Bantuan Tugas Sejarah
Sejarah adalah mata pelajaran yang menarik bagi sebagian orang dan membosankan bagi yang lain. Sementara beberapa siswa terkesan dengan berbagai peristiwa masa lalu, pertempuran, dan tokoh-tokoh menarik, yang lain menganggap sangat sulit untuk menghafal kronologi pertempuran, nama-nama pemimpin berpengaruh, dan beratnya informasi yang ditawarkan mata pelajaran ini.
Untungnya, dengan pertanyaan dan jawaban sejarah ini, mudah bagi kamu untuk mengingat beberapa peristiwa penting besar dan waktu tepat kapan mereka terjadi. Jangan terlalu khawatir bahkan jika nama-nama orang penting ini membuat kepalamu pusing. Bantuan tugas sejarah kami memiliki fitur asosiasi kecerdasan buatan yang akan menghubungkannya dengan beberapa cerita menarik untuk membantumu mengingatnya dengan lebih baik.
10. Perhatikan peristiwa peristiwa berikut ini : 1) Setelah meminta pengampunan kepada Jayakatwang Raden Wijaya diberikan tanah perdikan di daerah hutan Tarik 2) Raden Wijaya mendirikan dinasti dan kerajaan Majapahit 3) Jayakatwang menyerang Singasari dan membunuh K ertanegara 4) Bangsa Mongol kerajaun Kediri dan menggulingkan Jayakatwang 5) Raden Wijaya menghancurkan balatentara Mongol Kronologi yang tepat berdasarkan peristiwa tersebut ditunjukan oleh nomor. __ a. 2), D,3),3)dan 5) b. 2), 3), 1), 4), dan 5) 1), 4), 5), dan 2) d. 3), 4), 1), 2), dan 5) e. 3),4), 5), 1), dan 2) 11. Perhatikan keterangar berikut ini: 1) Merupakan karya sastra peninggalan kerajaan Majapahit 2) Dapat dikatakan sebagai salah satu karya biografi pertama dalam sejarah Indonesia 3) Berisi kisah mengenai Ken Arok dan perjuangannya hingga mendirikan kerajaan Singasari 4) Kakawin ini juga berisi silsilah raja raja dari masa Singasari hingga masa Majapahit 5) Dalam bahasa Indonesia kitab ini diartikan sebagai "kitab para raja" 12. Berdasarkan keterangan tersebut kakawin yang dimaksud adalah __ a. Negarakertagama b. Gatotkaca Sraya c. Arjuna Wiwaha d. Bharata Yudha c. Pararaton 13. Perhatikan wacana berikut ini : Salah satu cara majapahit dibawah pimpinan Mahapatih Gajahmada untuk mewujudkan cita cita menguasai seluruh Nusantara melalui sumpah Palapa adalah dengan menguasai kerajaan Pajaran melalui perkawinan politik dengan mempersunting Putri Dyah Pitaloka, namun di tengah perjalanan iring iringan pengaten diserang oleh pasukan Majapahit Peristiwa yang menjadi catatan hitam hubungan kerajaan Majapahit dengan kerajaan Pajajaran adalah __ a. Perang Bubat b. Perang Ganter c. Perang Paregreg d. Ekpedisi Pamalayu e. Ekspedisi Pabali 14. Faktor berikut ini yang bukan penyebab kemunduran kerajaan Majapahit adalah __ a. tidak ada tokoh yang cakap memerintah sepeninggal Hayam Wuruk dan Gajah Mada b. terjadi perang saudara antara Bhre Wirabumi dengan Kusumawardani (Perang Paregreg ) c. Mahapatih Gajah Mada gagal mewujudkan Sumpah Palapa d. banyak daerah jajahan yang melepaskan diri dari kekuasaan Majapahit e. perkembangan kerajaan perdagangan baru yaitu Kerajaan Islam Malaka 15. Runtuhnya Kerajaan Majapahit di dorong oleh beberapa faktor salah satunya adalah __ a. perang saudara antara Pramodhawardani - Rakai Pikatan dengan Balaputeradewa
B. Soal Benar dan Salah 19 . Daulah Usmani didirikan pada tahun 1299. Benar. Salah. 12 . Sultan Suleiman I dikenal sebagai Suleiman yang Agung" karena keberhasilann ya dalam memperluas wilayah. Benar. Salah. 13 . Daulah Usmani berakhir pada tahun 1923 setelah Perang Dunia l. Benar. Salah.
1. Bagaimana peran PGRI dalam mendorong adopsi dan implementasi teknologi modern di sekolah-sekolah? Jelaskan langkah-langkah yang diambil oleh PGRI untuk memastikan bahwa guru dan siswa dapat memanfaatkan teknologi dengan efektif dalam proses pembela jaran.
9. Bagaimana perkembangan seni sastra pada Bani Umayyah? Jawab __
21. Salah satu peristiwa penting dalam usaha mempertahankan kemerdekaan Indonesia adalah terjadinya peristiwa 10 November 1945 di Surabaya. Pernyataan di bawah ini yang bukan menjadi latar belakang dari peristiwa tersebut di atas adalah __ A. Kekecewaan rakyat Surabaya terhadap Sekutu yang datang ke Surabaya dengan membawa Angkatan Perang Belanda B. Rakyat Surabaya kecewa terhadap pemerintah pusat yang membiarkan Sekutu masuk ke wilayah Surabaya C. Sekutu mengadakan penyerangan terhadap penjara Kalisosok untuk melepaskan para tawanan Belanda D. Sekutu menyebarkan pamflet yang berisi ancaman terhadap rakyat Surabaya untuk menyerahkan senjata yang dimilikinya 22. Selain melakukan perlawanan senjata dalam usaha mempertahankan kemerdekaan dilakukan juga cara diplomasi atau perundingan Salah satu perundingan yang terjadi adalah perundingan Linggarjati yang dilaksanakan pada tanggal 10 November 1946. Isi dari perundingan Linggarjati ini adalah __ A. Akan dilaksanakan perjanjian lanjutan yaitu Konferensi Meja Bundar B. Belanda mengakui secara de facto Indonesia terdiri atas wilayah Sumatera, Jawa dan Madura C. Belanda tetap memegang kedaulatan atas seluruh wilayah Indonesia sampai dibentuknya Republik Indonesia Serikat D. Republik Indonesia bagian dari Republik Indonesia Serikat 23. Secara politis perundingan Linggarjat belum membawa dampak yang signifikan bagi kedaulatan Indonesia oleh Belanda. Akan tetapi sejak terjadi perundingan Linggarjati beberapa negara di dunia mulai mengakui kedaulatan Indonesia. Kondisi tersebut menunjukkan bahwa __ A. Diplomat Indonesia mendapat pengalaman berharga melalui perundingan Linggarjati B. Upaya pengakuan kedaulatan penuh Republik Indonesia oleh Belanda sulit dicapai C. Negara-negara di dunia mengakui keberadaan Indonesia sebagai koloni Belanda D. Blokade ekonomi dan politik yang dilakukan Belanda tidak mampu melumpuhkan Indonesia
Latihan Jawab an hasil temuan benda pada masa berburu dan mengumpulkan makanan tingkat lanjut! Jawablah pertanyaar -pertanyaan berikut dengan jelas dan benar! Jawab: ....... __ sumber daya air agar tidak tercemar? Jawab: 3.Sebutkan ciri masyarakat pada saat mengenal bercocok tanam! Jawab: __ Terangkan mengenai pengurangan emisi sebagai cara menyelesaikan masalah polusi udara! Jawab: __ Jelaskan mengenai asal usul suku Bugis yang berada di Malaysia! Jawab: ul Kertas. Kumpulkan kepada guru Jien dan berbagai g ditentukan.
Dalam pengelolaan bahan nonbuku termasuk terbitan berseri, peraturan yang digunakan untuk pengolahan yang terkenal adalah Anglo American Cataloguing Rules edisi 2 (AACR2). Agar lebih memahami tentang peraturan tersebut, silahkan jawab pertanyan berikut: 1. Mengapa peraturan AACR2 dikenal fleksibel dan terintegrasi, berikan alasannya Kerangka deskripsi bibliograf mengandung unsur mnemonik, berikan pengertian dan rumus
. Simbol yang ketiga sila Pancasila adalah pohon beringin, yang berarti sebagai tempat __ bagi seluruh rakyat Indonesia. idikan Pancasila Kelas 2 SD/MI 39
Jawablah soal-soal berikut dengan singkat dan tepat! Apa pembiasaan yang dapat kila lakukan agar dapat melestarikan sumber daya air? Jawab: __ Pembabakan atau periodisasi masa aksara meliputi secara geologis , periodisasi secara arkeologis ,dan periodisasi berdasarkan perkembangan kehidupan Jelaskan! Jawab: __ j Pada masa bercocok tanam (food producing)dan berternak telah terjadi perubahan besar, yaitu revolusi kehidupan manusia . Mengapa disebut demikian? Jawab: __ Banyak pendapat yang muncul terkait dengan dari mana sejatinya asal usul nenek moyang bangsa Indonesia . Jelaskan tentang bukti genetika yang dijadikan salah satu dasar dari pendapat tersebut! Jawab: __ Jawab: Jelaskan tentang fenomena diaspora bangsa Indonesia!
Ketahanan nasional National Restilence): adalah: konsep lintang kemampuan bangsa untuk mmepertahankan kedasulatan dari kesatuannya dalam menghadap ancaman balk dalam dari luar serta ausahakan sumber daya untuk memenuh kebutuhan hidup warga negaranya. Konsepsi ini disandarkan pada ajaran Asla Gatra, yalu liga aspek alamilah dan lima aspek sosial Soal a. Identifikasi oleh anda, sp Haja belang-bidang yang leikall dungan pendekatan Asla Galra di dalam Ketahonan Nasional b. Indonesia soal In dihadapkan dengan persoalan ek onomi yang mempuhatinkan sebagai akaat pandemi Covid-19, Bahkan perekonomian dilahun 2020 ini diprediks aluh seporti deprost padi tahun 1930. Analisisiah bagaimana cimpat yang ditimbukan atas permusalahan pandemi covid-19 dalam perspektif ketahanan nasional?