Bantuan PR Sastra
Sastra adalah bentuk seni yang mengekspresikan dan mengkomunikasikan ide, emosi, dan pengalaman melalui bahasa. Sastra adalah bagian integral dari budaya manusia, mencakup berbagai bentuk dan gaya. Karya sastra dapat mencakup novel, puisi, drama, esai, dan lain-lain. Sastra tidak hanya mencerminkan latar belakang sosial, sejarah, dan budaya, tetapi juga menginspirasi imajinasi, emosi, dan kemampuan berpikir kritis pembaca. Melalui sastra, orang dapat menjelajahi dunia dalam diri manusia, memahami perspektif dan nilai-nilai yang berbeda, dan merasakan kenikmatan keindahan. Sastra memiliki dampak yang signifikan pada pertumbuhan pribadi dan perkembangan masyarakat.
5. Can we wash our feet in the bed- room? a. Yes , we can. b. Ab solutely! c.No,we can't. d. Why not? Text for numbers 6 =10 Ita is in the bedroom now.She can do activities in the bedroom . She can nap, sleep , get dressed , tidy hair read books, and listen to the radio. She can also study. 6.The text tells about __ HOTS a. what Ita's bedroom looks like b.things in Ita's bedroom c. what Ita can do in the bedroom d.what Ita has in the bedroom
No. Cermati Narasi Berikut! Pak Ahmad guru kelas V akan merancang pembelajaran materi IPA KD 3.menerapkan sifat-sifat cahaya dan keterkaitannya dengan indera penglihatan, dengan mempertimbangkan teori belajar yang berhubungan dengan pembelajaran IPA Dalam pemikiran pak Ahmad pembelajaran akan sebagai berikut. Pada bagian pendahuluan guru melakukan apersepsi dengan menunjukkan lampu senter yang dinyalakan dan dimatikan berulang dan tanya jawab mengenai hal-hal yang berhubungan dengan aktivitas siswa berhubungan dengan penggunaan lampu senter dan cahaya. Pada kegiatan inti . guru membelajarkan siswa dengan memberikan kesempatan siswa untuk mencari tahu dalam serangkaian kegiatan yang terstruktur, dan memberikan kuis dalam bentuk permainan. Pada kegiatan penutup diisi dengan kegiatan menyimpulkan bersama materi yang telah dipelajari dan memberikan penguatan. a. Metode apa yang paling tepat untuk pembelajaran agar tujuan pembelajaran dapat dicapai? b. Tuliskan 4 alasan guru memilih metode tersebut! c. Buatlah skenario pembelajaran tentang bumi dan alam semesta dengan menggunakan metode yg telah dipilih! Soal
5. Dari teks anekdot di atas, konjungsi yang menyatakan hubungan waktu adalah __ A. Kemudian B. Dan C. Yang D. Dengan E. Di Perhatikan teks di bawah ini ! (1) Seorang laki-laki masuk bank dan berkata ia ingin pinjam $\$ 200$ selama enam bulan. (2) Ia menjaminkan Rolls Royce miliknya dan meminta bank menahan mobilnya itu sampai utangnya lunas. (3) Enam bulan kemudian orang itu kembali ke bank membayar $\$ 200$ ditambah $\$ 10$ bunga dan mengambil kembal Roll -nya. (4) Petugas pinjaman bertanya kepadanya mengapa orang yang mengendarai Roll Royce perlu pinjaman $\$ 200$ lalu jawabnya, "Saya harus ke Eropa selama enam bulan dan di mana lagi saya dapat menitipkan Rolls selama itu hanya $\$ 10?''$ (5) Si petugas melongo dan sejurus kemudian tertawa mengakui kecerdikan si pemilik Roll Royce. 6. Orientasi pada teks anekdot tersebut adalah kalimat __ A. (1) D. (4) B. (2) E. (5) C. (3) 7. Bagian krisis pada teks anekdot tersebut adalah __ A. Seorang pemilik Roll Royce meminjam uang di bank dan menjaminkan mobilnya. B. Seorang pemilik Roll Royce meminta bank menahan mobilnya sampai utangnya lunas. C. Seorang pemilik Roll Royce membayar utang dan mengambil mobilnya. D. Seorang pemilik Roll Royce meminjam uang di bank dan menitipkan mobilnya dengan cara menjaminkan mobil tersebut. E. Seorang pemilik Roll Royce memberikan jawaban yang membuat si petugas bank melongo dan tertawa. Perhatikan teks di bawah ini ! Seorang dosen Fakultas Hukum sedang memberi kuliah Hukum Pidana. Saat tiba sesi tanya jawab si Ali bertanya pada dosen, $''Apa$ kepanjangan dari KUHP,Pak?" Lalu dosen tidak menjawab sendiri, tetapi dilemparkannya pada si Ahmad. "Saudara Ahmad, coba bantu saya untuk menjawab saudara Ali!" pinta beliau. Mahasiswa lain tentu tertawa , sedang pak dosen geleng -geleng kepala, seraya menambahkan pertanyaan pada si Ahmad, "Saudara Ahmad, darimana Saudara tahu jawaban itu?" Dasar si Ahmad pertanyaan tersebut dijawabnya pula dengan tegas, "Peribahasa Inggris mengatakan ,Pengalaman adalah guru yang terbaik" begitu, Pak!" Seisi kelas tertawa Lalu tawa mereda dan kelas kembali tenang. 8. Kelucuan teks anekdot terdapat pada bagian __ A. Dosen sedang memberi kuliah hukum pidana. B. Saat sesi tanya jawab antara mahasiswa dan dosen. C. Saat Ahmad memplesetkan KUHP menjadi Kasih Uang Habis Perkara. D. Para mahasiswa tertawa mendengar jawaban Ahmad. E. Para mahasiswa menertawakai keluguan Ahmad menjawab pertanyaan dosen.
__ the academic researchers at the campus last week? 3) (A)Were (B)Was (C)Did (D)Had 4) Has Marina __ you last week? (A) contact (B) call (C) phone (D) contacted 5) __ the article have a great impact for the readers? (A) Do (B) Does (C) Is (D)Did 6) Have they __ the objectivity in reporting the news (A) select (B) choose (C)selected (D)to select
22. Cermati kutipan teks berita berikut! Teks Berita I Psikolog Anak dan Keluarga, Sani Budiantini Hermawan mengatakan, anak-anak pasti stres dalam menghadapi situasi pandemi COVID-19. Alasannya, menurut Direktur Lembaga Psikologi Daya Insani ini, normalnya dunia anak- anak itu lebih banyak bermain dengan teman-teman sebayanya. Sementara dalam situasi pandemi COVID-19, pemerintah meminta semua masyarakat,termasuk anak-anak, untuk menghindari kerumunan. Sumber: https://lifestyle.kompas.com Teks Berita II Pandemi corona (COVID-19)diyakini akan bisa disudahi pada 2021 jjka intervensi pemerintah dalam melakukan tes ,tracking, dan isolasi secara masif serta disiplin protokol kesehatan di masyarakat dilaksanakan dengan ketat dan tepat. Jika intervensi dan disiplin tidak konsisten pandemi baru akan berlalu pada 2022. Sumber: https://nasional.sindonews .com Kedua teks berita tersebut diawali dengan unsur __ A siapa dan kapan B apa dan bagaimana C mengapa dan bagaimana D apa dan mengapa E bagaimana dan apa 23. Dana Moneter Internasional (IMF) kembali memangkas proyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia ditahun 2022 Lembaga tersebut pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun ini akan mencapai 5,4 persen (year-on-yearlyoy). Ini merupakan pemangkasan kedua kali. Januari lalu, IMF memperkirakan ekonomi Indonesia akan tumbuh sebesar $5,6\% $ yoy atau lebih rendah $0,3\% $ poin dari perkiraan sebelumnya yang mencapai 5,9 persen yoy. Sumber: https://ekonomi.bisnis.com/ Makna istilah proyeksi pada kutipan teks tersebut adalah __ masa yang akan datang menggunakan data yang ada. A perkiraan keadaan B peningkatan jumlah b. C perbaikan keadaan D gambaran jumlah E perubahan keadaan 24. Sebuah vlog biasanya terdapat di __ A surat kabar B artikel C majalah D YouTube E WhatsApp
Hartadi : "Ah ko the... 6. Latar panggonan ana ing pethikan sandiwara ing dhuwur yakuwe A. kelas C. umahe Ilham B. latar sckolahan D. umahe Hartadi 7. Bakune isi pethikan pacelathon antara Ilham lan Hartadi yakuwe __ A. Ilham arep tuku linthingan sing digawa Hartadi. B. Ilham kepengin nyoba linthingan sing digawa Hartadi. C. Hartadi wis biyasa nggunakna linthingan putihan nang umah. D. Hartadi nembe arep njajal linthingan putihan kuwe. 8. Sandiwara "Ande-Ande Lumut " nyritakake pangeran kang nyama dadi rakyat biasa. Menawi pangeran kagungan sedherek 7 lan sab sedherek kagungan putra 3. pinten jumlah sedaya putra saking sedherek pangeran : A. 21 C. 18 B. 24 D. 30
A. explain how Banyuwangi was created 1.The purpospot the text is to __ B. entertain the readers with a legend of Banyuwangi C. persuade the readers to visit Banyuwangi D.retell past experience in Banyuwang! E.describe a city called Banyuwang! 2.Which of the following statements describe Sidopekso? (More than one answer) A.He loved his wife. B. He was a responsible person C. He was strong and handsome. D.He wasn't easily deceived. E.He was not a loyal advisor. 3.Why did the king order Sidopekso for some errands? A.He wanted to murder Sidopekso. B.He couldn't do the errands alone. The errands were difficult for him to do D.He had a plan to close Sidopekso's wife. E.He wanted Sidopekso to clean the smelly river. 4.The river became clear and fragrant. This situation shows that Sri Tanjung was __ 5.When Sidopekso returned, the king had an idea to lie to him. Why did the king lie to Sidopekso? __ This text is for questions 6 to 9. Biwar, the Dragon Conqueror Sago was the staple food of Mimika Papua. Sago grew along the river. Once, a number of locals went across the river taking sago by boats. In the middle of the river, a ferocious hunger dragon appeared. It attacked them, but only a woman survived. She hung to her boat piece and finally arrived in a land. The woman was pregnant but she had lost her husband who died because of the dragon. Then, the woman lived in a cave and survived by eating fruits around the cave. She could not go back to the village. Few months later, she gave birth to a son and named him Biwar. Few years later, Biwar grew into a handsome, strong, and agile young man. Her mother taught him how to hunt and fish Biwar was also good at playing drum. One day, Biwar showed a row of big fish to her mother. Then.he took her where he got the fish His mother stunned after knowing the place he was curious because his mother seemed really worry. Then,his mother told how his and his relatives were killed. Hearing the explanation, Biwar was angry and he promised to slay the dragon. His mother tried to stop him, but Biwar still insisted on going. "Well, Biwar. Go, but be careful," said his mothor blessed him Biwar then down to the river. When he arrived in front of a large cave, he played his drum to lure the dragon out. When the dragon's head appeared, Biwar used an arrow and ax to attack the dragon Finally the dragon died. When Biwar got home with joy,his mother immediately took him back to the village. The villagers were happy to welcome them, and thanked to Biwar. Actapted trom: Arie Pujles in. Bwar Sang Penakluk Naga, Yogyakarta, Jogya Greatt, 2613 6.Why did the villagers go across the river? A.To kill the dragon. B.To find a safe shelter. C. To take sago D.To save the pregnant woman E.To go back to their village. 7.What did Biwar's mother teach to her son? (More than one answer) A. Taking sago B. Hunting. C. Killing dragons. D.Fishing. E. Playing drum. 8."In the middle of the river, a ferocious hunger dragon appeared." The word "ferocious" means __ A. having great power B.able to move fit and strong D. eager to know E.savagely fierce 9.What would happen to Biwar and his mother if Biwar failed to slay the dragon?
in meaning to (A) discussed (B) prepared Line the United States increased The frontier had mostly disappeared and by 1910 (5) bureaucrat ization of economic : life combined with a new emphasis upon (10) immigrants at the turn of the century coincided with and contributed to an agencies children "efficiently" in their own homes.or if economic ne cessity demanded soccer s of others. Sursequent notions seem quite out -of-date. (A) hostility (B) shyness (B) Depression (C) Boredom (D) Anger
Tulislah sebuah tentang pengalamanmu di masa lampau!Pertanyaan- pertanyaan ini membantumu menulis. 1. Were you on holiday last week? 2. Where did you go for holiday? 3. With whom did you go there? 4. How did you go there? 5. What did you do there? 6. How did you feel that time? Write your here! Tulislah paragrafmu di sini! __
25. A freezer is __ a. a domestic refrigerato: b. an evaporator in a refrigerator c. a refrigerator system G. an insulatea space