Bantuan Tugas Sejarah
Sejarah adalah mata pelajaran yang menarik bagi sebagian orang dan membosankan bagi yang lain. Sementara beberapa siswa terkesan dengan berbagai peristiwa masa lalu, pertempuran, dan tokoh-tokoh menarik, yang lain menganggap sangat sulit untuk menghafal kronologi pertempuran, nama-nama pemimpin berpengaruh, dan beratnya informasi yang ditawarkan mata pelajaran ini.
Untungnya, dengan pertanyaan dan jawaban sejarah ini, mudah bagi kamu untuk mengingat beberapa peristiwa penting besar dan waktu tepat kapan mereka terjadi. Jangan terlalu khawatir bahkan jika nama-nama orang penting ini membuat kepalamu pusing. Bantuan tugas sejarah kami memiliki fitur asosiasi kecerdasan buatan yang akan menghubungkannya dengan beberapa cerita menarik untuk membantumu mengingatnya dengan lebih baik.
1. Berikut ini adalah jenis-jenis program pendidikan sosial dalam wacana kurikulum sistem pendidikan di Indonesia,kecuali __ A. program pendidikan ilmu-ilmu sosial B. pendidikan disiplin ilmu pengetahuan sosial C. pendidikan ilmu pengetahuan sosial D. pengetahuan pendidikan sosial Jawab: D. benar 2. Pengertian studi sosial adalah ilmu-ilmu sosial yang disederhanakan untuk kepentingan pembelajaran dari Edgar Bruce Wesley adalah ilmu-ilmu sosial yang disederhanakan untuk tujuan __ A. pendidikan
1. Asal usul konsep Bhinneka Tunggal Ika berasal dari __ a budaya India b. budaya Cina c. budaya Yunan d. budaya Mesir e. budaya Indonesia 3. Kemauan bekerja sama dan memperbaiki keadaan ekonomi bersama merupakan jiwa dari gotong royong. Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan swasta juga harus berjiwa kooperasi atau gotong royong. Hal itu sesuai dengan UUD NRI Tahun 1945 Pasal __ a. 27 ayat (1) b. 28 ayat (1) c. 30 ayat (1) d. 31 ayat (1) e. 33 ayat (1) 9. Prinsip gotong royong dapat memperkuat hubungan antarindividu dalam masyarakat,yaitu dengan __ a. meningkatkan persaingan yang sehat b mengedepankan kepentingan pribadi b. mengedepankan kepentin pendapat d. saling membantu dan bekerja sama e. memperkeruh konflik internal 10. Suatu keselarasan atau keserasian dalam perbedaan di dalam masyarakat Indonesia disebut __ a. keberagaman b. harmoni c. keanekaragaman d berbeda-beda e. Bhinneka Tunggal lka 11. Semua orang bekerja sama untuk mencapai kesejahteraan bersama. Prinsip gotong royong dalam membangun harmoni dalam keberagaman mengandung pesan bahwa __ a. kita harus menolak keberagaman untuk mencapa kesatuan b. hanya satu budaya yang boleh ada di dalam negara c. setiap individu harus menjaga keberagaman dengan cara mereka sendiri d. semua orang harus bekerja sama tanpa memandang perbedaan e. kita harus menghindari interaksi dengan orang-orang yang berbeda budaya 12. Semangat Bhinneka Tunggal Ika di lingkungan sekolah dapat diterapkan melalui findakan __ a. peserta didik mau berteman tanpa membeda-bedakan b. memberi kesempatan untuk beribadah sesuai dengan ajaran agamanya c. menghormati tradisi dari teman yang berbeda suku d. bekerja sama saat mengerjakan penilaian e. memilih kelompok belajar berdasarkan jenis kelamin 13. Gotong royong sudah menjadi tradisi dan adat budaya di negara Indonesia yang memiliki nilai-nilai yang luhur. Di bawah ini adalah nilai-nilai luhur dari gotong royong, kecuali . __ a. menguatkan sikap solidaritas b. menguatkan sikap kebersamaan c. menguatkan sikap individualisme d. menguatkan sikap saling menolong e. menghargai perbedaan pendapat 14. Pelaku perekonomian dalam sistem ekonomi Pancasila untuk mewujudkan kemakmuran dan kesejahteraan adalah __ a individu b. swasta c. BUMN d. perusahaan asing 8 koperasi
27. Apa nama dokumen yang diberlakukan setelah Perang Dunia II dan membatasi Jepang dari memiliki angkatan bersenjata ofensif? A. Piagam San Francisco B. Deklarasi Kairo C. Konstitusi Jepang 1947 D. Perjanjian Portsmouth E. Resolusi Genewa
2.Sebutkan negara-negara anggota SEATO! Jawab: __ 3.Sebutkan nama-nama sekretaris jenderal CENTO! Jawab __ 4.Siapa saja penandatang an Pakta ANZUS? Jawab: __ Sebutkan negara-negara pendiri NATO! Jawab: __
Jawablah pertanyaan -pertanyaan di bawah ini dengan benar! 2. Potensi konflik di tengah keberagamar masyarakat dapat dipicu oleh beberapa persoalan. Sebutkan! 1. Apakah yang dimaksud konflik menurut Soeriono Soekanto?. 4. Jelaskan bahwa perbedaar tingkat pendidikan dapat menyebabkan konflik dalam kelompok masyarakat! 3. Jelaskan mengenai konflik antarsuku! 5. Apa sajakah hal-hal yang diperlukan dalam mengelola keberagaman agar tidak menimbulkan konflik? Perluas pemahaman Anda dengan mengerjakan tugas berikut sebagai cerminan profil pelajar Pancasila! 1. Carilah salah satu artikel atau berita terkait konflik yang pernah terjadi di masyarakat dari berbagai sumber! 2. Tuliskan faktor-faktor penyebab terjadinya konflik tersebut! 3. Tuliskan pula sila Pancasila yang dilanggar dalam konflik tersebut! 4. Berikan pula pendapat Anda terkait konflik tersebut! 5 Tempelkan berita yang Anda peroleh dalam kertas folio beserta hasil analisis Anda! 6. Kumpulkan kepada guru untuk mendapatke an penilaian!
Asesmen Kompetensi Siswa Kondisi di masyarakdividu atau kelompok de dalam masyarakat hidup sejalan dan diriasi dengan tujuan masyarakatnya dinamakan __ a amalgamas b. Inklusi sosial d harmoni sosial c. kohesi sosial e akomodasisosial 2 Dua keluarga yang berasal dari latar belakang agama, suku, dan budaya berbeda.telapi mereka dapat hidup berdampingan secara damai di sebuah kebersamaan yang ditunjukkan akan kompleks perumahan Sikap dan perilaku mendorong terciptanya __ a akomodas d toteransi b. demokrasi e integrasi c. solidaritas 3. Faktor yang mempercepat terjadinya inte- grasi adalah __ a. terjadinya konflik kesukuan b. terjadinya perkawinan campuran c. adanya kepentingan pribadi d. ingin mempertahankan budaya asli e. dukungan adat istiadat yang kuat 4 Dalam kelompok yang tingkat kemaje- mukannya tinggi, maka integras,sosial __ a cepat hilang b. bergantung pada individu c. tidak bergantung pada setiap individu d. Sulit dicapai dalam waktu relatif singkat e. mudah dicapa 5. Apabila integrasi sosial terwujud dalam kehidupan masyarakat dapat mengaki- batkan __ a. keserasian fungsi sosial b. peningkatan fungsi sosial c. perbedaan fungsi sosial d. perubahan fungsi sosial e. penurunan fungsi sosial 6. Integrasi koersif terbentuk berdasarkan __ a. ekonomi masyarakat b. fungsi nya dalam masyarakat Berilah tanda silang (x)pada huruf a, b c, d, ataue di depan jawaban yang paling tepat! c kekuasaan pengusaha d. gejolak politik suatu negara e. kebudayaan masyarakat setempat 7 Dalam integrasi dapat terbentuk dengan mengedepankan fungsi dari masing-masing pihak yang ada dalam sebuah masyarakat Di bawah ini yang menunjukkan integrasi tersebut. yaitu __ a suku Bugis sebagai nelayan dan suku Minang sebagai pedagang yang men jual hasil laut b Anita melakukan kerja sama dengan Friska untuk membuat kerajinan daur ulang c. Suku pedalaman Sulawesi pandai ber. kebun d suku Sunda bekerja sama dengan suku Jawa untuk mempererat hubungan di antara kedua suku tersebut e. Mira membantu Kadek belajar tentang tradisi Jawa 8. Perubahan penlaku dalam kehidupan masyarakat sebagai akibat dari pengaruh kelompok dalam suatu komunitas. Ini merupakan bentuk integrasi sosial yang disebut __ a. kerja sama b. konformitas c. kedamaian d. kohesi e. konflik 9. Terciptanya integrasi sosial di dalam masyarakat dapat dilihat dari __ a. adanya pola pikir yang seragam b. terwujudnya ketenteraman dalam ke hidupan bersama c. terciptanya dominasi salah satu kl lompok masyarakat d. nilai sosial ditentukan oleh salah s kelompok e. timbulnya kesamaan kehendak antara anggota masyarakat
7. Asal usul konsep Bhinneka Tunggal lika berasal dari __ a. budaya india b. budaya Cina c. budaya Yunani d. budaya Mesir e. budaya Indonesia 8. Kemauan bekerja sama dan memperbaiki keadaan ekonomi bersama merupakan jiwa dari gotong royong. Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan swasta juga harus berjiwa kooperasi atau gotong royong. Hal itu sesuai dengan UUD NRI Tahun 1945 Pasal __ a. 27 ayat (1) b. 28 ayat (1) c. 30 ayat (1) d. 31 ayat (1) e. 33 ayat $(1)$ 9. Prinsip gotong royong dapat memperkuat hubungan antarindividu dalam masyarakat, yaitu dengan __ a. meningkatkan persaingan yang sehat b. mengedepankan kepentingan pribad c. mengedepankan kepentin pendapat d. saling membantu dan bekerja sama e. memperkeruh konflik internal 10. Suatu keselarasan atau keserasian dalam perbedaan di dalam masyarakat Indonesia disebut __ a. keberagaman b. harmoni c. keanekaragaman d. berbeda -beda e. Bhinneka Tunggal Ika 11. Semua orang bekerja sama untuk mencapai kesejahteraan bersama. Prinsip gotong royong dalam membangun harmoni dalam keberagaman mengandung pesan bahwa __ a. kita harus menolak keberagaman untuk mencapai kesatuan b. hanya satu budaya yang boleh ada di dalam negara c. setiap individu harus menjaga keberagaman dengan cara mereka sendin d. semua orang harus bekerja sama tanpa memandang perbedaan e. kita harus menghindari interaks dengan orang-orang yang berbeda budaya 12. Semangat Bhinneka Tungga Ika di lingkungan sekolah dapat diterapkan melalui tindakan __ a. peserta didik mau berteman tanpa membeda-bedakan b. memberi kesempatan untuk beribadah sesuai dengan ajaran agamanya c. menghormati tradisi dari teman yang berbeda suku d. bekerja sama saat mengerjakan penilaian e. memilih kelompok belajar berdasarkan jenis kelamin 13. Gotong royong sudah menjadi tradisi dan adat budaya di negara Indonesia yang memiliki nilai-nilai yang luhur. Di bawah ini adalah nilai-nilai luhur dari gotong royong, kecuali __ a. menguatkan sikap solidaritas b. menguatkan sikap kebersamaan c. menguatkan sikap individualisme d. menguatkan sikap saling menolong e. menghargai perbedaan pendapat 14. Pelaku perekonomian dalam sistem ekonomi Pancasila untuk mewujudkan kemakmuran dan kesejahteraan adalah __ 8 individu b. swasta c. BUMN d. perusahaan asing e. koperasi
25. Konferensi yang diadakan pada tahun 1945 untuk membagi wilayah Eropa pasca-Perang Dunia II antara Sekutu adalah. __ A. Konferensi Yalta B. Konferensi Potsdam C. Konferensi Versailles D. Konferensi Teheran E. Konferensi Genewa
1. Pada masa Orde Lama kebijakan Ekonomi Terpimpin diterapkan dengan ciri-cin berikut, kecuali: A. Negara mengendalikan sektor ckonomi B. Peran swasta diperbesar C. Inflasi tinggi terjadi di Indonesia D. Nasionalisasi perusahaan asing 2. Ciri utama pembangunan ekonomi pada masa Orde Baru meliputi: A. Pembangunan infrastruktur besar-besaran B. Kebijakan swasembada pangan C. Sistem Ekonomi Terpimpin D. Program Repelita (Rencaha Pembangunan Lima Tahun) 3. Krisis moneter tahun 1997 menyebabkan dampak-dampak berikut: A. Nilai tukar rupiah jatuh drastis B. Harga barang pokok menurun C. Demonstrasi besar-besaran menuntut reformasi D. Stabilitas politik terjaga dengan baik 4. Agenda utama Reformasi 1998 meliputi: A. Pemberantasan korupsi B. Meningkatkan sentralisas kekuasnan C. Pembatasan masa jabatan presiden D. Penghapusan UUD 1945 5. S. Manfaat kebijakan Repelita pada masa Orde Baru mencakup: A. Peningkatan produksi beras B. Modernisasi infrastruktur C. Peningkatan pengangguran D. Pengendalian inflasi 6. Faktor utama yang memicu gerakan reformasi pada tahun 1998 adalah: A. Krisis ekonomi yang parah B. Kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah meningkat C. Korupsi yang merajalela D. Kemakmuran yang merata 7. Setelah reformasi, beberapa perubahan penting dalam politik Indonesia antara lain: A. Pemilihan presiden langsung oleh rakyat B. Pembatasan masa jabatan presiden maksimal dua periode C. Peningkatan kekuasaan presiden D. Pemisahan kekuasaan antara legislatif dan cksekutif 8. Presiden B.J.Habibie memimpin Indonesia setelah Soeharto dengan kebijakan-kebijakan berikut: A. Menyelenggarakan pemilu yang bebas B. Menghapuskan partai politik C. Mendorong reformasi demokrasi D. Membatasi kebebasan pers
Asesmen Kompetensi Siswa Berilah tanda silang (x)pada huruf a, b c, d, atau e di depan jawaban yang paling tepat! 1. dalam mana individu alau kelompok dinamakdengan tujuan masyarakatnya sedelam masyarakat dinamakan a. a malgamasi d harmoni sosial __ b. inklusi sosial e akomodasisosial c. kohesi sosial 2 Delakuluarga yang berasal dari latar berbeda tetapi mereka dapat hidup berbeda agama. suku dan budaya berjampingan secara damat sebuah kebersamaa yang ditunjukkan akan kompleks perumahan Sikap dan perilaku mendorong terciptanya __ a. akomodasi d toleransi b demokrasi e. integrasi c. solidaritas a. Fakor yang mempercepat terjadinya inte- grasi adalah __ a. terjadinya konflik kesukuan b. terjadinya perkawinan campuran c. adanya kepentingan pribadi d. ingin mempertahankan budaya ash e. dukungan adat istiadat yang kuat 4 Dalam kelompok yang tingkat kemaje- mukannya tinggi, maka integras sosial __ a. cepat hilang b. bergantung pada individu c. tidak bergantung pada setiap individu d. sulit dicapai dalam waktu relatif singkat e. mudah dicapai 5. Apabila integrasi sosial terwujud dalam kehidupan masyarakat dapat mengaki- batkan __ a. keserasian fungsi sosial b. peningkatan fungsi sosial c. perbedaan fungsi sosial d. perubahan fungsi sosial e. penurunan fungsi sosial 6.Integrasi koersif terbentuk berdasarkan __ a. ekonomi masyarakat b. fungsi nya dalam masyarakat c. kekuasaan pengusaha d gejolak poltik suatu negara 7 Dalam integrasi dapat terbentuk dengan e. kebudayaan masyarakat setempat mengedepankan tungsi dari masing -masing phak yang ada dalam sebuah masyarakat Di bawah ini yang menunjukkan integrasi tersebut, yaitu __ a suku Bugis sebagai nelayan dan suku Minang sebagai pedagang yang men- jual hasil laut b. Anta melakukan kerja sama dengan Friska untuk membuat kerajinan daur ulang c. Suku pedalaman Sulawesi pandai ber. kebun d. suku Sundabekerjasamadengan suku Jawa untuk mempererat hubungan di antara kedua suku tersebut e. Mira membantu Kadek belajar tentang tradisi Jawa 8. Perubahan penlaku dalam kehidupan masyarakat sebagai akibat dari pengaruh kelompok dalam suatu komunitas In merupakan bentuk integrasi sosial yang disebut __ a. kerja sama b. konformitas c. kedamaian d. kohesi e. konflik 9. Terciptanya integrasi sosial di dalam masyarakat dapat dilihat dari __ a. adanya pola pikir yang seragam b. terwujudnya Ketenteraman dalam ke- hidupan bersama c. terciptanya dominasi salah satu ke. lompok masyarakat d. nilai sosial ditentukan oleh salah satu kelompok e. timbulnya kesamaan kehendak antara anggota masyarakat