? Jawab __ 3. Sebutkan ilmuwan muslim di bidang kedokteran pada Dinasti Abbasiyah! Jawab __ ) HOTS 4.Berikan pendapat kalian mengenai muslim era ini dengan muslim era Dinasti Abbasiyah! Jawab :- __ 5.Sebutkan sifat-sifat yang melekat pada diri Imam al-Ghazali! Jawab __

Pilihlah salah satu jawaban yang paling benar! 1. Sebelum Islam datang masyarakat Arab dikenal sebagai masyarakat jahiliah. Jahiliah memiliki arti __ a kejayaan b. kemunduran c. kebodohan d. keemasan 2. Kehidupan masyarakt Arab pada masa jahiliah,ditandai dengan beberapa hal sebagai berikut, kecuali __ a. banyaknya masyarakat yang menyukai kesenian dan kesustraan b. menyembah berhala c. sebagian besar mata pencahariannya sebagai nelayan d. terdapat perilaku tercela seperti berjudi, minum khamar, dan merampok 3. Awal mula kepercayaan masyarakat Arab penganut agama tauhid mengikut ajaran dari __ a. Nabi Musa as b. Nabi Isa as c. Nabi Daud as. d. Nabi Ibrahim as 4. Dakwah Nabi Muhammad saw pertama kali dilakukan secara __ a. sembunyi-sembunyi b. terang-terangan c. langsung d. acak 5. Rumah sahabat Nabi Muhammad saw yang dipakai untuk berdakwah adalah milik __ a. Abu Bakar ash -Shiddiq b. Arqam bin Abil Arqam c. Alibin Abu Thalib d. Umar bin Khattab 6. Berikut yang bukan termasuk golongan Assobiqunal Awwalun adalah __ a. Khadijah b. Abu Bakar ash -Shiddiq c. Muawiyah bin Abu Sufyan d. Zubair bin Awwan 7. Paman Nabi Muhammad saw yang mencaci-maki dan melempar beliau __ a. Abu Thalib c. Abu Jahal b. Abu Sufyan d. Abu Lahab 8. Paman Nabi Muhammadyang mengajari beliau berdagang bernama __ a. Abdul Muthalib b. Abu Lahab c. Abu Thalib d. Alibin Abi Thalib 9. Nabi Muhammadsaw,menenima wahyu pada usia __ a. 25 tahun c. 35 tahun b. 30 tahun d. 40 tahun 10. Wahyu pertama yang Allah turunkan kepada Nabi Muhammad saw.adalah __ a. surah al-Fatihah ayat 1-7 b. surah al-Alaq ayat 1-5 c. surah al-Muddatstsir ayat 1-7 d. surah an-Nas ayat 1-5 Faktor pendorong yang menyebabkan Nabi Muhammad saw melakukan dakwah ke luar Makkah, kecuall __ a. semakin banyak mendapat hambatan dan rintangan darikaum kafir Quraisy b. pembunuhan dialami keluarga Yasir c. agar memperoleh kekuatan dan dukungan d. agar memperoleh banyak harta rampasan perang 12. Rasulullah mem erintahkan para pengikutnya untuk hijrah ke Habasyah Hijrah ke Habasyah dipimpin oleh __ a. Abu Bakar ash -Shiddiq b. Umar bin Khattab c. Alibin Abi Thalib d. Utsman bin Affan 13. Hijrah ke Habasyah dilakukan agar memperoleh perlindungan dari Raja __ a. Namrud b. Najasyi c. Sulaiman d. Fir'aun

Higher Order Thinking Skills Kemajuan-kemajuan yang dialami Dinasti Abaslah tidak terlepas dari kecintaan para khalifah terhadap ilmu pengetahuan dan seni Semuanya dapat tercapai karena memiliki kestabilan politik dan ekonomi. Dengan demikian lahir berbagai macam gagasan dan ide untuk memajukan bangsa. Ide-ide seperti apakah yang dapat memajukan bangsa pada masa Dinasti Abasiah? Mengapa para khalifah Dinasti Abasiah sangat mencintai ilmu pengetahuan?Diskusikanlah Jawabanmu bersama teman sebangkumul Tulislah __

1. Menurut William F . Ogbum, perubahan materiel memberi pengaruh pada unsur imateriel . Salah satu contoh perubahan tersebut adalah . __ A. penemuan mesin memengaruhi muncul- nya kendaraan B. terciptany a sistem birokrasi yang baik memberi pengaruh pada perilaku anggota dewan C. terjadinya interaksi secara tidak langsung akibat adanya handphone D. penemuan seni arsitektur memberi pe- ngaruh pada desain rumah E. terjadinye hubungan secara langsung memberi dampak munculnye konflik

Berikut yang B UKAN kebijakan dari Herman Willem Daendels yaitu __ A. Membangun jalan raya pos B. Membangun pangkalan AL di Merak C. Membangun pabrik senjata di Surabaya D. Membentuk Legiun Mangkunegara E. Mengeluarkan Cultuurestelsel

20. Mike Ribble, seorang konsultan pendidikan di bidang teknologi, merumuskan tiga prinsip yang harus menjadi pilar atau pondasi bagi interaksi masyarakat di dunia digital,meliputi __ A. Respect,Educate, and Knowledge B. Reduce, Reuse, Recycle C. Respect, Educate, and Protect D. Educate, Protect, and Knowledge 21."Mereka yang percaya bahwa globalisasi merupakan kenyataan yang mengandung konsekuensi nyata terhadap bagaimana orang dan lembaga di seluruh dunia berjalan" tergolong dalam pelaku __ A. Tradisional B. Globalis C. Transformalis D. Komunis 22.Berikut beberapa alasan diadakannya tradisi Mappalette bola pada Suku Bugis, kecuali __ A. bentuk memperkuat solidaritas B. menjalin silaturahmi dalam kehidupan bermasyarakat C. ingin dianggap orang yang berpengaruh di daerahnya D. ingin pindah dan menjual rumahnya tapi tidak dengan tanahnya

Perhatikan pernyataan berikut: Hamzah Fansuri dikenal dengan karya-karyanya yang memadukan unsur Islam dengan mistisisme lokal. Nuruddin ar-Raniri dikenal sebagai ulama yang gigih melawan ajaran-ajaran yang menyimpang. Syekh Abdurrouf al-Fansuri Singki dikenal sebagai ulama yang berhasil menyatukan berbagai kelompok masyarakat. Dari ketiga tokoh di atas, kesamaan yang dapat kita temukan adalah. __ a. Semuanya berasal dari Sumatera. b. Semuanya memiliki kontribusi besar dalam pengembangan Islam di Nusantara. c. Semuanya hidup pada abad yang sama. d. Semuanya menulis karya-karya yang berbahasa Arab e. Semuanya mendirikan pesantren.

Gamba kecil. Menandakan hubungan antara manusia satu dengan lainnya saling membantu. rantai emas. Makna Sila Kedua Pancasila. Dilambang kan rantai yang disusun oleh gelang- bentuk persegi menggambarkan pria sedangkan gelang dengan bentuk lingkaran menggambarkan wanita. Gambar periatar putih. Pohon berlatar beringin berakar tunjang tumbuh sangat dalam ke dalam tanah. Hal Gambar pohon beringin. Makna Sila Ketiga Pancasila. Dilambangkan pohon beringin (Ficus benjamina) dengan berikankan kesatuan dan persatuan Indonesia . Pohon Beringin juga mempunyai banyak akar lang menggelantung dari ranting-rantingnya. Ini mencerminkan Indonesia sebagai negara kesatuan. berbagai latar belakang budaya yang berbeda -beda. Gambar kepala banteng Makna Sila Keempat Pancasila. Disimbolkar dengan kepala banteng dengan berlatar merah. Banteng merupakan binatang sosial yang suka berkelompok. Sama halnya dengan rokyat Indonesia berkumpul untuk melakukan musyawarah guna mengambil keputusan. Gambar padi kapas. Makna Sila Kelima Pancasila Dilambangkan dengan padi dan kapas dengan jatar putih. Padi dan kapas mencerminkan sandang dan pangan merupakan kebutuhan pokok semua masyarakat Indonesia tanpa melihat status ataupun kedudukannya. Hal ini mencerminkan persamaan sosial, tidak ada kesenjangan sosial antara satu dan yang lainnya. Sumber: hitps://mediaind onesia.com/humanioral 43411/1014 mengenal-bagian-lambang -negara-kita-garuda-pancasila (Penulis: Sofia, diakses pada Mei 2022) Perhatikan pernyataan berikut ini. (1) Saat sedang mengerjakan tugas sekolah, Patria mempersilakan Raya untuk melaksanakan salat zuhur terlebih dahulu sebelum melanjutkan belajar kelompok. (2) Salman selalu berbicara dengan sopan dan menggunakan kata-kata yang baik saat berbicara dengan orang lain. Semua warga negara memiliki kedudukan yang sama di depan hukum. (4) Mala mencaci maki Deba karena Mala merasa diabaikan oleh Deba saat sedang mengerjakan tugas kelompok. (5) Melaksanakan norma sosial yang berlaku di lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat. Parnyataan yang sesuai dengan Sila Kedua Pancasila ditunjukkan oleh nomor __ a. (1), (2), dan (3) b. (1), (4), dan (5) x (2), (3), dan (5) a. (2), (4), dan (5) B. (3), (4), dan (5)

2. Sebelum Islam masuk ke Indonesia, masyarakat setempat sudah memiliki kepercayaan yang diwariskan oleh nenek moyangnya Islam masuk dan disebarluaskan di Indonesia melalui jalan __ A. peperangan B. kekerasan C. paksaan D. cinta kasih E. penjajahan 3. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut! (i) Menyampaikan nasihat dengan cara-cara yang santun dan beradab. (2) Menerima nasihat dengan terpaksa. (3) Saling membantu dan bahu-membahu dalam memecahkan masalah umat.

E. men melakukan hal-hal posiu 17. Konsep diakronis sangat berguna dalam pene. rapan cara berpikir sejarah Salah satu bentuk penerapan tersebut adalah __ A. menempatkan manusia sebagai aktor utama B. melihat peristiwa dalam hubungan scbab akibat C. menjadikan ruang sebagai pusat aktivitas manusia D. melihat peristiwa sebagai perkembangan peristiwa sebelumnya E. menemparkan peristiwa sebagai fenomena yang berdiri tunggal 18. Sejarawan harus memahami konsep sinkronis dalam sejarah. Konsep sinkronis diterapkan dengan cara __ A. menjelaskan peristiwa scjarah berdasarkan urutan zaman B. mengabaikan dimensi ruang dan waktu dalam penulisan sejarah C. mengutamakan dimensi waktu dengan sedikit memperhatikan keluasan ruang D. menjelaskan peristiwa sejarah dengan me- rangkai fakta dalam hubungan kausalitas E. mengutamakan penggambaran yang meluas dalam ruang dan tidak terlalu memikirkan dimensi waktu