Bantuan Tugas Sejarah
Sejarah adalah mata pelajaran yang menarik bagi sebagian orang dan membosankan bagi yang lain. Sementara beberapa siswa terkesan dengan berbagai peristiwa masa lalu, pertempuran, dan tokoh-tokoh menarik, yang lain menganggap sangat sulit untuk menghafal kronologi pertempuran, nama-nama pemimpin berpengaruh, dan beratnya informasi yang ditawarkan mata pelajaran ini.
Untungnya, dengan pertanyaan dan jawaban sejarah ini, mudah bagi kamu untuk mengingat beberapa peristiwa penting besar dan waktu tepat kapan mereka terjadi. Jangan terlalu khawatir bahkan jika nama-nama orang penting ini membuat kepalamu pusing. Bantuan tugas sejarah kami memiliki fitur asosiasi kecerdasan buatan yang akan menghubungkannya dengan beberapa cerita menarik untuk membantumu mengingatnya dengan lebih baik.
Akibat politik dari kekalahan Jepang dalam Perang Dunia II adalah __ (HOTS) a. Terbentuknya negara-negara baru di Asia dan Eropa b. Terbentuknya aliansi militer antara Amerika Serikat dan Uni Soviet c. Munculnya negara Jepang sebagai kekuatan ekonomi dunia d. Terbentuknya Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) e. Tidak ada akibat politik yang signifikan
dilakukan Nenek Rita? Apa barter? dan Marsel melakukan kegiatan ba Kapan kegimenentukan Pasar Mambunibuni dimulai?Pasar Mambunibuni? yang menentukan dimulainya kegiatan barter di Pasar Mambunibuni? Bagaimanwarga masih melakukan kegiatan barter di Pasar Mambunibuni? buku tugas! Kumpulkan kepa
1 Perhatikan pernyataan berikut ini! 4 (1) Kurangnya minat generasi muda dalam mempelajan budaya (2) Minimnya sosialisasi budaya kopada masyartkat, terutama peneras muda (3) Mementaskan budaya nasional di kancah intemasional (4)Mengajukan hak paton budaya nasional Berdasarkan pernyataan tersebut faktor-faktor yang menjadi penyebab pudampi budayang menjadi kunjukkan s oleh nomor __ a (1) dan (2) C. (2) dan (3) b. (1)dan (3) d (2) dan (4) 2 Perhatikan pernyataan berikut ini! (1) Membeli alat musik tradisional untuk d. ual kembali (2)Menulis penelitian seputar batik dan memub kasikannya (3) M enggelar olimpiade humaniora 6 Nusantara (4) Menggeluti hobi fotografi Berdasarkan pernyataan tersebut yang merupakan upaya melestarikan budaya nasional ditunjukkan oleh nomor __ a. (1) dan (2) c (2) dan (3) b (1) dan (3) d (2) dan (4) 3 Perhatikan pernyataan berikut ini! (1) Mengembangkan nilai-nilai luhur budaya bangsa (2) Melakukan adaptasi budaya asing (3) Memperteguh jati diri bangsa (4) Memperkaya devisa negara Berdasarkan pernyataan tersebut yang merupakan tujuan pemajuan budaya nasiona!ditunjukkan oleh nomor __ a. (1) dan (2) C. (2) dan (3) b. (1) dan (3) d (2) dan (4) Berilah tanda silang (A) huruf a. b, c, atau d pada jawaban yang paling benarl Penilaian Sumatif Perhatikan contoh-contoh benkut lisan (2) Manuskrip (a) Fotografi tradisional Berdasarkan objek pen nama budaya contoh-contoh tersebudaya ditunjukkan oleh __ a (1), (2)dan (3) C. (1), (3), dan (4) d (2), (3), dan (4) b. (1). (2)dan (4) kebudayaan Indonesiatikan Pemajuan kebengan memporhatikan ditakukan daerahnya parandari baha mstipakan penjabarkan yaan, yang Hal inimoryomajuan kebudayaan yaitu __ a. keberagaman b kelokalan C. kesedor jatan C. kesederasan Pencatatan kebudayaan rebudayaan salah satu upaya salah satu upancatatan umumnya mengalami peningkatan pada tahun 2016 ada 50 warisan budaya tak benda di seluruh Indonesia Ternyata, pada tahun 2018 ditemukan banyak lagi yang jurtiladapa lebih bah/2 Oleh karena itu desi disimpulkan kebudayaan Indonesia disimp berkembang setiap tahunnya Hal ini sesuai dengan tujuan pemajuan kebudayaan nasional, yaitu __ HOTS kebudanperkaya keragaman budaya b. mencerdaskan kehidupan bangsa b. menciptakan masyarakat yang sojahtera d. meningkatkan citra bangsa di mata dunia
27. Salah satu alasan utama Indonesia menerima perjanjian- perjanjian yang kurang menguntungkan seperti Linggarjati dan Renville adalah: A. Tekanan dari PBB B. Keinginan untuk mendapatkan pengakuan internasional C. Kelemahan pasukan militer Indonesia D Ketidakmampuan Indonesia dalam berunding E. Keinginan untuk memperluas wilayah secara damai 28. Setelah agresi militer kedua PBB membentuk Komisi Tiga Negara (KTN). Tugas utama KTN adalah: A. Memediasi konflik antara Belanda dan Indonesia B. Memberikan sanksi kepada Belanda C. Menjaga wilayah RI dari serangan Belanda D. Memastikan pelaksanaan Perjanjian Renville E. Mengatur pemilu di Indonesia 29. Apa dampak dari Konferensi Inter-Indonesia pada tahun 1949 terhadap proses kemerdekaan Indonesia? A. Mengakhiri konflik internal di antara negara bagian B. Mempercepat pengakuan kedaulatan oleh Belanda C. Menegaskan bentuk negara federal sebagai RIS D. Meningkatkan posisi tawar Indonesia di KMB E. Memperkuat hubungan antara Ri dan Negara Sumatra Timur 30. Apa yang membedakan Konferensi Meja Bundar (KMB)dengan perundingan sebelumnya seperti Linggarjati dan Renville? A. KMB langsung diakui oleh semua negara di dunia B. KMB menghasilkan pengakuan kedaulatan penuh kepada Indonesia C. KMB melibatkan negara-negara Asia sebagai mediator D. KMB dil..isiasi uleh Belanda untuk menekan RI E. KMB membahas isu ekonomi pasca perang
1. Indonesia dikenal sebagai negara dengan keberagamannya . Diantara keberagaman Indonesia yaitu __ a. dasar negara Pancasila b. bangsa Indonesia c. bahasa Indonesia d. kesenian daerah Keberagaman budaya dapat menjadi identitas bangsa Indonesia di mata dunia.Pernyataan tersebut merupakan __ a. ciri-ciri keberagaman budaya b. pengertian keberagaman budaya c. manfaat keberagaman budaya d. upaya pelestarian budaya 3. Keberagaman budaya di Indonesia dapat mendoron terciptany lapangan pekerjaan.Pekerjaan yang muncul dari keberagaman budaya yaitu __ a. pramuwisata b. pilot c. guru d. masinis 4. Keberagaman Indonesia disatukan oleh semboyar Bhinneko Tunggal Ika yang artinya __ a. berbeda-beda tetapi sama saja b. bersama bergotong royong c. bersuku-suku sangat beragam d. berbeda -beda tetapi tetap satu
96. Nama pengasuh Pesantren Zainul Hasan Genggong yang keempat adalah... KH. Zainal Abidin OB KH. Moh Hasan Oc KH.Moh Hasan Mutawakki Alallah OD KH. Hasan Saifourridzal
Soal Isian 1. Apayang memicu berbagai perlawanan masyarakat Indonesia terhadap penjajahan Eropa? 2. Jelaskan arti penting Peran Diponegoro dalam konteks perlawanan Indonesia. Peristiwa apa yang Suvarai husus memicu perang ini? c. Bagaimana strategi yang digunakan Belanda dalam Perang Diponegoro mencerminkan pendeka an militer mereka? 4. Apa saja latar belakang terjadinya Perang Padri dan siapa tokoh yang terlibat dalam konflik tersebut? 5. Jelaskan peran Belanda dalam Perang Aceh dan dampak strategi mereka terhadap jalannya perang 6. Identifikasi dan diskusikan molivasi Perlawanan Rakyat Maluku melawan kekuasaan koloniel Belumji 7. Analisislah bagaimana strateg pergerakan nasional Indonesia berubah dari tahun 1908 hingga 1945. Apa saja faktor utama yang memengaruhi perubahan tersebut? 8. Apa pentingnya Sumpah Pemuda dalam memupuk persatuan nasiona di kalangan pemuda Indonesia? 9. Pada masa pendudukan Jepang apa saja keluhan utama masyarakat Indonesia yang memicu berbaga bentuk perlawanan? 10. Bandingkan sifat perlawanan terhadap penjajah Eropa dengan perlawanan terhadap Jepang. Apa perbedaan utama dalam pendekatan mereka? 7. 8.
10. Pakaian tradisional mukuta dan bilu berasal dari daerah a Manado c Batam __ b. Gorontalo d. Makassar 11. Bacalah pernyataan-pernyataan benkut' (i) Teman-leman Ujang lentawa ketika ujang menari tarian daerahnya (2) Tigortidak memilih-milih dalam berteman meskipun berbeda suku (3) Menghargai keberagaman yang ada di lingkungan sekitar. (4) Mengejek cin fisik suku lain (5) Mengenal ciri fisik sendiri dan menghar- gainya Pernyataan yang berisi sikap yang baik atas a. (1), (2)dan (3) c. (2), (3), dan (5) keberagaman ditunjukkan oleh nomor __ b. (1), (3), dan (5) d. (3), (4), dan (5) 12. Amanat Pancasila dalam sila kedua menun- jukkan etika moral dalam bidang __ a sosial budaya c. nasional b. agama d hankam 13. Semangat nasionalisme yang terkandung dalam Pasal 32 ayat (1) dan (2 Undang Undang Dasar 1945 menitikberakkan nasio- nalisme di bidang __ a. pemerintah daerah b budaya c. ekonomi d. pertahanan dan keamanan 14. Yola terpilih untuk mengikuti festival budaya tingkat internasional. Festival tersebut akan ditonton oleh nbuan orang. Sikap yang ditunjuk- kan Yola adalah __ a tegang karena baru pertama mengikut festival seperti itu b. berkomunikasi dengan siapa pun c. menolakuntuk mengikutnya karena takut kalah d. lampil sebisanya tanpa persiapan se. belumnya 15 Pendidikan mu multikultural sangat penting dalam meningkatkan __ a. sikap toleransi terhadap perbedaan dalam masyarakat b. kemajuan teknologi II. Isilah titik-titik pada soal-soal berikut dengan benar! c. potensi pariwisata d. kopribadian bangsa berdasarkan budaya baru 16. Salah satu bentuk cinta tanah air adalah __ a membantu teman yang kesultan b mengenakar baju batik binatang langkayang dilindung ptakan lapangan kerja bagi pe- ngangguran 17. Ragam senitari seperti tari remo dan Jombang. tari saman dari Aceh tari tor-tor dari Tapanul Utara dapat berfungsi sebagai __ a. membangun ketahan nasional b memajukan kesehatan C edukasi kesenian d. meningkatkan partisipasi masyarakat dalam politik 18.Bagas mendapatkan tugas sekolah dari gurunya. la dikelompokkan dengan orang yang berasal dari kota lain yang memilik kebiasaan dan budaya yang berbeda dengan Bagas. Sikap Bagas adalah __ a. menerima dan berusaha mengenal serta memahamileman sekelompok denganbak b. protes keras c. mengajukan keberatan dan meminta untuk diganti dengan orang yang berasal dan kota yang sama d. menggeruku dalam hati 19. Indonesia memiliki keanekaragaman suku agama, ras, dan budaya Agar tidak terpecah belah.maka dibentuk alat,pemersatu bangsa Benkut merupakan alat pemersatu bangsa, kecuali __ a UUD 1945 b. lagu daerah c. Pancasila d. Bineka Tunggal Ika 20. Kamu pindah di lingkungan yang mengha- ruskan memakai celana panjang ketika di luar rumah. Sikapmu terhadap budaya tersebut adalah __ b. risih a. mengikutinya c. mencemooh d. pura-pura tidak mengetahui
1. Ketika masih membahas peran, konflik sosial, dan kekuasaan pemerintah serta belum membahas masyarakat secara mendalam , sosiologi masih menjadi bagian dari ilmu __ a. Sosial d. Fllsafat sosial b. Hukum e. Kemasyarakatan c. Etika sosial 2. Tokoh yang pertama kali menggunakan istilah sosiologi adalah Auguste Comte . Comte menyatakan bahwa sosiologi adalah ilmu tentang gejala sosial yang tunduk pada hukum alam dan tidak berubal rubah. Ada dua bagian utama studi sosiolog yang diusulkan oleh Comte , yaitu __ a. Definisi sosial dan struktur sosial b. Statika sosial dan dinamika sosial c. Perubahan sosial dan diferensias sosial d. Sistem sosial dan gejala sosial e. Dinamika sosial dan status sosial 3. Dalam mempelajari masyarakat sebagai objek kajiannya,'sosiolog memfokuskan studinya pada __ a. Hubungan gejala sosial dan gejala alam b. Hubungan gejala alam dan ilmu pengetahuan c. Hubungan timbal balik antara manusia yang satu dan manusia lainnya d. Hubungan kekerabatan e. Hubungan kekerabatan dengan gejala alam 4. Beberapa tokoh sosiologi mempunyai sudut pandang yang berbeda-beda dalam menentukan objek kajian dari sosiologi . Yang merupakan objek kajian sosiologi menurut Emile Durkheim adalah __ a. Tindakan sosial b. Khayalan sosiologis c. Fakta sosial d. Gejala sosial e . Pengungkapan realitas 5. Sosiologi merupakan ilmu pengetahuan yang bersifat non-etis Maksud dari pernyataan tersebut adalah sosiologi.... __ a.Tidak spekula if dan menggunakan akal sehat b.Berusaha menyusun abstraksi dan hasil observasi c. Dibentuk berdasarkar teori-teori yang sudah ada sebelumnya d. Melakukan kajian tentang masyaraka berdasarka n data di lapangan e Tidak mencari baik atau buruknya suatu fakta, tetapi menjelaskan fakta secara analitis
8. Siaran radio Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dibacakan oleh __ a. Ir. Soekarno dan Drs Mohammad Hatta b. Drs. Mohammad Hatta dan Sutan Sjahrir c. Ir. Soekarno dan Sutan Sjahrir d. H. Agus Salim dan Soebadic Sastrosatomo