AI Jawab Pertanyaan_Asisten Tugas Terbaik AI Online | Question AI

Bantuan Tugas Sejarah

Sejarah adalah mata pelajaran yang menarik bagi sebagian orang dan membosankan bagi yang lain. Sementara beberapa siswa terkesan dengan berbagai peristiwa masa lalu, pertempuran, dan tokoh-tokoh menarik, yang lain menganggap sangat sulit untuk menghafal kronologi pertempuran, nama-nama pemimpin berpengaruh, dan beratnya informasi yang ditawarkan mata pelajaran ini.

Untungnya, dengan pertanyaan dan jawaban sejarah ini, mudah bagi kamu untuk mengingat beberapa peristiwa penting besar dan waktu tepat kapan mereka terjadi. Jangan terlalu khawatir bahkan jika nama-nama orang penting ini membuat kepalamu pusing. Bantuan tugas sejarah kami memiliki fitur asosiasi kecerdasan buatan yang akan menghubungkannya dengan beberapa cerita menarik untuk membantumu mengingatnya dengan lebih baik.

10. BPUPK atau dalam bahasa jepang Dokuritsu Junbi Cosokai adalah badan yang dibentuk Jepang dengan tugas untuk __ a. Mengusulkar rencana proklamasi kemerdekaan Indonesia b. Menyusun dan membentuk Negara Indonesia yang merdeka dan berdaulat C kedaulatan Indonesia sebelum kedatangan Belanda ke Indonesia d. Menyelidiki dan menyiapkan hal - hal penting bagi pembentukar Negara Indonesia 11. Rumusan dasar negara yang sah dan benar terdapat pada UUD Tahun 1945 yang disahkan oleh PPKI pada tanggal __ a. 17 Agustus 1945 b. 18 Agustus 1945 c. 7 Agustus 1945 d. 1 Juni 1945 12. Para tokoh perumus dasar negara telah berjuang untuk menciptakan sebuah negara yang mampu berdiri dengan kokoh ditengah perbedaan Sikap para perumus dasar negara yang dapat dijadikan sebagai teladan dalam kehidupan sehari-hari adalah __ a golongan orang tua dibanding golongan muda b. Mengutamakan kepentingan pribadi diatas kepentingar umum c. Mendengarkan pendapat orang lain dan memberikan kritik yang membangun d. Mementingkan sikap individualis dalam menyelesaika permasalahan 13. Siding kedua BPUPK dilaksanakan pada tanggal 10 Juli sampai dengan 17 Juli 1945, pada sidang kedua ini BPUPK membahas mengenai __ a. Membentuk panitia perancang Undang -undang Dasar b. Membahas dasar negara c. Merumuskar. Batang tubuh Undang - undang d. Merencanakan kapan proklamasi akan dilakukan 14. BPUPK pada tanggal 7 Agustus 1945 yang kemudian digantikan oleh PPKI. Kepanjangan dari PPKI adalah __ a. Panitia Perumus Kemerdekaan Indonesia b. Perumus Pancasila Kemerdekaan Indonesia c. Perumus Panitia Kemerdekaan Indonesia d. Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia 15. Panitia kecil atau bisa juga disebut panitia Sembilan berjumlah sembilan orang, di mana panitia kecil ini diketuai oleh Ir. Soekarno dan wakilnya yaitu __ a. Moh Hatta b. Soeroso c. Soepomo d. Moh. Yamin 16. Rumusan Pancasila yang sah dan benar terdapat dalam pembukaan Undang -undang Dasar Tahun 1945 yang disahkan oleh PPKI.tepatnya pada Alinea __ a. Pertama b. Ketiga c. Keempat d. Kedua 17. Nilai-nilai yang lahir dari Pancasila adalah nilai -nilai dari bangsa Indonesia sendiri. Hal ini menunjukan bahwa para pendiri bangsa memiliki komitmen __ a. Semangat persatuan dan kesatuan b. Selalu bersemangat dalam berjuang c. Adanya rasa memiliki terhadap bangsa Indonesia d. M engutamakan kepentingan bangsa diatas kepentingan pribadi 18. Perhatikan pernyataan berikut ini! a. Persatuan b. Kekeluargaan c. Keseimbangan lahir dan batin d. Musyawarah e. Keadilan rakyat Pernyataan diatas merupakan usulan rumusan dasar negara yang disampaikan oleh __ a. Moh Yamin b. Soepomo c. Ir. Soekarno d. Dr. Radjiman Widyodiningrat

7. Pada tahun 1830, pemerintah kolonial Belanda menerapkan sistem tanam paksa atau Cultuurstelsel di Indonesia khususnya di Pulau Jawa . Sistem ini diperkenalkan oleh Gubermur Jenderal Johannes van den Bosch sebagai cara untuk memulihkan kondisi ekonomi Belanda yang terpuruk setelah Perang Napoleon. Melalui sistem ini, petani pribumi diwajibkan menyerahkan $20\% $ dari tanah mereka untuk ditanami tanaman ekspor yang bernilai tinggi. Sistem tanam paksa yang diterapkan oleh Belanda di Indonesia bertujuan untuk. __ A. Meningkatkan kesejahteraan rakyat B. Memenuhi kebutuhan pangan di Belanda C. Mengembangkan industri di Indonesia D. Menghindari terjadinya kelaparan E. Memperkuat hubungan baik dengan Indonesia

Salah satu bentuk sejarah lisan yang banyak digunakan dalam sejarah lokal adalah __ a. Buku referensi b. Film dokumenter c. Wawancara d. Arsip kuno e. Prasasti

Agung 12. Kebudayaan asing dapat memengaruhi terjadinya perubahan sosial masyarakat karena __ a. Kebudayaan asing bersifat melengkapi kebudayaan lokal b. Aktivitas sosial masyarakat dipengaruhi oleh kebudayaan asing Kedatangan kebuday aan asing menyebabkan terjadinya akulturasi kebud. d. Kebudayaan asing memengaruhi stratifikasi sosial masyarakat di sebuah c. Hubungan fisik antardua kebudayaan akan menimbulkan proses timball 13. Sartono Kartodirdjo merupakan salah satu sejarawan yang menyusun peri Sejarah Indonesia. Dasar periodisasi Sejarah menurut Sartono Kart adalah __ a. Keberadaan pengaruh bangsa - bangsa asing pada masa lampau b. Derajat integrasi yang tercapai di Indonesia pada masa lampau X Kondisi sosial dan ekonomi masyarakat Indonesia pada masa lampau d. Kehidupan sosial dan budaya penduduk Indonesia pada masa lampau erkembangan kebudayaan masyarakat Indonesia pada masa lampau

B. Jawablah pertanyaan -pertanyaan di bawah ini dengan benar! 1. Jelaskan asal usul leluhur bangsa Indonesia berdasarkan bukti linguistik (kebahasaan)! Jawab. __ 2. Sebutkan tahapan-tahapan proses migrasi bangsa Austronesia dari Taiwan sampai ke wilayah Asia Tenggara dan Indonesia! Jawab: ................. __ 3. Bagaimana proses kedatangan suku Bugis ke Madagaskar/Afrika Selatan? Jawab __ 4. Bagaiman proses penggabungan kebudayaan orang Bugis ke Malaysia? Jawab: ... __

e. perang Padri 6. Hindia Belanda merespons krisis ekonomi global pada $1929-1930$ dengan cara __ a. melakukan devaluasi mata uang b. memperluas jangkauar pasar c. menaikkan tarif pajak d. melakukan proteksi terhadap produk dalam negeri e. melakukan kebijakar pasar bebas 7. Sumpah Pemuda merupakan aktualisasi integrasi kebangsaan karena __ a. menolak regionalisme b. antikolonialisme dan imperialism c. mendukung chauvinism dan ultrasionalisme menggalang nasiĆ³nalisme e. menjauhkan diskriminasi ras 8. Indische Partij didirikan pada tahun __ a 1912 d.1925 b. 1915 e. 1935 c. 192 o 9. Munculnya dua kekuatan blok barat dan blok timur merupakan kibat perang Dunia Kedua di bidang __ a. sosial b. ekonomi c. politik d. pedidikan d. regional 10. Pandangan Indische Partij terhadap Belanda pada awalnya adalah __ a. Belanda harus memperjuangkan kemerdekaan bagi Indonesia b. Belanda harus memperjuangkan hak-hak sosial bagi warga India c. Belanda harus memperjuangkan kemerdekaan bagi India d. Belanda harus memperjuangkan hubungan baik dengan Indonesia AK (Kurikulum Merdeka)

45. Saat bangsa Inggris datang ke Indonesia pada abad ke-19, mereka sempat menguasai beberapa pemerintahan Inggris, mereka melakukan beberapa perubahan kebijakan, termasuk pembenahan wilayah,termasuk Pulau Jawa, sebelum akhirnya menyerahkan kekuasaan kepada Selama administrasi dan pertanian. Apa perubahan yang dilakukan oleh bangsa Inggris selama menguasai Indonesia pada abad ke $-19$ a. Menyusun sistem pendidikan yang merata untuk seluruh rakyat Indonesia b. Meningkatkan sektor pertanian dan administrasi pemerintahan c. Mengembangkan industri manufaktur di Indonesia d. Meningkatkan hubungan dagang antara Indonesia dan negara-negara lain 46. Di awal abad ke-19, Pangeran Diponegoro memimpin perlawanan besar terhadap Belanda di Jawa Perang yang dikenal dengan Perang Diponegoro ini dipicu oleh kebijakan pajak yang memberatkan rakyat dan ketidakadilan yang diterima oleh masyarakat. Apa yang menjadi penyebab utama Pangeran Diponegoro terhadap Belanda? a. Keinginan untuk memperluas wilayah kekuasaan b. Kebijakan pajak yang memberatkan rakyat dan ketidakadilan dari pemerintah kolonial c. Perbedaan budaya dan adat istiadat antara Indonesia dan Belanda d. Perdagangan rempah-rempah yang dikontrol oleh Belanda 47. Ketika Belanda mulai membangun benteng-benteng pertahanan di beberapa daerah di Indonesia, beberapa daerah melakukan perlawanan seperti yang terjadi di Aceh Di Aceh, perlawanan dipimpin oleh Teuku Umar yang berjuang melawan penjajahan Belanda selama bertahun-tahun. Mengapa Aceh menjadi salah satu daerah yang melakukan perlawanan keras terhadap Belanda? a. Karena Aceh kaya akan sumber daya alam yang diinginkan Belanda b. Karena masyarakat Aceh memiliki pemerintahan yang independen dan tidak ingin dijajah c. Karena Aceh memiliki banyak pedagang yang bekerja sama dengan Belanda d. Karena Aceh adalah pusat pemerintahan kolonial yang penting 48. Perlawanan rakyat Madura terhadap penjajah Belanda tidak hanya terjadi di masa lalu. Masyarakat Madura terkenal dengan semangat juangnya yang tinggi. Salah satu perlawanan terbesar terjadi pada tahun 1810, dipimpin oleh Letnan Raja. Mereka menentang penjajahan karena penindasan dan pengambilan hasil bumi secara sepihak oleh Belanda 44. Apa yang mendorong rakyat Madura melakukan perlawanan terhadap Belanda? a. Ketidakpuasan terhadap Belanda yang merugikan dan pengambilan hasil bumi secara paksa b. Ketidaksukaan terhadap pemerintahan lokal yang dipimpin oleh Belanda c. Keinginan untuk mendapatkan kebebasan berdagang di luar wilayah Belanda d. Karena Belanda membawa budaya asing yang merusak adat istiadat 49. Pada akhir abad ke-19, perjuangan rakyat Ball melawan Belanda semakin sengit. Salah satu perlawanan yang terkenal adalah Perang Puputan Badung di Bali,di mana seluruh pasukan Bali memilih mati daripada menyerah kepada Belanda. Apa yang dapat kita pelajari dari perlawanan rakyat Bali dalam Perang Puputan Badung? a. Rakyat Bali tidak memiliki strategi yang baik untuk melawan Belanda b. Rakyat Bali lebih memilih mati daripada menyerah kepada penjajah c. Perlawanan rakyat Bal berhasil mengusir Belanda dari Indonesia d. Rakyat Bali ingin memperluas wilayah Bali 50. Di daerah Maluku rakyat melakukan perlawanan terhadap Belanda karena mereka merasa hak-hak mereka sebagai penduduk asli Maluku tidak dihargai, terutama dalam hal kebebasan berdagang rempah rempah. Perlawanan ini berlangsung selama bertahun-tahun dan melibatkan banyak pejuang dari berbagai suku Apa alasan utama rakyat Maluku melakukan perlawanan terhadap Belanda? a. Karena Belanda mengontrol perdagangan rempah-rempah yang sangat menguntungkan bagi rakyat Maluku b. Karena Belanda membawa teknolog baru yang merusak kebudayaan Maluku c. Karena Belanda memperkenalkan sistem pendidikan Barat yang tidak sesuai dengan adat Maluku

5. Pada tahun 1596 Cournelius de Houtman berhasil mendarat di Indonesia, tepat didaerah __ A. Banten B. Maluku C. Ambon D. Jakarta E. Sumatera

Sistem Anglo Saxon berasal dari __ Belanda Amerika Italla Prancis Inggris

28. Keberagaman yang ada dalam masyarakat Indonesia harus dijaga karena __ Mewujudkan kerukunan dan perdamaian Menjamin keseragaman budaya Meningk antar suku Mempermudah pembentukan kelompok sosial 29.Melestarikan lingkungan dapat dimulai dari __ Pembiasaan diri dalam kehidupan sehari-hari Membuat peraturan negara tentang lingkungan Mengurangi jumlah penduduk Meningkatkan jumlah industry 30. Salah satu cara untuk mengurangi pencemaran udara adalah dengan __ Menanam lebih banyak pohon di sekitar rumah Menggunakan kendaraan bermotor lebih banyak Meningkatkan penggunaan bahan bakar fosil Meningkatkan jumlah pabrik di kota 31. Sikap peduli terhadap lingkungan bisa dimulai dari kebiasaan sehari-hari seperti __ Menggunakan air secukupnya Membuang sampah di sembarang tempat Membakar sampah di halaman rumah Menggunakan kendaraan pribadi setiap hari 32. Pentingnya melestarikan lingkungan hidup antara lain untuk __ Menjaga keberlanjutan sumber daya alam dan kualitas hidup manusia Meningkatkan jumlah sampah di kota Mengurangi jumlah populasi manusia Menyebarkan polusi ke seluruh dunia 33. Manusia pada zaman praaksara hidup dengan cara __ Berburu, meramu, dan bertani Bertani dan berdagang Berburu dan Bertani Menanam tanaman hias dan beternak 34. Salah satu bukti adanya kehidupan manusia pada zaman praaksara adalah __ Alat-alat batu dan fosil Peninggalan prasasti Bangunan candi Peralatan logam 35. Manusia pada zaman praaksara menggunakan alat-alat dari bahan __ Batu, kayu dan tulang Plastik dan logam Kaca dan keramik