Bantuan Tugas Sejarah
Sejarah adalah mata pelajaran yang menarik bagi sebagian orang dan membosankan bagi yang lain. Sementara beberapa siswa terkesan dengan berbagai peristiwa masa lalu, pertempuran, dan tokoh-tokoh menarik, yang lain menganggap sangat sulit untuk menghafal kronologi pertempuran, nama-nama pemimpin berpengaruh, dan beratnya informasi yang ditawarkan mata pelajaran ini.
Untungnya, dengan pertanyaan dan jawaban sejarah ini, mudah bagi kamu untuk mengingat beberapa peristiwa penting besar dan waktu tepat kapan mereka terjadi. Jangan terlalu khawatir bahkan jika nama-nama orang penting ini membuat kepalamu pusing. Bantuan tugas sejarah kami memiliki fitur asosiasi kecerdasan buatan yang akan menghubungkannya dengan beberapa cerita menarik untuk membantumu mengingatnya dengan lebih baik.
x Dalam-bidang politik. Salahuddin ab Ayyubl mengambil kebijakan tentang __ menerjemahkan berbagai macam buku b. merekrut tentara baru yang kuat C. membebaskan kota yang dikuasai tentara Salib d. mengganti gadi-gadi Sylah men- jadi qadi-qad Sunni 8. Najmuddin al-Khabusyani merupakan pengajar pertama bagi Madrasah __ a. al-Adiliyah b. asy-Syami'yah C. Manazil Al-Uzza d. ash-Shalahiyyah 9. Bentuk kegiatan di bidang sosial yang dilakukan Salahuddin al-Ayyubi dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat adalah __ a. mendirikan panti asuhan b. membangun rumah sakit C. mendirikan panti jompo d. membangun bendungan 10. Proyek besar Citadel yang dikerjakan pada masa pemerintahan Salahuddin merupakan bentuk kemajuan Daulah Ayyubiyah di bidang __ a. perdagangan C. arsitektur b politik d. militer 1. Untuk memperkukuh pertahanan militernya Salahuddin membangun benteng Kairo yang terdapat di __ a. Bukit Muqattam b. tepi Sungai Nil C.Pelabuhan Iskandariyah liling istona raia 12 Runtuhnya Daulah pemerintahan Mesir terjadi pada masa pemerintahan __ a. al-Adil b. as-Saleh C. al-Kamil C. Salih Ayyub 13. d. Suddin al-Ayyubi teladan dalam yang harus di ia memiliki seorang kepemimping di oleh kan sifat pemimpin agar ia memiliki legitimasi yang kuat di mata rakyatnya adalah __ HOTS a. selalu memperhatikan nasib rakyat b. memaksakan paham yang dianur. nya kepada seluruh rakyatnya C. berlaku adil terhadap seluruh lapisan masyarakat d. memiliki akhlak dan perilaku yang mulia sehingga menjadi teladan rakyatnya 14. Daulah Ayyubiyah mengajarkan bahwa salah satu ciri bangsa yang kuat harus memiliki __ a. militer yang besar b. rakyat yang banyak C. wilayah kekuasaan yang luas d. stok pangan yang melimpah 15. Dari sejarah Daulah Ayyubiyah dap diambil pelajaran bahwa perbeda yang ada dalam kehidupan beragan khususnya agama Islam harus disik dengan __ a.biasa saja b. bijaksana C. acuh tak acuh d. santai
Slap-Siap Belajar Usia muda tidak menjadi penghalang bagi anak-anah miuntukturut menyelesaikan masalah-masalah di sekitarnya langka menjadi aktivis, penurut usia muda. Tebak, pada usia berapa anak-anak ini memulai aktivitas mereka? Cocokkanlah nama-nama di kolom kiri dengan usia di kolom kanan. Louis Braille (Prancis) Penemu huruf Braille untuk tunanetra. Malala Yousafzal (Pakistan) Aktivis pendidikan. Pendiri "Bye Bye Plastic Bag" a 11 Tahun b 108.12 Tahun C 13 Tahun 14 Tahun e 15 Tahun Melati 8 Isabel Wijsen (Indonesia) Greta Thunberg (Swedia) Pelopor gerakan jeda untuk iklim
26. Zahra mewawancarai neneknya tentang peristiwa penting di desanya 50 tahun lalu. Informasi apa yang paling penting untuk dicatat Zahra dari wawancare tersebut agar bisa dijadikan sumber sejarah .lisan yang baik __ ASAS /IPS 7 / 2024/2025
man suku. ut adalah arga di diri. 8.Keberagaman dapat menjadi ciri khas Indonesia sehingga menjadi simbol Indonesia yaitu __ persatuan dan k esatuan Indonesia. Hal ini sesuai dengan semboyan bangsa a. Ing Ngarsa Sung Tulada b. Ing Madya Mangun Karsa c. Tut Wuri Handayani d. Bhinneka Tunggal Ika 9. Keberagaman dapat menjadi sarana pemersatu bangsa. Untuk mewujudkannya diperlukan sikap __ a. toleransi c. tidak peduli b. tekun d. mandiri 10. Berikut sikap toleransi yang dapat diterapkan dalam keberagaman budaya yaitu __ a. memberikan kesempatan orang lain untuk beribadah b. menghormati kebiasaan masyarakat di daerah yang lain menganggap budaya daerah sendiri lebih unggul d. ramah kepada semua orang tanpa membedakan agama yang dianut
22. Para penguasa kerajaan tradisional biasa. mya ingin melegitimasi kekuasaannya se hingga meminta pujangga keraton menulis sejarah yang memuat kebesaran raja. Hal ini mengakibatkan historiograf tradisional menjadi bersifat __ a. regiosentris b. keraton sentris c. religiomagis d. feodalistik e. Indonesia sentris 23. Bias sejarah merupakan suatu bentuk in- dikasi adanya penyimpangan dari keadaan yang sesungguhnya dalam rekonstruksi pe- ristiwa masa lampau. Bias sejarah terdapat tiga jenis, yaitu __ a. waktu, tempat, dan tokoh sejarah b. waktu, tokoh, dan sumber sejarah c. tempat, tokoh, dan sumber sejarah d. waktu, tokoh, dan interpretasi sejarah e. waktu, tempat, dan penulisan sejarah 24. Salah satu silat dalam kajian historiografi tradisional adalah feodalistis -aristokratis. Maksud sifat feodalistis-aristokratis adalah __ a. mengisahkan kehidupan masyarakat pada masa feodal b. menceritakan mengenai lingkungan budaya masyarakat agraris c. menghormati dan meninggikan kedu- dukan, nama, dan wibawa raja d. menganggap raja atau pemimpin me- miliki kekuatan gaib atau karisma e. menceritakan kehidupan kaum bang- sawan feodal, tidak ada sifat kerakyat- annya
5. Bagaimana cara mempertahankan kemerdekaan Indonesia? Jawab: ..
Di mana Alexandria VillaseƱor melakukan aksinya pertama kali? Peristiwa apa yang menjadi latar belakang Alexandria VillaseƱor tergerak untu melakukan aksi?
1. Salah satu alasan bangsa-bangsa Barat adalah __ berlomba-lomba datang di Kepulauan Indonesia jaringan perdagangan a. tersedianya sumber daya alam dan untuk diadu domba b. mudahnya penguase -penguasa lokal c. bangsa Barat sangat berutang budi pada bangsa Indonesia d. bangsa Barat ingin mengajari bangsa Indonesia cara menanam tanaman ekspor 2. Perhatikan teks berikut! Dikuasainya perdagangan di Laut Tengah oleh pedagang -pedagang Islam telah mendorong para pedagang Eropa mencari jalan lain di luar kawasan Laut Tengah untuk mencapai penghasi rempah-rempah (Indonesia) Pernyataan di atas merupakan faktor pendorong kedatangan bangsa Eropa ke Nusantara, adalah __ a. merkantilisme b. revolusi industri c. semangat 3G d. jatuhnya Konstantinopel ke tangan Kekaisaran Turki Utsmani 6. 3.Perhatikan pernyataan berikut! (1) Memajukan perdagangan (2) Memajukan agama Islam. (3) Mempelopori berdirinya organisasi. (4) Memajukan kepentingan rohani. Tujuan Sarikat Dagang Islam ditunjukkan oleh nomor __ a. (1)dan (2) c. (3)dan (4) b. (2) dan (3) d. (1) dan (4) 4. Pemimpin Partai Nasional Indonesia (PNI) adalah __ a. Ir. Soekarno b. Moh. Hatta c. Mr. Supomo d. Ki Hadjar Dewantara 5.
Tipe Soal: PILIHAN GANDA Indonesia merupakan negara kepulauan yang penuh dengan kekayaan serta keragaman budaya ras, suku bangsa, kepercayaan agama, bahasa daerah, dan masih banyak lainnya. Meskipun penuh dengan keragaman budaya, Indonesia tetap satu sesuai dengan semboyan nya. Bhineka Tunggal lka yang artinya __ Delum Terjawab Kekayaan dan keindahan bangsa Indonesia Kendahan alam bangsa Indonesia Kekayaan dan keindahan alam suku bangsa Kekayaan intelektual anak bangsa
25. Sumber audio visual dapat digunakan sebagai bahan penelitian sejarah . Adapun bentuk sumber audio visual dapat berupa __ A. Video dokumenter sejarah B. Catatan perjalanan . seseorang C. Memoar tokoh yang berpengaruh D . Dokumentasi foto peristiwa sejarah