Bantuan Tugas Sejarah
Sejarah adalah mata pelajaran yang menarik bagi sebagian orang dan membosankan bagi yang lain. Sementara beberapa siswa terkesan dengan berbagai peristiwa masa lalu, pertempuran, dan tokoh-tokoh menarik, yang lain menganggap sangat sulit untuk menghafal kronologi pertempuran, nama-nama pemimpin berpengaruh, dan beratnya informasi yang ditawarkan mata pelajaran ini.
Untungnya, dengan pertanyaan dan jawaban sejarah ini, mudah bagi kamu untuk mengingat beberapa peristiwa penting besar dan waktu tepat kapan mereka terjadi. Jangan terlalu khawatir bahkan jika nama-nama orang penting ini membuat kepalamu pusing. Bantuan tugas sejarah kami memiliki fitur asosiasi kecerdasan buatan yang akan menghubungkannya dengan beberapa cerita menarik untuk membantumu mengingatnya dengan lebih baik.
30. Salah satu teori mengatakan bahwa nenek moyang bangsa Indonesia berasal dari daratan Asia. Pendapat ini didukung oleh artefak-artefak (bentuk budaya ) yang ditemukan di Indonesia yang memiliki kesamaan bentuk dengan yang ditemukan di daratan Asia , salah satu contohnya adalah penemuan kapak tua Teori migrasi tersebut dikemukakan oleh __ A. Dr. Brandes B. J. Crawford C. Van Heine Geldern D. Mohammad Yamin E. Harry Truman Simanjuntak 31. Bangsa Deutro Melayu datang ke Indonesia setelah bangsa Proto Melayu Kedatangan bangsa Deutro Melayu menyebabkan __ A. penduduk asli Indonesia mulai mengenal tulisan B. kedua bangsa mendirikan kerajaan bercorak Melayu C. bangsa Proto Melayu dianggap sebagai bangsa pengganggu D. bangsa Proto Melayu mulai terdesak dan menyingkir ke pedalaman E. terjadi percampuran kebudayaan dengan bangsa Papua Melanesoid
6. Pada abad ke $-15$ danke $-16$ bangsa-bangsa Eropa seperti Spanyol Portugis, Inggris, dan Belanda berlomba-lomba melakukan penjelajahan samudra. Penjelajahan ini dikenal sebagai "Zaman Penjelajahan" (Age of Exploration). Motif utama bangsa Eropa melakukan penjelajahan samudra pada abad ke-15 dan ke $-16$ adalah __ A. Mengembangkan ilmu pengetahuan B. Menyebarkan agama Kristen C. Mencari rempah-rempah dan emas D. Membangun peradaban baru E. Melakukan ekspedisi ilmiah
8 . Perhatikan pernyataan di bawah ini ! 1. Berpikir magis atau mistik 2. Membuat perencanaan secara baik 3 . Berorientasi pada kepentingan sesaat 4 secara organis 5 . Menjunjung tinggi prestasi Dari pernyataan di atas yang merupakan ciri masyarakat modern adalah nomer __ A. 1,2 dan 3 D. 2,4 dan 5 B. 1,3 dan 5 E. 3,4 dan 5 C. 2,3 dan 4 9. Faktor pendorong terjadinya modernisasi yang dapat menghasilkan nilai tambah adalah A. hidup nyaman dan praktis B. dapat bersaing dengan negara maju C barang yang bermutu D menghilangkan kemiskinan E efisiensi kerja
1. Dalam konsep sejarah manusia beraktivitas dalam ruang dan wraklu. Jelaskan maksud dari pernyataan tersebut! Utisi? Jawab: __ 2. Mengapa sejarah dianggap bukan mitos? Jawab: __ https://www. 3. Mengapa biografi atau autobiografi dapat dipakai sebagai sumber sejarah? Jawab: __ 4. Apa kekurangan artefak ketika dijadikan sumber sejarah? Jawab: __ ress 5. Informasi apa yang dapat Anda sampaikan pada masa Palaeozoikum? Jawab:
C. ESSAI 41.Jelaskanlah Latar belakang pertempuran Medan pertempuran Surabaya! 42 tentang pemberontakan Rakyat Maluku Selatan (RMS) 43.Tuliskanlah a. Isi perjanjian Linggarjati b. Isi Meja Bundar 44.Tuliskanlah
ar dengan benari 1. Berdasarkan pendekatan arkeoleogis, dari mana asal-usul leluhur bangsa Indonesia? 2. Bagaimana pendekatan kebahasaan dalam memandang asal-usul leluhur bangsa Indonesia? 3. Bagaimana Mohammad Ali dalam memandang asal usul leluhur bangsa Indonesia? 4. Menurutmu apa pengertian dispora? 5. Sebutkan tiga suku bangsa di Madagaskar yang diduga melestarikan hal-hal yang berkait dengan etnis Dayak yang dianggap sebagai pemukim pertama di sana!
8. Sebagai Negara yang beradab . Indonesia menjali hubungan luar negeri dengan menjunjung tinggi hal- hal berikut , kecuali __ A. nilai-nilai persabahatan B. saling menghormati C. tidak mencampuri urusan dalam negeri Negara lain D menggunakan segala bentuk tindakan kekerasan . Association Southeast Asian Nations (ASEAN) atau Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara didirikan pada tanggal __ A. 7 Agustus 1967 C. 8 Agustus 1967 B. 7 Agustus 1976 D. 8 Agustus 1976 Berikut ini tujuan didirikannya organisasi ASEAN, kecuali __ A pasar global dengan tindak kekerasan B meningkatkan pertumbuhan ekonomi.kemajuan sosial dan pengembangan kebudayaan C perdamaian D mengembangk an keria sama di bidang ekonomi sosial, budaya , pendidikan
integrasi sosial sudah terbentuk vaitu __ masyarakat yang menunjukkan sendiri a. saling membanggakan kebudayaan b. rasa saling memiliki kebudayaan yang rendah c. hidup bersama saling menghargai per- bedaan d. kehidupan membedakan budaya antar- kelompok 38. Upaya polisi menembakkan gas air mata untuk menghindari kerusuhan pada peristiwa demonstrasi merupakan bentuk integrasi sosial berupa integrasi __ a. koersif c. destruktif b. normatif d. fungsional 39. Masyarakat terhadap interaksi sosial akan menghambat proses integrasi sosial. Kondisi tersebut dipengaruhi oleh __ a. adat yang sulit diubah b. tempat tinggal yang relatif terisolasi c. pendirian masyarakat yang masih kuat d. wawasan dan cara berpikir yang sempit 40. Perhatikan pernyataan -pernyataan berikut! 1) Toleransi terhadap kelompok lain yang berbeda kebudayaan. 2) Kesempatan yang sama dalam bidang ekonomi antarberbagai kelompok. 3) Sikap saling menghargai orang lain dengan kebudayaan yang berbeda. 4) Sikap terbuka dari golongan yang ber- kuasa. Pernyataan di atas merupakan contoh faktor dari.. __ a. asimilasi b. akulturasi c. integrasi sosial d. konflik sosial 41. Pluralitas budaya bangsa terkadang dapat menimbulkan konflik.Untuk menghindari konflik, pluralitas bangsa harus disikapi dengan __ a. men ana kebuday b. menggal maju c. membe seragan d. menjag hilang 42. Malaysia n menjadi due sambung de Timur yang Adapun ne bagian Mala a. Negeri b. Kedah, c. Sabah, d. Sabah, 43. Perbedaan nya penemi nyelesaikan dalam pemb myelesaikan a. tertana b. saling r c. mendo d. sebaga 44. Kebudayaa beraneka r betulan.Ke oleh faktor a. kepada b. kondisi c. perbed d. perbed 45. Masuknya kebudayaa Dampak r adalah __ a. meng b. memu c. terben d. terjadi
D. Kaum Sabi'in (penyembah matahari) terlibat aktif dalam penerjemahan 19. Perhatikan narasi berikut! Masa kecmasan cra Daulah Abbasiyah tidak hanya berbeara tentang kesuksesan unat Islam. Ada peran-pera umat non-Islam yang berkontribusi besar terhadap masa keemasan itu. Di antaranya adalah peran para penerjemah yang beragama Kristen Nestorian ataupun kaum Sabi'in Nilai keteladanan yang terdapat pada narasi tersebut adalah __ A. Moderasi umat beragama C. Keharmonisan intelektual B. Toleransi antar umat beragama D. Hubungan antar umat beragama 20. Perhatikan narasi berikut! Berkembangnya Bayt al-Hlikmah sebagai pusat ilmu pengetahuan dumia berawal dan tradisi penerjemahan b yang berkembang dalam di wilayah Abbasiyah. Membaca dan menerenahkan buku serta mendirikan perpustakaan menjadi gay hidup masyarakat pada saat itu. Masyarakat hidup dalam keadaan sejahtera seh memiliki kesempatan untuk membaca ataupun menerjemahk an buku. Hal itu merupakan kesadaran bahwa kemajuan dapat dicapat dengan kesungguhan. Nilai keteladanan yang terdapat pada narasi tersebut adalah C. Literasi pangkal kesejahteraan iterasi pangkal kemajuan panekal kemajuan
4. Orang Belanda pertama yang sampai di Indonesia adalah __ A. Cornelius de Houtman D. Pieter Both B. William van Orange E. Deandels C. Hugo de Groot