Bantuan Tugas Sejarah
Sejarah adalah mata pelajaran yang menarik bagi sebagian orang dan membosankan bagi yang lain. Sementara beberapa siswa terkesan dengan berbagai peristiwa masa lalu, pertempuran, dan tokoh-tokoh menarik, yang lain menganggap sangat sulit untuk menghafal kronologi pertempuran, nama-nama pemimpin berpengaruh, dan beratnya informasi yang ditawarkan mata pelajaran ini.
Untungnya, dengan pertanyaan dan jawaban sejarah ini, mudah bagi kamu untuk mengingat beberapa peristiwa penting besar dan waktu tepat kapan mereka terjadi. Jangan terlalu khawatir bahkan jika nama-nama orang penting ini membuat kepalamu pusing. Bantuan tugas sejarah kami memiliki fitur asosiasi kecerdasan buatan yang akan menghubungkannya dengan beberapa cerita menarik untuk membantumu mengingatnya dengan lebih baik.
Kemerdekaan yang telah diraih harus diisi dengan berbagai kegiatan yang positif. Kegiatan positif terhadap makna proklamasi kemerdekaan bangsa Indonesia memiliki arti menghargai perjuangan pahlawan bangsa. Isilah kolom berikut dengan kegiatan dan sikap positif yang menjadi kewajibanmu sebagai pelajar untuk menghargai perjuangan pahlawan bangsa. \begin{array}{|c|c|} \hline\ No.\ &\ Jenis\ Kegiatan\ \\ \hline\ 1.\ &\ \\ \hline\ 2.\ &\ \\ \hline\ 3.\ &\ \\ \hline\ 4.\ &\ \\ \hline\ 5.\ &\ \\ \hline\ 6.\ &\ \\ \hline\ 7.\ &\ \\ \hline\ 8.\ &\ \\ \hline\ 9.\ &\ \\ \hline\ 10.\ &\ \\ \hline \end{array}
Salah satu tokoh dari Islam Integralis adalah Soekarno BENAR SALAH Ada empat unsur negara yaitu Wilayah,Kedaulatan , Pengakuan, Penduduk BENAR SALAH karena memilik i wewenang berasal I dari KHARISMA BENAR SALAH 2 p 2 p Banyak orang percaya pada dukun 2 p
2. Jelaskan latar belakang Pemberontakan $DI/TII$ dan RMS di Indonesia! 3. Bagaimana penerapan Pancasila pada masa Orde Baru? 4. Jelaskan tantangan bangsa Indonesia dalam menerapkan Pancasila sebagai dasar negara pada masa Reformasi! 5. Jelaskan arti penting mempertahankan Pancasila sebagai dasar negara? 6. Jelaskan kedudukan Pancasila sebagai ideologi terbuka! 7. Berikan masing-masing 1 (satu) contoh perilaku dalam mewujudkan nilai ketuhanan, kemanusiaan,persatuan, kerakyatan, dan keadilan dalam kehidupan sehari-hari! 8. Berikan 3 (tiga)contoh perwujudan nilai-nilai Pancasila dalam bidang politik di lingkungan sekolah!
Setelah mempelajari contoh tradisi kearifan lokal dan buda di Indonesia jawablah pertanyaan berikut di buku catatanmu. 1 Tradisi,kearifan lokal, dan budaya apa saja yang terdapa di Indonesia?
24 Contoh sikap yang tepat dalam mengha- dapi keragaman budaya nasional adalah __ a. hanya mempelajari budaya sendiri b. menerapkan sikap etnosentrisme C. tidak peduli dengan tetangga d. menghindari sifat etnosentrisme 25 Organisasi dunia yang bergerak dalam bidang pendidikan, ilmu pengetahuan dan kebudayaan adalah __ a. UNICEF C. UNESCO b. WFP d. 1LO 26 Bahasa nasional negara Indonesia adalah bahasa Indonesia. Bahasa Indonesia berasal dari bahasa __ a. Minang C. Dayak b. Melayu d Sunda 27 Pemerintah memiliki peran penting dalam menjaga dan melestarikan budaya nasional dengan cara __ a. melarang peredaran karya seni dan budaya nasional b. mempromosikan budaya asing kepada masyarakat C. memberikan penghargaan kepada seniman dan budayawan d. menghapus mata pelajaran sen dan budaya dari kurikulum pendidikan 28. Berikut yang tidak termasuk menghargai keragaman yang tumbuh di masyarakat. adalah __ a. tidak membedakan setiap suku bangsa b. tidak membanggakan suku sendiri C. mencela tradisi yang tumbuh di masyarakat d. mendukung setiap kegiatan masyarakat 29. Unsurpembeda antara budaya Indonesia dan budaya luar neger yaitu __ a. makanan b. pakaian C. bahasa d. semua jawaban benar 30. Keberagaman suku, bahasa dan kepercayaan berpotensi menimbulkan konflik. Oleh karena itu, setiap warga negara harus __ a. toleransi terhadap keanekaragaman masyarakat b. selalumenjatuhkan keyakinan orang lain bertahan dengan pendapatny masing-masing d. tidak mau menerima nasihat oran lain tanpa pertimbangan
1. Salah seorang pujangga terkemuka dalam sejarah sastra Jawa yang hidup pada zaman Kerajaan Majapahit. () 2. Semboyan bangsa Indonesia yang tertulis pada lambang negara Indonesia, Garuda Pancasila. () 3. Sikap saling menghormati perbedaan antarsesama manusia. yang tidak menyimpang dari aturan. () 4. Istilah yang digunakan suku Dayak di Sambas, Kalimantan Barat, yang bermakna gotong royong. () 5. Kegiatan mengerjakan suatu hal secara bersama-sama oleh beberapa orang, dengan tujuan yang sama. () 6. Kerja bakti bergilir untuk menggarap sawah atau ladang milik warga Di Toraja, Sulawesi Selatan. () 7. Pandangan atau paham yang menganggap bahwa kebudayaan yang mereka miliki lebih unggul atau membanggakan daripada budaya lain, sambil merendahkan budaya lain. () 8. Yang berarti pikul atau angkat. () 9. Tradisi meminta pertolongan kepada warga masyarakat untuk membantu keluarga yang sedang membutuhkai bantuan, seperti membangun dan memperbaiki rumah, membantu hajatan perkawinan, upacara kematian dan kepentingan-kepentingan lain yang membutuhkan bantuan orang banyak. () 10. Sebuah respons dari masyarakat untuk saling bekerja sama dalam kondisi terkena suatu musibah. ( __ a. Belale b. Kerja bakti c. Mpu Tantular d. Bhinneka Tunggal Ika e. Sikap toleransi f. Gotong g. Sambatan h. Tanggap bencana i. Arisan tenaga j. Etnosentrisme
13. Pembentukan kawasan perda gangan bebas ASEAN merupakan bentuk kerja sama dalam bidang __ a. sosial b. ekonomi C. pendidikan d. politik 14. Salah satu peran Indonesia dalam ASEAN adalah __ a. salah satu pendiri ASEAN b menentukan keputusan nega- ra-negara ASEAN C.memegang kekuasaan di ASEAN d. ketua dalam ASEAN 15. Pertukaran pelajar ASEAN meru- pakan contoh kerja sama di bidang __ a. ekonomi b. politik C.pendidikan d. militer
3.Nama penjelajah Belanda ulan kota yang berhasil didatangi pertama kall di Indonesia yang tepat adalah __ a.Juan Sebastian del Canodi Maluku b. Speelmen di Banten C. D'Albuquerque di Malaka d.Cornelis de Houtman di Banten Sistem tanam paksa yang dijalankan masa peme- rintahan Gubernur Jenderal Yan den Bosch berakhir pada 1070. Faktor yang menyebalikan kehijakan tersebut beraklir adalah __ (HOTS) a.kebijakan baru Republik Dataat yang berkuasa di Hindia Belanda b. penderitaan dan kematian rakyat Indonesia yang signifikan C. golongan patrio Belanda menginginkan ke- bebasan dan kemerdekaan ditanah Jajahan d.kondisi kas Belanda di Indonesia yang telah terisi penuh 5. Palam yang mendasari pemikiran orang untuk melakukan tindalan menguasi wilayah tertentu dengan maksud mengambil lasi kekayaan alam disebut __ a. imperialisme C. kolonlalisme b. industrialisme d. merkantilisme 6.Tujuan Imperialisme modern setelah terjadinya Revolusi Industriadalah __ a. memperkuat pertahanan militer b. mengembangkan perekonomian dan pemerintahan C.mengembalikan kejayaan negara penjajah d.menimbun kekayaan berupa logam mulia B. Kerjakan soal-soal berikut. 1.Apa dampak kolonialisme dan imperialisme terhadap perkembangan sosial, ekonomi, dan politik Indonesia? 2.Telaskan secara ringkaslatar belakang dan kronologi terjadiny:Perang Diponegoro pada awal abad XIX di Jawa! 3.Bagaimana dampak pendudukan Jepang di Indonesia dalam hidang sosial, politik, dan budaya? 4.Jelaskan pengaruh kebijakan romusi terhadap kondisi dan kesejahteraan rakyat Indonesia! 5.Jelaskan saran dan strategi yang diberikan oleh Snouck Hurgronje kepada Belanda, serta jelaskan dampaknya terhadap dinamika perlawanan di Aceh! (HOTS) 7 Belanda berusaha memenangkan perang melawan Pangeran Diponegoro dengan emb likik. Buktikelickan Belanda adalah __ (HOTS) a.menahani keluarga-keluarga dekat Pange- ran Diponegoro b. mengurung dan membakir Istana c membatasi ruang gerak seluruh pasukan Pangeran Diponegoro d menangkap Pangeran Diponegore saat berunding dengan Belanda 8. Pada awalnya hangsa Portugis ingin melakukan penjelajahan samudra ke India.namun usahanya tidak berhasil Akhirnya, pada 1512 Portugis berhasil menguasil __ a. Jawa b. Malaka C. Kalimantan d Aceh 9. Tokoh Portugis yang berhasil menaklukkan Malaka adalal __ a. Christoper Colombus b. Allonso d'Albuquerque C.Vasco da Gama d Ferdinand Magelhaens 10. Keberadaan VOC dI Indonesia menimbulkan reaksi dan perlawanan rakyat di berbagai daerah sebab __ a VOC menjalankan sistem monopoli dalam perdagangan b. VOC menjalankan politik tanam paksa C.VOC menarik pajak terlalu tinggi d. VOC berlakmemilikitentar
21. Memaknai Bhinneka Tunggal Ika di tengah kenyataan tentang keberagaman harus disikapi dengan kemauan untuk __ a. bersatu dan bekerja sama b. bergotong royong, saling menghormati, dan menghargai c. saling waspada dan mencurigai d. memahami perbedaan dalam kondisi tertentu e. mau menerima kelompok lain jika menguntungkan 22. Berikut yang termasuk gotong royong tolong menolong yang bersifat individual adalah __ a. bersih-bersih desakampung b. memperbaiki jalan c. membuat tanggul d. memperbaiki jembatan putus e. membangun rumah 23. Perhatikan pernyataan berikut! 1) Meningkatkan toleransi beragama. 2) Menghargai setiap kebudayaan. 3) Menciptakan perdamaian sosial. 4) Meningkatkan kepedulian antarsesama. 5) Memberi bantuan secara merata. Berdasarkan pernyataan tersebut yang merupakan implementasi sila ke $-5$ dalam mewujudkan harmoni keberagaman adalah nomor __ a. 1) dan 2) b. 2) dan 3) c. 3) dan 4 d. 1) dan 3) e. 3) dan 5) 24. Penting bagi warga negara untuk berperan aktif dalam mencegah konflik dalam kelompok masyarakat agar __ a. memperburuk situasi yang ada b. menimbulkan perselisihan antarkelompok c. menciptakan suasana yang tidak harmonis d. menciptakan suasana yang harmonis dan solid e. memicu ketidakadilan sosial 25. Kerja sama atau gotong royong dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bemegara memiliki beberapa arti penting, di antaranya __ a. memerlihatkan perbedaan di masyarakat b. mengikis sikap toleransi masyarakat c. memperkokoh persatuan dan kesatuan d. menumbuhkan sikap eksklusivisme e. menumbuhkan sikap permusuhan
d. August 18 8. The Committee of Eight was formed with the main purpose of. __ a. Draft the 1945 Constitution b. Formulate the State Constitution c. Form a provisional government d. Preparing the proclamation of independence 9. The main reasons for changing the committee of eight to committee of nine were __ a. The failure of the Committee of Eight to reach an agreement b. b.calefisiónenod UNESCO writersistr c. Japan's request d. The existence of new figures who wanted to get involved 10. The leaders of both the committee of eight and the committee of nine were __ a. Ir. Sukarno b. Muhammad Hatta c. Ki Hajar Dewantara d. Muhamad Yamin 11. The results of the meeting of committee nine are __ a. The birth of the Jakarta Charter b. The designation of PPKI c. Determination of the Proclamation date d. Drafting the proclamation text 12. The main difference between the formulation of the Jakarta Charter version of Pancasila and the current Pancasila is on the precepts of. __ a. Fair and civilized humanity b. Indonesian unity c. Supreme divinity d. Social justice for all Indonesian people 13. Committee nine was formed on what date __ a. May 29,1945 b. Oc would say c. June 22,1945 d. August 18,1945 14. Committee nine was formed with the main purpose to __ a. Draft the text of the proclamation independence b. Reformulate the basis of the state c. Formulating the first cabinet of Indonesia d. Drafted the Provisional Constitution 15. One of the main objectives of the formation of Committee Nine was to. __ a. Accommodate various proposals on the basis of the state b. Accelerate the process of proclamation of independence c. Reducing the influence of Japan in the formulation of the state foundation d. Establishing a strong government 16. Institutions that ratify the formulation of Pancasila as the basis of the state are.... __ a. BPUPK b. PPKI c. KNIP d. Committee of Nine 17. The Jakarta Charter was ratified on __ a. June 22,1945 b. July 10,1945 c. August 18,1945 d. August 22,1945 18. The importance of the formation of the committees of eight and nine is. __ a. Showing the importance of consensus in making decisions b. Proving the superiorrity of the Indonesian people in negotiating c. Showing the strong influence of Japan in the formulation of the country's foundation d. Proving the failure of the Indonesian people to reach consensus 19. Japanese generals who approved the formation of PPKI were __ a. Admiral Maeda b. Terauchi