Bantuan Tugas Sejarah
Sejarah adalah mata pelajaran yang menarik bagi sebagian orang dan membosankan bagi yang lain. Sementara beberapa siswa terkesan dengan berbagai peristiwa masa lalu, pertempuran, dan tokoh-tokoh menarik, yang lain menganggap sangat sulit untuk menghafal kronologi pertempuran, nama-nama pemimpin berpengaruh, dan beratnya informasi yang ditawarkan mata pelajaran ini.
Untungnya, dengan pertanyaan dan jawaban sejarah ini, mudah bagi kamu untuk mengingat beberapa peristiwa penting besar dan waktu tepat kapan mereka terjadi. Jangan terlalu khawatir bahkan jika nama-nama orang penting ini membuat kepalamu pusing. Bantuan tugas sejarah kami memiliki fitur asosiasi kecerdasan buatan yang akan menghubungkannya dengan beberapa cerita menarik untuk membantumu mengingatnya dengan lebih baik.
1. Motivasi kedatangan bangsa Eropa ke dunia Timur dapat diungkapkan melalui slogan yaitu __ a. Vini, Vidi, Vici b. Liberte, Egalite Franternite c. Gold, Gospel, Glory d.Kolonialisme,Imperialisme, Monopolisme 2. Sistem tanam paksa (cultuurstelsel) dan politik pintu terbuka (liberal) Indonesia di bidang __ merupakan contoh kondisi bangsa a. Politik b. Ekonomi c. Sosial d. Budaya 3. Senjata yang ampuh dalam mengusir penjajah dan berhasil dalam mempro- klamasikan kemerdekaan adalah __ a. Senjata bambu runcing yang ditakuti penjajah b. Banyaknya jumlah para pejuang bangsa c. Persatuan dan kesatuan yang tinggi d. Semangat yang tinggi dari bangsa indonesia 4. Sistem adu domba (devide et impera) merupakan contoh kondisi bangsa Indonesia di bidang __ a. Politik c. Sosial b. Ekonomi d. Budaya 5. Buku yang menjelaskan tentang penderitaan penduduk Pulau Jawa, khususnya daerah Banten dan Priangan yang diakibatkan oleh pelaksanaan sistem tanam paksa berjudul __ a. Trias Political b. Cultuurstelsel c. Een Eereschuld d. Max Havelaar 6. Gagalnya perjuangan ke merdekaan pada masa s ebelum pergerakan nasional disebabkan oleh __ a. Gerak perjuangan belum merakyat b. Mengutama kan kepentingan kelompoknya c. Belum adanya semangat persatuan nasional d. Tidak adanya pemimpin bangsa yang tangguh 7. Inti politik Trias Politik Van Denventer adalah __ a. Politik pintu terbuka b. Mencerdaskan rakyat Indonesia c. Pendidikan pengairan transmigrasi d.Mengembangkan perdagangan 8. Sejarah perjuangan Bangsa Indonesia untuk mencapai kemerdekaan. dilalui melalui beberapa tahapan. Tahapan pertama dikenal dengan Tahap Perintis atau Masa Kebangkitan bangsa yang ditandai dengan lahirnya __ a. Budi Utomo tahun 1908 b. Sumpah Pemuda tahun 1928 c. Orde Baru Tahun 1966 d. Orde (Masa)Reformasi tahun 1998 9. Propaganda menggalang dana untuk pelajar-pelajar di Indonesia yang dilakukan oleh Dr. Wahidin Sudirohusodo disebut __ a. Budi Utomo b. Tut Wuri Handayani c. Study Founds d. Study Club
Sebutkan sikap-sikap rasa cinta tanah air __
2. Pada per tengahan t ahun 1942 muncul pen nikir an dari Markas Besar Tenta ra Jepa ng agar pendu duk di da erah pendudukar ail batkai dalam aktivitas pertahanan dan kemiliteran (termas k ser nimilite r).Sell ruh wilayah kepulauan Indor lesia bekas Hindia Be'landa dibagi men jadi tiga w ilayah milite er.Ken ukakan tiga wilayah milit er te rsebut! Jawab: __ Pada mas Pend Jepang . Pul herupakan pen ting pada waktu itu m pemerintaha n sementa a Hal Servas trkan Osamu Seirei (U ndang-undang yang dik eluarka nanan Pangli ma Keena m Belas) Kemuk akan isi Osamu Seirei tersebut! J awab: __ 4. , a lingk ngan (kepala ada li ma bu (sem acam depa rtemen ). Kemukakar lima bute sebut! Jawab: __ 5. Pada tangga Septen nber meri dewan tersebu Perti mbanga an Pusat dan Chuo S angi Ka i (De Jepang imba ngan Da orahl sang menjalankan oemerintar Jawab: __ Deroeral can pada Masa Pendudukan Jepang
hubungan yang terjalin erat dengan unsur. unsur sastra, sebagai karya imajinatif dan milologi, pandangan hidup yang dikisah- kan dan uraian peristiwa pada masa lam- pau, seperti tercermin dalam babad atau hikayat. Makna tersebut merupakan bagi- an dari ulasan sejarah yang terkait dalam historiografi __ a. modern b. kolonial c. klasik d. tradisional e. nasional 20. Pernyataan yang tepat untuk membeda- kan historiografi modern dengan historio- grafi sebelumnya adalah __ a. historiografi modern hanya mengisah- kan rakyat umum, dan tidaklagi menu- lis tentang kolonial dan penguasa b. historiografi modern menulis dengan pendekatan ilmu sejarah sedangkan penulisan masa sebelumnya dengan pendekatan ilmu sosial dan sastra c. historlografi modern menulis berdasar. kan fakta, sedangkan penulisan sebe. lumnya hanya bersifat khayalan dan ilusi d. historiografi modern ditulis berdasar- kan sudut pandang orang Indonesia sendiri, sedangkan sebelumnya berda- sarkan kepentingan penjajah dan raja e. historiografi modern mengkut langkah- langkah ilmiah, sedangkan penulisan sebelumnya tidak ilmiah 21. Permasalahan penulisan sejarah menjadi sangat penting ketika Indonesia merdeka. DI antara pernyataan berikut ini yang me- rupakan ciri-ciri penulisan sejarah pada periode kemerdekaan adalah __ a. penulisan sejarah secara strukturala- nalitis b. penulisan sejarah dengan cara kon- vensional c. menggunakan pandangan ethosen- trisme d. menggunakan pendekatan Eropa sen. tris e. menggunakan pendekatan nasiosen- tris 22. Para penguasa kerajaan tradisional biasa. nya ingin melegitimasi kekuasaannya se hingga meminta pujangga keraton menulis sejarah yang memuat kebesaran raja. Hal ini mengakibatkan historiografi tradisional menjadi bersifat __ a. regiosentris b. keraton sentris c. religiomagis d. feodalistik e. Indonesia sentris 23. Bias sejarah merupakan suatu bentuk in- dikasi adanya penyimpangan dari keadaan yang sesungguhnya dalam rekonstruksi pe- ristiwa masa lampau. Bias sejarah terdapat tiga jenis, yaitu __ a. waktu, tempat, dan tokoh sejarah b. waktu, tokoh, dan sumber sejarah c. tempat, tokoh, dan sumber sejarah d. waktu, tokoh, dan interpretasi sejarah e. waktu, tempat, dan penulisan sejarah 24. Salah satu sifat dalam kajian historiografi tradisional adalah feodalistis -aristokratis. Maksud sifat feodalistis-aristokratis adalah __ a. mengisahkan kehidupan masyarakat pada masa feodal b. menceritakan mengenai lingkungan budaya masyarakat agraris c. menghormati dan meninggikan kedu- dukan, nama, dan wibawa raja d. menganggap raja atau pemimpin me. miliki kekuatan gaib atau karisma e. menceritakan kehidupan kaum bang- sawan feodal, tidak ada sifat kerakyat- annya
10. Pada masa kebangkitan nasional banvak pemuda Indonesia yang terinspirasi oleh tokoh-tokoh perjuangan Salah satu tokoh yang berperan dalam menggerakkan semangat kebangkitan nasional adalah __ a. Soekarno b. Ki Hajar Dewantara C. Sutan Siahrir d. R.A. Kartini
Bacalah teks berikut dengan saksama untuk menjawab nomor $11-15$ Raden Dewi Sartika:Kehidupan , Gagasan,, dan Kiprahnya Raden Dewi Sartika atau Dewi Sartika adalah tokoh pejuang wanita yang berasal dari Cicalengka Bandung . Dewi Sartika dikena I sebagai tokoh Jawa Barat yang menjadi perintis pendidikan bagi kaum perempuan la mendirikan bagi kaum perempuan bername Sekola Istri di Pendopo Kabupaten Bandung Pada 11 September 1947, Dewi Sartika meninggal I. la dikukuhkan sebagai Pahlawan Nasional Indonesia pada 1 Desember 1966.
10. Pada masa kebangkitan nasional banyak pemuda Indonesia yang terinspirasi oleh tokoh-tokoh periuangan . Salah satu tokoh yang berperan dalam menggerakkan semangat kebangkitan nasional adalah __ a. Soekarno b. Ki Hajar Dewantara C. Sutan Siahrir d. R.A. Kartini
10. Pada masa kebangkitan nasional banyak pemuda Indonesia yang terinspirasi oleh tokoh-tokoh perjuangan . Salah satu tokoh yang berperan dalam menggerakkan semangat kebangkitan nasional adalah __ a. Soekarno b. Ki Hajar Dewantara C. Sutan Siahrir d. R.A. Kartini
Remedial 1. Pada awalnya kedatangan Jepang di Indonesia disambut baik oleh para tokoh nasionalis ada juga sebagian tokoh yang bersikap hati-hati. Walaupun demikian, secara umum ada perasaan optimisme bahwa kedatangan Jepang akan segera membawa kemerdekaan. Berilah alasan yang melandasi perasaan optimisme tersebut! Jawab: __ Jawablah pertanyaan -pertanyaan di bawah ini dengan jelas dan tepat! e. Setelah menguasal menjadi tiga wilayah militer yang masing-masing dikendalikan oleh Angkatan Darat (Rikugun)dan Angkatan Laut (Kalgun)Kemukakan tiga wilayah militer tersebut! Jawab: __
2. Tugas individu Buatlah bagian time line perkembangan peradaan islam Pada masa bani umayyah di damaskus!