AI Jawab Pertanyaan_Asisten Tugas Terbaik AI Online | Question AI

Bantuan Tugas Sejarah

Sejarah adalah mata pelajaran yang menarik bagi sebagian orang dan membosankan bagi yang lain. Sementara beberapa siswa terkesan dengan berbagai peristiwa masa lalu, pertempuran, dan tokoh-tokoh menarik, yang lain menganggap sangat sulit untuk menghafal kronologi pertempuran, nama-nama pemimpin berpengaruh, dan beratnya informasi yang ditawarkan mata pelajaran ini.

Untungnya, dengan pertanyaan dan jawaban sejarah ini, mudah bagi kamu untuk mengingat beberapa peristiwa penting besar dan waktu tepat kapan mereka terjadi. Jangan terlalu khawatir bahkan jika nama-nama orang penting ini membuat kepalamu pusing. Bantuan tugas sejarah kami memiliki fitur asosiasi kecerdasan buatan yang akan menghubungkannya dengan beberapa cerita menarik untuk membantumu mengingatnya dengan lebih baik.

4. Mengapa keberagaman budaya di Indonesia merupakan keunggulan dan modal dalam membangun bangsa Indonesia yang lebih maju? Jawab: __

B. Kerjakan soal-soal berikut! 1. Apa yang dimaksud dengan keberagaman, dar mengapa keberagaman dianggap penting dalam suatu masyarakat? 2. Jelaskan faktor-faktor yang menyebabkan keberagaman terjadi dalam suatu masyarakat! 3. Jelaskan persatuan dalam keberagaman! 4. Bagaimana persatuan dalam keberagaman dapat membantu dalam mencapa tujuan bersama dan mengatasi tantangan global? 5. Apa saja praktik sadar yang dapat mendukung persatuan dalam keberagaman?

IV. Ayo, melengkapi pernyataan-pernyataan berikut dengan tepat! 1. __ merupakan modal utama untuk menjaga keberagaman di Indonesia. 2. Negara Indonesia memberikan kebebasan kepada warganya untuk memeluk Tahun 1945 Pasal __ agama. Hal ini dijamin dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Bacalah cerita berikut untuk mengerjakan soal nomor $3-5$ Selasa kemarin, siswa kelas VI belajar memainkan gamelan Toni memainkan gong.Mira memainkan saron, Dodi memainkan kendang, Lisa memainkan suling, Yuda memainkan kenong, dan Wina memainkan bonang. Mereka berlatih memainkan gamelan hingga siang hari dan azan zuhur mulai berkumandang. 3. Unsur budaya yang dimainkan siswa kelas VI adalah __ tradisional. 4. Sikap toleran siswa kelas VI saat azan berkumandang adalah __ memainkan gamelan. 5. Wina meminta izin untuk beribadah. Sikap toleran yang sebaiknya dilakukan teman-temannya adalah memberikan __ kepadanya untuk beribadah. V. Ayo, mengerjakan soal-soal berikut dengan tepat! Bacalah teks berikut untuk mengerjakan soal nomor 1 dan 2! Dina berasal dari Kota Padang, kota yang terkenal dengan masakannya yang pedas. Saat liburan sekolah, Dina bersama keluarganya berlibur . Mereka berkunjung ke rumah kerabatnya, Ila, yang berada di Yogyakarta. Yogyakarta dikenal sebagai Kota Gudeg. Gudeg merupakan masakan yang berbahan utama nangka muda atau yang dikenal dengan "gori" oleh warga lokal. Gudeg Yogyakarta memiliki rasa yang manis. Saat keluarga Dina menginap di rumah Ila, mereka dihidangkan makanan gudeg. Dina tidak terbiasa dengan masakan yang manis. 1. Menurut kalian, apa kaitan gudeg dengan budaya di Yogyakarta? Jawab: __ 2. Sebagai wujud toleransi, bagaimana sikap yang sebaiknya Dina lakukan? Jawab: __ 3. Bagaimana sikap kalian jika ada teman di kelas yang berbeda budaya dan agama? Jawab __ 4. Bagaimana cara menjaga kerukunan di dalam keluarga? Jawab: __

20. Pigey dan toman temannya akan hull seminar yang diadakan di wilayahnya tersebut diadakan dengan ngembanghan budaya bangsa Mahendra dan bergerak untuk berpartisipasi aktif dan begotong royong dalam kan gerakan pengembangan budaya bangsa II Mari mengisl dengan jawaban yang benar! Tindakan yang dapat dilatukan Pigey dan to man teman adalah __ a. menjadi pengurus koperasi desa b. mengikuli pendidikan e. Ikut senta dalam jadwal deea kepada di desanya

16. Serangkaian praktik, kebiasaan kepercayaan, dan ritual yang telah diteruskan dari generasike generasi dalam suatu komunitas atau kelompok sososial disebut __ a. tradisi b. nilai c. kearifan lokal d. budaya 17. Ritual Ma' Nene merupakan sebuah nitual yang dilaksanakan oleh suku __ a. Aceh b. Bali c. Minangkabau d. Toraja 18. Negarakita kaya akan berbagai suku yang terdapat di berbagai daerah Suku-suku berikut yang terdapat di luar daerah Jawa adalah __ a. Suku Betawi b. Suku Sunda c. Suku Badui d. Suku Dayak 19. Tradisi "Mappalette Bola termasuk kearifan lokal dalam dimensi __ a. Solidaritas Kelompok Sosial b. Nilai Lokal c. Sumber daya Lokal d. Mekanisme Pengambilan Keputusan Lokal 20. Tradisi lisan merupakan berbagai kebiasaan yang hidup secara hisan. Contoh tardis!lisan di daerah Nusa Tenggara yaitu __ a. Legenda Putri Mandalika b. Legenda Tangkuban Perahu c. Legenda Malin Kundang d. Legenda Ande-ande lumut

1. Sebutkan arti penting keragaman sosial budaya masyarakat! Jawab: .... __

9. Perbedaan historiografi tradisional de- ngan kolonial adalah __ a. historiografi tradisional bersifat Eropa sentris, sedangkan historiografi kolo- nial bersifat feodalistis -aristokratis b. historiografi tradisional tidak begitu membedakan hal-hal yang khayal dan hal-hal yang nyata sedangkan historiografi kolonial bertumpu pada hal-hal yang bersifat fakta c. historiografi tradisional bersifat istana sentris, sedangkan historiografi kolo- nial bersifat Eropa sentris d. historiografi tradisional menekankan pada hal-hal yang berkaitan peme- rintahan Belanda, sedangkan historio- grafi kolonial bersifat regio sentris atau kedaerahan e. historiografi tradisional bentuk tulisan yaitu berupa laporan sedangkan his- toriografi kolonial bentuk tulisan yaitu berupa naskah 10. Karya sastra yang dikategorikan historio- grafi kolonial berikut ini adalah __ a. Sejarah Nasional Indonesia b. Kitab Mahabharata dan Ramayana c. sekitar Perang Kemerdekaan Indonesia d. Indonesian Trade and Society e. Kitab Pararaton 11. Karya historiografi tradisional yang kese- luruhan ceritanya didominasi unsur Islam adalah __ a. babad d. kronik b. prasasti e. naskah c. hikayat 12. Karakteristik historiografi kolonial adalah __ a. menggambarkan perjuangan Indonesia b. bersifat Indonesia sentris c. disusun sejak masa kemerdekaan d. disusun para pujangga atau bangsa- wan keraton e. disusun untuk kepentingan penjajahan Belanda

8. Kearifan lokal pada dasarnya dapat ditemui disetiap kelompok masyarakat. Kearifan lokal berfungsi sebagai pedoman masyarakat untuk bertindak dalam menghadapi masalah, Terbentuknya kearifan lokal yang dimiliki setiap masyarakat tradisional dilatarbelakangi __ a. proses modernisasi yang terjad pada masa revolusi industri b. masuknya kerajaan Islam membawa pengetahuan modern c. peninggalan teknologi dari masa penjajahan d. proses belajar tehadap gejala alam dan gejala sosial 9. Pergeseran nilai norma, dan etika moral yang diyakini oleh masyarakat disebabkan oleh __ a. adanya kecenderungan pola pikir yang realistis. b. adanya pendidikan nilai dan etika moral dalam masyarakat. c. kurangnya penghayatan terhadap nilai-nilai luhur dan pengaruh globalisasi. d. tuntutan hidup dalam keluarga semakin meningkat. 10. Munculnya kearifan lokal tidak datang secara instan tetapi merupakan suatu proses dari __ a. hasil penelitian yang dilakukan secara berulang b. cerminan dari kebiasaan masyarakat setempat c. fenomena tentang situasi dan kondisi masyarakat d. nilai tradisi yang menyatu dalam kehidupan masyarakat 11. Praktik Subak di Bali merupakan contoh salah satu fungsi kearifan lokal yaitu __ a. pengembangan sumber daya manusia dan sumber daya alam b. pengembangan kebudayaan dan ilmu pengetahuan c. konservasi dan pelestarian sumber daya alam d. pengembangan ilmu pengetahuan 12. Larangan membunuh ular pada masyarakat petani di Jawa dapat dikategorikan dalam bentuk kearifan lokal, karena __ a. ular bermanfaat sebagai pemangsa tikus di sawah b. populasi ular di sawah semakin berkurang c. ular dipandang sebagai hewan keramat d. dapat mengganggu keseimbangan sistem 13. Tradisi-tradisi yang dimilik masyarakat Indonesia banyak yang mengandung nilai-nilai kearifan lokal, seperti yang terlihat pada masyarakat Bali di bidang pertanian, yaitu __ a. sistem sengkedan pada lahan yang berbukit b. melaksanakan upacarangaben bagi yang meninggal c. setiap hari memberi sesajen pada arwah leluhur d. penduduk dilarang menebang pohon di hari tertentu 14. Bentuk rumah adat Toraja merupakan contoh dari bentuk kearifan lokal __ a. intangible c. cagar budaya b. tangible d. tekstual 15. Motif batik parang memiliki arti petuah untuk tidak menyerah. Hal tersebut merupakan contoh dari kearifan lokal dalam __ a. karya-karya masyarakat b. pemanfaatan sumber daya alam c. mitos masyarakat d. bidang pertanian

Tuliskan pendapatm tentang makna proklamasi bag dirimu sendiri Kemudian kemukakan bebera pa kegiatan yang dapat dilakukan untuk mempertahan kan dan mengisi kemerde kaan!

Apa yang di maksud Internalisas Internalization pada proses pembelajaran kebudayaan? Jelaskan bagaimana peran Antropolog Budaya dalam Masyarakat?