AI Jawab Pertanyaan_Asisten Tugas Terbaik AI Online | Question AI

Bantuan Tugas Sejarah

Sejarah adalah mata pelajaran yang menarik bagi sebagian orang dan membosankan bagi yang lain. Sementara beberapa siswa terkesan dengan berbagai peristiwa masa lalu, pertempuran, dan tokoh-tokoh menarik, yang lain menganggap sangat sulit untuk menghafal kronologi pertempuran, nama-nama pemimpin berpengaruh, dan beratnya informasi yang ditawarkan mata pelajaran ini.

Untungnya, dengan pertanyaan dan jawaban sejarah ini, mudah bagi kamu untuk mengingat beberapa peristiwa penting besar dan waktu tepat kapan mereka terjadi. Jangan terlalu khawatir bahkan jika nama-nama orang penting ini membuat kepalamu pusing. Bantuan tugas sejarah kami memiliki fitur asosiasi kecerdasan buatan yang akan menghubungkannya dengan beberapa cerita menarik untuk membantumu mengingatnya dengan lebih baik.

30. Perhatikan pernyataan berikut! (1) Harga yang sangat mahal. (2) Sumber sudah sangat tua. (3) Kesulitan dalam memahami bahasa yang digunakan (4) Sumber masih tertutup (batas dibuka- nya sumber sekitar 25 tahun) (5) Sulit dihubungkan dengan topik pene- litian. Dari data di atas , yang merupakan bebe- rapa masalah yang sering muncul terkait sumber pendukung suatu pene- litian ditunjukkan oleh nomor __ a. (1), (2), dạn (3) d. (2), (4), dan (5) b. (1), (2), dạn (4) e. (3), (4)dan c. (2), (3), dan (4) 31. Mengurai semua sumber yang ada dan menganalisa beberapa kemungkinan yang terkandung dalam suatu sumber sejarah. Misalnya, dalam dokumen yang berisi daftar anggota wajib militer suatu negara. Dalam daftar tersebut terdapat sejumlah nama yang menunjukkan kekhasan daerah tertentu. Berdasarkan daftar tersebut dapat dianalisa bahwa anggota wajib militer itu berasal dari berbagai daerah di negara tersebut. Pernyataan ini merupakan pe- ngertian dari __ a. interpretasi analitis b. interpretasi sintetis c. interpretasi struktural d. deskriptif interdisipliner e. deskriptif historia 32. Perhatikan jenis sumber sejarah berikut! (1) Tertulis (4) Primer (2) Benda (5) Sekunder (3) Lisan Berdasarkan jenis sumber sejarah di atas, yang merupakan sumber sejarah berdasar- kan bentuknya ditunjukkan oleh nomor __ a. (1), (2)dan (3) b. (1), (2)dan (4) c. (2), (3), dan (4) d. (2), (4), dan (5) e. (3), (4), dan (5) 33. Pengertian metode sejarah adalah __ a. suatu penelitian yang menggunakan teknik-teknik penelitian secara siste- matis dan empiris mengikuti kaidah- kaidah keilmuan umum b. suatu rangkaian berurutan atas tindak- an penelitian yang terdiri dari verifi- kasi, heuristik pemilihan topik, dan historiografi c. rangkaian tindakan untuk mengumpul- kan sumber-sumber data yang relevan dengan topik penelitian d. suatu kegiatan mengumpulkan, meng- uji, dan menganalisa data yang diper- oleh dari peninggalan-peninggalan masa lalu, kemudian direkonstruksi berdasar- kan data yang diperoleh sehingga meng- hasilkan kisah sejarah e. kemampuan teoristis yang dimiliki pe neliti,terkait erat dengan kapasitas ke- ilmuan yang dalam konteks penelitian akan sangat berpengaruh pada sejauh mana ia dapat menerapkan teori atau prinsip yang menjadi landasan pene- litian 34. Perhatikan data berikut! (1) Menempati posisi sangat pentingi mana- kala sebuah peristiwa sejarah sama se- kali tidak menyisakan sumber tertulis. (2) Dapat dipindahkan dengan mudah tanpa harus merusak atau meng- hancurkannya terlebih dahulu. (3) Sejarawan merasakan seolah-olah berada langsung dalam situasi pe- ristiwa sejarah. (4) Dapat menentukan umur bumi, perkembangan flora dan fauna, serta perkembangan kehidupan manusia. (5) Memungkinkan para geologi untuk mencocokkan susunan batuan dari bagian-bagian lain di dunia. Dari data tersebut yang merupakan kelebihan sumber artefak adalah __ a. (1), (2) dan (3) d. (2), (4) dan (5) b. (1), (3) dan (4) e. (2), (3) dan (4) c. (2), (3) dan (5)

Tes Akhir Semester Gasal A. Pilihlah satu jawaban yang paling benar dengan cara memberi tanda silang $(X)$ pada huruf A, B , C, D, atau E dan berikan alasannya! 1.Cermatilah pernyataan -pernyataan di bawah ini! (1) Mengenali dan paham mengenai perkembangan kebudayaan masya- rakat tradisional dan modern. (2) Memiliki disiplin ilmiah yang didasarkan pada objekticitas. (3)Sebagai alat untuk mengetahui perkembangan masyarakat guna menciptakan ketertiban masyarakat. (4) Berpikir secara sosiologis. (5)Memahami hubungan antara manusia dengan lingkungan alam, hubungan antargolongan , serta proses perubahan dan pengaruh. Beberapa pernyataan di atas merupakan konsep ilmu sosiologi yang didasarkan pada __ A: pembangunan B. penelitian C.) perencanaan sosial D. pemecahan masalah E. perubahan sosial Alasan:....... __ 2. Di masyarakat terdapat berbagai macam fenomena sosial. Tidak semua gejala sosial yang ada di masyarakat itu normal seperti yang diinginkan . Gejala tersebut biasanya bersifat abnormal. Gejala sosial yang bersifat abnormal akan menjadi masalah sosial di masyarakat, sehingga perlu adanya suatu cara untuk mengatasi masalah sosial tersebut Dalam sosiologi, ada tiga metode yang digunakan untuk memecahkan masalah sosial. Suatu gejala sosial setelah dikatakan menjadi masalah sosial baru akan dilakukan tindakan untuk mengatasinya Metode yang dimaksud adalah __ AV wawancara B. kuesioner C. represif V D. observasi E. antisipatif Alasan:. __ 3. Di bawah ini yang merupakan komponen penting dalam kelompok sosial yang dapat memengaruhi tingkah laku anggotanya adalah __ A. peran, status, jaringan komu- nikasi, kerja sama, dan sifat individu. B. peran, sifat individu,kemam- puan individu, norma . dan sosialisasi kelompok C. karakter individu , status, jaringan komunikasi . gaya hidup, dan norma D. gaya hidup, peran kemampuan individu, jaringan komunikasi, dan status E. peran, status, jaringan komu- nikasi, norma dan sosialisasi kelompok Alasan:..... __ 4. Untuk menekan laju pertambahan penduduk pemerintah mencanang- kan program Keluarga Berencana.

7. Pada ma sa pem terintahannya, Sultan Aceh, Iskandar Muda.menyusun sebuah kitab yang berjudul A dat Makuta Alam , yang isinya terk ait __ A. undang-un an B. aturan sistem perdagangan C.masalah h ukum perdata D. sistem m analem en keraton E.masa lah huk um pidana

12.Alasan Westerling membentuk gerakan Angkata Perang Ratu Adil adalah __ a.Mempertahankan Negara federasi Republi Indonesia Serikat yang dibentuk Belanda da menentang kembalinya NKRI b. Menolak berdirinya Negara federal di Indonesia C. Mewujudkan ramalan Jayabaya mengene datangnya ratu adil sebagai penyelamat bangsa d. Mengambil alih kekuasaan pemerintah pusat e. Melindungi aset ekonomi Balanda di wilayal Pasundan 13.pada dasarnya tujuan gerakan 30 September 196 adalah. __ a. Merebut kekuasaan yang sah b. Menakut-nakuti rakyat Indonesia C. Menunjukan kekuasaan RI d. Menguji kekuataan ABRI e. Mengadu domba rakyat dengan ABRI 14.Menteri pertanahan yang menjadi target pembunuha dari gerakan APRA adalah __ a. Supriyadi d. Sultan Hamengk Buwono IX b. A.A Maramis e. Amir Syarifuddin C. Sultan Hamid 15.Sistem pemerintahan yang dianut Indonesia pada mas. Demokrasi Liberal adalah __ a. Konstitusional d. Parlemnenter b. Monarki e. campuran C. Presidensial 16.Pada masa Demokrasi Liberal kondisi perekonomia Indonesia masih belum stabi . Penyebab tersendatny pertumbuhan ekonomi Indonesia pada mas Demokrasi Liberal antara lain kecuali. __ 1. Indonesia belum memiliki pada ahli dalam bidan perekonomian dan Indonesia juga belum memilik perekonomian Negara pengalaman yang mumpun dalam mengelol 2. Kondisi keamanan dalam negeri yang belum stab karena masih banyaknya pemberontakan da separatisme daerah 3. Terlalu seringnya pergantian cabinet sehingg banyak program yang tidak terlaksana dengan baik. 4. Dana bantuan luar neger (IMF) yang bungany. sangat besar 5. Melakukan nasionalisasi De Javasche Bank 17.Nasionalisme De Javasche Bank dijalankan pada mas. pemerintahan cabinet yang dipimpin oleh __ 1. Wilopo d. All Sastroamidjojo II 2. Djuanda e. Burhanuddin Harahap 3. Sukiman 18.Dasasila Bandung adalah salah satu keberhasilan da cabinet yang dipimpin oleh. __ 1. Peristiwa Cikini 2. Peristiwa 18. Oktober 1952 3. Berakhirnya sistem Demokras Liberal 4. Terjadinya berbagai gerakan separatis 5. Penandatanganan dan milite dengan AS 19.Kegagalan dari program ekonomi Gerakan Benten adalah mondiri untu

Somester Summatlve Assessment b. c, ord in front of the correct answer! and 2. Rio When did you joined the Panjat vas your school? Mr Yog Ijoined the Panjat Pinang competition Pinang Competition once It was happened whon I was a celebrated Rio Please tell me more about the Panjat young Pinang competition, Dad? Mr. Yogi Well, at that time the committee put a t school? lot of prizes? some games Mr Yogi: There were sarong. T-shirt.sweater. Rio What kinds of prizes were there? onal games race jeans, drinking bottle, portable rado sandals, shoes, grocenes, sarong, even a new bike on the top of the tree. Rio : Wow! It's really hard to climb the tree. isn't it? Mr. Yogi.Yes,it is. The tree was ful of grease. deserved it. Mr Yogi: At first I didn't Many dimbers also Rio Did you get to the top of the tree? faled to climb up because the tree join in an though. was slppery. That was the funny part. Rio Did you give up Dad? Mr. Yog No, we never gave up. Ro So, what did you do then? Mr. Yog First, we made a human ladder and Rio Then, what happened, dad? wiped off the grease bit by bit. Mr. Yog Finally, one of us got to the top and threw the prizes to the ground. Rio Wow, that's amazing 3.What can we infer about the dalog above? (HOTS) a.Rohasjoined thepanjat pinang competition b.Rio used to joined the panjat pinang competion. c.Rio's father has never won the panjat pinang compettion Ro's father and his team won the panjat pinang competition once. 4.Pay attention to the following statements.(HOTS) (1) Rio and his father joined the panjat pinang competition. (2)Rio won the panjat pinang competition when he was a teenager (3) Rio's father has won the parlat pinarg competition thron times. (4) There were more than two prizes in the panjat pinang competition (5) Mary dimbers also falon to dimb up because of the slippery The correct statements based on the text are shown by numbers __ a. (1) and (2) c.(3) and (4) b. (2) and (3) d.(4) and (5) The following text is for number 5 and 6. On August 177, Indonesia celebrated its independence from Dutch colonial rule Independence Day, commemorating be country's The day was filed with festive celebrations nroughout the country, with people the red and white colors of the Indonesian flag and participating in various cultural events and parades. In Jakarta, the captal city, a grand ceremony was held at the Merdeka Palace, where the President and other officials ralsed the national flag and sang the national anthem, "Indonesia Raya: The ceremony was attended by many dignitaries. including foreign ambassadors, milday leaders and representatives from various organizations. Throughout the day, people also participated in various sports competitions, induding traditional games such as sack races and tug- of-war. There were also art performances, food festivals, and cultural exhibition s showcasing the diverse cutures of Indonesia's many regions. One of the highlights of the day was the traditional flagrasing ceremony.where a group of young people dirthed a tall pole to hoist the Indonesian fag This ceremony was held in cities and towns throughout the country. and it symbolized the country's struggle for independence and the sacrifices made by those who fought for freedom. Overall, Independence Day was a joyous occasion for Indonesians, as they celebrated their country's rich history and culture, as well as the freedom and democracy that they enjoy today. It was a reminder of the importance of unity, diversity, and reslience, values that continue to guide Indones'a as faces new challenges and opportunities in the years ahead. 5.Who colonized Indonesia for a long time? a.Dutch c.Scotland b.England d.Japan

1. Naskah Rancangan Pembukaan Undang-Undang Dasar tiga bagian penting . Pernyataan yang sesuai bagian ketiga antara lain __ a. memajukan kesejahteraan umum b kemerdekaan c. mewujudkan cita -cita seluruh bangsa d. me ncerdaskan kehidupan bangsa e. hasil dari tuntutan kemerdekaan bangsa Indonesia

19. Apa yang menjadi pencetus perjuangan rakyat Maluku melawan penjajahan? __ 20. Politik taktik yang dilakukan VOC untuk memecah belah kerajaan di Nusantara sangat merugikan rakyat Indonesia Apa taktik yang digunakan VOC tersebut? __

Jawablah pertanyaan -pertanyaan di bawah ini secara benar! 1. Dalam konsep sejarah manusia beraktivitas dalam ruang dan waktu. Jelaskan maksud dari pemyataan tersebut! (1923) Jawab: __ 2. Mengapa sejarah dianggap bukan mitos? Jawab: __ 3. Mengapa biografi atau autobiografi dapat dipakai sebagai sumber sejarah? Jawab: __ 4. Apa kekurangan artefak ketika dijadikan sumber sejarah? Jawab: __ 5. Informasi apa yang dapat Anda sampaikan pada masa Palaeozoikum? Jawab: __ 6. Proses migrasi yang terjadi pada masa Pleistosen menyebabkan wilayah Indonesia mulai dihuni oleh manusia Mengapa wilayah Indonesia menjadi daerah tujuan migrasi? Jawab: __ 7. Mengapa zaman Batu Tua merupakan zaman yang sangat penting? __ 8. Apa yang dimaksud dengan kebudayaan Ngandong? Jawab:......... __ 9. Bagaimana pendapat Moens tentang asal usul leluhur bangsa Indonesia? Jawab: __ 10. Sejakzamandahulu dikenal sebagai wilayah penghasil rempah-rempah Sebutkan leluhur atau nenek moyang bangsa Indonesia dalam kegiatan perdagangan rempah- rempah em Jawab. __

6. Sikap masyarakat yang cenderung mengadaptasi kan diri dengan perubahan sosial budaya disebut __ A.penyesuaian D konfrontasi B persamaan E. harmonisasi C ketidakpenyesuaian 7. Perubahan sosial budaya memiliki saluran-saluran sebagai berikut kecuali __ A. bidang norma dan nilai D. bidang pendidikan B. bidang pemerintahan E. bidang ideologi C. bidang ekonomi

38. Di suatu desa pesisi, nelayan setempat bekerja bersama-sam untuk menjaga kelestarian lingkunga laut. Mereka membatasi penggunaan alat tangkap ikan yang merusak ekosistem dan mempromosikan budidaya ikan yang ramah lingkungan. Apa manfaat dari upaya menjaga kelestarian lingkungan laut bagi masyarakat sekitar? a. Meningkatkan jumlah ikan secara langsung tanpa perlu perawatan b. Membantu menjaga keberlanjutan mata pencaharian nelayan dan keseimbangan ekosistem laut c. Menurunkan harga ikan di pasaran d. Meningkatkan pendapatan masyarakat tanpa memperhatikan keberlanjutan alam 39. Pada sebuah acara peringatan kemerdekaan di sekolah, para siswa menampilkan tarian daerah dari berbagai suku di Indonesia Setiap tarian menggambarkan kekayaan budaya yang ada di Indonesia, yang masing-masing memiliki ciri khas tersendiri. Apa tujuan dari menampilkan tarian daerah dalam peringatan kemerdekaan? a. Untuk menunjukkan siapa yang paling berbakat b. Untuk mengingatkan orang tentang perbedaan antar daerah c. Untuk melestarikan budaya daerah dan memperkenalkan keragaman Indonesia d. Untuk mempromosikan budaya luar negeri 40. Pada saat perayaan hari kemerdekaan, semua warga di sebuah desa saling membantu dalam persiapan acara. Mereka bekerja sama untuk memasang bendera, membuat makanan khas daerah, dan menghias tempat acara. Semua warga merasa bangga dengan kemerdekaan telah diraih Apa nilai yang dapat diterapkan oleh masyarakat Indonesia dalam kehidupan sehari-hari berdasarkan cerita tersebut? a. Semangat bekerja sama dan gotong royong untuk mencapai tujuan bersama b. Persaingan untuk menjadi yang terbaik dalam setiap acara d. Menghindari kerja sama agartidak ada yang merasa dirugikan 41. Pada abad ke-16 bangsa Portugis datang ke Indonesia untuk mencari yang sangat berharga. Mereka mendirikan pos perdagangan di Maluku untuk menguasai perdagangan rempah- rempah dan mengontrol jalur perdagangan di kawasan Asia Tenggara. Apa tujuan utama kedatangan ke Indonesia? a. Menyebarkan agama Kristen kepada penduduk Indonesia b. Mencari rempah-rempah dan menguasai jalur perdagangan c. Membentuk pemerintahan baru di Indonesia d. Menyebarkan kebudayaan Eropa 42. Pada abad ke-17,bangsa Belanda datang ke Indonesia dengan tujuan untuk menguasai perdagangan rempah-rempah dan membentuk koloni di beberapa wilayah, seperti Batavia (Jakarta). Mereka mendirikan VOC (Nerenigde Oostindische Compagnie) untuk mengelola perdagangan di Asia Tenggara. Apa yang dilakukan oleh VOC ketika menguasai Indonesia pada masa penjajahan Belanda? a. Membentuk kerajaan yang terpisah di tiap daerah b. Mengelola perdagangan rempah-rempah dan mengeksploitasi sumber daya alam c. Membangun hubungan baik dengan kerajaan-kerajaan lokal d. Membangun pemerintahan yang demokratis di Indonesia 43. Ketika bangsa Jepang datang ke Indonesia pada tahun 1942, mereka datang dengan janji kemerdekaan bagi bangsa Indonesia Namun, setelah menduduki Indonesia Jepang mulai mengontrol seluruh aspek kehidupan rakyat dan menerapkan kebijakan yang keras. Bagaimana dampak kedatangan bangsa Jepang di Indonesia? a. Membawa kemajuan ekonomi yang pesat di Indonesia b. Menyebabkan penderitaan rakyat Indonesia akibat kekejaman dan kerja paksa c. Membantu Indonesia memperoleh kemerdekaan lebih cepat d. Membangun infrastruktu dan memperbaiki pendidikan di Indonesia 44. Pada masa penjajahan Belanda besar rakyat Indonesia dipaksa bekerja di perkebunan dan proyek-proyek infrastruktur dengan kondis yang sangat buruk. Hal ini menimbulkan kemarahan dan perlawanan dari rakyat Indonesia seperti yang terjadi dalam perlawanan Diponegoro di Jawa. Apa yang menyebabkan rakyat Indonesia melakukan perlawanan terhadap Belanda? a. Ketidakadilan dalam pemerintahan Belanda dan eksploitasi sumber daya alam Indonesia b. Keterlibatan Belanda dalam perdagangan internasional