AI Jawab Pertanyaan_Asisten Tugas Terbaik AI Online | Question AI

Bantuan Tugas Sejarah

Sejarah adalah mata pelajaran yang menarik bagi sebagian orang dan membosankan bagi yang lain. Sementara beberapa siswa terkesan dengan berbagai peristiwa masa lalu, pertempuran, dan tokoh-tokoh menarik, yang lain menganggap sangat sulit untuk menghafal kronologi pertempuran, nama-nama pemimpin berpengaruh, dan beratnya informasi yang ditawarkan mata pelajaran ini.

Untungnya, dengan pertanyaan dan jawaban sejarah ini, mudah bagi kamu untuk mengingat beberapa peristiwa penting besar dan waktu tepat kapan mereka terjadi. Jangan terlalu khawatir bahkan jika nama-nama orang penting ini membuat kepalamu pusing. Bantuan tugas sejarah kami memiliki fitur asosiasi kecerdasan buatan yang akan menghubungkannya dengan beberapa cerita menarik untuk membantumu mengingatnya dengan lebih baik.

di Indonesia adalah at Indonen kegiatan ekonomi pada waktu kolonialisme Belanda dengan pemerintahan Jepang __ ekspor sedang Belanda berusaha meningkatkan eluspor berusaha meningkintkan a. Jepang b. Jopang membataai planer sodang Belanda membatasi ekspor ditarang d. Balanda mengurangi bahan pakaian, sedangkan Jopang momperkenalkan bahan goni pakaian Dampak pelaksanaan Polask etis yang paling dirasakan dalam pergerakan Nasional adalah __ yang b. Kerugian ekonogan munculnya golongan b. Korugian ekonomi Indonesia d. Perpindahan penduktan pertanian khususnya Pulau Jawa rakyat miskin berkembang pesat di Solo karena __ berkembang swekat Islam yang oleh beberapa tokoh Sarekat Dagang Islam para pengusaha batik b. Dibentuk oleh para 11. Sidang BPUPKI yang bertujuan morumuskan Dasar Negara dan UUD Negara Indonesia. Pada c. Bermotivasi agama islam d. Bersaing dengan pedagang Belanda mengambil langkah __ mengambil langkah dhasikan rumusan Dasar Negara yang lopat Sehingga para tokoh bangsa a. Menotapkan UUD Negara RI D. Melaringkan Pancasila sebagal dasar negara c. Melanjutkan ko sidang BPUPKI yang kedua d. Membentuk panilia 9 unluk morumusakan dasar negara disebabkat pembacaan teks proklamasi dari lapangan ikada menjadi kediaman Ir. Soekarno disebabkan oleh __ a. Ir. Soekarno sedang sakit b. Lapangan Ikada dijaga oleh Jepang c. Adanya usulan dari para pemuda d. Rakyat sudah memadati lapangan Ikada 13. Setelah merdeka bangsa Indonesia mengadakan pembangunan Nasional yang bertujuan __ a. Menjalankan kowajiban negara kepada rakyat b. Melindungi rakyat dari penindasan c. Memakmurkan dan mensejahterakan seluruh rakyat d. Mengisi dan mempertahankan kemerdekaan 14. Perbedaan sumber daya alam dan sumber daya manusia antar daerah menyebabkan tip daerah __ adalah juga memiliki berbedaan pembangunan, jika hal ini dibiarkan maka yang akan terjadi a. Kemiskinan merajalela di wilayah Indonesia b. Susah bagi negara Indonesia menjadi negara maju c. Beratnya beban negara dalam pembangunan d. Kesenjangan pembangunan antar wilayah Indonesia 15. Pemudahan pembangunan memerlukan usaha yang besar dari pemerintah. Untuk memberikan kemudahan mendapatkan modal, pomerintah memfasilitasi adanya __ a Lembaga keuangan c. Organisasi ekonomi d. Badan koperasi b. Bantuan langsung tunai 16. Kestabilan ekonomi di tentukan oleh kestabilan nilai mata uang rupiah. Tercapainya kondisi ini merupakan tugas dari __ a Sentral c. Swasta d. BPR b. Umum 17. Rudi sering berselisih dengan oorang tuanya karena perbedaart prinsip. Orang tua Rudi menginginkan Rudi menjad TNI seperti dirinya. Totapi Rudi lebih memilih menjadi Chef karena profesi ini sesuai dengan jiwanya Konflik yang terjadi antara Rudi dengan ayahnya termasuk bentuk konflik __ c. Antar kelas sosial a. Kepentingan d. Aktivitas manusia b. Antar generasi

d. merealisasikan ide 17. F erkembangan seni rupa Indonesia disemarakkan oleh munculnya seniman- seniman muda yang berlatar belakang berbeda. Hal tersebut terjadi pada periode __ a. Pendudukan Jepang b. Akademi c. Seni Rupa Baru d. Cita Nasional

daya atau agama mereka sendin d. untuk memperkuat kebersamaan perda- maian, danpersatuandiantaraberagam ke tompok 16. Alasan penting untuk mengajarkan anak-anak tentang keberagaman budaya dan agama se- jak dini yaitu agar mereka __ a. memiliki pandangan yang sempit b. tumbuh menjadi individu yang terasing c. tidak tertank dengan budaya dan agama lain d. memilki pemahaman yang lebih baik ten- tang dunia 17. Indonesia dengan semboyar Bhinneka Tung- gallka, menjadi simbol negari yang kaya akan keberagaman budaya, suku, dan agama. Sem- boyan ini mencerminkan komitmen bangsa terhadap persatuan di tengah keragaman. Berdasarkan semboyan ini Indonesia digam- barkan sebagai negara yang __ a. terdiri atas satu suku dan satu agama saja b. tidak memperbolehkan adanya perbedaan c. menghargai dan memelihara keberagaman d. mengutamakan keseragaman dan kesamaan 18. Indonesia dengan ragam budaya dan agama- nya merupakan contoh nyata dan keindahan keberagaman. Keberagaman tersebut menga- jarkan kita pentingnya __ II. Mari mengisi dengan jawaban yang benar! a. memprioritaskan budaya sendiri daripada lainnya b. toleransi dan hidup berdampingan secara damai c. menghindari perayaan tradisional lain d. menjaga jarak dengan yang berbeda 19. Kekayaan keberagaman budaya di Indonesia membutuhkan upaya pelestarian yang ber kelanjutan. Salah satu cara untuk melestari- kannya adalah melalui __ a. pembatasan kebudayaan nasional b. penolakan terhadap kebudayaan asing c.pelarangan penggunaan bahasa daerah d. penyebaran pengetahuan tentang kebuda- yaan 20. Sedi, siswa kelas 6 SD Harapan Bangsa antusias menyambut festival kebudayaan yang melibatkan pelajar dari berbagai etrik di Indonesia. Bersama teman temannya, Se- dimempersiapkan tarian tradisional untuk me- nunjukkan __ a. Ketertankan mereka terutama pada kese- ruan acara b. sikap mereka yang kurang mendukung ke- budayaan lain c. kekaguman dan dukungan mereka terha- dap keberagaman budaya d. niat mereka untuk menyesuaikan kebuda- yaan tersebut dengan ide-ide baru

a. teknologi dan demografi d teknologi dan demograf man dalam masyarakat Perubahan yang terjadi di masyarakat tindakan . Hal yang direncanakan adalah __ dapat direspons dengan membua trencana a. evaluasi yang harus dilakukan b. cara menolak perubahan c. tindakan yang harus dilakukan untuk menyesuaikan dengan perubahan d. upaya menyeleksi dampak dari perubahan yang terjadi

ASGSITERIA A. Berilah tanda silang (X) pada hurut a, b, c, atau d di depan jawaban yang paling tepat! 1. Piagam Jakarta beris perlawanan terhadap imperia lisme, kapit alisme fasisme, serta memulai da sar p embe ntukan Republik Indo nesi a. Sebe lum akhirnya dijad ikan sebagai Pembukaa n UUD 1945 naskah 2 Piaga m Jak arta disusun untuk dijadik an teks Proklam lasi Kemerde kaan Indonesia oleh panitia yang merumu iskannya Berikut yang merumuskar Piagam Jakarta adalah __ a. BPUPKI b.PPKI C. Moh. Yamin d. Panitia Sembilan Peraturan yang ada di negara ini, baik itu yang tertulis maupun tidak tertulis semuanya harus bersumber pada Pancasila, karena Pancasila sebagai __ a. ideologi bangsa b.falsafah bangsa instrumen bangsa

konfrontasi dengan Malaysia ditanda dengan dikeluarkannya __ a. dwidarma b. dwikora c. trikora d. tritura 5. Latar belakang dikeluarkan Deklarasi Ekonomi (Dekon) adalah __ a. pinzaman luar negeri tidak mampu mengatasi masalah b. penurunan jumlah uang yang beredar di masyarakat masyarakan taju infas yang semakin tingg d. sulitnya mendapat prizaman dan luar negen 6. Kegagalan pemenintah masa demokrasi terpimpin dalam mengatasi masalah ekonomi disebabkan karena __ a. tidak terwujudnya pinjaman dari Intemational Monetary Fund (IMF) b. adanya berbagai gangguan keamanan akbat pergolakan daerah c. defisit anggaran belanja yang semakin besar d. kemerosotan nlai mata uang ruplah 7. Pemerintah Orde Baru memprogramkan stabilisasi ekonomi dengan maksud untuk __ a. menggalakkan lembaga perkreditan desa b. memulihkan kemampuan berproduksi c. menggalakkan gerakan koperasi d. perbaikan sarana ekonomi 8. Indonesia dipimpin oleh presiden. Presiden Ri kedua yang memimpin di Orde Baru adalah __ a. Soekamo b. Soeharto c. BJ Habibie d. Gus Dur 9. Hasil dari Pelita V adalah __ a. mentik beratkan sektor kelautan b. menitik beratikan sektor perbankan dan pertenakan c. mentik beratkan sektor pertanian dan industri d. menitik beratkan sektor transportas 10. Salah satu dampak positif dan industrialisasi adalah __ a. tercapainya swasembada beras b. teroptanya stabilitas elonom c. tercapanya efsersidan elektriasikerja d. menurunnya angla kematian penduduk usia kerja 11. Pada masa Orde Baru. pemerintah mencanangkan pembangunan melalu lima tahun (pelita), hingga pelita ke __ a. tiga b. empat c. Ima d. enam 12 Landasan pembangunan Orde Baru adalah __ a. Triogi pembangunan b. Caturtog pembangunan c. Eka Presetya panca karsa d. Gemah ripah loh jnaw 13. Berakhimya masa kekuasaan Orde Lama yang digantikan Orde Baru.secara formal ditandai dengan __ (HOTS) a. Supersemar b. Tritura c. pelantikan Soeharto sebaga pejabat presiden RI d. penumpasan G30 SPKL1985 14. Tujuan yang hendak dicapai pemerintah Orde Baru adalah __ a. menciptakan masyarakat Indonesia yang stabil dan sejahtera b. mencegah munculnya kembal bahaya laten komunis c. melaksanakan Pancasia danUUD 1945 secara mumi dan konsekuen d. mewujudkan pemerintahan yang bersih dan benvibawa 15. Salah satu bukt program Orde Baru yang dinilai berhasil adalah __ a. mene mpatkan Indonesia menjadi negara yang paling maju di bidang pariwisata b. menempatkan ABRI sebaga kekuatan Sospol c. menempatkan Indonesia dan Negara pengimpor beras menjad swasembada beras d. menempatkan Indonesia menjadi negara yang paling ramah 16. Krisis sosial yang mendorong terjadinya reformasi adalah __

21. Bahasa Indonesia merupakan bahasa persatuan bangsa Indonesia.Bahasa Indonesia merupakan produk budaya bangsa Indonesia .Diakuinya bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan berkaitan dengan peristiwa __ a. kemerdekaan Republik Indonesia b Sumpah Palapa c. Rengasdengklok d. Sumpah Pemuda 22. Bangsa Indonesia memiliki banyak baik dapat memicu perpecahan. Berikut keragaman. Jika tidak dipelihara dengan merupakan sikap yang perlu dimiliki oleh bangsa Indonesia untuk menjaga persatuan, kecuall __ HOTS a. tidak memandang rendah budaya dan suku lain b. tidakmenilaibudayadan sukunya paling baik dan paling tinggi dibandingkan yang lain c. mendahulukan kepentingan suku atau daerah daripada bangsa dan negara d. menerima keanekaragaman latar belakang suku dan budaya 23. Berikut yang merupakan ciri-ciri budaya adalah __ a. dimiliki secara keseluruhan b. berbasis kepercayaan c. bersifat adaptif d. tidak dapat diwariskan 24. Budaya dapat menjadi pembeda antara bangsa atau kelompok masyarakat satu dengan lainnya. Hal tersebut menjelaskan tentang fungsi budaya sebagai __ a. media komunikasi b. identitas c. komitmen d. pembentuk perilaku dan sikap 25. Aesan gede merupakan pakaian adat __ a. Palembang b. Bangka Belitung c. Banten d. Sumatra Barat yang bangsa Indonesia, kecuall __ a. religius b. kental dengan nilai-nilai sosial dan kemanusiaan c. menjunjung tinggi nilai kesopanan d. menjunjung tingg kebebasan 27. Rumah adat merupakan salah satu bentuk produk budaya bangsa Rumah adat Kalimantan Timur adalah __ a. rumah bolon b. rumah gadang c. rumah rakit d. rumah lamin 28. Seni pertunjukan tradisional masyarakat Minangkabau yang sarat akan falsafah, etika, dan pelajaran hidup orang Minang adalah __ a. randai b. terbang gede c. wayang kulit d. lenong 29. Masyarakat Dayak merupakan salah satu suku bangsa yang ada di Indonesia. Mayoritas masyarakat Dayak menempati wilayah Kalimantan Masyarakat Dayak memiliki tradisi tersendiri. Salah satunya adalah tradisi membuka hutan untuk menyiapkan lahan pertanian perkebunan, dan keperluan lainnya dengan membuat batas api. Nama tradisi masyarakat Dayak tersebut adalah __ HOTS a. ngayah b. nataki c. randai d. megibung 30. Kebudayaan bangsa Indonesia dalam mengambil keputusan yang sesuai dengan nilai-nilai yang dianut bangsa Indonesia adalah __ a. musyawarah b. gotong royong c. mappalili d. tedak siten abini donaan benarl

2. Uraikan mengenai perjuangan rakyat Sunda.Kelaja Jawab: 3. Jabarkan mengenai perang Padhi Jawab: __ Jawab: __ Jawab: __

a Aceh 1) DKI Jakaita 1. Papua Batai tava

1. Isi tujuan pembangunan nasional Indonesia tercermin dalam alinea keempat pembukaan UUD 1945. Salah satu tujuan tersebut adalah __ a. meningkatkan pertumbuhan ekonomi negara b. menjaga kedaulatan negara dari ancaman luar c. menjamin pemerataan distribusi bagi seluruh penduduk d. memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa 2. Pada masa Orde Lama Indonesia menerapkan sistem pemerintahan parlementer. Sistem ini memungkinkan adanya hubungan yang erat antara pemerintah dan parlemen yang berperan dalam pembentukan kebijakan dan menjaga keseimbangan kekuasaan Indikator yang mencerminkan pelaksanaan sistem tersebut adalah __ HOTS a. Pembentukan KNIP pada 23 Februari 1945 b. Perpindahan ibu kota negara RI dari Jakarta ke Yogyakarta c. Pembentukan kabinet dengan perdana menteri sebagai kepala pemerintahan d. Pengajuan Maklumat KNIP Nomor 5 pada 11 November 1945 3. Program pembangunan jangka panjang nasional (RPJN) selama masa pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono adalah __ a. program transmigrasi untuk meratakan kepadatan penduduk b. program keluarga berencana untuk mengendalikan ledakan penduduk c. program revolusi mental untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia d. Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3El)