Bantuan Tugas Sejarah
Sejarah adalah mata pelajaran yang menarik bagi sebagian orang dan membosankan bagi yang lain. Sementara beberapa siswa terkesan dengan berbagai peristiwa masa lalu, pertempuran, dan tokoh-tokoh menarik, yang lain menganggap sangat sulit untuk menghafal kronologi pertempuran, nama-nama pemimpin berpengaruh, dan beratnya informasi yang ditawarkan mata pelajaran ini.
Untungnya, dengan pertanyaan dan jawaban sejarah ini, mudah bagi kamu untuk mengingat beberapa peristiwa penting besar dan waktu tepat kapan mereka terjadi. Jangan terlalu khawatir bahkan jika nama-nama orang penting ini membuat kepalamu pusing. Bantuan tugas sejarah kami memiliki fitur asosiasi kecerdasan buatan yang akan menghubungkannya dengan beberapa cerita menarik untuk membantumu mengingatnya dengan lebih baik.
1. Menurut Hatta, karena Pancasila adalah lima asas atau prinsip yang merupakan dasar dan ideologi negara, maka pemaknaan dan penerapannya __ a. harus sesuai dengan fakta sejarah b. tidak bisa dipisah -pisah c. harus kontekstual d. tidak boleh indoktrinasi e. harus faktual dan kontekstual 2. Ideologi dasar negara Indonesia dan menjadi landasan keputusan bangsa Indonesia yang mence minkan kepribadian pemerintahan negara adalah __ a. Pancasila b. Ketetapan MPR c. peraturan pemerintah penggant undang- undang D Perpres e. UUD 1945 3. Pernyataan yang tepat terkait hubungan antara sila pertama dengan sila ketiga adalah __ HOTS a. ajaran ketuhanan di semua agama dan kepercayaan harus dilihat sebag: ajaran yang memupuk rasa cinta tan air pada para pemeluk pemeluknya b. meyakini dan menjalank an ajaran-ajaran agama yang dipeluknya c. menghendaki terjadinya keseimbangan status dalam diri setiap manusia d. agar semua orang yang menjadi bagian dari bangsa Indonesia dilihat dalam posisi yang setara e. terwujudnya pembangunan yang dilakukan pemerintah untuk mencapa keadilan sosial atau kesejahteraan rakyat 4. Seorang siswa sekolah terlibat dalam aksi sosial untuk menggalang dana bagi anak. sumbangan dari teman sekelasnya. anak panti asuhan. la mengumpulkan sumbangan dari teman seke an yang satu pencerminan dari penerapan sila __ Pancasila. a. pertama b. kedua c. ketiga d. keempat e. kelima 5. Perilaku-perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai sila "Kemanusiaan yang adil dan beradab"ditunjukkan oleh pernyataa ipada angka __ a. 1 dan 2 b. 2 dan 3 c. 1 dan 3 d. 2 dan 4 6. Negara Indonesia merupak an negars demokrasi. Hal tersebut merupak penjabaran sila __ a. Ketuhanan Yang Maha Esa b. Kemanusiaan yang adil dan beradab c. Persatuan Indonesia d. Kerakyatan yang dipimpi oleh hikmat kebijaksa haan dalam permusyawaratan perwakilan e. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia __ a. tidak semena-mena terhadap orang lain b. aktif dalam kegiatan kemanusiaan c. cinta tanah air dan bengsa d. tidek bergaya hidup mewah e. menghormati hak-hak orang lain 8. Negara Indonesia didirikan atas landasan uhur, yaitu berdasarkan Ketihanan negara menjamin __ HOTS a. kebebasan berpendapat b. warga negara dan penduduknya untuk 9. Bekerja sama demi kepenting:n bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi dar golongan merupakan nilai yang terkandung dalam sila __ a. Ketuhanan Yang Maha Esa b. Kemanusiaan yang adil dan beradab c. Persatuan Indonesia d. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebija sanaan dalam permusyawaratan perwakilan e. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia 10. Salah satu jaminan hak manusia dale pelaksanaan demok rasi di Indones terdapat pada __ UUD NRI Tahun 1945 a. Pasal 28 b. Pasal 29 ayat (1) c. Pasal 29 ayat (2) d. Pasal 30 ayat (2) e. Pasal 32 11.Berikut upaya yang dapat dilakukan dalam penginternalisasian nilai-nilai Pancasila kecual __ a. melaksanakan upacara bendera b. menghilangkan pendidikan Pancasila dalam pembelajaran di sekolah c. membiasakan menyanyikan lagu wajib nasional sebelum memulai pelajaran d. melihat pertunjukan yang bertajuk semangat juang Pemuda.dan sebagainya e. memperingati hari Pahlawan, Sumpah 12. Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa merupakan __ a. norma dasar yang menjadi pedoman hidup manusia Indonesia b. penjabaran dari pola perilaku hidup manusia Indonesia c. cara pandang bangsa Indonesia dalam menghadapi kemerdekaan d. kristalisasi nilai-nilai yang hidup dalam masyarakat Indonesia e. dasar dalam kehidupan berbangsa dan bernegara 13. Pancasia sebagai ideologi terbuka mampu menerima hal-hal baru yang berasa dar luar, tetapi tetap __ [HOTS] a. menghapus budaya daerah b. mengunggulkan budaya asing e. mengikutibudayabarudan menghilangkan budaya asli 14. Pancasila me rupak an tuntunan bagi penyele nggarapen verintah dalam kehidupan berne gara. Ha itu merupakan fungsi Pancasila sebaga __ A dasar negara dan ideologi negara b. jiwa bangsa Indonesia C pandangan hidup bangsa Indonesia e. sumber hukum 15.Arti penting ideologi bagi suatu bangsa adalah __ a. memiliki gambaran masa depan b. memengaruhi ideologi bangsa lain c. mampu mempertahankan kelangsungan hidup bangsanya d. memberikan tujuan yang jelas e. diakui oleh negara lain 16.Pancasila adalah ideologi dan salah satu sarana pemersatu bangsa dan negara dengan alasan __ HOTS a. disepakati setelah perdebatan dalam sidang PPKi tahun 1945 b. digaliSukarnodar sejarah perkembangan kehidupan masyarakat
Derilaku yang merupakan ditunjukkan oleh nomor __ pengamalan sila ketiga Pancasila A. (1). (2), dan (4) B. (1), (3), dan (5) C (2). (3), dan (4) D (3), (4), dan (5) 7. Nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila merupakan nilailuhur yang masyarakat Indonesia sujak zaman digali dan ditembakan nilai luhur yang oleh negara atau penguas a Hal dahulu sehingga nilainya tidak dibuat ini menunjukkan bahwa Pancasila merupakan ideologi __ A vertikal C. tertutup B. terbuka D. horizontal 8. Semangat persatuan dan kesatuan dibutuh kan dalam membentuk negara kesa tuan Semangat persatuan dan kesatuan juga perlu ada di lingkungan keluarga.Berikut pernyalaan yang mencerminkan semangat persatuan dan kesatuan di lingkungan keluarga adalah __ A mengerjakan pekerjaan rumah yang diberikan oleh guru B. membantu ibu membersihkan halaman rumah C. merencanakan liburan bersama keluarga D. melakukan ibadah bersama keluarga 9. Berdasarkan kedudukan nya, UUD NRI Tahun 1945 memiliki kedudukan sebagai __ A. pandangan hidup B. falsafah negara C. dasar negara 0. hukum dasar 10. Sebagai konstitus Negara Indonesia, UUD NRI Tahun 1945 memiliki fungsi sebagai alat penentu Berikut pernyataan yang menunjukkan fungsi tersebut adalah __ A. UUD NRI Tahun 1945 mengatur tata pelaksa naan pe milihan presiden dan wakil presiden yang dilakukan oleh rakyat melalui sistem pemilu B UUD NRI Tahun 1945 mengatur agar hak asasi manusis dihormati dan dihargai oleh seluruh masyarakat Indonesia tanpa kecuali C. UUD NRI Tahun 1945 mengatur penyelengga raan ekonomi nasional yang berdasar atas demokrasi ekonomi D UUD NRI Tahun 1945 mengatur 1ata pelaksanaan pembuatan tancangan undang-undang II. Sebelum amendemen UUD NRI Tahun 1945 tidak menjabarkan hak asasi manusia dalam bab tersendiri Setelah amendemen, hak asasi manusia dijabarkan dalam Bab XA Pasal 28A-J. Penjelasan tersebut menunjukkan perubahan yang dilakukan saat amendemen __ A. keempat C. kedua B. pertama D. ketiga 12. Berdasarkan sejarahnya . Negara Indonesia pernah berganti konstitusi sebelum berganti kembali ke UUD NRI Tahun 1945. Kembalinya UUD NRI Tahun 1945 sebagai konstitus Negara Indonesia dilakukan pada saat __ A. Dekret Presiden 5 Juli 1959 B. Konferensi Meja Bundar C. amendemen pertama D. sidang pertama PPKI
8. Dalam menuju Syam, Sulaiman Syah meninggal karena tenggelam di Sungai __ a. Nill b. Oghuz c. Eufrat d. Gundogdur 9. Bangsa Turki terbagi dalam berbagai suku. Di antara suku-suku tersebut, terdapat sebuah suku yang bernama suku Oghuz. Suku ini terbagi menjadi __ a. 24 sub-suku b. 25 sub-suku c. 26 sub-suku d. 27 sub-suku 10. Perhatikan nama -nama negara di bawah ini! (1) Bahrain (2) Bosnia -Herzegovina (3) Sudan (4) Moldova (5) Kosovo Negara Eropa yang berada di bawah kekuasaan Turki Usmani pada masa Sultan Sulaiman I ditunjukkan pada nomor __ (HOTS) a. (1) dan (3 ) b. (2)dan (4) (4) (0) (5)
13. Perumusan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dimulai pada masa sidang BPUPK __ a.pertama b. kedua C. masa reses d. tahunan Kewajiban kita untuk melestarikan nilai- nilai yang terkandung dalam Undang- Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 adalah dengan cara __ a. m enghafal teks P embukaan Undang-Undang Dasar b. menjadi petugas upacara untuk membaca teks Pembukaan Un- dang-Undang Dasar C. memahami pasal -pasal yang ter- kandung dalam Undang-Undang Dasar d. mengamalk an Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dalam kehidupan sehari-hari 15. Hukum dasar dalam penyelenggaraan kehidupan bernegara disebut __ a. peraturan C. ketetapan b. konstitusi d. konsensus 19.
SMA-S MP-SM KSWA STA T ELAD AN KAB.S ERDA NG BED AGAI SOAL PEN ILAIAN A KHIR SEMESTI ER GENAP TP.20123 / 2024 Mata Pelajaran : SEJA RAH Kelas : X SMK 1. Pengertian manusia purba adalah. a. Manusia yang menjadi nenek moyang bangsa Inconesia b. Manusia yang hidup pada zaman pra- sejarah C. Manusia yang belum mengenal baca tulis d. Manusia yang di temukan sudah menjadi fosil e. Manusia yang hiduppertama di indonesia 2. Fosil yang dapat memberikan petunjuk kehidupan pada zaman prasejarah adalah __ a. Fosil pandu b. Fosil yang berupa artefak C. Fosil pithecabthropus d. Fosil ramapithecus e. Fosil homo soloensi 3. Pithecanthropus erectus berarti __ a. Manusia raksasa darijawa kuno b. Manusia kera yang berjalan tegak C. Manusia kera yang berasal dari lembah bengawan solo d. Manusia turunan kera yang dapat berjalan tegak e. Manusia purba yang menjadi nenek moyang bangsa Australia 4. Cirifisik yang menunjukan homo wajak ensis lebih maju dari pada manusia purba jenis lainnya adalah __ a. Rahang dan otot kunyah lebih dari pada meganthropus b. Volume otaknya lebih besar dari pada C. Tubuh lebih pendek dari pada pithecanthropus meganthropus d. Sama-sama belum memiliki dagu e. Volume otaknya lebih kecil dari pada 5. Fosil pithecanthropus erectus di temukan pithecanthropus a. Ngandong d. Wajak pada lapisan b. Trinil e. Sangiran C. Jetis Hari/ Tanggal : Waktu : 60 Menit 6. Penemu fosil homo wajakenis adalah.. a. Eugene dubois b. 8.D.vanRiectscorten C. H.H.R vonkoeningwaid d. Teuku Jacob e. R.P.Soejono 7. Masa perundingan ditandai dengan munculnya. a. Kelompok pengrajin seni uang menghias gua b. Kalangan tukang pembuat alat-alat dari logam C. Kelompok perempuan pekerja d. Aturan yang semakin ketat mengenal gotongroyong e. Kalangan tukang pembuat patung is Kepercayaan terhadap roh nenek moyang disebut __ a. Agama asli d Animisme b. Religi e. Dinamisme C. Totemisme 9. Peran kepala suku dalam masyarakat prasejarah masa bercocok tanam adalah __ a. Membagi kelompok berburu sesual keahlian b. Memilih kelompok pengrajin logam dan besi C. Memelihara kegiatan gotongroyong d. Menylapkan lading untuk ditanam e. Menyiapkan makanan untuk kelompok 10. Bukti bahwa seni telan dikenal masyarakat dari masa berburu dan mengumpulkan makanan adalah adanya __ pada dinding gua b. Gelang daribatu pualam C. Hiasan pada kapak perunggu d. Seni tari untuk upacara keagamaan e. Lukasan pada lempengan tembaga 11. J.H.C.Kern mengatakan bangsa Indonesia berasal dari asia berdasarkan
B Berikut ini yang merupakan bentuk bentuk pertumbuhan kebudayaan pada masa Bani Umayyah adalah __ a Perkembanga di bidang bahasa dan sastra oleh al-Qali dengan karyanya al-Amali dan al-Mawadir b. Perkembangan di bidang arsitektur ditandai dengan dibangunnya masjid-masjid yang memenuhi kota c. Perkembangan ilmu kimia mumi dan kimia terapan di bidang kelimuan kimia mumi dan kimia terapan di bidang keilmuan kimia oleh Abu al-Qasim Ibn Famas. d. Perkembangar di bidang kedokteran oleh Abu al-Qasim al-Zahraw berupa ilmu bedah, ilmu telinga dan ilmu penyakit kulit Dinasti Umayyah melakukan ekspansi territorial ke Barat hingga menembus sebuah selat yaitu __ a Jabal Uhud c. Jabal Nur d Jabal Rahmah b. Jabal Thang 10. Tindakan Kahlifah Al bin Abi Thalib memecat Muawiyyah telah menyebabkat timbulnya a. Perang Siffin 6. Perang Badar c. Perang Khandaq d Perang Jamal penentangan Muawyyah terhadap Khalifah Ali bin Abi Thalib dengan terjadinya __ 11. Salah satu faktor pendorong kemunduran Dinasi Umayyah adalah __ a. Permusuhan kelompok suku dan agama b. Semakin kuatnya pengaruh Turki c. Figur khalifah yang lemah d. Luas wilayah kekuasaan 12 Seorang khalifah bani Umayyah yang sangat religius, demokratis dan mementingkan persatuan umat __ a. Al-Walid bin Abdul Malik b. Abdul Malik bin Marwan c. Hisyam bin Abd Malik d. Umarbin Abdul Azzz 13. Khalifah pertama Ban Umayyah adalah __ a Abdul Malik bin Marwan b. Walid bin Abdul Malik c. Muawiyyah bin Abu Sufyan d. Umarbin Abdul Aziz 4. Pada masa Walid bin Abdul Malik dibangun sebuah masjid Damasakus hasil karya arsitek terkenal yang bernama __ a. Abu Ubaidah bin Jarrah b Uqbah bin Nafi c. Sald bin Musayyad d. Rabi'ah Band adalah organisasi diadakan dalam islam dan masalah __ a. Kepolisian b. Tentara/Militer c. Perdagangan d. Pos . Berdinnya Bani Umayyah diawali dengan adanya konflik yang terjadi antara khalifah Ali bin Abi Thalib dengan __ a Marwan bin Hakam c. Umarbin Abdul Azzz b. Muawiyyah bin Abu Sufyan d. Abdul Malik bin Marwan
2. Bagaimana sistem kepercayaan Pada masa prasejarah?
Uji Kompetensi Berilah tanda silang (x)pada huruf a, b, c,d, atau e di depan jawaban yang paling tepat! 1. Sebelum Daulah Syafawi berdiri, cikal bakal lahimya daulah tersebut dimulai dari sebuah gerakan tarekat Syafawiyah yang berdiri di daerah Ardabil Kota __ a. Isfahan b. Konstantinopel c. Sirwan d. Azerbaijan e. Kandahar 2. - Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut! (1) Bangga menjadi seorang muslim dan akan gigih mempertahankannya. (2) Semangat membaca dan mempelajari $Al-Qur'an.$ (3) Tidak putus asa ketika mengalami kegagalan. (4) Siap mempertahankan Islam sebagai agama. Pernyataan-pernyataan tersebut merupakan __ a. cara mempelajari sejarah peradaban Daulah Syafawi b. syarat mempelajari sejarah peradaban Daulah Syafawi c. hikmah mempelajari sejarah peradaban Daulah Syafawi d. upaya mempelajari sejarah peradaban Daulah Syafawi e. tujuan mempelajari sejarah peradaban Daulah Syafawi Daulah Syafawi mencapai puncak kejayaan pada masa pemerintahan __ a. Sultan Syah b. Junaid c. Abbas I d. Ibrahim e. Ismail Gerakan tarekat yang kemudian menjadi gerakan politik pada masa Daulah Syafawiyah dipimpin oleh __ Kurikulum Merdeka/MAVSejarah Kebudayaan Islam Kelas XUSmt 1-El e. Baha Al-Din Al-Syirazi 5. Daulah Syafawi merupakan salah satu dari tiga daulah besar Islam pada abad pertengahan. Syafawi adalah daulah Islam pertama di __ a. India b. Persia c. Turki d. Yaman e. Irak 6. Berdirinya Daulah Syafawi bermula dari gerakan keagamaan, namun kemudian ge- rakan tersebut berubah menjadi gerakan __ a. ekonomi b. militer c. budaya d. sosial e. politik 7. Kota yang sangat penting bagi tujuan politik, ekonomi, dan ilmu pengetahuan Daulah Syafawi adalah __ a. Kandahar b. Hamadan c. Isfahan d. Tabriz e. Sirwan 8. Pada masa Daulah Syafawi munculilmuwan- ilmuwan terkenal di antaranya adalah tokoh filosof yang terkenal dengan nama __ a. Baha Al-Din Al-Syirazi b. Sadar Al-Din Al-Syirazi c. Baharuddin Al-Amili d. Muhammad Al-Baqir bin Muhammad Damad e. Ibnu Sina
C. menentukan topik yang belum pernah dikaji peneliti lain banyaknya d. mengumpulkan sumber sebanyak- e. mengkritisi sumber yang telah ditemukan 15. Salah satu manfaat penulisan sejarah yang dilakukan secara kronologis adalah __ a. membuat pembabakan waktu (periodisasi) sejarah b. membuat kajian sejarah yang bersifat kronik C. membagi peristiwa sejarah dalam periode tertentu d. menjelaskan proses terjadinya suatu peristiwa e. menghindarkan terjadinya kerancuan dalam pembabakan waktu sejarah 16. Penulisan sejarah (historiografi) terdiri atas beberapa bagian. Teori konsep, serta sumber- sumber yang digunakan terdapat pada bagian __ a. indeks d. pendahuluan b. glosarium e. daftar pustaka C. kesimpulan 17. Dalam penulisan sejarah (historiografi) keinginan peneliti a. sejarah (histuitulisan tercantum pada bagian __ a. kesimpulan b. tujuan penelitian C. rumusan masalah d. metode dan sumber e. latar belakang penelitian 18. Tinjauan merupakan salah satu komponen penulisan sejarah dalam bagian pengantar pustaka membahas tentang __ a. faktor-faktor yang menyebabkan peneliti memilih tema tertentu untuk dikaji b. kajian-kajian yang sudah ada sebelumnya dengan topik yang C. pertanyaan besar yang melatarbelakang pertany untuk melakukan penelitian d. penelit yang akan dicapai peneliti melalui tujualitian yang dihasilkannya penulis kerangka pemikiran yang dikembangkanny a menjadi tulisan
2. Kolonialisme Portugis pada abad XVI turut mempengaruhi kehidupan bangsa Indone- sia. Pengaruh Portugis dalam bidang seni musik khas Indonesia yaitu __ a. keroncong d. pop b. campusari c dangdut e. jazz 3. Munculnya surat kabar pribumi pada akhir abad XIX tidak terlepas dari peranan kaum terpelajar. Pengaruh poritif perkembangan surat kabar tesebut adalah __ a. membuka lapangan pekerjaan bagi rakyat Indonesia b. menunjukkkan pentingnya penggunaan teknologi c. menumukkan kebersamaan d kewaspadaan terhadap bangsa-bangsa Barat e. mendorong bangsa bangsa Indonesia mengenal bangsa Barat 4. Buku yang berjudul Max Havelaar merupakan kritik terhadap pemerintah Belanda, buku ini mendeskrips ikan tentang __ a. penerapan sistem sewa tanah yang merugikan rakyat b. larangan terhadap pribum untuk mendirikan organisas politik c. keharusan pemerintah Belanda untuk menerapkan politik balas budi d. pembagian stratifikasi sosial Hindia Belanda yang diskriminatif e. Penerapan sistem tanam paksa yang sangat meugikan rakyat 5. Pada masa kolonial sebagian besar masyarakat Indonesia yang berada pada kelas menengah ke atas untuk mengikuti gaya hidup bangsa Belanda. Salah satu alasan sikap ini ditunjukan pada uraian berikut __ a. budaya lokal sudah tidak sesuai dengan perkembangan zaman b. budaya Eropa ditetapkar sebagai budaya resmi di indonesia c. gaya hidup masyarakat lokal menghabiskan biaya lebih mahal d. gaya hidup bangsa Eropa lebih sederhana tetapi berkelas e. budaya Eropa dianggap sebagai budaya yang modern 6. Penerapan politik Etis mendorong tumbuhnya kesadaran mengenai pentingnya pen- didikan. Kondisi tersebut dibuktikan dengan munculnya sekolah-sekolah milik priumi seperti Taman Siswa dan muhamadiyah. Selain itu muncul pula sekolah-sekolah un- tuk kaum wanita. Informas tersebut memberikan dampak besar bagi kehidupan bangsa Indonesia yaitu __ a. menumpas praktik kolonialisme melalui pendidikan b. munculnya kaum terpelajar yang individualis b. mengubah tradisi bangsa Indonesia menjadi tradisi barat d. mengenalkan bangsa Indonesia pada kehidupar sekuler e. memunculkan kaum terpelajar yang bersifat nasionalis 7. Gagasan Pax Nerlandica yang dicetuskan oleh Gubernur jenderal J.B Van Heuts pada awal abad ke XII Makna dari gagasan tersebut adalah __ a. penggabungan kekuasaar Hindia Belanda ke dalam persekutuan negeri Belanda b. penyatuan wilayah di bawah kekuasaan kesatuan Indonesia c kekuasaan Indonesia di bawah kekuasaan hindia Belanda d kerajaan lokal yang ada di wilayah kepulauan Indonesia e. pemerataan kemakmuran untuk semua rakyat Hindia Belanda 8. Dalam bidang politik dari kolonialisme dan imperialisme bangsa Barat di Indonesia menyebabkan semakin kekuasaan politik para penguasa Indonesia yang beralih ke tangan Belanda, hal tersebut dibuktikan dengan ini __