Bantuan Tugas Sejarah
Sejarah adalah mata pelajaran yang menarik bagi sebagian orang dan membosankan bagi yang lain. Sementara beberapa siswa terkesan dengan berbagai peristiwa masa lalu, pertempuran, dan tokoh-tokoh menarik, yang lain menganggap sangat sulit untuk menghafal kronologi pertempuran, nama-nama pemimpin berpengaruh, dan beratnya informasi yang ditawarkan mata pelajaran ini.
Untungnya, dengan pertanyaan dan jawaban sejarah ini, mudah bagi kamu untuk mengingat beberapa peristiwa penting besar dan waktu tepat kapan mereka terjadi. Jangan terlalu khawatir bahkan jika nama-nama orang penting ini membuat kepalamu pusing. Bantuan tugas sejarah kami memiliki fitur asosiasi kecerdasan buatan yang akan menghubungkannya dengan beberapa cerita menarik untuk membantumu mengingatnya dengan lebih baik.
Kondisi di mana hadir sebuah kelompok yang dikelilingi oleh organisasi-organisasi massa, baik secara informal maupun secara formal. Tali pengikat tersebut terjalin antara kelompok maupun organisasi massa dan berupa sekte atau ideologi tertentu disebut __ A etnosentrisme B . primordialisme C. politik aliran D. konsolidasi E. asimilasi
Pengasapan Ibu dan Bayi merupakan Tradisi menggunakan asap kayu tertentu untuk menenangkan ibu dan bayi, tradisi ini berasal dari daerah mana? a. Bali b. Minangkabau c. Aceh d. Kalimantan e. Jawa
__ 5.Apa saja tantangan yang dihadapi Indonesia dalam proses demokratisasi pada masa Reformasi , terutama dalam hal pemilu dan desentralisasi kekuasaan? __ . . ....................................................................... consume
1. Perhatikan nilai nilai pancasila : keteladanan yang berkaitan dengan hubungan antar manusia, Keteladanan berkaitan dengan budi perket!keteladanan berkaitan dengan budaya yang berbeda berketeladanan mengeluarkan pendapat. __ A. Sita pertama dengan sila kedua B. Sila kedua dan sila keempat C. Sila ketiga dan sila keempat D. Sita keempat dan sila ketiga E. Sila kelima dan sila kedua 2. Lambang rantai berwarna kuning dengan latar belakang merah membicarakan tentang hak hak asasi manusia, kewajiban utama sebagal kepala rumah tangga seperti memberi hak kepada keluarga seperti hidup sejahtera lahir dan batin . dan berhak hidup sehat ini pengamalan __ A. Sila pertama dan pasal 28 IUUD B. Sila kedua dan pasal 28 HUUD C. Sila ketiga dan pasal 28 UUD D. Sila keempat dan pasal 28 F UUD E. Sila kelima dan pasal 28 GUUD 3. Lima sudut pada bintang tersebut mewakili agama -agama besar yang ada di Indonesia dan sebagai simbol bahwa bangsa Indonesia merupakan bangsa yang bertakwa pada Tuhan Yang Maha Esa sesuai dengan keyakinan masing-masing agama berkaitan pasal __ A. 35 UUD 1945 B. 36 UUD 1945 C. 36 A UUD 1945 D. 29 UUD 1945 E. 27 UUD 1945 4. Burung garuda disahkan menjad lambang negara pada tanggal 11 Februari 1950 di Sidang Kabinet Republik Indonesia Serikat. Soekarno memperkenalkan lambang negara Indonesia pertama kali pada khalayak umum pada tanggal __ A. 15 Februari 1950 di Hotel Des Indes Jakarta. B. 18 Februari 1954 di Hotel Des Indes Jakarta C. 8 Februari 1955 di Hotel Des Indes Jakarta D. 15 Februari 1940 di Hotel Des Indes Jakarta E. 17 Februari 1950 di Hotel Des Indes Jakarta 5. Menurunnya rasa persatuan dan kesatuan ditandai dengan konflik antar daerah, dan tawuran antar pelajar. Selain itu, tindakan kekerasan yang dijadikan sebagai alat untuk menyelesaikan permasalahan, ini penyimpangan pada sila ke A. Pertama D. Keempat B. Kedua E. Kelima C. ketiga
1. Kahanan kang kepriye kang diarani globalisasi? Wangsulan:
4.Bagaimana peran pelayaran Vasco da Gama dalam membuka jalur perdagangan baru antara Eropa dan Asia? Jawab: __
Pada masa penjajahan Belanda, kedua tokoh ini memilih jalur non Hatta kooperasi atau menolak bekerja sama dengan Belanda. Namun pada masa penjajahan Jepang, mereka mengambil posisi yang berbeda melalui strategi kerja sama dengan Jepang. Selain Sukarno dan Hatta. tokoh lain yang berjuang melalui jalur kerja sama antara lain Muh. Yamin,Otto Iskandardinata , Mr. Sartono, G.S.S.J. Ratu Langi Sutardjo Kartohadikusumo Mr. Syamsudin Dr. Mulia, dan sebagainya . Melalui strategi kerja samá, mereka berhasil membangun jejaring sambil meneruskan perjuangan dalam batas-batas yang dimungkinkan (Hariyono,2014). Selain para pemimpin nasionalis,kelompok lain yang juga dirangkul oleh Jepang untuk bekerja sama adalah kelompok Islam. Tahukah kalian mengapa Jepang berusaha mendapatkan dukungan dari kelompok ini? Sebelum menjajah, pihak Jepang sudah mempelajari situasi di Indonesia dan mereka menyadari pentingnya unsur Islam sebagai suatu kekuatan penting dalam masyarakat Indonesia (Imran,
13. Keberagaman budaya yang ada di Indonesia harus dimaknai sebagai __ a. kekayaan negara b kelemahan negara C. permainan negara d. kemunduran negara 14. Perhatikan objek pelestarian dan pemajuan budaya berikut! (1) Mata pencaharian (2) Tradisi lisan (3) Kepercayaan (4)Ritus (5) Manuskrip Objek pelestarian dan pemajuan budaya ditunjukkan pada nomor __ a. (1), (3),dan (5) b. (1), (2), dan (3) C. (2),(4), dan (5) d. (2)(3), dan (4) 15. Penggabungan antara budaya daerah dengan budaya baru tanpa menghilang kan makna atau keaslian dari budaya daerah tersebut adalah pengertian dari __ budaya a. adaptasi b. internalisasi C. nasionalisasi d. akomodasi 16. Berikut ini adalah contoh budaya nasional, kecuali __ a. musik dangdut b. kungfu C. wayang kulit d ludruk 17. Tradisi yang berasal dari Jawa adalah __ a. Ngaben C. Nyadran b. Ruwatan d Tabuik 18. Negara Indonesia mempunyai budaya yang sangat beragan 1. Perbedaan budaya di Indonesia dipengaruhi oleh __ Indonesia a. banyaknya gunung berapi di b. perbedaan kondisi alam tempat tinggal C. perbedaan iklim di setiap daerah d. persamaan pulau yang dihuni
22. Shinkansen kereta cepat Jepang yang terkenal, pertama kali beroperasi pada tahun berapa dan di jalur mana? A. 1959, Jalur Tohoku B. 1987, Jalur Hokuriku C. 1992, Jalur Hokkaido D. 1964, Jalur Tokaido E. 1972, Jalur Sanyo
1. Pilihlah salah satu jawaban yang tepat! 1. Keberagaman dalam pembangunan Indonesia diperkuat oleh semomenyatakan bahwa __ sebagaimana disebutkan dalam Pasal 364 UUD NRI Tahun 1945 a. Lambang nogara adalah Burung Garuda Pancasila dengan semboyan Bhinneka Tunggallka b. Lambang negara adalah Garuda Pancasila dengan semboyan Bhinneka Tunggal ika c. Lambang negara adalah Pancasila dengan semboyan Bhinneka Tunggal lka. d. Lambang negara Indonesia adalah Garuda Pancasila dengan semboyan Bhinneka Tunggal lka e. Lambang negara Indonesia adalah Burung Garuda Pancasila dengan semboyan Bhinneks Tunggal lka 2. Meskipun boragam, kita tetap bersatu dalam satuidentitas nasional. Bhinneka Tunggal Ika dianggap sebagai modal sosial pembangunan nasional karena __ a. mempersatukan berbagai suku bangsa di Indonesia b. membentuk negara yang homogen dan seragam c. menjadikan semua masyarakat memiliki budaya yang sama d. menghapus keberagaman unluk mencapai kesatuan e. hanya berlaku untuk sebagian kecil masyarakat 3. Berikut ini merupakan pernyataan yang paling sesuai dengan asal usul semboyan Bhinneka Tunggal Ika dalam konteks keberagaman di Indonesia, kecuali __ a. semboyan tersebut berasal dari bahasa Sanskerta yang berarti berbeda-beda tetapi tetap satu b. asal usulnya dapat ditemukan dalam Kitab Sutasoma karya Mpu Tantular c. kata Bhinneka mengacu pada keragaman budaya, agama dan suku bangsa di Indonesia d. awalnya semboyan in digunakan untuk mewakil semangat persatuan dalam keragaman e. asal usul semboyan ini tidak terkait dengan sejarah keberagaman Indonesia 4. Perwujudan ekonomi Pancasila melalui prinsip gotong royong mengandung makna bahwa __ a. setiap individu hanya pedul pada kepentingan pribadi b. kekayaan harus hanya dimiliki oleh segelintir orang c. semua orang bekerja sama untuk mencapai kesejahteraan bersama d. semua orang hanya fokus pada keuntungan pribadi tanpa memikirkan yang lain e. setiap individu bekerja sendiri tanpa bantuan dari orang lain 5. Dalam menjaga keharmonisan hidup berbangsa dan bernegara, sebagai warga negara kita diharapkan mampu menjaga kerukunan antarumat beragama sesuai dengan pengamalan sila pertama. Berdasarkan pemahaman Anda, hal yang dapat kita lakukan untuk menjaga harmonisas hidup beragama adalah __ a. meningkatkan kesadaran budaya b. menjunjung toleransi budaya c. meyakini semua kepercayaan d. membantu melestarikan bahasa e. mengikuti semua ritual keagamaan 5. Salah satu makna utama dari semboyan Bhinneka Tunggal Ika adalah __ a. meskipun beragam, kita tetap bersatu dalam satu identitas nasional b. kita harus menolak keberagaman untuk memperkuat persatuan c. semua orang harus memiliki kepercayaan dan budaya yang sama untuk mencapai kesatuan d. berbeda-beda adalah ancaman bagi keutuhan negara e. hanya satu kelompok yang boleh ada di dalam negara