Bantuan Tugas Sejarah
Sejarah adalah mata pelajaran yang menarik bagi sebagian orang dan membosankan bagi yang lain. Sementara beberapa siswa terkesan dengan berbagai peristiwa masa lalu, pertempuran, dan tokoh-tokoh menarik, yang lain menganggap sangat sulit untuk menghafal kronologi pertempuran, nama-nama pemimpin berpengaruh, dan beratnya informasi yang ditawarkan mata pelajaran ini.
Untungnya, dengan pertanyaan dan jawaban sejarah ini, mudah bagi kamu untuk mengingat beberapa peristiwa penting besar dan waktu tepat kapan mereka terjadi. Jangan terlalu khawatir bahkan jika nama-nama orang penting ini membuat kepalamu pusing. Bantuan tugas sejarah kami memiliki fitur asosiasi kecerdasan buatan yang akan menghubungkannya dengan beberapa cerita menarik untuk membantumu mengingatnya dengan lebih baik.
a. (1) dan (2) b. (1) dan (3) c. (2) dan (3) d. (2) dan (4) e. (3) dan (4) 18. Berikut ini yang bukan merupakan faktor pen- dorong Peristiwa Rengasdengklok adalah __ a. Jepang menyerah tanpa syarat kepada Sekutu dalam Perang Dunia II b. pembentukan PPKI oleh Soekarno atas perintah Jepang c. para pemuda mendengar benta kekalahan Jepang d. penolakan Soekarno atas desakan pemu da agar segera memproklamasikan kemer- dekaan Indonesia e. keinginan pemuda untuk segera mempro- klamasikan kemerdekaan Indonesia saat terjadi kekosongan pemerintahan 19. Jepang resmi menyerah tanpa syarat kepada Sekutu pada tanggal 15 Agustus 1945. Pada tanggal 17 Agustus 1945 bangsa Indonesia memproklamasikan kemerdekaan. Hal itu berarti bahwa __ a. kemerdekaan Indonesia adalah hadiah dari Jepang b. kemordekaan Indonesia adalah usaha rakyat Indonesia sendiri dan bukan meru- pakan hadiah dari Jepang c. kemerdekaan Indonesia sudah direncana- kan jauh sebelumnya d. kemerdekaan Indonesia diselenggarakan berdasarkan Piagam Jakarta e. kemerdekaan Indonesia merupakan peris- tiwa yang kebetulan 20. Tujuan kalangan tua menyesuaikan diri dengan garis kebijakan Jepang mengenai Proklamasi Kemerdekaan Indonesia adalah __ a. menjalin hubungan baik dengan Jepang b. melepaskan diri dari pengaruh Jepang se- cara bertahap c. menyiapkan kemerdekaan Indonesia seca- ra matang d. meredam sikap radikal dari kalangan muda e. khawatir diketahui pemerintah Jepang se- dang mempersiapkan kemerdekaan 21. Tindakan Indonesia yang diharapkan oleh Je- pang sebagai balasan atas dibentuknya BP. UPKI adalah __ a. memberikan pasokan senjata kepada pa- sukan Jepang b. membantu Jepang dalam melawan Sekutu c. mengirimkan tenaga kerja untuk industri Jepang d. menyetujui keanggotaan Indonesia sebagai titikemakmuran Jopang e. menyebarluaskan budaya Jepang 22. Naskah proklamasi kemerdekaan diketik oleh Sayuti Melik dengan alasan __ a. agar tidak menimbulkar persepsi yang sa- lah tentang teks proklamasi b. teks proklamasi Soekamo ada yang salah c. tidak dapat dibaca dengan mudah d. mudah dipahami oleh rakyat e. bahasanya kurang jelas 23. Fungsi proklamasi kemerdekaan bagi bangsa Indonesia adalah __ a. sebagai jembatan emas untuk mencapai tujuan bangsa b. sebagai syarat untuk diterima menjadi ang- gota PBB c. mengusir semua intervensi asing yang ada di Indonesia d. menguji semangat perjuangan para pe- muda e. mendorong lahirnya semangat juang bagi generasi sekarang 24. Salah satu kunci keberhasilan perjuangan kemerdekaan Indonesia yaitu __ a. takut akan penjajahan b. semangat mewujudkan harapan sendiri c. persatuan dan kesatuan dalam perjuangan d. pemikiran para cendekiawan e. perjuangan tentara PETA 25. Usaha Jepang untuk menyebarkan budaya- nya di Indonesia dilakukan dengan cara __ a. anak sekolah diwajibkan memakai busana tradisional Jepang b. dipergunakannya kalender Jepang c. semua surat kabar harus berbahasa Je- pang d. pelarangan penggunaan bahasa Indonesia e. pembubaran semua organisasi politik di Indonesia 26. Keputusan sidang PPKI pada tanggal 22 Agustus 1945 berdampak bagi kehidupan de- mokrasi di Indonesia, yaitu __ a. rakyat menjadi wajib untuk masuk dunia militer dan siap untuk menjadi tameng bagi kedaulatan bangsa dan negara b. masyarakat hanya memilik badan perwa- kilan sementara saja tanpa melalui pemi- lihan umum c. pembentukan satu partai politik yakni Partai Nasional Indonesia (PNI) Sejarah untuk MA/MA/SMK/MAK Kelas XI Semester 2
9. Salah satu pembawa kebangkitan nasional adalah para pelajar yang sudah mendapatkan pendidikan ala Barat Alasan utama Belanda memberikan pendidikan kepada pendudul Indonesia adalah __ a. membantu menyelesaika n masalah di Indonesia b. mendapatkan pegawai negeri yang murah c. menjalankan perintah yang ada di dalam Politik Etis d. membantu mempertahankan Indonesia dari kedatangan Jepang
5. Tujuan para pemuda menculik Ir. Seokarno dan Moh. Hatta ke luar kota adalah __ a. memaksa kedua tokoh tersebut untuk memproklamasikan Indonesia b. menjauhkan keduanya dari pengaruh Jepang c. memusyawarahkan waktu pelaksanaan proklamasi Indonesia d. menjaga keamanar kedua tokoh tersebut dari ancaman golongan ekstrem 6. Hasil pembangunan masyarakat bertujuan untuk __ a. menolong pemerintah memperoleh sumber pendapatan b. memengaruhi publik agar memberikan suara dalam pemilu c. mempercepat Repelita d. mempertinggi kemampuan komunitas dalam menolong dirinya sendiri 7. Tokoh yang berhasi sampai di Tanjung Harapan, Afrika Selatan dalam melakukan penjelajahan samudra adalah __ a. Bartoloneus Diaz b. Ferdinand Mágelhaens c. Alfonso de Albuquerque d. Christuporus Colombus 8. Penghitungan pertumbuhan ekonomi sangat bermanfaat bagi perekonomian suatu negara. Salah satu manfaatnya adalah __ a. digunakan untuk mengukur hasil pembangunan nasional b. menunjukkan peningkatan kualitas masyarakat c. digunakan sebagai alat ukur kualitas tenaga kerja suatu negara d digunakan untuk menggambarkan ketimpangan ekonomi
siapa saja tokoh yang berbahasa uud $1945$
9. Jepang melarang pemakaian bahasa Belanda dan bahasa Inggris serta memajukan bahasa Jepang dan pelarangan penggunaan buku- buku dari Barat.Makna yang terkandung atas kebijakan Jepang tersebut adalah __ a. Jepang ingin melestarikan penggunaan bahasa Jepang di Indonesia b. buku-buku dari Barat tidak sesuai dengan budaya Jepang c. penggunaan bahasa Jepang diharapkan akan menimbulkan simpati bangsa Indo- nesia d. Jepang bertujuan menyapu bersih pengaruh Barat di Indonesia e. semua hal terkait Belanda dan Sekutu di- anggap tidak menguntungkan Jepang
32 Historlografi yang meming tujuan untuk menghormati dan men sertian keduduk- nama raja, serta wibawa rata agar dan daja tetap dihormati, dipatuhi, dan dijunjung tinggi disebut __ kolonial b. historiografi modern c historiografi tradisional d. historiografi Indonesia e. historiografi Belanda 33. Perhatikan pernyataan berikut! (1) Bersifat Belanda sentris. (2) Menekankan peristiwa yang gemilang sebagai hasil perjuangan bangsa In- donesia. (3) Berdasarkan kepentingan penguasa (4) tidak menonjolkan bangsa Indonesia. (5) Menggunakan sudut pandang Indone- sia sentris. Ciri-ciri historiografi kolonial ditunjukkan pada angka __ a. (1), (2), dan (3) b. (1), (3), dan (4) c. (1), (3), dan (5) d. (2), (3), dan (4) e. (3), (4), dan (4) 34. Perhatikan pernyataan berikut! (1) Memakai penulisan sejarah kritis. (2) Sumber yang digunakan yaitu sumber dari pemerintah Belanda. II. Jawablah pertanyaan -pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan jelas! 1. Apa yang dimaksud fungsi didaktis dalam historiografi? __ 2. Apa yang dimaksud dengan bias sejarah? __ 3. Bagaimana cara menghindari bias sejarah? __ Jawab: Bagaimana ciri-ciri historiograf pada masa kolonial! __ Jawab: 5. historiografi kolonial kehidupan warga Belanda di Hindia Belanda? __ (3) Bersifat multidisiplin ilmu. (4) Merupakan sejarah orang Belanda di Hindia Timur (Indonesia) Ciri-ciri historiografi modern ditunjukkan pada angka __ a. (1) dan (2) b. (1) dan (3) c. (2) dan (3) d. (2) dan (4) e. (3) dan (4) 35. Perhatikan pernyataan berikut! (1) Bersifat istana sentris dan fokusnya ke kehidupan raja. (2) Merupakan sejarah orang Belanda di Hindia Timur (Indonesia). (3) Penulisan hanya membahas tentang kehidupan bangsawan. (4) Sumber yang digunakan yaitu sumber dari pemerintah Belanda dan tanah jajahan. Berdasarkan pernyataan di atas ciri-ciri historiografi kolonial ditunjukkan pada angka __ a. (1) dan (3) b. (1) dan (4) c. (2) dan (3) d. (2) dan (4) e. (3) dan (4)
6. Mengapa banyak orang meremehkan usaha Isabel dan Melati?
Tipe Soal: PILIHAN GANDA Semboyan Bhineka Tunggal Ika sesuai dengan keadaan bangsa Indonesia, yaitu. __ Belum Terjawab memiliki masyarakat yang majemuk tetapi diikat oleh satu bangsa dan satu negara adanya psikolog masyarakat sangat membedakan antara perempuan dan laki-laki di Indonesia adanya perbedaan warna kulit yang kontras dan memperlihatkan sifat kedaerahan yang mencolok wilayah Indonesia yang terdiri atas ribuan pulau dengan latarb elakang budaya yang sama
a (1), (2), dan (3) b. (1) (3), dan (4) c. (2)(3). dan (5) K (3) (4) dan (B) 11. Berikut yang menjadi moxil besar bangsa Indonesia untuk sejajar dangan negara besar lainnya adalah __ a. keragaman buataya b. perteciahan antarsuku c. konflik di mana-mana d. perbedaan pendapat 12 Kala kebudayaan berawal dari kata budhayah yang berasal dar tunhuana __ a Indonesia b. India c. Sanakerta if Palapa 13. Paham dengan tokoh yang bernama Elisworth Huntington disebut dengan paham __ a b. determinas c. efektivitas d disintegras posibilisme merupakan palum yang berpendapat bahwa manusia __ a makhluk ceroboh sempurna c. makhiuk hidup d makhiuk berakal 15. Bath merupakan salah unition __ a hudaya nasional lokal c. budaya lua masyarakat berikut dengan benar! dimijudkan pada unsur __ a budaya b. bahasa c. agama d. pakaian 17 intur yang mempelajari orang (bentuk khas fisiknya) masyarakat dan budayanya disobut __ a sejarinh b. ekonom c. geograf it antropolog 11. Bahasa, masyarakat kerajinan tangan termasuk ke dalam golongan a unour kebudayaan b. on khas c. perientarian budaya unhapai cara yang ada dalam kebuday an kelompok atau manyarakat untuk mengungkapkan c. kebudayaan diadikan dayat tarik wisatowan kecuall b. kerajinan largan c. makanan d berthake
__ a. Jepang ingin melestarikan penggunaan nesia d. Jepang bertujuan menyapubersih pengaruh Barat di Indonesia e. semua hal terkait Belanda dan Sekutu di- anggap tidak menguntungkan Jepang 10. Berikut organisasi-organisas semimiliter yang dibentuk Jepang pada masa pendudukannya di Indonesia, kecuali __ a. Barisan Pelopor b. Pembela Tanah Air c. Fujinkai d.Keibodan e. Seinendan 11. Berikut ini yang bukan pernyataan yang tepat mengenai kebijakan ekonomi Jepang ketika menduduki Indonesia adalah __ a. Jepang menguras semua sumber ekonomi Indonesia untuk kepentingan perangnya b. Jepang lebih mementingkan perdagangan internasional seperti hasil tambang dan hasil perkebunan untuk memperoleh pema- sukan guna membiayai perang c. Jepang mengganti uang Belanda dengan uang Jepang d. banyak pabrik gula yang ditutup oleh Je- pang e. Jepang menguasai objek vital dan alat-alat produksi dengan pengawasan ketat 12. Jepang beranggapan bahwa wilayah Indonesia bagian timur merupakan wilayah yang sangat potensial untuk kepentingan __ a. pengerahan tentara karena penduduknya berpostur besar b. melakukan perlawanan politik terhadap penjajah c. perdagangan internasional karena lokasi- nya dikelilingi lautan d. ekonomi karena memiliki komoditas yang bemilai jual tinggi e. pangkalan milier karena banyak pulau- pulau yang tidak berpenghuni 13. Setelah peristiwa proklamas kemerdekaan, maka bangsa Indonesia harus memiliki keleng- kapan negara untuk dapat diaksi sebagai hapara yang berdaulat.Untuk itu, PPKI menye. lenggarakan rapat-rapat yang menghasilkan keputusan penting bagi kemerdekaan Indonesia seperti berikut, kecuali __ a. memilih presiden dan wakil presiden b. menetapkan UUD 1945 c. membentuk Tentara Nasional Indonesia d. membentuk KNIP e. pembagian provinsi di Indonesia 14. Amerika Serikat menjatuhkan dua bom atom di dua kota di Jepang masing-masing pada __ a. 5 dan 8 Agustus 1945 b. 6 dan 9 agustus 1945 c. 7 dan 10 Agustus 1945 d. 8 dan 11 Agustus 1945 e. 9 dan 12 Agustus 1945 15. Soekamo, Moh. Hatta dan Rajiman Wedyodi- ngrat diundang ke Dalat oleh Jenderal Terauchi dengan tujuan __ a. diberi petunjuk tentang pembentukan BP. UPKI dan PPKI b. diberi tahu bahwa Jepang telah menyerah kepada Sekutu c. diajak bekerja sama untuk mengalahkan Sekutu d. diberi petunjuk tentang penyelenggaraan kemerdekaan e. diberibantuan untuk melaksanakan prokla- masi kemerdekaan 16. Tugas utama dari Badan Keamanan Rakyat (BKR) adalah __ a. mengevakuasi korban perang b. melawan pasukan Sekutu c. menjaga keamanan negara Indonesia d. melucuti senjata tentara Jepang e. sebagai tentara nasional 17. Perhatikan pemyataân -pemyataan berikut! (1) Memberi gagasan paragraf pertama nas- kah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia 2) Menulis naskah proklamasi. 3) Meyakinkan golongan muda mengenai pe- laksanaan Proklamasi Kemerdekaan Indo- nesia. 4) Memberi gagasan paragraf kedua naskah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Peranan Ahmad Subarjo dalam Proklamasi Kemerdekaan Indonesia ditunjukkan oleh per- nyataan nomor __