Bantuan Tugas Sejarah
Sejarah adalah mata pelajaran yang menarik bagi sebagian orang dan membosankan bagi yang lain. Sementara beberapa siswa terkesan dengan berbagai peristiwa masa lalu, pertempuran, dan tokoh-tokoh menarik, yang lain menganggap sangat sulit untuk menghafal kronologi pertempuran, nama-nama pemimpin berpengaruh, dan beratnya informasi yang ditawarkan mata pelajaran ini.
Untungnya, dengan pertanyaan dan jawaban sejarah ini, mudah bagi kamu untuk mengingat beberapa peristiwa penting besar dan waktu tepat kapan mereka terjadi. Jangan terlalu khawatir bahkan jika nama-nama orang penting ini membuat kepalamu pusing. Bantuan tugas sejarah kami memiliki fitur asosiasi kecerdasan buatan yang akan menghubungkannya dengan beberapa cerita menarik untuk membantumu mengingatnya dengan lebih baik.
3 salah satu sifat dari hitoriografi nasional adalah __ a religiosentris b Indonesi asentris C regiosentris d. Neerlandosentris e. religiomagis 4 Berikut ini yang bukan merupakan ciri-ciri dari historiografi kolonial adalah __ a. bersifat diskriminatif b. membahas Belanda C. adanya nasionalisme d belandar nasi e. tidak sesuai dengan fakta sejarah 5. Buku yang berjudul Der Geschiendenis van Nederlandsch Oost-Indie adalah contoh dari historiografi kolonial yang ditulis oleh __ a. A.J. Eijkman dan F.W. Stapel b. Thomas S . Raffles C. B.H.M. Vlekke d. G. Gonggrijp e.H. J. de Graaf 6. Perhatikan pernyataan berikut! (1) Museum. (2) Arsip Nasional Republik Indonesia. (3) Lapangan. (4) Stadion. (5)Situs purbakala. Pernyataan di atas yang merupakan tempat yang dapat dikunjung untuk mencari sumber penelitiannya ditunjukkan oleh nomor kecuali __ a. (1) dan (2) d. (4) dan (5) b. (2) dan (3) e. (5 ) dan (1) C. (3)dan (4) 7. Perhatikan pernyataan berikut! (1)Kritik. (2)Interpretasi. (3) Penulisan. (4) Heuristik. Urutan yang benar dalam metode sejarah setrik ditunjukkan oleh nomor __ a. (1)-(2)-(3)-(4) d. (4)-(3 )-(2)-(1) b. (4)-(1)-(2)-(3) e. (1)-(3)-(2)-(4) C. (3)-(4)-(1)-(2) berikut! 9 a (1) d b (2) 6. (a) Bebelun sejaraw a. top b. bie C. w d. tu B. 10. Intert diser bert a. b. C. d. 11.
untara keberin gedung g pernah diraih oleh Umaherhasilan yang pernah KPU seorang khalifah adatab __ B. memberantas Nabi palsu B. membentuk dewan moneter C. mendirikan armada laut Lembaga umpul Al-Qur'an masa Khalifah D mengumpul Al-Qur'an Umar Bin Khatab yang bertugas mengurusi A. Laziz keuangan Negara adalah __ B. Baitul Mal C. Dewan Syura D. Dewan Perang Berilah tanda centang pada pernyataan pernyataan berikut ini! __ A. Ahkamu umat B Risolah umar C Sustur 'umar is Kitabu'umar 20. Saat menjabat khalifah Umar bin Khi bergelar __ A. Khalifatullah B. Khalifatul 'ardi C. Amirul mu'minin a. Kholifaturasulitiah 20.Kholifaturasulitieat pada sa A. salat B. perang C berpidato D. musyawarah
pemikiran sistem pendidikan nasional sejak Indonesia merdeka 1945 sampai sekarang.Analisislah makna sekolah dasar dilihat dari sudut pandang landasan
19. Organisasi PBB didirikan pada tang a. 25 April Tous b. 24 Juni 1945 c. 28 d. 24 Oktober 1945 20. Penyobaran nilai-nila globalisasi yang banyak masyarakal motalui __ a. media televis b. radio keibar d. pembicaraan langsung 21. Bentuk kerja sama antara negara Indonesia dan Korea dalam bidang ekonomi yang komprehensif adalah __ a. IPTN -CEPA c. APEC d. PBB 22. Badan khusus PBB vang bertugas intemasional adalah __ menciptakan stabilitas sistem keuangan a. WTO b. IMF c. IBDR $ILO$ 23. Perhatikan pernyataan Thailand (2) Impor bahan bakar minyak dari Arab Saudi (3) Ekspor kelapa sawit ke Malaysia (a) Pertukaran pelajar antara Indonesia- Jepang Contoh kerjasama indonesia dengan negar dalam lingkup ASEAN ditumukkan oleh nomor __ (HOTS) (1) dan (2) h (1) dan (5) c (2) dan (5) (a) dan (4) Badan khusus yang bertugas contan sosial dan hak tenagakerja buruh adalah __
10 . "Kemerdekaan hanyalah diperdapat dan dimiliki oleh bangsa, yang jiwanya berkobar-kobar dengan tekad,Merdeka, Merdeka atau Mati" adalah pernyataan penutupan pidato Sukarno pada tanggal __ a. 29 Mei c. 30 Juni b. I Juni d. 1Juli
$17/25$ Peng aruh Hindu-Buddha terhadap pengelolaan sumber daya alam di Indonesia terlihat dari __ Sistem terasering untuk pertanian di daerah pegunungan enggalian tambang emas secara besar- besaran Penggunao in mesin modern dalam pertanian Penanama n hutan industri untuk ekspor
1. Jelaskan alas an (minimal 5)pentingnya landasan berpijak dalam kurikulum! 2. Coba kaitkan pergantian kurikulum (KBI , KBK, KTSP , KURTILAS, KURIKULUM MERDEKA)ditinjau dari landasannya! 3. Coba identifikasi KEL EBIHAN dan KEKURANGAN dari masing- masing jenis pengorgani sasian kurikulum!
45. Perhatikan data berikut ini. (1) Mengiringi ritual kematian. (2) Mendinginkan air. (3) Upacara memanggil hujan. (4) Sebagai genderang perang. (5) Sebagai alat upacara. Dari pernyataan -pernyataan di atas, yang bukan fungsi nekara ditunjukkan pada nomor __ A.(1) B D . (4) C. (3) E. (5) 46. Ketika masyarakat belum mengenal aksara,penyampaian kebiasaan -kebiasaan atau adat -istiadat yang berlaku di dalam masyarakat ke generasi berikutnya dilakukan secara lisan. Cara penyampaian kebiasaan seperti ini disebut juga . __ A. tradisi praaksara B. tradisi semiaksara C. tradisi pratulisan D. tradisi lisan E. tradisi purba 47. Tanda bahwa masyarakat memasuki zaman sejarah adalah ketika masyarakatnya __ A. sudah memahami sejarahnya sendiri B. mampu merekam pengalaman masa lalunya C. mengenal aksara D. berkomunikasi dengan bahasa isyarat E. mampu menggunakan bahasa
21. Seorang peserta didik yang melanggar tata tertib sekolah akan mendapatkan sanksi se- suai dengan bobot kesalahannya sesuai dengan tata tertib yang berlaku. Dalam tingkatan norma ini termasuk __ a. cara c. tata kelakuan b. kebiasaan d. adat istiadat 22. Lembaga keluarga salah satu fungsinya yaitu proteksi, yang artinya adalah __ a. keluarga tempat berlindung para anggota keluarga b. antaranggota keluarga saling menyayangi c. tempat mengenal pertama norma dalam masyarakat d. tempat mendapatkan pendidikan pertama 23. Dalam hal memenuhi kebutuhan manusia harus menjaga keseimbangan dalam meman- faatkan sumber daya alam yang ada, ini fungsi dari __ a. lembaga agama b. lembaga keluarga c. lembaga pendidikan d. lembaga ekonomi 24. Pihak yang bertugas membuat regulasi untuk melindungi sumber daya alam yang adalah di Indonesia adalah __ a. lembaga ekonomi b. lembaga pendidikan c. lembaga politik d. lembaga agama 25. Lembaga yang bertugas untuk membentuk atau mengubah tingkah laku seseorang men- jadi lebih baik melalui hubungan dengan lingkungan sekitar adalah __ a. lembaga ekonomi b. lembaga pendidikan c. lembaga politik d. lembaga agama 26. Wujud kebudayaan adalah artefak yang merupakan sebuah karya dibuat, salah satunya adalah Kitab Sutasoma yang dikarang oleh __ a. Mpu Panuluh c. Mpu Prapanca b. Mpu Tantular d. Mpu Sedah 7. Perhatikan pernyataan berikut. 1) Luas wilayah 4) Jumlah penduduk 2) Suhu dan kelembapan udara 5) Isolasi kepulauan oleh lautan 3) Posisi strategis Faktor geografis yang memengaruhi keragaman budaya adalah __ HOTS c. 1), 3), dan 5) a. 1),2 ), dan 3) d. 2), 4), dan 5) b. 1),2 ), dan 4)
19. Jalan yang dibangun pada masa pemerintahan Gubernur Jenderal Herman Willem Daendels membentang antara __ a. Anyer-Surabaya d. Jakarta -Surabaya b. Anyer -Panarukan e. Yoyakarta-Solo c. Banten-Semarang 20. Tujuan utama Daendels melakukan pembangunan jalan tersebut adalah __ a. memajukan daerah Hindia Belanda b mempertahankar Pulau Jawa dari serangan Inggris c. mempercantik wilayah Jawa d. memudahkan dalam pengontrolan kekuasaan di berbagai wilayah e. memudahkan pendistribusian hasil kebun ke pelabuhan