Bantuan Tugas Sejarah
Sejarah adalah mata pelajaran yang menarik bagi sebagian orang dan membosankan bagi yang lain. Sementara beberapa siswa terkesan dengan berbagai peristiwa masa lalu, pertempuran, dan tokoh-tokoh menarik, yang lain menganggap sangat sulit untuk menghafal kronologi pertempuran, nama-nama pemimpin berpengaruh, dan beratnya informasi yang ditawarkan mata pelajaran ini.
Untungnya, dengan pertanyaan dan jawaban sejarah ini, mudah bagi kamu untuk mengingat beberapa peristiwa penting besar dan waktu tepat kapan mereka terjadi. Jangan terlalu khawatir bahkan jika nama-nama orang penting ini membuat kepalamu pusing. Bantuan tugas sejarah kami memiliki fitur asosiasi kecerdasan buatan yang akan menghubungkannya dengan beberapa cerita menarik untuk membantumu mengingatnya dengan lebih baik.
I. Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c, d,atau e pada jawaban yang paling benar! 1. Perhatikan surat kabar berikut! (1) Pewarta Priyayi. (2) De Preanger Bode. (3) Bintang Hindia. (4) Harian Kita. (5) Jawa Pos. Dampak dari kolonialisme adalah munculnya kaum terpelajar. Kaum tersebut melahirkan surat kabar yang ditunjukkan oleh nomor __ a. (1), (2 ), dan (3) b. (2), (3 ), dan (4) C. (1), (2), dan (4) d. (2), (4), dan (5) e. (3), (4), dan (5 ) 2. Perhatikan bidang -bidang berikut! (1) Pendidikan. (2) Irigasi. (3)/transmigrasi. (4) Sosial budaya. (5) Politik. Program politik etis ditunjukkan oleh nomor __ a. (1), (2), dan (3) d. (2 ), (4), dan (5) b. (2), (3), dan (4) e. (3 ), (4), dan (5) C. (1), (2)dan (4) 3. Perhatikan bank berikut! (1) De Javanical Bank. (2) Bank of The Majapahit. (3) Nederlands Handels Maatschappii (4) De Nationale Handels Bank . (5) Escompto Bank. Bank yang didirikan pada masa Raffles ditunjukkan oleh nomor __ a. (1), (2 , dan (3) b. (2), (3), dan (4) C. (1), (2 ), dan (4) d. (2)(4), dan (5 ) e. (3), (4), dan (5) 4. Pendidikan kolonial yang siswanya memegang peranan penting dalam menumbuhkembangkan nasionalisme di kalangan masyarakat adalah __ a. pendidikan dasar b. pendidikan menengah C. perguruan tinggi d. pesantren e. rechts hoge school 5. Lulusan sekolah ini menjadi dokter dan disamakan dengan lulusan universitas di Belanda adalah __ a. Rechts Hoge School (RH) b. Teckhnische Hogeschool $(TH)$ C. STOVIA d. Huneeskundige e. Europose Larges School 6. OSVIA merupakan lembaga sekolah untuk mencetak __ a. pamong praja d ahli pertanian b. jaksa e. arsitektur C. guru 7. Lembaga pendidikan Islam tertua di Indonesia adalah __ a. madrasah d. tsanawiyah b. pesantren e. langgar C. asrama
Sebagai ilmu , sejarah memiliki hubungan kausalitas dari satu peristiwa yang lain. Artinya , sejarah memiliki hubungan __ A Sebab-akibat B Sesama pelaku C Berurutan berdasarkan waktu D Kesamaan unsur ruang E Dimensi waktu
III. Jawablah soal-soal berikut dengan singkat dan tepat! 1. Apa pembiasaan yang dapat kila lakukan agar dapat melestarikan sumber daya air? Jawab: __ 2. Pembabakan atau periodisasi masa aksara meliputi periodisasi secara geologis, periodisasi secara arkeologis, dan periodisas berdasarkan perkembangan kehidupan Jelaskan! Jawab: __ 3. Pada masa bercocok tanam (food producing) dan berternak telah terjadi perubahan besar, yaitu revolusi kehidupan manusia Mengapa disebut demikian? Jawab: __ 4. Banyak pendapat yang muncu terkait dengan dari mana sejatinya asal usul nenek moyang bangsa Indonesia. Jelaskan tentang bukti genetika yang dijadikan salah satu dasar dari pendapat tersebut! Jawab: __ 5. Jelaskan tentang fenomena diaspora bangsa Indonesia! Jawab: __
21. Apa yang menjadi alasan utama interaksi antara Indonesia dengan bangsa asing pada masa lalu? A. Kekurangan sumber daya alam B. Keinginan untuk mengeksplorasi benua baru C. Posisi strategis ebagai jalur perdagangan D. Kebutuhan untuk mengadops teknologi bang 22. Bagaimana perdagangan Nusantara pada awal Masehi? A. Terjadi perdagangan antara pulau-pulau di Indonesia B. Terjadi perdagangan antara Indonesia dan negara-negara di Eropa C. Terjadi perdagangan antar Indonesia dan negara-negara Asia D. Terjadi perdagangan antara Indonesia dan Amerika 23. Apa dampak dari perdagangan internasional terhadap kehidupan masyarakat pada masa kerajaan Hindu- Buddha? A. Meningkatnya konflik sosial C. Penurunan pertumbuhan ekonomi B. Peningkatan kekayaan dan kemajuan budaya D. Peningkatan Pengangguran 24. Apa yang pengaruh dari interaksi dengan bangsa asing terhadap perkembangan kebudayaan di Indonesia? A. Penghapusan budaya local C. Penurunan kualitas seni dan budaya B. Adopsi dan penyebaran unsur budaya baru D. Pembentukan budaya yang homogen 25. Apa yang memengaruhi berkembangnya kehidupan sosial masyarakat pada masa kerajaan Hindu-Buddha? A. Kegiatan militer C. Interaksi perdagangan dengan bangsa asing B. Sistem pemerintahan D. Proses Urbanisasi 26. Wilayah Asia Tenggara adalah pertemuan jalur pegunungan muda Sirkum Mediterania dan Sirkum Pasifik. Hal ini mengakibatkan __ A. sering terjadi bencana alam vulkanisme dan tektonisme B. merupakan kawasan paling stabil C. sering dilanda badai tropis D. sering dilanda bencana banjir 27. Di bawah ini yang tidak termasuk faktor pendorong negara Singapura menjadi negara paling modern dan paling maju di Asia Tenggara yaitu __ A. situasi keamanan dan politik negara Singapura relatif stabil B. Singapura mempunyai sarana dan prasarana pelabuhan dan penerbangan bertaraf internasional C. Singapura mempunyai letak yang strategis D. Singapura mempunyai SDA yang melimpah 28. Letak Astronomis Asia Tenggara adalah __ A. $25^{\circ }LU-11^{\circ }LS$ dan $91^{\circ }BT-141^{\circ }BT$ C. $27^{\circ }LU-11^{\circ }LS$ dan $93^{\circ }BT-143^{\circ }BT$ B. $26^{\circ }LU-11^{\circ }LS$ dan $95^{\circ }BT-142^{\circ }BT$ D. $28^{\circ }LU-11^{\circ }LS$ dan $93^{\circ }BT-141^{\circ }BT$ 29. Berikut ini negara ASEAN dengan luas terkeci adalah __ A. Filipina C. Indonesia B. Thailand D. Malaysia 30. Negara di Asia Tenggara yang sebagian besar devisa negara bersumber dari sektor minyak, yaitu __ A. Singapura C. Laos C. Brunei Darussalam D. Timor Leste 31. Negara di kawasan ASEAN yang penduduknya mayoritas beragama Islam yaitu __ A. Indonesia dan Malaysia C. Myanmar dan Brunei Darussalam B. Malaysia dan Singapura D. Filipina dan Brunei Darussalam
Soal Perhatikan n ama-nama tokoh di bawah ini! 1. Trygv e Lie 2. U Nu 3. Ban Ki -moon 4. Kwane Nkrumah 5. Antonio Guteres Tokoh yang pernah menjabat sebag al Sekjen PBB adalah __
8. Berdasarkan ilustrasi tersebut, latar belakang terbentukny kelompok sosial adalah __ a.kesamaan kepentingan dan tujuan b. pengalaman praktis dan emosional c. perasaaan senasib sepenanggungan d. dorongan untuk mempertahank an hidup e. kesamaan asal-usul kedaerahan 9. Komunitas pengusaha seperti dijelaskan pada ilustrasi tersebut menunjukkan perkembangan kelompok pada tahap __ a. norming b. forming c. storming d. adjournig e. performing 10. Pada masa praaksara manusia membentuk kelompok sosial untuk bekerja sama meng- hadapi ancaman seperti serangan binatang buas ataupun kondisi alam yang belum ber- sahabat Selain itu manusia saling bekerja sama dalam kegiatan berburu dan mengumpulkan makanan. Faktor pembentuk kelompok sosial berdasarkan uraian tersebut adalah . __ a. adanya kesamaan ciri fisik b. adanya pengalamar intelektual c. munculnya hasrat meneruskan keturunan d. adanya tujuan yang ingin dicapai bersama munculnya dorongan mempertahankan hidup
15. Salah satu kebijakan pemerintah Jepang yang terkenal kejam adalah romusa . Kebija berupa __ A. Perekrutan pemuda untuk mendukung pasukan jepang B. Pelatihan militer yang diwajibkan bagi pemuda indonesia C . Pengerahan tenaga rakyat untuk dipekerjakan tanpa diupah D . Pengerahan kekuatan rakyat untuk mendukung perang asia timur raya 16. Peristiwa Rengasdengl lok merupakan salah satu peristiwa penting menjelan Kemerdekaan .Berikut ini penyebab dari terjadinya peristiwa tersebut yaitu __ A . menghindari pengaruh -pengaruh dari Belanda B. perbedaan pendapat antara golongan tua dan muda C ketidakstabilar sosial dan politik di Indonesia D. Jepang mengingkari janji memberikan kemerdekaan 17. Berikut arti penting proklamasi kemerdekaar bagi bangsa Indonesia saat ini yaitu __ A. kebebasan menjalani kehidupan secara mutlak B. menjadi negara yang paling kuat di Asia C. disegani oleh negara -negara tetangga D heraktivitas tonno
berperan sebagai? Penyebar agama Pekerja kasar Petani dan pedagang Pelindung masyarakat Guru spiritual golongan yang paling terlibat dalam perdagangan dan ekonomi adalah? Waisya Dalit Ksatria Sudra Brahmana Golongan Ksatria terutama 10 points Dalam sistem catur warna 10 points
7. Setelah kerajaan mataram mengalomi kemunduran teyedik gianti.Sebutkan isi perjan ian gianti tib
1. Tokoh yang terlibat dalam perjuangan bangsa Israel memasuki Tanah Terjanji adalah __ A. 'onatan C. Yosua B. Daud D. Salomo 2. Alasan bangsa Israel dapat merebut kembali Tanah Terjanji adalah __ A. Memiliki pemimpin yang hebat C. Actunya sersangat persatuan dan kesatuan B. Peralatan perang yang canggih D. Banyak negara yang mendukungnya 3. Tokoh Gereja Katolik yang terkenal dengan semboyan "Menjadi seratus persen Katolik dan seratus persen warga negara Indonesia," adalah __ A. Mgr. Soegijapranata C. Bpk. Agustinus Adi Sucipto B. Mgr. Leo Soekoto D. Bpk. Yosafat Sudarso 4. Contoh hak sebagai seorang warga negara adalah __ A. Mendapatkan pendidikan C. Membayar pajak kendaraan B. Belajar yang rajin D. Mengikuti upacara bendera 5. Yesus melaksanakan kewajiban-Nya sebagai warga negara yang baik . Contohnya adalah __ A. Mengajar di Bait Allah C. Mengajak bangsa -Nya bertobat B. Membayar pajak kepada Kaisar D. Merayakan Paskah di Yerusalem 6. Nama lain Taman Eden adalah __ A. Bukit Zaitun C. Taman Getsemani B. Taman Firdaus D. Bukit Tengkorak 7. Tugas manusia pertama ketika ditempatkan di Taman Eden adalah __ A. Memberi nama kepada ciptaan Tuhan B. Memakan semua buah-buahan yang ada di Taman eden C. Menjaga pohon pengetahuan yang baik dan jahat D. Mengusahakan dan mengolah Taman Eden 8. Keadaan Taman Eden pada awal diciptakan Tuhan adalah __ A. Belum teratur dan tertata rapih C. Penuh dengan hutan dan binatang B. Ditumbuhi oleh pepohonan D. Sangat baik dan asri 9. Contoh bantuan kemanusiaan yang dilakukan oleh bangsa Indonesia sebagai warga dunia adalah __ A. Mengirim tenaga medis saat terjadi gempa bumi di Nepal tahun 2015 B. Melakukan pertukaran pelajar dengan negara sahabat C dengan negara lain dalam pengadaan senjata perang D. Mengadakan pentas budaya bersama negara-negara tetangga