Bantuan Tugas Sejarah
Sejarah adalah mata pelajaran yang menarik bagi sebagian orang dan membosankan bagi yang lain. Sementara beberapa siswa terkesan dengan berbagai peristiwa masa lalu, pertempuran, dan tokoh-tokoh menarik, yang lain menganggap sangat sulit untuk menghafal kronologi pertempuran, nama-nama pemimpin berpengaruh, dan beratnya informasi yang ditawarkan mata pelajaran ini.
Untungnya, dengan pertanyaan dan jawaban sejarah ini, mudah bagi kamu untuk mengingat beberapa peristiwa penting besar dan waktu tepat kapan mereka terjadi. Jangan terlalu khawatir bahkan jika nama-nama orang penting ini membuat kepalamu pusing. Bantuan tugas sejarah kami memiliki fitur asosiasi kecerdasan buatan yang akan menghubungkannya dengan beberapa cerita menarik untuk membantumu mengingatnya dengan lebih baik.
A. Berilah tanda (O) pada huruf a, b, c ataud yang benarl 1. Dalam mengembangkan budaya bangsa Indonesia agar sejajar dengan negara lain, kita seharusnya __ a. melestarikan budaya daerah b. mempertuas pergaulan dengan berbagal bangsa C. memanfaatkan lptek dengan balk d. menyerap budaya asing yang bersifat modem 2. Indonesis kaya akan seni dan budaya. Salah satu keuntungan yang dimilik bangsa indonesia dengan kekayaan budaya bangsa pada era global adalah __ meningkatnya industri pariwisata Indonesia b. member kesempatan budaya Indonesia mewarnal budaya dunia C. menjadikan warisan budaya Indonesia sebagai rujukan warisan dunia d. memiliki potensi investas yang sanget tingg 3. Sebagai pelajar, yang harus dilakukan dalam menghadapi globalisasi adalah __ (soal HOTS) a. cukup belajar saja b. memilih mane saja yang coook untuk diri sendir C. mengakul dan mengagumi kecanggihan teknolog d. belajar mengiuti kemajuan zaman dengan banyak bertanya kepada orang yang lebih tahu sama dalam menangani masalah narkoba merupakan kerja sama di bidang __ a. politik b. sosial C. ekonom d. keamanan 5. Negara di kawasan Asia Tenggara yang tidak tergabung dalam adalah __ Timor Leste C. Thalland b. Kamboja d. Laos 6. ASEAN Defense Ministers Meeting (ADMM) adalah contoh kerja sama negara-negara ASEAN dalam bidang __ a. budaya C. pendidikan b. politik d. kesehatan 7. Tujuan adanya karya sama di bidang politik antara negara-negara ASEAN adalah __ a. mem antantkan sumber daya alam b. meningkatkan perekonomian nogara C. membentengi dari pengaruh negara malu d. menciptakan stabilitas d kawasan asia tenggara B. Contoh peran indonesia dalam ASEAN pada bidang politik adalah __ a. Ikut dalam usaha pendamaian di tanah Palestina b. memfaslitasi upaya untuk membuat masyarakat ekonomi ASEAN (MEA) C. melakukan perjanjian perdamalan dan kerja sama keamanan dengan negsra Australia d. memfasilitasi usahe perdamalan antara pemerintah Filpina dan gerakan pembebasan Musim More 9. Alasan negara-negara ASEAN melakukan kerja sama d bidang politk adalah __ (soal AKM) a. mengusir penjajah dari kawasan Asia Tenggara b. membentuk pertahanan terhadap serangan negara maju C. sumber days alam yang melimpah Asia Tenggara d. menciptakan stabilitas d kawasan
No Pembangunan ekonomi pada masa Orde baru bertahap dan berkesinambungan yang 23 tertuang dalam repelita yaitu rencana pembangunan lima tahun Tujuan Repelita lita III tahun $1979-1984$ adalah III A. Pembangunan infrastruktur terutama di sektor pertanian untuk mencapai swasembada pangan B. Menekankan bidang transportasi komunikasi dan pendidikan C. Meningkatkan pembangunan di pulau pulau selain Jawa Bali dan Madura diantaranya melalui transmigrasi. D. Meningkatkan industri padat karya dan meningkatkan ekspor E. Penguatan daya saing nasional baik di pasar domestik maupun internasional, dengan melanjutkan program industrialisasi serta meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan teknologi
penyangg a kekuatan Islam Penaklukan Konstantinope I yang menjadi simbol kekuatan Eropa berhasil diambi I alih sehingga ke mudian menjadi simbol kebesaran dan kekuatan Daulah Usmani.Orang yang sangat berjasa dalam penaklukan Konstantinopel adalah __ a. Sultan Usman b Sultan Alaudin I C.Sultan Murad I d Sultan Bayazid I e. Sultan Muhammad Al Fatih 17.Sulaiman I naik tahta pada saat Turki Usmani mengalami puncak kejayaan peristiwa penting di masa kepe mimpinanny , ialah upaya penyempurnaan undang -undang Turki Usmani la tidak hanya merupakan pemimpin militer yang besar.Sulaiman merupakan legislator ulung , karenanya ia mendapat jululukan __ a. Shadr Azham b.al -Ghazi C Yaldrum d.Al -Qanuni e.Al Fatih 18 Mundurnya Daulah Usmani ditandai dengan kebangkitan bangsa Barat atau Eropa , juga disebabkan karena lemahnya penguasa Daulah Usmani dan lemahnya sistem pemerintahan. __ a. melemahnya kekuatan militer b oposisi sekuler c serangan dan konspirasi dari pihak luar d. cinta dunia , pola hidup mewah dan berfoy -foya sikap iri hati saling membenci (hasud),dan dhalim e. serangan dari bangsa eropa 19 Kebijakar Bayazid II yang tidak pernah dilakukan oleh penguasa sebulumnya adalah membangun zawiyah tempat untuk __ a . tempat tinggal militer b . tempat tinggal asrama C tempat berkhalwat d tempat berdiskusi e . tempat belajar anak usia dini 20 . Setelah Ertoghrul meninggal dunia . oleh I diangkatlah puteranya yang bernama Usman sebagai pengo antinya . Karena kesetiaannya Alaudin I memberinya gelar Bey pada Usman dan diberikan daerah yang lebih luas serta dapat memakai mata uang sendiri . Pada tahun 1299 M Ghazan Khan dari Mongol menyerang Saljuk Rum tetapi serangan itu bisa digagalkan oleh Usman , tak berapa lama dari peristiwa itu Sultan Alaudin I meninggal dunia , sementara Sultan Alaudin I tidak memiliki putera yang pantas mengantikan kedud ukannya : Rangkaian peristiwa ini menjelaskan tentang .. a . Perpindahan kekuasaan Alauddin 11 b . Lahirnya Dinasti Usmani C . Serangan bangsa Mongol d : Kemenangan Dinasti Usmani e . Keruntuhan Dinasti Usmani
1. Daulah Umayyah berdiri setelah mass Rasyidin, tepatnya setelah kepemimpinan __ a. Abu Balur as-Siddiq b. Umar bin Khattab c. Usman bin Affan d. All bin Abl Talib memusatkan kebijakannya untuk __ 2. Pemerintahan kebijakannya untuk periode awal a. mendirikan lembaga pendidikan b. memperluas wllayah kekuasaan c. mengembangkan ilmu pengetahuan d. membangun saranadan prasarana umum 3. Khalifah pertama Daulah Umayyah Damaskus yang Jugas merupakan pendiri Daulah Umayyah Damaskus bernama __ a. Marwan bin al-Hakam b. Abdurrahman ad-Dakhil c. Al-Walid bin Abdul Malik d. Mu'awiyah bin Abu Sufyan 4. Berselang lima tahun pascaruntulnya Daulah Umayyah d) Damaskus, berdirilah Daulah Umayyah di Andalusia. Pemerintahan Daulah Umayyah di Andalusia bersamaan dengan __ a. Daulah Mugal b. Daulah Abbasiyah c. Daulah Fatimiyyah d. Kerajaan Turki Usman! 5. Pemerintahan Daulah Umayyah di Andalusia berpusat di Kota __ a. Elvira b. Toledo c. Malaga d. Cordoba
4. Salah satu teor akal muasal kehutur bangsa Indonesia meryebutkan bahwa hangsa Indonesis berasal dart Taiwan yang disctint Out of teari Chat of Tahoun? tahapan migrasi kelution Indomenta berdasarkan
menyebark
13. Perhatikan pernyataan di bawah ini! (1)ekonomi. (2)Heterogenitas penduduk. (3)para penguasa. (4) Kurangnya pasokan persenjataan (5 ) Pemberontakan tentara Jenissari (6)Meningkatnya kebutuhan masyarakat. Berdasarkan di atas, faktor yang menyebabkan Kerajaan Turki Usmani itu mengalami kemunduran ditunjukkan oleh nomor __ (HOTS) a. (1), (2),dan (4) C. (3), (4), dan (6 ) b. (2), (3 ), dan (5) d. (1), (4), dan (5)
Konferensi Asia-Afrika adalah awal proses terbentuknya gerakan yang tidak memihak kepada blok negara- negara besar yang bersaing secara ideologi yaitu yang dikenal dengan nama __ Organisasi Konferensi Islam ( OKI ) World Health Organization $(WHO)$ Gerakan Non Blok (GNB ) World Trade Organization (WTO)
B. saling menghormati bahwa Tuhan menciptakan manusia berkaum-kaum C. salinge menghomati bahwa keberagaman merupakan kekayaan hati untuk menerima perbedaan D. saling menghormati antara pendiri negara yang menetapkan ideology dan umat beragama E. menghormati karena segala perilaku harus dipertanggungjawabkan kepada masyarakat dan kepada Tuhan YME 24. Berikut ini perilaku yang akan dilakukan pelajar sebagai warga Negara yang cerdas ketika membaca pemberitaan di atas __ A. menganggap konflik tersebut wajar terjadi di daerah yang mayoritas salah satu agama B. mengonfirmasi berita agar tidak terpapar hoaks dan kebencian C. meyakinkan teman lain untuk mendukung salah satu pihak yang dianggap benar D. membiarkan saja karena peristiwa tersebut tidak terjadi di wilayah sendiri E. menyalahkan pemerintah yang lamban menangani 25. Jaminan HAM di Indonesia di mana bangsa Indonesia merupakan bagian dari masyarakat dunia secara idiil terdapat dalam __ A. sila ke-1 Pancasila B. sila ke-2 Pancasila C. sila ke-3 Pancasila D. sila ke-4 Pancasila E. sila ke-5 Pancasila 26. Berikut ini perilaku yang ditampilkan seorang siswa yang memahami kasus pelanggaran HAM apabila terdapat penegakat disiplin di sekolah, yakni __ A. meyakini bahwa kedisiplinan ialah bagian dari pembelajaran B. melaporkan tiap kegiatan mendisiplinkan sebagai pelanggaran HAM C. bersikap paham terhadap aturan kedusiplinan D. memercayai kedisiplinan bagian dari proses kebaikan E. bertindak sesuai aturan dan komitmen yang berlaku 27.Jika terjadi pengingkarar kewajiban sebagai warga negara dalam bidang pendidikan, perbaikan yang akan saya lakukan selayaknya seorang pelajar ialah __ A. membuat kebijakan kurikulum yang lebih baik B. membuat keputusan dalam musyawarah OSIS C. memenuhi kewajiban pada orang tua D. belajar dengan sungguh sungguh untuk masa depan E. mencari alternatif pendidikan yang lebih baik 28. Paham yang mengedepankan kepentingan umum daripada kepentingan pribadi maupun golongan atau kelompok disebut __ A. Ideologi pancasila B. Ideologi fasisme C. Ideologi komunisme D. Demokrasi E. Ideologi terbuka 29.Pancasila mejadi alat untuk eksistensi kepribadian bangsa Indonesia ditengah kehidupan global yang penuh perbedaan merupakan. __ A. Penerapan Pancasila B. Pancasila sebagai dasar negara C. Fungsi Pancasila D. Tujuan Pancasila E. Makna Pancasila 30. Masyarakat Indonesia mudah mendapatkan pengaruh budaya dari bangsa-bangsa di sekitarnya karena adanya interaksi sosial antar masyarakat merupakan dilihat dari __ A. Aspek ekonomi B. Aspek sosial C. Aspek budaya D. Aspek majemuk E Aspek politik 31.Imperialisme, kapitalsme, fasisme serta memulai dasar dalam pembentukaan UU merupakan isi dari Piagam Jakarta maka dari itu naskah piagam Jakarta disusun untuk dijadikan naskah proklamasi. Yang merumuskan piagam Jakarta adalah __
Tahun 1945? 3. Bag aimana membia sakan berprilaku dem okratis dalam kehidupan?