AI Jawab Pertanyaan_Asisten Tugas Terbaik AI Online | Question AI

Bantuan PR Sastra

Sastra adalah bentuk seni yang mengekspresikan dan mengkomunikasikan ide, emosi, dan pengalaman melalui bahasa. Sastra adalah bagian integral dari budaya manusia, mencakup berbagai bentuk dan gaya. Karya sastra dapat mencakup novel, puisi, drama, esai, dan lain-lain. Sastra tidak hanya mencerminkan latar belakang sosial, sejarah, dan budaya, tetapi juga menginspirasi imajinasi, emosi, dan kemampuan berpikir kritis pembaca. Melalui sastra, orang dapat menjelajahi dunia dalam diri manusia, memahami perspektif dan nilai-nilai yang berbeda, dan merasakan kenikmatan keindahan. Sastra memiliki dampak yang signifikan pada pertumbuhan pribadi dan perkembangan masyarakat.

III. Essay. 6. Make 3 questions in simple past tense form! __ Mention the structure of a recount text and the tenses that is used in the text. __ ................ consumeras communications 8. Make 3 sentences that combine sentences in simple past tense and past continuous by using when. __ ...................

8. Bacalah cuplikan puisi berikut! Semua ciptaan -Mu memuji -Mu Dengan cara yang berbeda-beda Burung-burung yang berkicau di pagi hari Daun-daun yang bergoyang di angin sepoi-sepoi Mengingat Kau penuh seluruh Caya-Mu panas suci __ Makna larik keempat pada kutipan puisi tersebut adalah __ A. penyair ingin menunjukan daun jatuh B. penyair berusaha menging t daun yang terbang karena angin C. penyair sedang menginga cobaan dalam hidupnya D. penyair menggambarkan keadaan daun Ketika diterjang angin 9. Bacalah puisi berikut! Lanskap Karya :Sapardi Djoko Damono sepasang burung , jalur-jalur kawat, langit semakin tua waktu hari hampir lengkap,menunggu senja putih, kita pun putih memandangnya setia sampai habis semua senja Tema puisi tersebut adalah __ A. kepasrahan seseorang akan kematian B. sepasang burung yang melihat senja sangat indah C. seseorang yang menunggu senja dalam kesepiannya D. senja dan sepasang burung merpati putih 10. Bacalah puisi berikut! sepasang merpati jalur-jalur kereta api,langit semakin tua waktu hari hampir gelap.menunggu senja putih, kita pun selalu memandangnya setia sampai habis semua senja dihadapa n mata ini Imaji/citraan yang digunakan pada cuplikan puisi tersebut adalah __ A. penglihatan B . pendengaran C. pengecap Asesmen Sumatif Tengah Semester 2 Bahasa Indonesia 8 Une dan 8 Reg Tahun Pelajaran 2024-2025 D. peraba 11. Berikut ini adalah hal-hal yang tidak perlu dilakukan pada saat menyusun teks drama kecuali __ A.menentukan warna lampu B. casting C.menentukan tema D. merancang agenda pembukuan drama 12. Salah satu unsur intrinsik teks drama.kecuali __ A. perwatakan B. tema C. naskah D. sudut pandang

(4) (4) kur sa e. an an a mitos b. fakta C. cerita d. legenda 20. Bacalah paragraf berikut! Bac hanya sukses den gan muatan Tak untuk ge nerasi muda.bentuk kepedulian Nadine te hadap ling- kungan juga dibuktikar lewat revita- lisasi taman kota.Bersama rekan- nva di Leaf Plus. ia membentuk gerakan dar kampanye bertaiuk Hidden Park Gerakan inimencakup upaya mengaktifkan taman kota sebao lai ruang publik k reatif se- hing aa mencil takan pe ngalaman bar 1 berupa interaksi di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Paragraf di atas bertema tentang __ a. pendidikan b keteram pilan C. kepedulian lingkungan d. ke emasyaraka atan 21 Bagaimana cara membuat skala prioritas yang benar __ a. meng urutkan keb utuhan dan yang paling me ndesak hingga yang dapat diper uhi nanti b.mengur tkan dar yang paling diinginkan C. mengu rutkar darikel butuhan yang paling mahal harganya d. tidak perlu diurutkan Bacalah kutipan pl isi berikut untuk soa I no 22 dan 23 Menyesal (A. Hasyim) Pagiku hilang sudah melayang Har i mudak I sudah pergi Sekarang petang datang membayang Batang usiaku sudah tinggi Aku lalai di har pagi Beta lengah dimasa muda Kini hidup meracuni hati Miskin ilmu miskin harta 22 Kata petano pada larik ketiga puisi tersebut mer nouny ai makna lan bang __ a. waktu sore hari b. kehidupan hari m C. masatua d. suasa na senja 23 Maksud nasenogua ouisi tersebut adalah __ a. Ses eorang yang lengah dipagi sehingga hidupny sangat menderita di usia muda b. Seseorang van a meno erita hidupnya karen a tidak memiliki ilmu dan harta C. Se seorang yan a miskir harta dan miskin ilm pada masa muda karena ia luoa waktu d Seseorang yang telah men yia- nyiakan masa mudar va sehingga hidupnya menderita di hari tua 24 . Paragraf berikut ya ng merupakan fakta adalah __ a. Pada umumr va sakit tengc orok- an dis ebabkar oleh virus.Virus tersebut menveran g saluran per- naoasar sehingg a me ngakibat- kan sakit te nggorokan b. Pen vakit flu I samaden an pilek C. Orang yang sudah pe nahsakit flu, tidak aka terkena fl laqi. d. Orang vang sehat tidak perlu melakukar vaksin flu 25 Penulisan tahur terbit pada daftar oustak a bukt terletak __ a sebelu mnama oenulis b. setel ah judul buku C. sebelumnar na oenerbit d. setelal nama penulis 26. Data 1 Nama Pengarang : Salsabila Nanda Judul Bukt 1: Yoga Untuk Pemula Tahun Terbit: 2019 109

Bacalah kutipan cerita berikut untuk menjawab soal nomor $8-10$ Fina ingin membagikan kepada dunis mengenal rasa cintanya terhadap kekayaan budaya indonesia, ta memanfastkan internet dengan membuat blog pribad berjudul "Jelajah Budaya Indonesia". D.blognya. Fina memosting gambar gambar indah yang la hikis, seperti gambar rumah adat, alat musik tradisional, dan makanan tradisional Indonesia. Cambar-gambar tersebut disertai tulisan informatif yang menjelaskan sejarah dan makha budaya di baliknya. Biog milik Fina menarik perhatian banyak orang. Pengunjung dari seluruh dunia datang untuk menkimati karya seninya dan belajar tentang budaya Indonesia. Fina pun influencer budaya yang menginspiras banyak orang untuk mengenal clain menghargai warisan budaya Indonesia Fina aktif di media sosial, membagikan menjawab pertanyaan, memberikan rekomendasi tempat wisata budaya dan mengadakan kuis berhadiah. Melalui Internet.Fina berhasil membuat karyanya menjadi sumber informasi yang berharga bagi para pecinta budaya d seluruh dunia. 8. Fina merupakan tokoh __ a. pendengar yang baik b. suka menolong c. ambisius d. kreatif 9. Nilai yang terkandung dalam cerita tersebut adalah __ a. moral b. agama c. budaya d. kesopanan 10. Gaya penceritaan penulis dalam cerita tersebut adalah melalui __ a. dialog b. tuturan c. tindakan d. percakapan

adalah Wita adalah ketua kelas vi SD Persahabatan la ingin mengajak teman-teman membantu Sikap Vito dan teman-temannya yang potut untuk diteladon odalah 3. Setiap pemilk kendaraan bermotor wojb membayar pojak setiap tahun Mernboyar pojak merupakan salah sotu pengamalon Pancasila, yaitu sila a. Kerja bakti membersihkar selokan merupakan kerjo sama di lingkungan 5. Rembuk desa mencerminkan nilai Pancasila sila III. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan tepat! 1. Sebutkan contoh kegiatan gotong royong di masyarokat! Jawab. 2. Apa manfaat gotong royong di lingkungan masyarakat? Jawab: 3. Sebutkan keunikan atau ciri khas dari doerah Kalimantan Tengah! Jawab. 4. Tuliskan contoh sikap siswa yang mencerminkan nilai kegotongroyongan di lingkungan keluarga dan sekolah! Jawab: 5. Sebutkan manfaat kehidupan yang dilandasi nilai kekeluargaan! Jawab:

Dialogue for numbers $11-15$ Ita What's your plan tonight? Oki My parents and I will dine in a restaurant. Ita That sounds great. How will you go there? Oki We'll leave by taxi Ita: Ah, Isee. 11. We know that __ a. Oki will have dinner alone. b. Ita will go to a restaurant tonight. Oki and his parents will have dinner together. d. Ita will join Ok for the dinner. 12. "What's your plan tonight?" The sentence is implying that __ HOTS a. Ita asks about Oki's future activity b. Ita asks Oki what his activity in the past c. Ita tells about Oki's activity with his family Ita tells about Okl's family's activity tonight 13. The italic sentence tells about __ a. Ita's future activity with Oki b. Ita's parents' activity in the future c. Oki's parents' future activity Oki's future activity with his family 14."We'll leave by taxi." The bold word refers to __ as Ita and Oki 15. "We'll leave by taxi." The negative form of the sentence is __ a. Will we leave by taxi? b. We will leave by taxi. c. We will not leaving by taxi. We won't leave by taxi.

1. Diceritakan seorang petani memiliki seekor bebek, bebek ini bertelur 10 butir dan semuanya menetas (1). Namun dari 10 bebek ada 1 yang wajahnya berbeda dari induknya (2)Setiap hari bebek yang wajahnya berbeda ini diolok-olok oleh bebek lain (3). Karena sedih bebek ini meninggalkan peternakan dan lari ke sungai (4). Kalimat yang berisi gagasan pendukung __ A. (1), (2), (3) B. (1), (2 ), (4) C. (1), (3 ), (4) D. (2),3). (4)

34. Pagi itu, Bu Reni sedang mengecek kehadiran siswa kelas 6. Satu per satu nama siswa dipanggilnya. Tiba nama Santi dipanggil.tidak ada respon dari Santi. yang tahu kondisi Santil mengapa ia tidak masuk sekolah? tanya Bu Reni." "Santi tidak berangkat sekolah hari ini karena sakit, kata Mima." Perhatikan tanda baca berikut! (1) tanda petik (" __ (2) tanda seru $(!)$ (3) tanda koma (,) (4) tanda tanya (?) (5) tanda titik (.) Kesalahan penggunaan tanda baca pada kalimat bercetak miring ditunjukkan oleh nomor __ A. (1)dan (2) B. (1) dan (3) C. (2) dan (3) D. (2)dan (5)

Portama, ponting bagi kita untuk mengadopsi gaya hidup yang ramah lingkungan. Mẹ ngurangi ponggunaan kendaraan bermotor, memilih transportasi ramah lingkungan seperti berjalan kaki, sepeda, atau menggunakan transportasi umum akan mengurang emis gas numah kaca dan polusi udara. Kita Juga harus mengurangi penggunaan bahan kimia berbahaya dalam kehidupan sohari-hari dan mencoba menggunakan produk yang ramah lingkungan. Saudaraku yang terhormat, hari ini kita menandai Hari Polusi Sedunia Namun, sotiap hari harus menjadi Hari Polusi Sedunia bagi kita. Kita harus terus berjuang untuk lingkungan yang lobih bersih dan sohat. Kita harus mengubah cara kita berpikir dan bertindak dalam menghadapi polusi. Marilah kita bersatu dan bekerja sama untuk melawan polusi demi generasi saat ini dan masa depan. Mari kita menghargai dan menjaga lingkungan hidup kita, karena bumi ini bukan hanya milik kita, tapi juga milik anak cucu kita. Terima kasih. Wassalamu'alaikum Warahmatulahi Wabara katuh Sumber: htps:/lwww akaran compidato?20593555271 pidato-tentang-han-polusk sedunia lingkungan-yang- 8. Jenis polusi yang dibahas dalam pidato tersebut adalah __ a. polusi air, polusi angin, dan polusi gas b. polusi cahaya, polusi udara, dan polusi tanah c. polusi air, polusi tanah, dan polusi udara d. polusi tanah, polusi cahaya dan polusi air 9. Ungkapan rasa peduli yang terdapat pada teks pidato tersebut adalah __ a. Saya akan membahas beberapa aspek penting terkait polusi dan mengapa kita pertu bersama-sama berjuang melawannya. b. Marilah kita berdiri bersama,karena masa depan bumi adalah tanggung jawab kita bersama. c. Mari kita: menghargal dan memaja karena bumi ini lingkungan himilik kita, tapi juga milik anak cucu kita. d. Setiap tindakan kecil kita momilik dampak-besar dalam momerangi polus dan merawat tanah kita. 10. Kalimat persuasif yang tordapat pada teks pidato tersobut adalah __ Dilangan pernah meremotikan dampar individu. Masing-masing dari kind momiliki peran ponting dalam melawan polusi. b. Saya morasa sangat prihatin akan dampak polusi. c. Ketika kita melihat efek buruk polusi terhadap kesehatan kita dan kelestarian alam, rasa peduli kita harus menjad pendorong untuk berlindak sekarang bukan nanti. d. Mari kita menghargai dan menjaga lingkungan hidup kita. 11. Unsur pidato bagian paling akhir adalah __ a. kalimat porsuasif b. kalimat ponutup c. salam penutup d. nama dan tanda tangan 12. Pada acara penutupan bakti sosial dua hari yang akan datang, sebagai ketua pantia Bayu mendapat tugas memberikan pidato. Karena telah terbiasa berpidato Bayu hanya menyiapkan kerangka atau garis besar isi pidato yang akan dilakukannya. Metode pidato yang digunakan Bayu disebut metode __ a. impromptu b. ekstempore c. manuskrip d. memoriter 13. Berikut ini merupakan salam yang dapat digunakan sebagai pembuka pidala kecuali __ a. salam sejahtera b. Om swastiastu c. salam kebajikan d. hai, apa kabar semua

The question no 5 based on this dialogue. Tomy : What do you think about someone littering at the river? Jack. : That's bad. The river will become shallow. That'll be flood. Tomy : But why almost everyone is littering at the river? Just look at that river! That's disgusting. Jack : Maybe the people just don't really aware of that. Tomy : Or they're too lazy to put the rubbish into the dust bin. Jack : Littering the river will make the fish can't grow well. We are also lack of clean water. We just hoping that the people will understand that littering at the river is not good for environment. 5. What are the impacts of littering at the river? A. It can cause flood. C. The river will become shallow. B. Fish will thrive in the river. D. The availability of clean water will decrease. III. Essay 1. Write questions for the underlined words, A. My father cleaned the gutter. __ B. The campaign started at 9 o'clock. __ C. They collected plastic bottle waste from the river last Sunday. __ 2. Combine these two sentences using 'when' A. fishing __ sh B. It was raining hard. The electricity went out. __ __ C. I came home. My sisters were sleeping in their rooms. 3. Answer the questions based on the following dialogue. Dewa : Have you heard that the Manda Regency was flooded again this morning? That's why Nelly didn't come to class today. Her house was flooded too. Rian : I feel so sorry for her. Was the flood high? Dewa : It was pretty high. I heard that her house and a few other houses in her neighbourhood got flooded up to 2 metres high. Rian : That was devastating! What caused this flood, though?I thought her house had been free from flooding since 2016? Dewa : It might be because the river water from the Kapuas River overflowed. As I heard from the news, the river got clogged again because people started to throw their rubbish into the river. Rian : Perhaps the news was right. I hope Nelly is all right, though Should we pay her a visit once the flood receded?Maybe we can help her clean her house. Dewa : That might be a good idea. I will ask the others to come. A. What is the dialogue about? B. Why was Nelly absent? C. How bad was the flood? D. What should the people do to prevent the flood?