AI Jawab Pertanyaan_Asisten Tugas Terbaik AI Online | Question AI

Bantuan Tugas Sejarah

Sejarah adalah mata pelajaran yang menarik bagi sebagian orang dan membosankan bagi yang lain. Sementara beberapa siswa terkesan dengan berbagai peristiwa masa lalu, pertempuran, dan tokoh-tokoh menarik, yang lain menganggap sangat sulit untuk menghafal kronologi pertempuran, nama-nama pemimpin berpengaruh, dan beratnya informasi yang ditawarkan mata pelajaran ini.

Untungnya, dengan pertanyaan dan jawaban sejarah ini, mudah bagi kamu untuk mengingat beberapa peristiwa penting besar dan waktu tepat kapan mereka terjadi. Jangan terlalu khawatir bahkan jika nama-nama orang penting ini membuat kepalamu pusing. Bantuan tugas sejarah kami memiliki fitur asosiasi kecerdasan buatan yang akan menghubungkannya dengan beberapa cerita menarik untuk membantumu mengingatnya dengan lebih baik.

C. Isian Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang benar! 1. Tifa merupal can alat musik dari Maluku I dan Papua . Alat musik tersebut dimainkan dengan cara ...dieal __ 2. Tari kecak masih lestari sampai sekarang Tari kecak masih dibawakan secara rutin di lokasi wisata terkena l, yaitu di Pulau .. __ 3.Pakaian adat dari Bangka Belitung dinamakan __ __ 4. Kujang termasuk senjata tradisional dari .... 5 "Kampuang Nan Jauh di Mato'merupakar lagu daerah dari __ Sikap berprasangka negatif sering disebut __ 7. Intolerans i merupakar Iawan atau kebalikan dari __ 8. Kerukunan umat beragama merupakan hal yang sangat penting untuk mencapai yang __ g Masyaraka Riau,Kalimantan , Jambi,Lampung . DKI Jakarta , hingga Nusa __ menggunakar bahasa daerah vaitu ...... dan agama adalah __

Perhatian data berikut! 1. Interpretasi sumber 2. Heuristik 3. Historiografi 4. Verifikasi sumber Sebagai sebuah ilmu sejarah memiliki metode dalam penelitiannya Dari data di atas, urutan yang tepat mengenai metode penelitian sejarah adalah A $1-2-4-3$ B $2-3-1-4$ C $2-4-1-3$ D $3-1-4-2$ E $4-1-3-2$

Tokoh yang merupakan nab paisu pada masa Abu Bakar as Sidiq ditunjukkan oloh nomor xxxxxxxxxxx possion __ a. 1,2, dan 3 C. 1,2, dan 4 d. $2,3,$ b. 1,3, dan 4 dan 4 8. Salah satu dari dua Umar yang didoakan Nabi Muhammad SAW akhirnya masuk Islam yaitu Umar bin Khattab Bellau masukislam setolah mendengar bacaan surat thoha yang dibaca oleh adiknya yang bernama __ a. Fatimah binti Khattab C. Fatmah binti Muhammad b. Fatmah bintizaid d. Fatimah binti Umar 9. Setelah wafatnya Abu Bakar,Mushaf al-qur'an yang sudah dikumpulkan menjadi satu mushaf dimasa Abu Bakar disimpan oleh __ a. Abu Bakar Ash -Shidia b. Fatimah binti Umar C. Hafsah bintl umar d. Alsyah binti Umar 10. Karena memiliki sikap yang tegas dalam menyerukan kebenaran maka Rasulullah menyemakan gelar Al Farug kepada Khalifah __ a. Abu Bakar as-Siddiq b. Umar bin Khattab C. Usman bin Affan d. All bin Abl Thailb 11. Dasar yang dipakal Uma bin Khathab melahirkan ide pembukuan Al Qur'on pada masa Abu BakarAs Sidiq adalah __ a. Wafatnya para penghafal Hadits Nabi b. Munculnya beberapa nabi palsu C. Semakin banyaknya orang yang murtad d. Wafatnya para penghafal A Qur'an 12. Batul Mal merupakan Lembaga kenegaraan pada masa Khalifah Umar bin Khattob yang bertugas mengurusi __ a. Administrasi ketentaraan C. Kesekretariatan negara b. Pendidikan dan Pengajaran d. Keuangan pemerintahan 13. Peristiwa yang dipakal untuk menandal dimulainya penanggalan awal tahun dalam kalender Hijiyah adalah __ a. Pindahnya kaum muslimin ke Habsyi b. Peristiwa perjanjian Agobah C. Hijrahnya Nab Muhammad saw ke Madinah d. Diangkahya Muhammad sebagai Nabb 14. Peristiwa masuk islamnya Umar bin Khattab membawa perubahan bagi penyebaran Islam. Salah satu dampak positif masuk Islamnya Umar bin Khattab bagi perkembangan islam yaitu __ a. Umat islam semakin takut keluar rumah Umati islam semakin berani secara terbuka menyatakan keislamannya C. Membuat kafir quraisy gembira menyambutnya d. Perkembangan islam tersendal-senda karena sifat kerasnya Umar 15. Penetapan kalender Hijiyah adalah merupakan prestasi khalifah __ yang masih dapat kita rasakan hingga saat ini. a. Abu Bakar as-Shidiq C. Utsman bin Affan b. Umar bin Khatthab d. Allbin Ab Thalib

1. Siapakah Isabel dan Melati Wijsen?

1. Faktor apa sajakah yang mendorong bangsa Eropa datang ke Indonesia' Tuliskan dan masing-masing beri sedikit penjelasan! 2. Digunakan untuk apa sajakah rempah bagi bangsa Eropa? 3. Bangsa Eropa mana sajakah yang pernah datang ke Indonesia pada masa penjajahan? 4. Jelaskan mengenai: a. Kongsi Dagang/ VOC b . Pengaruh Monopoli Perdagangan C . Pengaruh Kebijakan Kerja Paksa d. Pengaruh sistem Tanam Paksa

9. Perhatikan pernyataan -pernyataan berikut! (1) Mempercepat pertumbuhan ekonomi dan kemajuan sosial budaya di Asia Tenggara. (2) Memajukan perdamaian dengan tetap menghormati keadilan dan penegakan hukum. (3) Memajukan persiapan perang negara- negara ASEAN melawan penjajah. (4) Memajukan kerja sama dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK). Tujuan berdirinya ASEAN dapat ditunjukkan oleh nomor __ (HOTS) a. (2), (3), dan (4)C. (1), (2)dan (4) b. (1), (3)dan (4) d. (1), (2), dan (3) 10. Sikap yang dapat kamu lakukan untuk meneruskan perjuangan para pahlawan dalam memperjuangkan kemerdekaan bangsa ini adalah __ Kelas 6 Semester on

Hubungan sejarah dengan teori sosial dalam memahami sebuah fenomena atau kejadian adalah A saling mendukung meskipun A mempunyai perbedaan. B saling bertentangan. C memiliki konsep yang sama C sebagai ilmu humaniora. D ilmu sosial ada untuk membantu D sejarah. E saling beradu sebagai ilmu yang E paling maju.

10. Yang dimaksud dengan kearifan local adalah __ A. Pengaruh budaya asing yang masuk ke dalam masyarakat lokal B. Nilai-nilai, norma,pengetahuan, dan tradisi dalam suatu komunitas C. Tradisi modern yang muncul akibat perkembangan teknologi D. Hanya adat istiadat yang sudah ditinggalkan 11. Cara kearifan lokal biasanya diwariskan dari satu generasi ke generasi berikutnya adalah __ A. Melalui media sosial B. Melalui cerita dari mulut ke mulut C. Melalui pendidikan formal di sekolah D. Melalui buku dan literatur 12. Yang mencerminkan cara hidup yang dihasilkan dari interaksi antara manusia dengan alam dan budaya adalah __ A. Teknologi modern B. Pendidikan formal C. Kearifan lokal D. Hukum internasional 13. Salah satu ciri khas dari kearifan lokal adalah. __ A. Mudah terpengaruh oleh budaya asing B. Hanya ada di kota besar C. Mampu bertahan dari pengaruh budaya luar D. Tidak bisa beradaptasi dengan perubahan 14. Fungsi kearifan lokal antara lain adalah __ A. Menghapus tradisi lama B. Mengembangkan ilmu pengetahuan modern C. Meningkatkan ketergantungan pada teknologi D. Untuk konservasi dan pelestarian sumber daya alam 15. Contoh kearifan lokal yang tidak berwujud adalah. __ A. Kain batik B. Rumah adat C. Nyanyian dan pantun D. Patung dan alat seni 16. Salah satu tujuan dari kearifan lokal yang tidak berwujud adalah. __ A. Memperkenalkan teknologi modern B. Mengurangi interaksi sosial C. Mengganti tradisi lama dengan yang baru D. Mengajarkan pelajaran hidup bagi generasi selanjutnya

prexixxex c. Memberikan manfaat bagi perkembangan dan kemajuan d. Ketidakharmonisan, bahkan kehancuran 11. Dampak negatif dari keberagaman masyarakat Indonesia, adalah __ a. Tercapainya tujuan negara b. Ketidak harmonisar , bahkan kehancuran bangsa dan negara c. Bermanfaat bagi perkembangan dan kemajuan d. Mewujudkan cita-cita proklamasi 12. Bhinneka Tunggal Ika mempunyai makna __ a. Meskipun bangsa Indonesia terdiri : alas beraneka ragam suku, adat,ras agama, namun merupakan satu kesatuan yaitu bangsa dan negara b. Meskipun berbeda -bedatetapi tetap satu c. Bangsa Indonesia terdiri atas beraneka ragam d. Landasan bangsa Indonesia untuk mewujudkan persatuan dan kesatuan 13. Jaminan negara terhadap warga negara untuk memeluk agama dan beribadah diatur alam __ a. UUD 1945 pasal 29 ayat (1) b. UUD 1945 pasal 28E ayat (3) c. UUD 1945 pasal 29 ayat (2) d. UUD 1945 pasal 1 ayat (2) 14. Dibawah ini yang bukan bentuk perilaku kehidupan dalam keberagaman agama adalah __ a. Melaksanakan ajaran agama yang dianut dengan baik b. Memaksakan agama kepada orang lain c. Menghormati dan mengharga agama yang diyakini orang lain d. Menghormati orang lain yang sedang beribadah 15 Aspek kewilayahan negara Indonesia sebagai negara kepulauan, dapat menyebabkan terjadinya __ a. Konflik internal b. Perpecahan bangsa (disintegrasi) c. Konflik antar kelompok masyarakat d. Perbedaan-perbedaan 16. Penduduk yang berasal dari ras Malayan-Mongoloid banyak yang bermukim di wilayah __ a. Papua, Maluku, dan Nusa Tenggara Timur b. Tionghoa, Jepang, dan Korea c. Sumatra, Jawa, Bali,Nusa Tenggara Barat,Kalimantan, dan Sulawesi d. India, Timur Tengah Australia, Eropa, dan Amerika 17. Semboyan bangsa Indonesia yang terdapat pada kaki burung Garuda Pancasila adalah __ a. Maju tak gentar c. Mati satu tumbuh seribu b. Bhinneka Tunggal Ika d. Maju terus pantang mundur 18. Bagi seorang pelajar,perilaku dan semangat kebangsaan dalam mempertahankan keberagaman budaya bangsa, dilaksanakan dengan __ a. Mengetahui keanekaragaman budaya yang dimiliki bangsa Indonesia b. Merasa tidak bangga terhadap budaya bangsa sendiri c. Tidak menyaring budaya asing yang masuk kedalam bangsa Indonesia d. Adanya diskriminasi antargolongan tertentu

16. AFTAadalah kawasan perdagangan bebas ASEAN dan beranggotakan negara anggota ASEAN. AFTA dibentuk di Singapura tanggal __ a. $21-22$ Januari 1992 b. $23-24$ Januari 1992 C. $25-26$ Januari 1992 d. $27-28$ Januari 1992 17. Wakil Indonesia yang ikut serta dalam penandatanganan Deklarasi Bangkok adalah __ a. Ali Alatas b. Adam Malik C. Ali Murtopo d. Ir. Soekarno 18. Peranan Indonesia dalam ASEAN selain sebagai pendiri adalah __ a mendukung program senjata nuklir b. mendukung adanya pelang- garan HAM C. mencampuri urusan dalam negeri negara lain d. membantu penyelesaian ma- salah dan sengketa negara lain