Bantuan Tugas Sejarah
Sejarah adalah mata pelajaran yang menarik bagi sebagian orang dan membosankan bagi yang lain. Sementara beberapa siswa terkesan dengan berbagai peristiwa masa lalu, pertempuran, dan tokoh-tokoh menarik, yang lain menganggap sangat sulit untuk menghafal kronologi pertempuran, nama-nama pemimpin berpengaruh, dan beratnya informasi yang ditawarkan mata pelajaran ini.
Untungnya, dengan pertanyaan dan jawaban sejarah ini, mudah bagi kamu untuk mengingat beberapa peristiwa penting besar dan waktu tepat kapan mereka terjadi. Jangan terlalu khawatir bahkan jika nama-nama orang penting ini membuat kepalamu pusing. Bantuan tugas sejarah kami memiliki fitur asosiasi kecerdasan buatan yang akan menghubungkannya dengan beberapa cerita menarik untuk membantumu mengingatnya dengan lebih baik.
Perlawanan pangeran Nuku dari Kerajaan Tidore tidak disebabkan oleh Perdagangan rempah - rempah diatur sepenuhnya oleh VOC Kerajaan Tidore dijadikan Vasal VOC Merebut kembali hak Pangeran Nuku yang seharusnyc menjadi Sultan Sikap VOC yang semena -mena terhadap rakyat Ternate Pengangkatan Putra Alam sebagai Sultan Tidore
As esmen Formatif 1. Pilihlah salah satu jawaban yang tepat! 1. Ibu kota Daulah Usmani adalah __ a. Turki b. Istambul c. Bysantium d Busra 2. Puncak kejayaan Daulah Usmani pada masa kekuasaan __ a. Sultan Muhammad I b. Sultan Muhammad II c. Sultan Salim I d. Sultan Sulaiman I 3. Periode kekuasaan Daulah Usmani berlangsung selama __ a. 6 Abad b. 2 Abad c. 3 Abad d. 4 Abad 4. Pada tanggal 25 April 1512 M Sultan Bayazid II menyerahkan estafet kepemimpinannya kepada __ a. Sultan Salim I b. Sultan Sulaiman I c. Sultan Muhammad II d. Sultan Murad II 5. Al-Fatih usia mampu menaklukkan Konstantinopel pada usia __ a. 21 tahun b. 22 tahun c. 23 tahun d. 24 tahun 6. Berkat jasanya meletakkar dasar-dasar hukum bagi Daulah Usmani, Sultan Sulaiman I mendapat gelar __ a. Al Fatih b. Al Qanuni c. Bey d. Sultan $Oki$ 7. Pemimpin memprakarsai kebangkitan Daulah Usmani periode ke 2 yaitu __ a. Sultan Muhammad II b. Sultan Sulaiman I c. Sultan Muhammad I d. Sultan Murad II 8. Berikut ini yang tidak termasuk penguasa Daulah Usmani periode ke 2 yaitu __ a. Sultan Orkhan b. Sultan Muhammad I c. Sultan Salim I d. Sultan Sulaiman I 9. Sultan Daulah Usmani ke 2 yang memindahkan ibu kota pemerintahan dari Andrianopel ke Busra yaitu __ a. Sultan Muhammad II b. Sultan Muhammad c. Sultan Murad II d. Sultan Bayazid I 10. Turki Usmani mulai mengalami kemunduran karena tidak memiliki yang kuat yaitu setelah wafatnya raja __ a. Sulaiman Al Qonuni b. Sholahuddin Al Ayyubi c. Musa Al Kemal d. Zahiruddin Ad-Dakhil 11. Khalifah Daulah Usmaniyah yang berhasil menakhlukkar yang kemudian dijadikan sebagai ibukota baru adalah __ a. Bayazid I c. Orkhan I b. Usman I d. Murad I 12. Khalifah Bayazid meperluas wilayah kekuasaan Islam dengan waktu yang singkat oleh karena itu dia mendapat julukan __ a. Muqaddamah Sultan b. Sultan Oki c. Yaldrum d. Padishah Al-Usmaniyah 13. Nama masjid yang difungsikan dari gereja ke masjid pasca penakhlukan konstantinopel adalah . __ a. Masjid Jami Al Fajri b. Masjid Kariye c. Great Mosque of Mecca d. Hagia Shopia 14. Kota yang sering disebut sebagai kota para Fuqaha yang menunjukkan kecintaannya terhadap dan kedamaian dan pada masa pemerintahan Muhammad I dijadikan sebagai ibu kota adalah __ a. Islambul c. Busra b. Konstantinopel d. Adrianopel 15. Runtuhnya daulah Usmani disebabkan beberapa faktor, Kecuali __ a. kondisi pemerintahan yang lemah b. kekuasaan wilayah daulah Usmani yang terlalu luas c. kemerosotan akhlak para pemimpin daulah Usmani d. Gerakan Oposisi sekuler melemahnya kekuatan militer dan serangan dari bangsa Eropa
d. Memilih Habibie sebagai presiden yang sah e. Memilih Megawati Soekarno Puti sebagai Presiden RI 12. Keadaan di Indonesia pada tahun 1998 adalah sebagai berikut, kecuall __ a. Terjadinya krisis kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah b. Terjadi PHK bagi kaum buruh c. Terjadinya tindak kekerasan dan anarkis di berbagai daerah d. Berdirinya satu pemerintahan yang kuat, bersih dan berwibawa e. Terjadinya kerusuhan, pembakaran, penodongan, pemerkosaan dan sejenisnya 13. Terjadinya Mei Kelabu membuktikan bahwa. __ a. Pemerintah Indonesia sudah runtuh b. Partai politik pemegang tampuk pemerintahan ci Pertentangan politik antarpara petinggi politik memuncak d. Norma hukum, moral, etika, dan agama dilupakan orang e. Hukum adalah untuk penguasa dan bukan untuk keadilan 14. Untuk mengatasi budaya kekuasaan pada masa Orde Baru, maka perlu...... __ a. Penguasa rezim Soeharto harus mundur dari jabatannya b. Meninjau ulang penyebab proses terjadinya budaya kekuasaan c. Merombak sistem kepartaian di Indonesia sesuai dengan UU yang berlaku d. Memberantas sistem paternalisme dalam bidang politik e. Memberantas KKN 15. Nepotisme adalah paham yang __ a.Mengutamakan perkembangan ekonomi dalam gerak pembangunan b. Mengutamakan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam pembangunan c. Mengutamakan pembangunan bidang pertanian d. Mengutamakan keluarga, kaum kerabat dan teman-teman dekat diberi kedudukan dan fasilitas oleh penguasa Mengutamakan pelaksanaan demokrasi sentralisme 16. Nepotisme yang subur akan menjadi tempat subur bagi tumbuhnya __ a. Tindak kekerasan b. Para penguasa akan gila kekuasaan c. Korupsi dan kolusi d. Sewenang-wenang dari penguasa c. Sistem monopoli dan megapoli dalam bidang ekonomi (77. Peristiwa tahun 1998 yang mengubah sejarah bangsa Indonesia adalah __ d. 18. D a. 19. 20
17. Apa hubungan antara gerakan APRA dan konteks politik internasional pada saat itu. terutama dengan Perang Dingin? A. APRA terpengaruh oleh ideologi komunis global B. Pemberontakan APRA merupakan bagian dari gerakan anti-kolonial C. APRA berusaha menyamakan diri dengan gerakan nasionalis di Asia D. Konflik di Indonesia berhubungan dengan ketegangan antara blok Barat dan Timur E. APRA tidak terpengaruh oleh politik internasional sama sekali
3. Perhatikan berikut! (1) Catatan Marcopolo. (2) Hsin-Tangshu. (3) Batu nisan Sultan Malik a -Saleh. (4) Tiongkok. Berdasarkan pernyataan diatas , bukti yang mendukung pendapat bahwa Islam masuk ke Indonesia pada abad ke $-13$ Masehi ditunjukkan pada nomor __
9. Sebagal ilmu pengetahuan , sosiologi tentunya mempunyai tujuan dalam soslologi kaitannya sebagal Ilmu terapan mempelajarinya.Tujuan mempelajarl adalah __ a. alat aspirasi rakyat dalam pembangunan b. nombanding kan kebijakan atau program pemerintah c. sebagal sarana penyalur komunikasi antarsuku bangsa d. masalah perkembangan persebaran, danterjadinya anekawarna kebudayaan manusia di seluruh dunia e. meningkatkan pemahaman tentang hubungan antarmanusia dan dinamika kehidupan sosial masyarakat 10. Sebelum memberikan izin pendirian pusat perbelanjaan wali kota meminta sosiolog untuk memberikan masukan tentang dampak sosial pembangunan pusat perbelanjaar terhadap masyarakat. Dengan demikian,fungsi kajian soslologi dalam kasus tersebut adalah __ a. mengurangi dampak pembangunan di kota b. mencegah pembangunan yang tidak ramah lingkungan c. sumber data perencanaan terkait pembangunan kota d pembangunan tata kota e. memberi masukan kepada pemerintah 11 simbolik adalah teori yang dikembangkan oleh George Herbert Mead pada tahun __ a. $1861-1932$ b. $1862-1930$ c. $1863-1931$ d. $1866-1921$ e. $1845-1941$ 12. Peneliti membaktikan diri pada pencarian kebenaran ilmiah untuk memajukan ilmu pengetahuan,menemukan dan inovasi bagi peningkatan peradaban dan kesejahteraan manusia. Dengan demikian peneliti harus menjunjung sikap ilmiah, yaitu __ HOTS a. logis, tepat, dan cepat b. empiris dan abstrak c. konkret, logis , dan cepat d. konkret dan empiris e. kritis, logis, dan empiris
terdapat pada sejarah perumusan dan pengesahan pancasila pada sidang BPUPKI mapun PPKI. 3. Meskipun pancasila sudah menjadi kesepakatan bangsa sebagai dasar negara sekaligus pilar penting bangunan negara ini , jelaskanlah tantangan serius pancasila sebagai kesepakatan bangsa sebagai dasar negara dan apakah solusi konkret dari saudara untuk mengurai (menyelsaikan) tantangan atau masalah tersebut. 4. Darul ahdi wa syahadah merupakan keputusan penting sekaligus ijtihad politik
20. Tugas panitia kecil dalam penyusunan rumusan dasar negara adalah __ a. Meneliti usulan - usulan dasar negara b. Menyusun kembali usulan rumusan dasar negara C. Membuat aturan dalam penyusunan rumusan dasar negara d. Merumuskan kembali pidato dari Ir Soekarno 21. Jepang memberikar janji kemerdekaan bagi bangsa Indonesia setelah kekalahan dalam perang Asia Timur Raya. Tujuan Jepang memberikan janji kemerdekaan kepada Indonesia adalah __ a. Agar bangsa Indonesia bisa mandiri b. Membantu menyerang Belanda C. Membantu Jepang melawan sekutu d. Membantu Indonesia melawan sekutu 22. Lima rumusan dasar negara yang disampaikan oleh Ir. Soekarno disebut sebagai Pancasila, Di mana kata Pancasila berasal dari bahasa __ a. Sansekerta b. Portugi C. Hindis d. Romawi 23. Perhatikan pernyataan berikut (1) Achmad Soebardjo (2) Radjiman Widy odiningrat (3) Abdul Kahar Muzakkar (4) Soeroso (5) A.A Maramis Yang termasuk dalam anggota panitia Sembilan ditunjukan oleh nomor __ a. 1,2,dan 3 b. 1,3,dan 5 C. 2,3,dan 4 d. 2,4,dan s 24. Kedudukan Pancasila sebagai dasar negara ditegaskan dalam __ a. Pembukaan Undang-undang Dasar 1945 b. UUD 1945 Pasal ayat 1 C. Tap MPR No XVII/MPR/1998 d. Keputusan Prisiden 25. Pancasila sebagai pegangan, pedoman hidup, atau pemberi arah terhadap segala kegiatan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Penyataan tersebut merupakan fungsi Pancasila sebagai __ a. Pancasila sebagai cita-cita negara Indonesia b. Pancasila sebagai ideologi negara Indonesia C. Pancasila sebagai tujuan bangsa dan negara d. Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa Indonesia 26. Nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila mencerminkan realitas yang tumbuh dan berkembang dalam masy arakat. Pernyataan tersebut merupakan salah satu aspek yang dipenuhi Pancasila sebagai Ideologi, yaitu __ a. Aspek realitas b. Aspek idealis C. Aspek fleksibilitas d. Aspek instrumental 27. Pancasila merupakan ideologi terbuka yang mengandung nilai praksis sebagai ideologi terbuka. Nilai praksis artinya __ a. Asas-asasnya bersifat mutlak b. Nilai yang dilaksanakan sesuai kenyataan C. Nilai berbentuk norma social dan norma hukum d. Bersifat kaku dan tidak sesuai kenyataan
Turki Andalusia D Yastrib Irak Habasyah 18. Para sahabat yang pertama melakukan hijrah ke Yastrib adalah __ $\square $ Amir bin Abl Rabi'ah Amir bin Fahirah Abdullah bin Jahsyi $\square $ Abdullah bin Abu Bakar Asma binti Abu Bakar 19. Tempat bersejarah dalam perjalanan Nabi Muhammad Saw hijrah ke Yastrib adalah __ $\square $ Masjidil Haram Masjid Quba (1) Masjid Nabawi Q Gua Uhud Gua Hira 20. Nabi Muhammad Saw memilih Madinah sebagai tempat berhijrah juga tidak lepas dari beberapa penduduk yang sudah berbalat kepada Nabi Muhammad Saw Namun terdapat hal- hal yang menyebabkan Nabi Muhammad Saw; melakukan hijrah ke Madinah yaitu __ penduduk Madinah yang memilik sikap tegas dan pemberani penduduk Madinah memiliki pengalaman berperang karena mendapatkan intimidasi dar kaum Quraisy D Rasulullah memiliki hubungan darah dengan penduduk Madinah mencari perlindungan dan berhadap masyarakat Thaif memeluk agama Islam
5. Salah satu bukti hahwa para Khalifah Daulah Usmantyah memiliki sikan toleransi beragama, kecuall __ A. Menetapkan Islam sebaga agama resmi, tetapi diberi kebebasan memeluk agama lainnya B. Memberikan kebebasan kepada masyarakat dalam memeluk agam masing-masing C. Khalifah tidak memperdulkan urusan agama yang dianut oleh rakyatnya D. Khalifah memfastitasi berkembangnya agama apa pun yang ada di wilayah kedaulatannya. 6. Sebuah bangunan peninggalan Sulitan-Akhim __ yang masih bisa dinikmat Ahmet l yang keindahannyahingga pada zaman sekarang A. Mosque Al-Manar C. Masjidil Aqsho B. Blue Mosque D. Istana Al-Hamra 7. Perhatikan wacana berikut! Usaha penakklukkan kota Konstantinope oleh Al-Fatih memakan waktu 9 bulan, dan tepat pada 29 Mei 1453 M kota Konstantinopel berhasd ditaklukkan. Setelah memasuki Konstantinopel. Al-Fauh memasuk sebuah gereja Hagia Sofia/Aya Sofia (saat itu dijadikan sebagai tempat perlundungan para rahib, pendeta serta masyarakat) dan Al-Fatih yang baik hati, memberikan perlindungan kepada mereka. Dari wacana tersebut, dua nilai positif yang bisa kita teladani adalah __ A. Gotong royong dan pengorbanan B. Keteguhan dan keramahan C. Kegigihan dan toleransi D. Istiqomah dan kesabaran 8. Dalam upaya memecah belahDaulahUsmaniyah, TimurLenk mengguna. kan segala daya dan upaya, salah satunya adalah dengan politik adu domba di kalangan internal Daulah Usmaniyah. Perilaku tercela yang Pendidikan Agama Islam telah dilak A. Hasad B. Nami 9. Perhatika Sejak mer Turki ber tersebut I tepat dar A. Indo suku B. Indo keya C. Neg den D. Ind 10. Daulah sekuler A. Mu B. Mu Jawablah 1 Jelaska 2 Di ant amana 3. Deskr sejara 4. Jelask Islam 5. Jelas! Khal