AI Jawab Pertanyaan_Asisten Tugas Terbaik AI Online | Question AI

Bantuan Tugas Ilmu Sosial

Pastinya kamu ingin meningkatkan kesan umummu tentang dunia ini dan setiap negara. Paling tidak, kamu harus memiliki gagasan yang baik tentang peradaban yang ada dan apa yang terjadi di Bumi. Jika ini benar, kami akan siap sedia untuk membantumu.

Mulai dari Revolusi Perancis dan naiknya Napoleon ke tampuk kekuasaan hingga pemicu Perang Dunia II dan masalah ekonomi tersembunyi di baliknya, kamu akan menemukan jawabannya dalam "ensiklopedia" hebat ini. Kamu dapat menggunakan bantuan tugas ilmu sosial untuk mengajukan pertanyaanmu dan kami akan mencocokkanmu dengan jawaban yang paling berwenang. Begitu mudahnya. Mulailah meningkatkan nilai ilmu sosialmu hari ini.

Kerja keras mengahargai waktu dan bertanggung jawab termasuk etika : Select one: a. Etika pergaulan b. Etika kerja c. Etika deskriptif d. Etika komunikasi e. Etika sosial

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah: Menguasa i dan mengaplikasikan konsep teoretis dan filosofis pendidikan Agama Islam sebagai landasan menjadi manusia dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa Jawablah pertanyaan di bawah ini yang jelas ! A. Soal Teori 1. Indonesia merupakan negara yang berpenduduk besar berbagai suku dan agama. Mengacu pada redaksi saudara mengembangkan sikap toleran di tengah masyarakat dengan tetap konsisten terhadap akidah dan Jelaskan! Bobot : $5\% $ Waktu Maksimal : 10 menit 2. Islam moderat selalu sikap toleransi, saling menghargai, dengan tetap meyakini kebenaran keyakinan agama dan mazhab pada redaksi tersebut ongedepanking bagaimana pendapat Agama dalam mewujudkan persatuar dan kesatuan bangsa, tanpa harus terlibat dalam aksi yang Jelaskan! Bobot : $5\% $ | Waktu Maksimal : 10 menit 3. Dalam sebuah kasus , permohonan Itsbat Nikah pasangan suami-istri (nikah sirri)ke Pengadilan Agama ditolak karena ketidakabsahan wali hakim tersebut menurut hakim pengadilan. Wali nikah memiliki peran yang sangat krusial merupakar bagian dari rukun nikah yang berwenang menikahkan wanita muslimah. Merujuk pada kasus diatas, Apa yang dimaksud nikah sirri dan Itsbat nikah?Jelaskan! Bobot : $15\% $ | Waktu Maksimal : 15 menit 4. Islam sangat mengharga i Ilmu pengetahuan yang membawa manfaat, baik ilmu yang berasal dari hasil penelitian terhadap al-Quran dan As-Sunnah maupun ilmu yang berasal dari hasil penelitian alam raya dan isinya. Mengacu pada redaksi tersebut bagaimana peranan akal dan wahyu dalam pengembangar ilmu pengetahuan ? Jelaskan! Bobot : $15\% $ / Waktu $Maksimal\quad :15menit$ 5. Banyak orang berpendapat bahwa semakin tinggi tingkat pendidikan seseorang, semakin baik pula akhlaknya. Berdasarka n argumentasi di atas setujukah Anda dengan pandangan tersebut?? Jelaskan dengan disertai contoh -contoh yang mendukung jawaban Anda! Bobot : $10\% $ I Waktu Maksimal : 10 menit

Porkawinan menjadi sesuatu yang ponting dalam masyarakat karena __ 1) perkawinan merupakat awal bagi pembentukar keluarga 2) molalui perkawinar dapat ditentukan siapa dapal berhubungan seksual dengan siapa 3) morupakan syarat bagi wanita untuk melahirkan anak

A. Pilihlah satu jawaban yang paling benar dengan cara memberi tanda silang (X) pada huruf A, B, C, D,atau E; serta berikan alasannya! 1. Kesetaraan manusia bermakna bahwa manusia sebagai mahkluk ciptaan Tuhan Yang Maha Esa memiliki tingkat atau kedudukan vang sama . Kedudukar tersebut bersumber dari adanya pandangan bahwa __ A. semua manusia diciptakan sebagai makhluk mulia dan tinggi derajatnya dibandingkan dengan makhluk lainnya B. manusia adalah makhluk yang memiliki akal dan pikiran C. setiap manusia memiliki kemampuan untuk mem- pertahankan hidup D. semua manusia memiliki kekuatan yang tidak dimiliki oleh makhluk lain E. manusia memiliki kemampuan untuk bekerja Alasan __ ...................................................................... 2. Setiap orang kedudukan dalam masyaraka .. Sebagai contohny , Made seorang anak petani yang berhasil menjadi seorang dokter . Kedudukar Made di masyaraka diperoleh karena __ d. adanya bantuan dari orang sekitar B. faktor kedisiplinan yang dimiliki Made C. adanya usaha-usaha yang disengaja D. faktor bawaan sejak lahir E. adanya dorongan dari pihak luar Alasan:................. __ 3. Kondisi Indonesia yang terdiri atas beberapa pulau menuntut setiap masyarakat untuk beradaptasi dengan lingkungan sekitar. Hal ini dapat memengaruhi __ A. pendapatar seseorang dalam mencukupi kebutuhan hidup B. hubungan sosial yang terjalin antarindividu C. munculny a konflik di lingkungan sekitar D. keadaan sosial masyarakat sekitar E. pola seseorang dalam berperilaku ......... Alasan __ 4. Struktur masyarakat Indonesia yang beragam ditandai oleh ciri-ciri yang unik, baik secara horizontal vertikal. Secara horizontal, masyarakat tersebul ditandai __

18. Nasionalisme dalam beberapa kasus dapat menjadi alat untuk mempersatukan orang-orang dari berbagai latar belakang budaya.agama, dan etnis negaranya. orang-orang ini terjadi ketika seseorang merasa bangga dengan negaranya, mereka cenderung berusaha untuk mempertahankar dan tersebut. Namun,nasionalisme juga dapat. memperburu konflik dan perbedaan diantara orang-orang. Di bawah ini yang tidak termasuk bentuk yang memperburuk nasionalisme adalah __ A. Ketakutan atau kebencian terhadap orang asing atau orang yang berbeda latar belakang budaya dan etnisnya B. Nasionalisme yang berlebihan dapat digunakan sebagai alat untuk membenarkan diskriminasi terhadap kelompok minoritas C. Nasionalisme yang berlebihan dapat mendorong pemikiran bahwa negara atau tertentu lebih superior : dibanding lainnya D. Nasionalisme yang bersifat inklusif cenderung memperkuat persatuan dan kesatuan E. Nasionalisme yang tidak inklusif menghambat pengakuan hak asasi manusia semua warga negara terutama hak -hak minoritas E. Menumbuhkan jiwa dan semang at noon

3. Sering kall terdapat beberap a proses modernisasi di masyarakat. Salah kesalahpahaman konsep meng enai modern adalah __ satunya adalah menganggap jika menjadi a. mengikuti pembaruan b. memiliki sikap open minded d. memiliki pola pikir yang berkembang c. mengikuti gaya hidup Eropa 4. Contoh perilaku yang bisa dilakukan dalam keseharian untuk ikut menjaga tradisi kearifan lokal di Nusantara yaitu __ HOTS a. menggunakan pakaian adat saat pergi ke luar rumah b. menuntut gubemur untuk mengeluarkan kebijakan pelestarian budaya rumah c. membangun desa adat di lingkungan d. menjaga keharmonisan dan royong menghidupkan semangat gotong 5. Berikut ini contoh kearifan lokal yang berkaitan dengan pelestarian alam. kecuali __ a. upacara adat untuk menghormati leluhur b. sistem irigasi kuno (subak) c. kearifan lokal tentang menjaga kebersihan sungai d. menanam pohon di sekitar rumah 6. Kearifan lokal yang berkaitan dengan nilai- nilai sosial, contohnya __ a. upacara adat panen padi b. sistem gotong royong c. kearifan lokal tentang menjaga kelestarian hutan d. menjaga kebersihan lingkungan 7. Berikut ini contoh kearifan lokal yang berkaitan dengan nilai-nilai budaya, kecuali __ a. rumah adat b. tarian tradisional c. kearifan lokal tentang menjaga kelestarian laut d. bahasa daerah 8. Berikut manfaat mempelajari kearifan lokal, kecuali __ HOTS a. meningkatkan rasa cinta tanah air b. memperkuat nilai-nilai budaya bangsa c. melestarikan alam dan lingkungan c. melastankan semua kearitan lokal di 9. Kearifan lokal diwariskan dari satu generasi ke generasi berikutnya melalui __ a. media sosial b. cerita dari mulut ke mulut c. pendidikan formal di sekolah d. buku dan literatur 10. Salah satu ciri khas dari kearifan lokal adalah __ a. mudah terpengaruh oleh budaya asing b. hanya ada di kota besar c. mampubertahan dari pengaruh budaya luar d. tidak bisa beradaptasi dengan perubahan 11. Tujuan kearifan lokal adalah __ a. melindungi budaya lokal dari budaya asing b. untuk memajukan negara c. mendapatkan wawasan budaya d. meningkatkan pemahaman tentang budaya 12. Subak merupakan bentuk kearifan lokal dalam pengelolaan ingasi sawah yang dilakukan oleh masyarakat petani di daerah __ a. Bima c. Boyolali b. Bali d. Bogor 13. Tri hita karana filosofi yang terdapat dalam kehidupan masyarakat Bali. Filosofi tersébut bersumber dari tiga komponen berikut, kecuali __ HOTS a. hubungan manusia dengan alam lingkungannya Tuhannya b. Mukungannya manusia dengan c. hubungan manusia dengan sesamanya d. hubungan Tuhan dengan makhluk-Nya 14. Mawas diri, teliti atau cermat dalam bekerja, memprioritaskan orang lain terlebih dahulu sebelum diri sendiri. menghormati pendapat atau gagasan orang lain, penuh dengan rasa kasih sayang, menerima kritik dengan sikap yang baik merupakan makna filosofi masyarakat Sunda yang berupa __ a. cageur b. bener

terdape beberapa kesala hpah aman konser mengenal proses modernisasi di masyaraka Salah satunya adalah menganggap jika menjadi modern adalah __ b memiliki sikap open minded 1 mengikuti pembaruan C. mengikuti gaya hidup Eropa d. memiliki pola pikir yang berkembang 4. Contoh perilaku yang bisa dilakukan dalam keseharian untuk ikut menjaga tradisi kearifan lokal di Nusantara yaitu __ HOTS a. menggunakan pakaian adat saat pergi ke luar rumah b. menuntutgubemuruntuk mengeluarkan kebijakan pelestarian budaya C. membangun desa adat di lingkungan rumah d. menjaga keharmonisan dan menghidupkan semangat gotong royong 5. Berikut ini contoh kearifan lokal yang berkaitan dengan pelestarian alam, kecuali __ a. upacara adat untuk menghormati leluhur b. sistem ingasi kuno (subak) C. kearifan lokal tentang menjaga kebersihan sungai d. menanam pohon di sekitar rumah 6. Keanfan lokalyang berkaitan dengan nilai- nilai sosial, contohnya __ a upacara adat panen pad b. sistem gotong royong C. kearifan lokal tentang menjaga kelestarian hutan d. menjaga kebersihan lingkungan 7. Berikut ini contoh kearifan lokal yang berkaitan dengan nilai-nilai budaya. kecuall __ a. rumah adat b. tarian tradisional C. kearifan lokal tentang menjaga kelestarian laut d. bahasa daerah 8. Berikut manfaat mempelajar kearifan lokal, kecuali __ HOTS a. meningkatkan rasa cinta tanah air b. memperkuat nilai-nilai budaya bangsa C. melestarikan alam dan lingkungan C. melnytankan alam dan lingku lokal di wilayah Indonesia 9. Kearifan lokaldiwariskan dari satu generasi ke generasi berikutnya melalui __ a. media sosial b. cerita dari mulut ke mulut C. pendidikan formal di sekolah d. buku dan literatur 10. Salah satu cin khas dari kearifan lokal adalah __ a. mudah terpengaruh oleh budaya asing b. hanya ada di kota besar C. mampubertahan dan pengaruh budaya luar d. tidak bisa beradaptasi dengan perubahan 11. Tujuan kearifan lokal adalah __ a. melindungi budaya lokal dari budaya asing b. untuk memajukan negara C. mendapatkan wawasan budaya d. meningkatkan pemahaman tentang budaya 12. Subak merupakan bentuk kearifan lokal dalam pengelolaan irigasi sawah yang dilakukan oleh masyaraka!petani di daerah __ a. Bima C. Boyolal b. Ball d Bogor 13. Tri hita karana merupakan filosofi yang terdapat dalam masyarakat Bali.Filosofi tersébut bersumber dari tiga komponen berikut, kecuali __ HOTS a. hubungan manusia dengan alam lingkungannya b. hubunga n manusia dengan Tuhannya C. hubungan manusia dengan sesamanya d hubungan Tuhan dengan makhluk-Nya 14. Mawas diri, teliti atau cermat dalam terlebih dahulu sebelum diri sendiri. bekerja, memprioritaskan orang lain menghormati pendapat atau gagasan orang lain, penuh dengan rasa kasih sayang, menerima kritik dengan sikap yang baik merupakan filosofi masyarakat Sunda yang berupa __ a cagour b. bener C. singer d bagour

1. Salah satu bentuk upaya yang dapat ditempuh untuk mewujudkan masyarakat sejahtera berupa __ a. mengembangkan sikap saling toleransi antar warga negara b. merasa paling benar c. sering demonstrasi d. membeli barang impor

Ilmu pengetahuan memiliki tiga tahap perkembangan , yakni sebagai berikut __ A. klasifikasi,komparasi dan kualifikasi B. klasifikasi dan kuantitasi C. klasifikasi , komparasi dan kuantifikasi D. klasifikasi dan kuantitasi

Mengalami banyak ujian dalam hidupnya, dari dijual sebagai budak hingga menjadi pejabat tinggi di Mesir. Meskipun demikian, ia tetap menunjukkan kasih sayang dan pengertian kepada saudara-saudara yang pernah mengkhianatinya. Kisah tersebut adalah teladan: a. Nabi Nuh b. Nabi Musa c. Nabi Ibrahim d. Nabi Isa e. Nabi Yusuf