Bantuan Tugas Sejarah
Sejarah adalah mata pelajaran yang menarik bagi sebagian orang dan membosankan bagi yang lain. Sementara beberapa siswa terkesan dengan berbagai peristiwa masa lalu, pertempuran, dan tokoh-tokoh menarik, yang lain menganggap sangat sulit untuk menghafal kronologi pertempuran, nama-nama pemimpin berpengaruh, dan beratnya informasi yang ditawarkan mata pelajaran ini.
Untungnya, dengan pertanyaan dan jawaban sejarah ini, mudah bagi kamu untuk mengingat beberapa peristiwa penting besar dan waktu tepat kapan mereka terjadi. Jangan terlalu khawatir bahkan jika nama-nama orang penting ini membuat kepalamu pusing. Bantuan tugas sejarah kami memiliki fitur asosiasi kecerdasan buatan yang akan menghubungkannya dengan beberapa cerita menarik untuk membantumu mengingatnya dengan lebih baik.
Soal UAS Studi Multikultural 1. Jelaskan tiga penyebab utama terjadinya konflik dalam masyarakat multikultural! 2. Berikan solusi berbasis prinsip multikulturalisme untuk mengatasi konflik antara kelompok etnis dalam masyarakat! 3. Tujuan utama pendidikan multikultural adalah. __ a. Membentuk masyarakat homogen b. Meningkatkan kompetisi antar budaya c. Menumbuhkan toleransi dan pemahaman antarbudaya d. Menghapus keberagaman budaya 4. Susunlah rencana program sederhana untuk mengintegrasikan pendidikan multikultural dalam kurikulum sekolah dasar! 5. Salah satu dampak globalisasi terhadap keberagaman budaya adalah. __ a. Pelestarian budaya lokal b. Penurunan identitas budaya lokal c. Meningkatnya isolasi budaya d. Penghapusan milaksilanglobal 6. Berikan contoh kasus pengaruh globalisasi terhadap multikulturalisme di Indonesia! 7. Konsep kebijakan publik yang mendukung multikulturalisme adalah.. __ a. Diskriminasi positif terhadap kelompok mayoritas b. Memberikan fasilitas khusus untuk budaya dominan c. Mendorong inklusi dan kesetaraan bagi semua kelompok budaya d. Menghapus identitas budaya tertentu 8. Rancanglah sebuah kebijakan publik yang mendukung keberagaman budaya dalam lingkup pendidikan! 9. Analisislah sebuah kasus konflik multikultural di Indonesia, jelaskan akar permasalahan dan solusi yang dapat dilakukan! 10. Prinsip utama etika dalam masyarakat multikultural adalah.. __ a. Mengutamakan budaya mayoritas b. Toleransi, penghormatan, dan keadilan c. Membatasi interaksi antarbudaya d. Menghapus perbedaan budaya
Tipe Soal: PILIHAN GANDA Keragaman suku dan budaya merupakan kekayaan bangsa yang tidak ternilai harganya. Cleh karena itukita jangan sampal mengabakan suku dan budaya sendiri Langkah yang tepat untuk dilakukan dalam melestarkan suku dan budaya bangsa tersebut adalah __ Belum Terjawab Mengenalkan budaya asing dan mempromosikannya Lebih sering menggunakan budaya asing ketimbang budaya sendiri karena lebih menarik Mengerulkan budaya ke anak cucu dengan membuat prop am dan fasilitas yang tersedia untuk anak cucu kita Menerima budaya asing sebagai budaya kitajuga
Mari Refleksikan 1. Gerakanapa-yang bisaterjadipanda,benda langkit 2. Bagaimana-hibungan anta--Bum-Bulan-dan-Matahari 3. Mengapa waktu revolusi Bulan terhadap Bum i lebih pendek dibanding revolusi Bumi terhadap Matahari? egiatan hin?Apakah kalian bisa merasakan fungsinya?
Tipe Soal: PILIHAN GANDA Arti penting persatuan dalam keberagaman masyarakat Indonesia adalah __ Belum Terjawab Mempererat hubungan antar suku Terbentuknya aturan untuk mengatur hubungan masyarakat Tecipta keamanan dalam lingkungan masyarakat Terwujudnya kehidupan masyarakat yang serasi selaras dan seimbang
c. Babad Diponegoro d. Babad Tanah Jawi e. Babad Wulang Reh 26. Historiografi merupakan suatu bentuk publikasi, baik itu dalam bentuk lisan mau- pun juga tulisan mengenai peristiwa ke- jadian atau kombinasi peristiwa peristiwa di masa lampau. Pendapat ini dikemuka- kan oleh __ a. Louis Gottschalk b. Kuntowijoyo c. Prof. Dr. Ismaun M.Pd d. Soejatmoko e. Abdurrahman Hamid 27. Dibawah ini yang bukan berkaitan dengan tradisi tulis di Jawa adalah __ a. diawali dengan piagam Maklumat Dyah Balitung b. mulai digunakannya huruf Kawi Awal c. kakawin adalah karya yang paling populer d. mengekspresikan hubungan kerajaan dan badan keagamaan e. menggunakan susunan metrum yang sederhana seperti kidung, gita,dan geguritan 28. Perhatikan informasi berikut! (1) Menggunakan metode ilmiah. (2) Mengagung-agungkan peran orang orang Belanda. (3) Istana sentris. (4) Feodal sentris. (5) Religiomagis. Dari data di atas yang merupakan ciri historiografi tradisional adalah __ a. (1), (2)dan (3) b. (1), (2), dan (4) c. (2), (3), dan (4) d. (2), (3), dan (5) e. (3), (4), dan (5) 25. Historiografi tradisional yang berisi proses islamisasi di Jawa,oleh Raden Rahmat di Desa Ampel Denta berjudul __ a. Babad Bayuwangi b. Babad Demak 29. Perhatikan pernyataan berikut! (1) Merupakan sejarah orang Belanda di Hindia Timur (Indonesia). (2) Sumber yang digunakan yaitu sumber dari pemerintah Belanda baik di nega- ranya maupun daerah jajähannya. (3) Bersifat multidisiplin ilmu. (4) Bersifat istana sentris dan fokusnya ke kehidupan raja. Ciri-ciri historiografi kolonial ditunjukkan pada angka __ a. (1) dan (2) b. (1) dan (3) c. (2) dan (3) d. (2) dan (4) e. (3) dan (4) 30. Perhatikan karya historiograf berikut ini! (1) Hikayat Raja-Raja Pasai (2) Kitab Nagarakertagama. (3) Prasasti Kedukan Bukit. (4) Babad Demak. (5) Kitab Pararaton. Karya historiografi tradisional pada masa Hindu-Buddha ditunjukkan pada angka __ a. (1), (2)dan (3) b. (1),2), dan (5) c. (2)(3), dan (5) d. (2), (4), dan (5) e. (3), (4), dan (5) 31. Salah satu kelemahan historiografi kolo- nial adalah __ a. penulisan bertujuan mènghormati de- rajat raja, sehingga raja tetap dihor- mati b. dari isi penulisannya raja dianggap memiliki kekuatan gaib (sakt) c. penulisan hanya membahas kehidup- an bangsawan d. bersifat Belanda sentris , kurang meng- angkat kehidupan rakyat Indonesia e. selalu dihubungkan dengan hal-hal gaib dan mistis
Asesmen Formatif 1 A. Ayo, memilih satu jawaban yang paling tepat! 1. Keberagamar karakteristik masyarakat Indonesia pada hakikatnya bisa dijadikan sebagai a. penguat antarsuku a palat pemersatu bangsa b. alat pemisah golongan C. pembeda di masyarakat
( Sumatif Akhir semester? A. Berilah tanda silang (x)pada huruf a, b c, d, atau e di depan jawaban yang benar! 1. Perang Asia Pasifik diawal serangan Jepang terhadap Pearl Harbor, pangkalan angkatan laut Amerika Serikat. Alasan Jepang memborbardir Pearl Harbor adalah __ a. Amerika Serikat akan melakukan penye- rangan ke wilayah Jepang melalui Hawaii b. Amerika Senkat merupakar anggota Se kutu yang menjadi musuh Jepang C. kedudukan Amerika Serikat di Pearl Harbor dianggap sebagai ancaman dari upaya Jepang menaklukkan Asia Pasifik d. Amerika Senkat berusaha menguasai wi- layah Asia Pasifik sehingga menjadi saing- an Jepang e. Jepang ingin merebut Hawai dan mendi- rikan pangkalan angkatan laut di sana 2. Dalam menjalankan pemerintahandi Indonesia, Jepang melaksanakan beberapa kebijakan untuk menarik simpati rakyat.Salah satu ke- bijakan tersebut ialah __ a. menjadikan Jawa sebagai pusat peme- rintahan b. menghapuskan kerja paksa pada masa Kolonial Belanda C. membangun berbagai fasilitas untuk kese- jahteraan rakyat d. menunjuk para tokoh nasional duduk di kursi pemerintahan e. mendirikan banyak skeolah untuk rakyat 3. Salah satu respons rakyat Indonesia terhadap tindakan Jepang yang mewajibkan romusha adalah __ a. bulan Februari 1944, rakyat Singapama melakukan perlawanan terhadap Jepang dipimpin oleh Kiai Zainal Mustofa b. tahun 1944 hingga 1945 terjadi perlawan- an dari suku Dayak terhadap Jepang di Kalimantan C. pada tanggal 30 Juli 1945 terjadi pembe- rontakan di Desa Cidempel Kecamatan Lohbener Indramayu Jawa Barat d. pada 10 November 1943 pecah pemberon- takan terhadap Jepang di Tasikmalaya yang dipimpin Zaenal Maarif e. pada 10 November 1942 terjadi penyera- ngan terhadap Jepang di Cot Plieng yang dipimpin Tengku Abdul Jalil 4. Berikut ini yang bukan merupakan wilayah tempat kekalahan Jepang dari Sekutu adalah __ a. Balikpapan b. Kepulauan Solomon C. Pulau Guadalkanal d. Kepulauan Saipan e Tarakan 5. Perhatikan keterangan-keterangan berikut! 1) Dibentuk pada bulan April 1943 2) Dipimpin oleh Empat Serangkai. 3) Memusatkan segala potensi rakyat guna membantu Jepang dalam perang. Berikut organisasi bentukan Jepang yang se- suai dengan keterangan tersebut adalah __ a. Gerakan 3A b. Chuo Sangi In C. Heiho d. Jawa Hokokai e. Putera 6. Ketika menduduki Indonesia.Jepang melaku- kan penyeragaman pendidikan dasar di Indo- nesia yakni sekolah dasar enam tahun. Dam- pak positif dari kebijakan tersebut adalah __ a. bermunculan sekolah-sekolah baru b. menghapuskan diskriminasi pendidikan yang terjadi di masa Kolonial Belanda C. bertambahnya jumlah guru-guru sekolah dasar daerah d. pendidikan dasar makin merata di seluruh Indonesia e. kualitas pendidikan dasar di Indonesia ma- kin baik 7. Setelah berhasil menduduk wilayah Indone- sia, Jepang mengubah sistem pemerintahan di Indonesia. Perubahan sistem pemerintahan tersebut berupa __ a. membagi Indonesia ke dalam beberapa perfektur Indonesia b. pergantian seluruh pemimpin daerah di pemerintahan militer C. pembagian wilayah Indonesia menjadi tiga d. pembentukan derah militer di kota-kota besar e. penerapan fasisme dalam pemerintahan 8. Dibawah ini yang bukan merupakan anggota tambahan dari PPKI adalah __ a. Sayuti Melik b. Ki Hajar Dewantoro C. Ahmad Subarjo d. Iwa Kusumasumantri e. Moh. Hatta
5. Sebutkan tiga (3)alat musik petik beserta asal daerahnya! 6. Apa yang dimaksud dengan upacara adat seren taun? 7. Jelaskan yang dimaksud dengan keberagaman! 8. Sebutkan faktor-faktor yang melatarbelaka ngi keberagaman di Indonesia! 9. Bagaimana cara menjaga kerukunan antarumat beragama? 10. Jelaskan tentang sikap cinta tanah air!
1. Proses perumusan Pancasila sebagai dasar negara merupakan urutan kejadian dalam sebuah sejarah.Buatlah alur sederhana yang menunjukkan proses perumusan dan penetapan Pancasila sebagai dasar negara!
Tugas Kelompok 1. Buatlah kelompok dengan anggota $3-4$ siswa! 2. Lakukan studi pustaka atau eksplorasi internet untuk menemukan informasi mengenai teori-teori ma suknya kebudayaan dan agama Hindu-Buddha ke Indonesia! 3. Identifikasikar kelebihan dan kelemahar masing-masing teori! a. Identifik hasilnya menggunakar aplikasi presentasi setelah itu terangkan di depan kelas secara berg