Bantuan Tugas Sejarah
Sejarah adalah mata pelajaran yang menarik bagi sebagian orang dan membosankan bagi yang lain. Sementara beberapa siswa terkesan dengan berbagai peristiwa masa lalu, pertempuran, dan tokoh-tokoh menarik, yang lain menganggap sangat sulit untuk menghafal kronologi pertempuran, nama-nama pemimpin berpengaruh, dan beratnya informasi yang ditawarkan mata pelajaran ini.
Untungnya, dengan pertanyaan dan jawaban sejarah ini, mudah bagi kamu untuk mengingat beberapa peristiwa penting besar dan waktu tepat kapan mereka terjadi. Jangan terlalu khawatir bahkan jika nama-nama orang penting ini membuat kepalamu pusing. Bantuan tugas sejarah kami memiliki fitur asosiasi kecerdasan buatan yang akan menghubungkannya dengan beberapa cerita menarik untuk membantumu mengingatnya dengan lebih baik.
Pendidika in Islam berkembang pesat di m asa keralaan: Majapahit Sriwijaya Demak Kediri Singasari poin
22. Banyuanyar berasal dari bahasa Jawa 27. Pondok Pesantren adalah .... (wors) __ a. air baru c. air payau b. air tawar d. air jernih 23. Pondok Pesantren Al-Huda didirikan oleh K.H. Abdurrahman pada tahun __ a. 1800 c. 1900 b. 1801 d. 1901 24. Pondok Pesantren yang didirikan oleh Kiai Itsbat Bin Ishaq adalah __ a. Pondok Pesantren Banyuanyar b. Pondok Pesantren Buntet c. Pondok Pesantren Darussalam d. Pondok Pesantren Subulussalam 25. Kyai Muqoyyim putra Kyai Abdul Hadi yang merupakan keturunan bangsawan dari Kesultanan __ a. Banten c. Mataram b. Cirebon d. Surakarta 26. Pondok Pesantren yang terletak terletak di sekitar 12 kilometer dari Keraton Kanoman adalah __ a. Pondok Pesantren Banyuanyar b. Pondok Pesantren Bunter c. Pondok Pesantren Darussalam usianya hampir satu abad adalah __ HOTS a. Pondok Pesantren Subulussalam b. Pesantren Buntet c. Pondok Pesantren As'adiyah d. Pondok Pesantren Darussalam 28. Pondok Pesantren yang dijadikan markas Tentara Keamanan Rakyat (TKR adalah __ a. Pondok Pesantren As 'adiyah b. Pondok Pesantren Darussalam c. Pondok Pesantren Subulussalam d. Pesantren Buntet 29. Pondok Pesantren Darussalam berada di Provinsi __ a. Kalimantan Barat b. Kalimantan Timur c. Kalimantan Selatan d. Kalimantan Utara 30. Pondok pesantren tertua di Kalimantan adalah __ a. Pondok Pesantren Subulussalam b. Pesantren Buntet c. Pondok Pesantren As'adiyah
12 Sikap positif terhadap pokok pikiran pertama Pembukaan UUD NRI Tahun 1945 dalam ke- hidupan bangsa dan negara adalah __ (NOTS a. 1)Hidup rukun dengan saudara 2) Saling menghormat dan menyayang anggota keluarga b. 1)Mengikut pelajaran dengan sungguh- sungguh 2)Mengikut kegiatan ekstra pramuka c. 1)Mencintai tanah air dan bangsa 2)Menggunakan bahasa Indonesia de ngan baik dan benar d. 1)lkut serta upaya pemerintah dalam mengatasi kemiskinan 2) Bertaku adil terhadap sesama tanpa membedakan suku agama dan jenis kelamin 13. Implementasi pokok pikiran kedua Pembu- kaan Undang -Undang Dasar Negara Repub- lik Indonesia Tahun 1945 dapat diwujudkan dengan __ a program pemberian bantuan sosial ber. syarat kepada keluarga miskin b menghilangkan sikap kesukuan keturun an,dan warna kulit c menggalang persatuan dan kesatuan bangsa d. menempatkan manusia sebagai makhluk Tuhan Yang Maha Esa 14. lkut melaksanakan ketertiban dunia adalah negara yang bersifat internasional Perwujudan dari pelaksanaan ketertiban dur nia yang dapat dilaksanakan Indonesia ters kandung dalam Pembukaan UUD NRI Tahun 1945 adalah __ a mendukung salah negara untuk melaku- kan aneksasi wilayah negara lain b penggunaan segala bentuk persenjataan dalam pelaksanaan perang antamegara c. menentang segala bentuk penjajahan di muka burni d mendukung kepada negara yang ber- usaha melakukan ekspans wilayah
17. Kemajuan dan perkembangan ekspansi | kerajaan Turki Usmani yang demikian luas dan berlangsung dengan cepat yang salah satunya pada B idang __ A. Kemanusiaan C. Pemasaran B. Teknologi D. Pengetahuan 18. Setelah Entroghrul meninggal dunia, kepemimpinan dilanjutka oleh putranya yang bernama A. Salahudin al ayyubi B. Umar bin khottob C. Usman D. Urwah 19. Pada masa Turki Usmani tarekat juga mengalami kemajuan.Tarekat y ang paling berkembang ialah tarekat __ A. Jenissari B. Bektasyi dan Maulawi C. Al ansyori D. Sulaimani
Sistem ekonomi Orde Baru lebih mengarah pada kapitalisme yang dikuasai oleh __ buruh dan nelayan petani kelas menengah sektor informal konglomerat
22 Latihan Soal Akhir Bab A. Pilihlah satu jawaban yang benar. 1.Pada masyarakat yang hidup berburu dan meramu, kaum laki-laki berburu hewan liar atau mencari ikan di sungai. Sementara itu, kaum wanita mengurus dan mencari umbi-umbian liar Keadaan ini menunjukkan bahwa masyarakat dalam hidup mereka nilai __ prasejarah telah mempraktikkan A. kemanusiaan C. kerakyatan B. persatuan D. keadilan 2.Dari salah satu yupa diketahui bahwa Raja Mulawarman yang memimpin Kerajaan Kutai telah mengamalkan nilai-nilai Pancasila.Hal itu salah satunya ditunjukkan oleh Raja Mulawarman dengan __ A.membangun saluran air sepanjang 11 km selama 21 hari untuk mencegah banjir dan mengairi sawah pada musim kemarau B. mengirim utusan ke Tiongkok sebagai kunjungan persahabatan yang didasarkan oleh hubungan dagang C.melakukan upacara pengorbanan dan memberikan sedekah kepada para Brahmana D.mendirikan pelabuhan sebagai tempat singgah -kapal pedagang India yang berlayar ke Tiongkok 3.Dampak Politik Etis yang dirasakan oleh masyarakat Hindia Belanda pada masa itu adalah __ A.munculnya pedagang -pedagang hebat B.munculnya kaum-kaum terpelajar mahir dalam berbisnis masyarakat Indonesia menjadi Pendidikan Pancasila Kelas VII lupa dengan budayanya D.masyarakat menjadi 4.Salah satu sikap yang baik dalam kehidupan sehari-hari adalah __ menghayati Sumpah Pemuda dalam A. menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar B. men ggun akan bahasa gaul sebanyak mungkin C. bersahabat hanya dengan orang dari daerah yang sama D.lebih menyukai produk -produk dari luar negeri 5.Rumusan Pancasila yang sah dan benar terdapat dalam Pembukaan UUD NRI Tahun 1945 yang disahkan oleh PPKI pada 18 Agustus 1945 tepatnya pada alinea __ A.pertama C. ketiga B. kedua D.keempat 6.gots Para tokoh perumus dasar negara telah berjuang untuk menciptakan sebuah negara yang mampu berdiri dengan kokoh di tengah perbedaan. Sikap para perumus dasar negara yang dapat dijadikan sebagai teladan dalam kehidupan sehari-hari adalah __ A. menguta m akan pendapat golongan tua dibandingkan golongan muda B. selalu me ngutama kan kepentingan umum kepentingan pribadi di atas C.mementingkan sikap individualis dalam permasalahan D. mendengarkan pendapat orang lain dan memberi kritik yang membangun 7.Panc asila a dalah sebuah dasar yang dapa t digu naka in seb agai pedoman berp erilak u dalan kehidupan sehari- hari. C ontoh perilaku yang sesuai deng an Pancasila a dalah __ A. mem laksakan kep yang kita a nut kepada orang lain B. men gang gap r emeh orang yang lebih miskin dari kita C. men ghar gai p enda pat yang berb eda dengan pendapat kita D. men ghak imi orang lain yang ketahuan mencuri di sekitar rumah 8. Hors 'Als ik eens Nederlander was' (Seandainya Aku Seorang Belanda) merupakan judul artikel yang berisi sindiran atas ketidakadilan di daerah jajahan yang ditulis di surat kabar De Express.Penulis artikel ini adalah salah seorang tokoh pendiri __ A.Budi Utomo B. Indische Partij Sarekat Islam D.Trikoro Dharmo 9.more "Kami putra dan putri Indonesia mengaku bertumpah darah yang satu. tanah air Indonesia". Ini merupakan salah satu isi Sumpah Pemuda yang diikrarkan pada tanggal 28 Oktober B.Jawablah pertanyaan -pertanyaan berikut dengan tepat. 1.Mengapa Kebangkitan Nasional disebut sebagai tonggak sejarah bagi bangsa Indonesia untuk mewujudkan kemerdekaannya? 2.Para pahlawan kita memiliki semangat juang yang tinggi untuk kemerdekaan 3.Hors Ada seorang penggemar bulu tangkis Dia selalu menonton pertandingan bulu bulu tangkis tersebut?Jelaskan. Bab 1/Kelahiran Pancasila 23 1928. Makna dari isi Sumpah Pemuda tersebut terlihat da ri pernyataan bahwa __ A.laut mer upak an pe m ersatu bangsa Indonesia B.laut pemisah pulau-pulau di Indonesia laut memiliki sumber daya alam yang kaya D. ada banyak ke anekara gaman hayati laut 10. Tous Pe rhatikan pernyat aan- pernyataan berikut. (1)Berjuang memerdekakan negara- (2) Mengutamakan persatuan dan negara terjajah. kesatuan. (3) Rela berkorban untuk mencapai kemerdekaan. (4) Berpartisipasi aktif mencapai cita-cita bangsa. (5) Pantang bekerja sama dengan negara yang pernah menjajah. Semangat para tokoh perumus dasar negara ditunjukkan oleh pernyataan nomor __ A.(1), (2), dan (3) B. (1), (2), dan (4) (2), (3), dan (4) D.(3), (4), dan (5) Indonesia. Menurut kamu apakah semangat juang ini perlukamu miliki? Jelaskan. tangkis secara langsung Ketika atlet bulu tangkis Indonesia gagal memenang pertandingan, dia akan marah Diajuga sering mengejek-atlet darinegara lain yang sedang bertanding. Menurutnya sikapnya itu merupakan bentuk kecintaan kepada Negara Indonesia Setujukah kamu dengan pendapat penggemat
7 Islam disebarluaskan di Indonesia melalui beberapa jalur masuk Penyebaran Islam yang disesuakan pola pikir masyarakat karena masih berorientasi pada agama Hindudan Buddha merupakan penyebaran Islam melalui jalur __ a pendidikan b. dakwah c. seni budaya d tasawuf e perdagangan 8. Berikut beberapa strategi dakwah dalam menyebarluaskan ajaran Isfam 1. Mengirimkan pasukan dipimpin oleh panglima tempur 2 Mengadakan pertempuran untuk menaklukkan suatu wilayah 3 Menggunakan berbagai macam kesenian sebagai sarana ber- dakwah 4 Membangun pondok pesantren sebagai pusat dakwah Berdasarkan pernyataan tersebut strategi dakwah Islam yang sering digunakan di wilayah Indonesia ditunjukkan nomor __ HOTS a. 1 dan 2 b. 1 dan 3 c. 2 dan 3 d. 2 dan 4 e. 3 dan 4 9. Suatu perjalanan sejarah dapat dijadikan teladan. Ibrah yang dapat diambil dari sejarah perkembangan Islam di Indonesia adalah __ (HOTS) a memanfaatkan peninggalan se jarah untuk tempat pemujaan b. menjualkembalihasilkarya ulama agar mendapat keuntungan mencontoh hasil karya ulama untuk dijadikan karangan sendiri d. mengajarkan tentang Islam dengan paksaan e.meneladan perjuangan para ulama dalam berdakwah
27 Landasan terbentuknya Gerakan Non- Blok, kecuali __ a. Dasasila Bandung b. lima poin pidato Jawaharial Nehru C. Deklarasi Havana 1979 d. keinginan negara-negara berkembang untuk tidak pada salah satu blok e. karena berlomba -lomba mejadi negara adidaya 28. Gerakan Non-Blok dibentuk berasal dari gagasan pimpinan negara-negara __ a. Indonesia, India Pakistan, Arab Saudi dan Ghana b. Yugoslavia, Mesir Indonesia, India dan Ghana C. Indonesia, Singapura Filipina, Mesir, dan India d. Indonesia, Yugoslavia Ghana, Mesir, dan Filipina e. Indonesia, India Filipina, Yugoslavia, dan Mesir 29. Indonesia adalah negara ikut mendirikan kelompok negara-negara Non-Blok. Hal ini sebagai bukti bahwa Indonesia __ a. ingin menciptakan stabilitas nasional yang sehat dan dinamis b. ingin menciptakan persahabatan dan perdamaian dunia C. ingin membuat kekuatan baru di kawasan Asia-Afrika d. negara yang menghormati kedaulatan negara lain. e. negara yang tidak terpengaruh oleh negara manapun ). Indonesia menunjukkan sikap netral pada masa Perang Dingin menjadi sa- lah satu inisiator pembentukan Gerakan Non-Blok (GNB)Indonesia terlibat dalam Gerakan Non-Blok disebabkan karena __ a. Blok Barat dan Blok Timur tidak mem- berikan keuntungan kepada Indonesia b. Uni Soviet memandang Indonesia tidak memiliki kekuatan tempur yang kuat Indonesia menerapkan prinsip berdiri di atas kaki sendiri d. Amerika Serikat membantu Belanda dalam perebutan Irian Barat e. Indonesia menganut paham politik luar negeri bebas dan aktif 31. Munculnya pemberontakan DITII disebab- kan adanya __ a. keinginan untuk mengubah negara RI menjadi NII b. tidak mau mengikuti pemerintah R untuk melakukan hijrah C. pembentukan NII yang diproklamasi- kan oleh Kartosoewirjo d. ketidakpuasan isi Perjanjian Renville e. keinginan untuk mempertahankan wilayah Jawa Barat 32. Pemberontakan yang terjadi di Indonesia dalam kurun waktu $1950-1966$ dengan penyelesaian secara damai adalah __ a. Andi Aziz b. Permesta C. DI/TII di Aceh d. DI/TII di Jawa Barat e. APRA 33. Pemilu I tahun 1955 berhasil dilaksanakan pada masa __ a. Kabinet Natsir b. Kabinet Wilopo C. Kabinet Ali Sastroamidjojo I d. Kabinet Boerhanoeddin Harahap e. Kabinet Soekiman 34. Pemilu I tahun 1955 tahap II bertujuan untuk memilih __ a. DPR b. MPR C. DPRD d. presiden dan wakil presiden e. Dewan Konstituante 35. Untuk menumpas pemberontakan Per- mesta, pemerintah Indonesia melancarkan operasi gabungan yang diberi nama __ a. Operasi Pagar Betis b. Operasi Saptamarga C. Operasi Pancasila d. Operasi Merdeka e. Operasi Tegas
0219. Teks proklamasi ditulis di rumah Laksamana Tadashi Maeda, JI. Imam Bonjol No. 1. Para penyusun teks proklamasi adalah __ a. Ir. Soekamo, Drs Moh. Hatta, dan Dr. Supomo b. Ir. Sockarno, Drs Moh: Hatta, dan Mr. Moh Yamin c. In Soekarno.Dis Moh. Hatta dan Mr Achmad Soebardjo Hatta, dan Mr. Achmad Dahlan 10910. Negara Amenka menjatuhkan bom atom oleh tentara Amerika Serikat pada tanggal 6 Agustus $1945$ 110 a. Surabaya c. Hroshena b. Nagasaki d. Yoguakem in 112 11311. Hari palihayan diperingati-setiap tangal 114 a 28-Oktober b. 10 November 21 Apri d 1 Oktober 115 116-12. Perjanjian Rem We balangsung pada tuged 117 a. 15 November $1946-25$ Morer 7947 c. 14 April $1949-7$ Mei 1949 b. 8 Desember $1947=17$ Januan 1945 d. 23 Agustus $1949-2$ November 1949 128 ing
- perhatikan beberapa keterangan berikut! 1) Banyak orang non-Arab yang memeluk Islam. 2) Meluasnya wilayah kekuasaan Islam ke berbagai daerah 2) Kesulitan untuk membedakan huruf yang bentuknya sama. Keterangan tersebut menunjukkan perlunya pengembanga n dalam bidang __ a kesenian b. bahasa Arab c. ilmu geografi d. ilmu astronomi 8. Thsabal-'Ulum wa at-Ta'rif bi Agradiha merupakan salah satu karya ilmuwan __ a. Abu al-Abbas an-Nabati b. Abu Ishaq az-Zarqali c. Abbas Ibnu Firnas d. al-Farabi 9. Rahma mengerjakan soal ujian di rumah selam masa pandemi Rahma mengalami kesulita mengerjakan soal tersebut Rahma sebaikny __ a mengerjakan soal yang disukai b kepada orang tua c. meminta teman untuk membantu d.nengerjakan sesuai kemampuan