Pertanyaan
7. Jika x dan y penyelesaian dari y=3 dan 2x -7y=1 maka nilai x+y adalah __ a.10 C. 13 b. 11 d. 14 8. Diketahui sistem persamaan linier dua variable 2x+3y-7=0 dan 3y=5x berapakah nilai x? a. 1 C. 4 b. 2 d. 5 9. Koordinat titik potong garis x=4 dan 3x= 2y, adalah __ a. (4,3) C. (4,5) b. (4,6) d. (4,8) 10. Jika x dan y adalah penyelesaian dari 2x -5y=3 dan x-3y=1 , maka berapakah x +y adalah __ a. 5 C. 3 b. 2 d. 1 11. Jika keliling suatu persegi panjang 44 cm, selisih panjang dengan lebar 2 cm maka luas persegi panjang tersebut adalah __ cm persegi. a.110 C. 130 b. 120 d. 140
Jawaban
Pertanyaan 7:
Diketahui:
\[ y = 3 \]
\[ 2x - 7y = 1 \]
Substitusikan nilai \( y \) ke dalam persamaan kedua:
\[ 2x - 7(3 1 \]
\[ 2x - 21 = 1 \x = 22 \]
\[ x = 11 \]
Maka, nilai \( x + y \) adalah:
\[ x + y = 11 + 3 = 14 \]
Jadi, jawaban yang benar adalah:
d. 14
Pertanyaan 8:
Diketahui sistem persamaan linier dua variabel:
\[ 2x + 3y - 7 = 0 \]
\[ 3y = 5x \]
Dari persamaan kedua, kita dapat mengekspresikan \( y \) dalam bentuk \( x \):
\[ y = \5x}{3} \]
Substitusikan ke dalam persamaan pertama:
\[ 2x + left(\frac{5x}{3}\right) - 7 = 0 \]
\[ 2x + 5x - 7 = 0 \]
\[ 7x = 7 \]
\[ x = 1 \]
Jadi, nilai \( x \) adalah:
a. 1
Pertanyaan 9:
Diketahui garis:
\[ x = 4 \]
\[ 3x = 2y \]
Substitusikan nilai \( x \) ke dalam persamaan kedua:
\[ 3(4) = 2y \]
\[ 12 = 2]
\[ y = 6 \]
Jadi, koordinat titik potongnya adalah:
b. \((4, 6)\)
Pertanyaan iketahui:
\[ 2x - 5y = 3 \]
\[ x - 3y = 1 \]
Dari persamaan kedua, kita dapat mengekspresikan \( x \) dalam bentuk \( y \):
\[ x = 1 + 3y \]
Substitusikan ke dalam persamaan pertama:
\[ 2(1 + 3y) - 5y = 3 \]
\[ 2 + 6y - 5y = 3 \]
\[ 2 + y = 3 \]
\[ y = 1 \]
Kemudian substitusikan nilai \( y \) ke dalam persamaan kedua:
\[ x - 3(1) = 1 \]
\[ x - 3 = 1 \]
\[ x = Maka, nilai \( x + y \) adalah:
\[ x + y = 4 + 1 = 5 \]
Jadi, jawabanar adalah:
a. 5
Pertanyaan 11:**
Diketahui keliling persegi panjang adalah 44 cm dan selisih panjang dengan lebar adalah 2 cm. Misalkan panjangnya \( p \) dan lebarnya \( l \).
Keliling persegi panjang:
\[ 2(p + l) = 44 \]
\[ p + l = 22 \]
Selisih panjang dengan lebar:
\[ p - l = 2 \]
Kita dapat menyelesaikan sistem persamaan ini dengan metode substitusi atau eliminasi. Misalkan kita gunakanDari \( p + l = 22 \), kita dapat mengekspresikan \( p \) dalam bentuk \( l \):
\[ p = 22 - l \]
Substitusikan ke dalam persamaan \( p - l = 2 \):
\[ (22 - l) - l = 2 \]
\[ 22 - 2l = 2 \]
\[ 20 = 2l \]
\[ l = 10 \]
Kemudian substitusikan nilai \) ke dalam persamaan \( p = 22 - l \):
\[ p = 22 - 10 \]
\[ p = 12 \]
Luas persegi panjang:
\[ \text{Luas} = p \times l = 12 \times 10 = 120 \,^2 \]
Jadi, luas persegi panjang tersebut adalah:
b. 120
Pertanyaan Panas lebih
Jika f(x)=2-x,g(x)=x+1 dan h(x)=3x maka nilai (hcirc gcirc f)(x)=ldots . 9-x 3x+6 9-3x 6-3x :x+9 Diketahui fungsi f(x)=2x+3 dan g x (x)=3x-12 . Fungsi
Diketahui f:Rarrow R dirumuuskan oleh f(x)=(x+2)/(x-3),xneq 3 Hasil dari f^-1(x) adalah __
a dan b adalah kontanta dalam persamaan ax^3-6x^2+2ax-3b=0 Jika jumlah akar- akarnya 3 dan hasil kali akar - akanya 6. maka nilai a+b adalah __
3. Periksalah kekontinuan dari fungsi berikut: f(x)= ) 9-3x,&xlt 2 2&,&x=2 2x-1&,xgt 2
SOAL NO . 4 Nilai suku banyak x^5-x^3+7x+12 untuk x=-2 adalah __ A. -26 C. 22 E. 66 B. -22 D. 26 A B C D E
Modus dari data skor tersebut adalah ... __ (pembulatan satu desimal) A. 61,3 D. 65,6 B. 62,8 E. 66,2 C. 64,1 a. Perhatikan tabel berikut. Kelas Freku
8. - (y^-3cdot y^4)/(y^8)= __
( ( Soal ))/(20^circ) mathrm(e)=(10)/(12)( )^circ mathrm(R) 20^circ mathrm(e)=(12)/(10)( )^circ mathrm(F) 20^circ mathrm(e)=ldots( )^circ mathrm(K) 30
Variabel acak Z b erdistribusi Normal standar . Tentukan k sedemikian hingga a P(klt Zlt -0.5)=0.3197 b P(0.1lt Zlt k)=0.5213
Diketahui fungs: f(x)=-3 x-5 [ f(x)=x^2-2 x+1 ] tentukan Rightarrow a (f circ g)(x) [ ( b. )(g circ f)(x) ]
3. Gambarlah Kubus ABCD EFGH dengani panjang sisi 6 cm .Tentukan jarak antara titik E dengan bidang AFH
3. Tuliskan bilangan-bilangan berikut ini dalam bentuk baku! a. 0,00000056 b. 120.000 .000.000 Jawab: ...................
1. Bentuk segerhana ((x^2 y^-1)/(x^-1) y^(2))^2
2. Fungsi y=9x^2-12x+6 adalah hasil transformasi dilatasi sejajar sumbux dengan skala k dari fungsi y=x^2-4x+6 Tentukan skala k.
Perhatikan himpunan pasangan terurut berikut (1,2),(2,2),(3,2),(4,2) (ii) (1,4),(1,6),(3,5),(4,7) (iii) (1,4),(2,5),(3,6),(4,7) (iv) (p,5),(q,6),