Pertanyaan
E 10 11. Dalam sebuah barisan aritmetika, suku pertama adalah 12 dan suku ke -16 adalah 57. Berapa jumlah 16 suku pertama? A 450 B 520 C 540 D 552 (D) E 600 12. Sebuah barisan aritmetika memiliki suku ke -3 adalah 13 dan suku ke -8 adalah 38. Tentukan nilai suku ke -12 A 48 B 53 C 58 D 63 E 68
Jawaban
12. Sebuah barisan aritmetika memiliki suku ke -3 adalah 13 dan suku ke -8 adalah 38. Tentukan nilai suku ke -12.
Penjelasan:
Dalam barisan aritmetika, suku ke-n dapat dihitung dengan rumus:
\[ a_n = a + (n-1) \cdot d \]
Diketahui:
- Suku ke-3 (\( a_3 \)) = 13
- Suku ke-8 (\( a_8 \)) = 38
Kita bisa menuliskan persamaan untuk suku ke-3 dan suku ke-8:
\[ 13 = a + 2d \]
\[ 38 = a + 7d \]
Dengan mengurangkan persamaan pertama dari persamaan kedua, kita dapat menemukan nilai \( d \):
\[ 38 - 13 = (a + 7d) - (a + 2d) \]
\[ 25 = 5d \]
\[ d = 5 \]
Sekarang kita bisa mencari nilai suku pertama (\( a \)) dengan menggunakan nilai \( d \) yang telah ditemukan:
\[ 13 = a + 2 \cdot 5 \]
\[ 13 = a + 10 \]
\[ a = 3 \]
Sekarang kita bisa menghitung nilai suku ke-12:
\[ a_{12} = a + 11d \]
\[ a_{12} = 3 + 11 \cdot 5 \]
\[ a_{12} = 3 + 55 \]
\[ a_{12} = 58 \]
Jawaban:** C 58
Penjelasan
Dalam barisan aritmetika, suku ke-n dapat dihitung dengan rumus:
\[ a_n = a + (n-1) \cdot d \]
di mana \( a \) adalah suku pertama dan \( d \) adalah beda.
Diketahui:
- Suku pertama (\( a \)) = 12
- Suku ke-16 (\( a_{16} \)) = 57
Kita bisa menuliskan persamaan untuk suku ke-16:
\[ 57 = 12 + (16-1) \cdot d \]
\[ 57 = 12 + 15d \]
\[ 45 = 15d \]
\[ d = 3 \]
Sekarang kita bisa menghitung jumlah 16 suku pertama menggunakan rumus jumlah suku:
\[ S_n = \frac{n}{2} \cdot (2a + (n-1) \cdot d) \]
\[ S_{16} = \frac{16}{2} \cdot (2 \cdot 12 + (16-1) \cdot 3) \]
\[ S_{16} = 8 \cdot (24 + 45) \]
\[ S_{16} = 8 \cdot 69 \]
\[ S_{16} = 552 \]
Pertanyaan Panas lebih
Jika f(x)=2-x,g(x)=x+1 dan h(x)=3x maka nilai (hcirc gcirc f)(x)=ldots . 9-x 3x+6 9-3x 6-3x :x+9 Diketahui fungsi f(x)=2x+3 dan g x (x)=3x-12 . Fungsi
Diketahui f:Rarrow R dirumuuskan oleh f(x)=(x+2)/(x-3),xneq 3 Hasil dari f^-1(x) adalah __
a dan b adalah kontanta dalam persamaan ax^3-6x^2+2ax-3b=0 Jika jumlah akar- akarnya 3 dan hasil kali akar - akanya 6. maka nilai a+b adalah __
3. Periksalah kekontinuan dari fungsi berikut: f(x)= ) 9-3x,&xlt 2 2&,&x=2 2x-1&,xgt 2
SOAL NO . 4 Nilai suku banyak x^5-x^3+7x+12 untuk x=-2 adalah __ A. -26 C. 22 E. 66 B. -22 D. 26 A B C D E
Modus dari data skor tersebut adalah ... __ (pembulatan satu desimal) A. 61,3 D. 65,6 B. 62,8 E. 66,2 C. 64,1 a. Perhatikan tabel berikut. Kelas Freku
8. - (y^-3cdot y^4)/(y^8)= __
( ( Soal ))/(20^circ) mathrm(e)=(10)/(12)( )^circ mathrm(R) 20^circ mathrm(e)=(12)/(10)( )^circ mathrm(F) 20^circ mathrm(e)=ldots( )^circ mathrm(K) 30
Variabel acak Z b erdistribusi Normal standar . Tentukan k sedemikian hingga a P(klt Zlt -0.5)=0.3197 b P(0.1lt Zlt k)=0.5213
Diketahui fungs: f(x)=-3 x-5 [ f(x)=x^2-2 x+1 ] tentukan Rightarrow a (f circ g)(x) [ ( b. )(g circ f)(x) ]
3. Gambarlah Kubus ABCD EFGH dengani panjang sisi 6 cm .Tentukan jarak antara titik E dengan bidang AFH
3. Tuliskan bilangan-bilangan berikut ini dalam bentuk baku! a. 0,00000056 b. 120.000 .000.000 Jawab: ...................
1. Bentuk segerhana ((x^2 y^-1)/(x^-1) y^(2))^2
2. Fungsi y=9x^2-12x+6 adalah hasil transformasi dilatasi sejajar sumbux dengan skala k dari fungsi y=x^2-4x+6 Tentukan skala k.
Perhatikan himpunan pasangan terurut berikut (1,2),(2,2),(3,2),(4,2) (ii) (1,4),(1,6),(3,5),(4,7) (iii) (1,4),(2,5),(3,6),(4,7) (iv) (p,5),(q,6),